7 Manfaat Kencur untuk Kulit yang Luar Biasa Tapi Jarang Orang Tahu

Manfaat kencur untuk kulit memang sudah tidak diragukan lagi. Tumbuhan satu ini percaya bisa membuat sehat kulit dan mengatasi berbagai macam masalah kulit. Selain itu, kunyit juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun sayangnya, masih banyak sekali orang yang belum tahu manfaat luar biasa dari kencur ini. Lalu apa saja manfaatnya?

A. Kandungan Zat Yang Ada Pada Kunyit

Siapa sih yang gak tau kencur? Kencur adalah sebuah tanaman yang mempunyai nama latin Kaempferia Galanga L . Tanaman ini banyak digunakan sebagai salah satu bahan dalam membuat jamu dan juga bisa menjaga cita rasa dalam sebuah masakan. Tanam ini banyak sekali tumbuh di wilayah yang beriklim tropis dan subtropis. Salah satunya banyak tumbuh di Indonesia.

Di dalam kencur banyak mengandung berbagai zat dan juga senyawa kimia yang penting. Selain itu, juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Ada beberapa zat dan senyawa yang ada pada kencur yaitu sebagai berikut ini :

  • Zat Pati
  • Mineral
  • Asam metilkanil
  • Asam Sinamat
  • Etil Ester
  • Alkonoid
  • Asam anisat

B. Perbedaan Antara Kencur dengan Jahe dan Kunyit

Mungkin bagi beberapa orang masih sangat sangat sulit buat membedakan antara kencur, jahe dan juga kunyit. Buat Anda yang masih mengalami kesulitan dalam membedakannya, berikut ini penjelasan mengenai perbedaan antara kunyit, kencur, dan jahe. Yuk disimak ya.

1. Bentuk

Kencur mempunyai warna kecoklatan sampai dengan kuning pucat. Bentuknu sangat pendek dibandingkan dengan jahe dan kunyit. Sedangkan kunyit mempunyai bentuk beruas yang menyerupai ruas jari manusia.

2. Daun

Tanaman kencur mempunyai daun 2-4 helai. Bentuk daungan cenderung akan melebar. Sementara itu, daun tanaman kunyit mempunyai jumlaj daun banyak yaitu 308 helai dengan ukuran sekitar 70 cm.  Sedangkan untuk jahe terbilang pendek dan lebih berbentuk menyirip.

3. Bunga

Pada tanaman kencur, bunganya berwarna putih. Selain itu juga dilengkapi dengan 4 helai mahkota. Bunga disokong oleh tangkai yang tidak panjang. Sementara itu, bentuk bunga pada kunyit memiliki warna keunguan dan mempunyai ukuran yang cukup kecil. Sementara itu tanaman jahe mempunyai ukuran yang cukup lebar dan mempunyai warna merah.

4. Rasa atau aroma

Aroma pada kencur sangat kuat jika dibandingkan dengan jahe dan kunyit. Anda sensasi rasa pedas, pahit dan hangat pada saat Anda mengonsumsi kencur. Jika jahe Anda akan menemukan rasa pedas yang dominan dan pada kunyit akan terasa manis dan tidak pedas sama sekali saat dimakan.

C. Manfaat Kencur  Untuk Kulit dan Kecantikan

Tidak kalah dengan jahe dan kunyit, kencur mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan kulit wajah. Khasiat dari Kencur ini adalah untuk memutihkan kulit hingga bisa mencegah terjadinya penuaan dini. Kencur yang juga jadi populer sebagai bumbu dapur, ternyata juga sangat baik untuk kesehatan kulit dan juga kecantikan loh. Ada beberapa manfaat kencur untuk kulit yaitu :

1. Mengatasi masalah komedo yang membandel

Komedo adalah salah satu masalah kulit yang sering terjadi. Masalah  kulit satu ini biasanya terjadi pada jenis kulit yang berminyak. Selain itu, komedo juga pasti akan membuat Anda menjadi kurang percaya diri dalam berpenampilan.

Ada berbagai macam cara untuk mengatasi masalah komedo. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Kencur. Kupas kencur dari kulitnya, parut dan kemudian gunakan kencur sebagai masker wajah. Penggunaan secara teratur bisa mengatasi masalah komedo.

2. Atasi masalah jerawat yang membandel

Tidak hanya komedo saja yang membuat kewalahan, jerawat juga membuat Anda kewalahan dalam menanganinya. Sama dengan komedo, keberadaan jerawat ini juga akan sangat mengganggu dan bisa menyebabkan kurangnya rasa percaya diri.

Tapi tenang saja, Anda bisa menggunakan manfaat kencur untuk kulit dan menghilangkan jerawat yang membandel. Cara buatnya sangat mudah yaitu dengan menempel parutan kencur secara merata ke seluruh muka yang berjerawat. Diamkan beberapa saat hingga kering. Lalu bilas dengan air bersih.

3. Pemutih alami

Gak hanya cuma bisa menyembuhkan dan juga mencegah timbulnya jerawat, Kencur juga bisa digunakan sebagai pemutih alami. Di dalam kencur terdapat kandungan vitamin C yang akan membuat kulit akan nampak lebih cerah dan juga putih. Dari pada membeli cream pemutih kulit yang mahal dan belum tentu khasiatnya lebih baik Anda menggunakan Kencur.

4. Kencangkan kulit wajah

Siapa sih yang gak pengen punya kulit wajah yang kencang? Pastinya semua orang sangat mendambakan kulit wajah yang kencang. Kulit wajah yang senantiasa terjaga kekencangannya akan membuat Anda menjadi nampak lebih muda dan cantik. Selain itu, kulit wajah akan menjadi lebih putih dan juga mulus.

Untuk bisa mendapatkan kulit wajah yang putih, mulus, dan kencang maka Anda bisa menggunakan masker beras kencur. Cara buatnya mudah sekali. Rendam beras kencur dalam waktu semalaman. Setelah iyuz keringjan bersama dengan cara menjemur di bawah sinar matahari langsung.

Kemudian, parut Kencur secukupnya hingga menjadi lembut. Campurkan antara beras dan kencur dan setelah itu aplikasikan sebagai masker wajah. Tunggu beberapa saat dan bilas dengan air bersih.

5. Mengontrol minyak berlebihan di wajah

Pada dasarnya, minyak yang berlebih di wajah menjadi salah satu faktor penyebab terjadi berbagai masalah kulit. Salah satu caranya untuk mengatasi masalah minyak yang berlebihan di wajah adalah dengan menggunakan masker dari kencur.

Kencur akan membantu Anda dalam mengontrol minyak yang berlebihan di wajah. Selain itu, juga bisa menghilangkan minyak berlebihan. Sehingga kulit akan sehat dan terhindar dari berbagai masalah kulit.

6. Kencur sebagai zat anti aging

Awet muda menjadi salah satu impian bagi semua orang. Namun semakin bertambahnya usia maka akan membuat kulit juga semakin menua. Tapi ada juga loh yang usia masih muda tapi kulit wajah nampak tua. Inilah yang disebut terjadinya penuaan dini.

Penuaan dini ini disebabkan karena kondisi kulit yang tidak sehat dan faktor gaya hidup yang tidak sehat. Ini ditandai dengan gejala keriput, jerawat, flek dan garis halus. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi penampilan menjadi kurang percaya diri.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah penuaan dini adalah dengan melakukan treatment anti aging. Akan tetapi treatment ini sangat mahal. Selain itu, Anda juga bisa kok melakukan treatment anti aging sederhana dengan menggunakan kencur.

Manfaat kencur untuk kulit adalah untuk mencegah penuaan dini. Di dalamnya mengandung berbagai macam vitamin yaitu vitamin B1, C, E dan juga asam ferulic. Selain itu juga mengandung alantonin anti aging yang sengat diperlukan dalam menjaga kesehatan kulit wajah. Zat ini juga mampu untuk melindungi kulit dari zat radikal bebas yang ada banyak disekitar kita.

Sungguh banyak ya ternyata manfaat kencur untuk kulit. Jadi, mulai sekarang yuk pakai kencur untuk perawatan kulit Anda. Selain murah juga mudah di dapatkan.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

buah pepaya untuk ibu hamil

Baikkah Buah Pepaya untuk Ibu Hamil? Simak yuk 8 Manfaatnya!

sumbersehat.com – Buah pepaya untuk ibu hamil memiliki banyak sekali manfaat. Manfaat makan buah sangat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *