5 Manfaat Keselamatan dan Kesehatan Kerja bagi Pekerja di Indonesia

sumbersehat.com – Pengetahuan manfaat keselamatan dan kesehatan kerja di Indonesia masih kurang merata ke seluruh pelosok negeri. Beberapa masyarakat kerap lalai mematuhi protokol keselamatan maupun kesehatan pada saat bekerja. Khususnya bagi mereka yang bekerja di sektor pembangunan dan terhitung sebagai buruh kasar, risiko mengalami berbagai cidera sampai kecelakaan dalam bekerja lebih tinggi daripada mereka yang bekerja di perkantoran.

Sehingga, penting bagi seluruh elemen masyarakat untuk menyadari adanya keselamatan dan kesehatan kerja atau yang sering disebut sebagai K3. Padahal pemerintah sendiri sudah memberikan beberapa hak yang tertera dalam undang-undang mengenai keselamatan dan kesehatan kerja. 

manfaat keselamatan dan kesehatan kerja

Tujuan K3

Sebelum mengulas beberapa manfaat keselamatan dan kesehatan kerja, anda perlu tahu tujuan yang secara resmi dikeluarkan pemerintah terhadap hak-hak para pekerja. Hal ini terangkum dalam keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Di bawah ini adalah tujuan dari K3.

  1. Sebagai perlindungan terhadap tenaga kerja guna meningkatkan efisiensi dalam pekerjaan.
  2. Sebagai sebuah upaya preventif untuk menanggulangi berbagai keadaan yang memungkinkan terjadinya cidera atau kecelakaan dalam pekerjaan.
  3. Memahami adanya bahaya dalam setiap pekerjaan.
  4. Melakukan evaluasi terhadao bahaya atau komplikasi di lokasi pekerjaan.
  5. Sebagai bentuk pelaksanaan UU Keselamatan dan Kesehatan Tenaga Kerja.

Selain beberapa poin di atas, tujuan K3 adalah sebagai upaya perlindungan paling utama dari setiap pekerja khususnya pekerja lapangan untuk mendapatkan hak yang sama dalam keamanan dan kenyamanan melakukan segala aktivitas pekerjaan. 

Standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Manfaat keselamatan dan kesehatan kerja tentu tak lepas dari standarisasi di bawah ini:

Perlindungan bagi tubuh

Hal pertama yang menjadi standarisasi dalam keselamatan dan kesehatan dalam pekerjaan adalah perlindungan bagi tubuh pekerja. Perlindungan tersebut meliputi pelindung mata dan kepala yang dapat berupa kacamata atau helm. Kedua, terdapat perlindungan khusus bagi tangan dan kaki yang berupa sarung tangan maupun sepatu sesuai dengan kebutuhan pekerja. 

Terakhir, perlindungan bagi tubuh dan telinga yang berupa baju atau pakaian khusus sesuai kebutuhan pekerja dan peredam suara bagi telinga apabila pekerja memerlukannya sesuai dengan kondisi lapangan pekerjaan yang mengharuskan pekerja untuk menggunakan. Baca juga 7 Tips Diet Sehat Tanpa Olahraga Untuk Kalangan Pekerja Kantoran.

Perlindungan dari mesin

Manfaat keselamatan dan kesehatan kerja juga diwujudkan dalam bentuk perlindungan para pekerja terhadap beberapa mesin yang dianggap membahayakan. Upaya perlindungan ini jelas dijalankan agar dapat mengestimasi ataupun menimimalisir bahaya yang mungkin terjadi di luar ataupun di dalam pekerjaan tersebut. Contohnya adalah perlindungan mesin yang diberikan pada para pekerja yang berada di laut lepas atau pekerja tambang.

Perlindungan dari listrik

Anda pasti dikejutkan oleh maraknya peristiwa disfungsi dari saluran listrik yang dapat memicu kebakaran sampai kecelakaan lainnya yang menewaskan para pekerja. Sehingga muncul jaminan dan perlindungan listrik bagi para pekerja untuk tetap mendapatkan penerangan dan fasilitas listrik lainnya. 

Perlindungan dari ruangan

Terakhir, manfaat keselamatan dan kesehatan kerja terdapat dalam perlindungan yang khusus diberikan terkait ruangan yang digunakan para pekerja. Hal ini dapat berupa sistem alarm kebakaran yang umum anda temukan di berbagai perkantoran, adanya tangga darurat, dan kondisi air yang memadai untuk kebutuhan para pekerja. 

Namun, di beberapa kondisi ekstrim juga diharuskan adanya perlindungan oksigen khusus bagi pekerja tambang dan pekerjaan ekstrim lainnya.

Inilah Manfaat Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Dengan tujuan utama melindungi pekerja dari beragam resiko yang mungkin terjadi, berikut ini manfaat keselamatan dan kesehatan kerja:

1. Sebagai pengaman yang tepat

Manfaat keselamatan dan kesehatan kerja yang pertama adalah sebagai pengaman yang tepat. Seperti tujuan yang telah disampaikan di atas, K3 berperan penting dalam menjamin setiap pekerjaan dari para pekerjanya. Keselamatan dan kesehatan kerja bermanfaat sebagai penahan segala kondisi yang kurang aman. 

Bila terjadi sebuah kondisi darurat yang memungkinkan terjadinya cedera dan korban, maka para pekerja dapat membuat laporan terkait peristiwa yang terjadi. Selanjutnya, kelangsungan peristiwa tersebut dapat segera diproses oleh pihak yang berwenang dan bersangkutan. Bahkan dalam beberapa kerusakan kecil atau keganjilan dalam peralatan, pekerja punya hak untuk meninggalkan pekerjaan terkait bila memang tidak memungkinkan untuk ditangani. 

2. Menghindari risiko fatal di tempat kerja

Manfaat keselamatan dan kesehatan kerja selanjutnya adalah menghindari risiko fatal di tempat kerja. Beberapa situasi yang kurang memungkinkan di tempat kerja mulai dari listrik yang kurang baik, kekurangan udara atau oksigen yang memadai, sampai pekerjaan yang berhubungan dengan  konstruksi memiliki risiko fatal yang cukup tinggi.

Beberapa di antaranya cenderung mengakibatkan cidera bahkan kematian bagi para pekerja bila tidak ditangani dengan segera. Adanya K3 atau keselamatan dan kesehatan dalam pekerjaan dapat membantu menghindari risiko yang fatal di tempat kerja. 

3. Memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam pekerjaan

Selanjutnya, manfaat keselamatan dan kesehatan kerja terdapat pada kenyamanan yang akan didapatkan setiap pekerja. Beberapa tahun belakangan, kasus kecelakaan sampai kematian di tempat kerja kurang lebih diakibatkan dari beberapa fasilitas yang kurang ditunjang oleh masing-masing perusahaan terhadap para pekerja. Sehingga, dengan memberikan akses fasilitas akan memberikan kenyamanan bagi para pekerja.

Hal ini juga membuat pekerja menjadi lebih mudah dalam melakukan setiap pekerjaan. Barang-barang yang terjamin kondisi dan kualitasnya juga membantu para pekerja untuk meningkatkan kinerjanya masing-masing. Sehingga tak ayal apabila pekerjaan di manapun itu akan lebih baik dengan fasilitas yang baik pula.

4. Budaya untuk memberikan jaminan kesehatan

Selanjutnya, manfaat keselamatan dan kesehatan kerja adalah bisa sebagai budaya untuk memberikan jaminan kesehatan. Beberapa negara maju di belahan dunia sudah menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja ini sejak zaman dahulu. Berbagai elemen masyarakat mulai dari pemiliki perusahaan sampai para pekerja sudah melakukan tugasnya sesuai dengan anjuran dari pemerintah. Sementara itu, untuk di Indonesia sendiri jaminan kesehatan dan keselamatan seringkali lalai diterapkan di beberapa pelosok daerah.

Sehingga, banyak pekerja atau masyarakat yang hendak bekerja kehilangan kepercayaan terhadap lembaga tertentu dalam memberikan akses yang nyaman untuk para pekerjanya. Hal ini didukung dengan meningkatkan kasus kematian dan kekerasan di tempat kerja yang didominasi oleh buruh kasar sampai pekerja konstruksi.

5. Mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia

Manfaat keselamatan dan kesehatan kerja yang terakhir terdapat dari luasnya relasi dalam pekerjaan. Hal ini semula berasal dari fasilitas dan tunjangan yang memadai untuk para pekerja, sehingga apa yang mereka kerjakan dapat dilakukan secara maksimal dan menyeluruh. Tak hanya itu, apabila tunjangan dan fasilitas ini benar-benar menjamin para pekerjanya, maka tingkat pengangguran di Indonesia pun sedikit demi sedikit berkurang.

Ini juga akan berakibat pada tingkat kejahatan yang didominasi oleh kesulitan ekonomi yang beranjak turun. Tentu, hal ini tak lepas dari peran pemerintah selaku lembaga tertinggi yang mengatur masyarakat Indonesia, perusahaan sebagai badan yang melakukan tugas tersebut di lapangan, dan masyarakat sebagai orang yang bekerja dan pelaku yang turun langsung ke situasi pekerjaan. 

Nah, di atas adalah beberapa manfaat keselamatan dan kesehatan kerja sampai beberapa standar keselamatan dan kesehatan kerja yang patut anda ketahui. Selain jaminan yang berguna bagi para pekerja, K3 bila diterapkan secara efektif, dapat membantu mengurangi berbagai masalah sosial, sekaligus memperbaiki kepercayaan masyarakat Indonesia kepada badan pemerintahan dan perusahaan sebagai pembuka lapangan pekerjaan. 

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

cara menjaga kesehatan tenggorokan

Simak, 10 Cara Menjaga Kesehatan Tenggorokan Agar Corona Menghindar!

sumbersehat.com – Cara menjaga kesehatan tenggorokan menjadi ramai diperbincangkan terlebih saat pandemi menyerang. Masyarakat kembali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *