11 Manfaat Kencur Bagi Kesehatan dan Kecantikan yang Alami dan Ampuh

Sumbersehat.com – Manfaat kencur biasanya digunakan sebagai bumbu dapur, tetapi sebenarnya ada banyak khasiat kencur lainnya untuk mendukung kesehatan tubuh. Rempah yang satu ini umumnya bisa tumbuh di negara beriklim tropis dan subtropis saja seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, dan China.

Kencur merupakan tanaman herbal yang memiliki beberapa kandungan yang dipercaya mampu menyembuhkan sejumlah penyakit. Rempah ini juga cukup mudah untuk ditemui karena biasanya juga terdapat dalam empon-empon. Selain itu, harganya juga sangat terjangkau sehingga membuat ramuan herbal sendiri dari kencur adalah pilihan terbaik.

manfaat kencur
manfaat kencur

Inilah Khasiat Kencur yang Perlu Anda Ketahui

Selain untuk bumbu masakan, rempah ini juga mempunyai manfaat lain lho. Penasaran? simak ulasan tentang manfaat kencur di bawah ini:

1. Khasiat Kencur untuk Mengatasi Muntah-muntah

Salah satu manfaat rempah yang satu ini ialah dapat membantu mengatasi muntah-muntah. Supaya bisa menuai manfaat kencur ini, Anda bisa mengambil 1.5 jari kemudian cuci bersih. Konsumsilah ketika Anda merasa mual atau muntah-muntah atau berikan kepada keluarga yang mengalami muntah-muntah.

Untuk cara mengonsumsinya yaitu dikunyah hingga halus kemudian setelah itu langsung saja ditelan. Lakukan cara ini 2 kali dalam sehari hingga rasa muntah-muntah hilang.

2. Manfaat Kencur untuk Meningkatkan Nafsu Makan

Khasiat kencur berikutnya ialah dapat meningkatkan nafsu makan karena kandungan didalamnya yaitu minyak atsiri. Untuk mengonsumsinya dapat dimanfaatkan sebagai jamu herbal beras kencur. Tentu sudah tidak asing lagi bukan mendengar nama jamu beras kencur? karena khasiat jamu ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat.

Mengonsumsi beras kencur secara rutin tidak perlu khawatir akan efek sampingnya karena jamu ini merupakan obat herbal. Selain itu juga aman bila dikonsumsi anak-anak maupun orang dewasa. Jika diminum anak-anak, jamu ini berfungsi sebagai penambah nafsu makan anak. Namun, apabila diminum orang dewasa, jamu ini biasanya difungsikan sebagai penambah stamina tubuh.

3. Khasiat Kencur untuk Melangsingkan Tubuh

Manfaat kencur juga mampu membantu menurunkan berat badan agar lebih langsing dan ideal. Tentu semua wanita ingin mempunyai tubuh ideal bukan? nah, jika iya maka mulailah untuk mengonsumsi kencur.

Berbagai kandungan didalamnya mampu membantu melangsingkan tubuh. Konsumsilah rempah kencur dengan cara mencampurkannya sebagai bahan masakan. Atau kalau bisa membuatnya sebagai jamu karena khasiat kencur akan dapat didapat lebih efektif.

4. Manfaat Kencur untuk Membantu Menurunkan Kolesterol

Bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi, maka perlu mengetahui khasiat kencur yang satu ini. Karena ramuan herbal yang terbuat dari rempah kencur ini bisa membantu memproduksi empedu dalam tubuh. Cairan empedu yang mengalir pada tubuh berperan aktif dalam kegiatan penyerapan nutrisi serta menghilangkan toksin.

Apabila makanan bisa diserap dengan baik, maka kadar kolesterol dalam tubuh akan menurun. Untuk dapat menuai khasiat kencur ini bisa menjadikannya sebagai jamu herbal beras kencur.

5. Manfaat Kencur Sebagai Obat Batuk Alami

Kandungan yang ada di dalam kencur membuat rempah ini memiliki manfaat kencur untuk batuk dan gatal-gatal tenggorokan. Timpang dan akar kencur memiliki khasiat untuk meredakan batuk.

Cara kerjanya yaitu dengan memicu pengeluaran dahak dari saluran pernapasan dengan merangsang selaput lendir lambung. Dengan meningkatnya pengeluaran lendir di saluran pernapasan, maka tingkat kekentalan dahak pun akan menurun. Dengan begitu, dahak yang ada dapat mudah untuk keluar dan akhirnya bisa sembuh.

Untuk membuat ramuan herbal dari kencur dapat mencampurkannya dengan jeruk nipis. Caranya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan sari kencur dengan air pana. Kemudian menambahkannya dengan air perasan jeruk nipis. khasiat kencur dan jeruk nipis ini dipercaya mampu membantu meredakan batuk, mengatasi sakit tenggorokan serta menjernihkan suara.

6. Khasiat Kencur untuk Mengatasi Masuk Angin

Selain manfaat kencur untuk batuk, ada juga manfaat lainnya yaitu bisa mengatasi masuk angin. Untuk bisa mendapatkan khasiat kencur ini, Anda menumbuk halus rimpang kencur dan 2 lembar daun kemukus. Kemudian tambahkan air hangat sedikit saja dan ramuan sudah jadi.

Untuk menggunakannya yaitu bisa dijadikan inhaler dengan mengoleskannya pada sekitar area hidung sehingga aromanya bisa terhisap oleh hidung. Apabila tidak ingin langsung mengoleskannya di sekitar hidung, maka bisa membungkusnya dengan kain tipis lalu hirup baunya.

7. Manfaat Kencur untuk Mengatasi Diare

Apabila Anda sedang mengalami diare, maka disarankan menggunakan kencur sebagai obat herbal. Karena kencur memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan sehingga sangat bermanfaat untuk membantu menyembuhkan diare dan gangguan pencernaan lainnya.

Cara mengolahnya yaitu bersihkan 2 rimpang kencur dan 2 siung bawang merah. Lalu tumbuk kedua bahan tersebut hingga halus dan bungkus dengan daun pisang. Jika sudah, langkah selanjutnya yaitu letakkan di atas air hangat. Kemudian balurkan pada bagian perut yang sakit, tunggu beberapa saat. Perlahan sakit diare akan berkurang dan bisa melanjutkan aktivitas kembali.

8. Khasiat Kencur untuk Membantu Mengobati Penyakit Akibat Bakteri

Manfaat kencur selanjutnya yaitu bisa membantu mengobati penyakit akibat adanya bakteri. Kencur memiliki kandungan ekstrak methanol yang begitu efektif untuk menangkal dan mengatasi bakteri. Termasuk juga bakteri yang menjadi penyebab penyakit sistem syaraf pusat yang disebut granulomatous amoebic encephalitis.

Tidak hanya itu, khasiat kencur juga bisa membunuh amoebic keratitis yaitu bakteri penyebab infeksi pada kornea mata. Serta bisa mengobati cacing parasit yang menjadi penyebab penyakit toksokariasis.

9. Manfaat Kencur untuk Membantu Mengobati Sakit Kepala

Selanjutnya, khasiat kencur untuk kesehatan tubuh juga bisa digunakan untuk mengobati sakit kepala migrain. Walaupun obat-obatan yang dijual di pasaran bisa meredakan sakit kepala dengan lebih cepat dan mudah. Namun, tidak ada salahnya jika menggunakan kencur sebagai obat herbal alami. Karena sudah jelas obat herbal ini tidak memiliki efek samping dan harganya pun juga sangat terjangkau.

Obat-obatan yang dijual di pasaran mengandung senyawa kimia yang tidak mungkin bisa memberi efek negatif apabila dikonsumsi setiap hari. Selain itu, biasanya juga bisa memicu ketergantungan. Jadi, alangkah baiknya jika kini mulai beralih dengan mengonsumsi kencur untuk meredakan sakit kepala.

10. Khasiat Kencur untuk Mencegah dan Mengatasi Munculnya Jerawat

Jerawat seringkali menjadi permasalahan sendiri untuk wanita karena munculnya jerawat tentu sangat mengganggu penampilan. Apalagi jika jerawat yang tumbuh tidak sedikit, pasti akan membuat diri menjadi tidak percaya diri. Untuk mencegah timbulnya jerawat, Anda dapat menggunakan rempah kencur.

Kencur bisa mencegah hormon yang bisa menyebabkan munculnya jerawat. Tidak hanya itu, manfaat kencur ini juga dapat membuat jerawat yang akan muncul dapat menghilang. Biasanya wanita mulai tumbuh jerawat saat sedang datang bulan atau menstruasi. Jadi, disarankan mengonsumsi kencur saat haid untuk mencegah munculnya jerawat pada wajah.

Untuk memanfaatkan kencur untuk mengatasi timbulnya jerawat, caranya cukup mudah yaitu dengan menjadikannya sebagai masker. Pertama, siapkan beberapa kencur kemudian cucilah kencur hingga bersih. Kedua, parut kencur dan peras kencur tersebut. Ketiga, diamkan air hasil parutan kencur tadi selama beberapa menit hingga mengendap dan pakailah sebagai masker.

Itulah ulasan mengenai beberapa manfaat kencur untuk kesehatan. Diharapkan Anda bisa menerapkannya untuk mengobati berbagai penyakit, menghilangkan jerawat ataupun melangsingkan tubuh.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *