5 Manfaat Keladi Tikus untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

sumbersehat.com – Manfaat keladi tikus memang tidak diragukan lagi. Saat mendengar nama Keladi tikus mungkin yang terbayang di benak adalah sebuah pohon yang mungkin ada kaitannya dengan sejenis hewan pengerat yang cerdas. Namun faktanya tanaman ini cukup ampuh memerangi sel kanker. Saat ini memang sudah banyak tersedia bentukan tanaman ini dalam pengobatan herbal.

Keladi tikus merupakan tanaman umbi-umbian yang tergolong baru dalam dunia herbal. Namun kepopulerannya dalam membasmi sel kanker tidak bisa dianggap remeh. Kemampuan keladi tikus memberantas sel kanker tidak lepas dari kandungan keladi tikus yang mempunyai unsur antioksidan.

manfaat keladi tikus
manfaat keladi tikus

Klasifikasi Ilmiah

Berikut klasifikasi ilmiah dari manfaat keladi tikus. Masuk ke dalam Plantae, divisi Magnoliophyta serta tergolong ke dalam kelas Magnoliopsida. Sedangkan ordonya adalah Alismatales dan merupakan famili Araceae. Genusnya Typhonium dan spesies T. flagelliforme. Nama binomial keladi tikus adalah Typhonium flagelliforme.

Ciri tanaman

Keladi tikus merupakan tanaman semak yang tingginya sekitar 25 sampai 30 cm. Ini merupakan sejenis talas yang dapat hidup di dataran yang ketinggiannya 1000 m di atas permukaan laut. Tanaman ini memang memiliki rasa yang pahit dan sedikit beracun. Jadi memang pengolahan yang tepat sangat perlu dilakukan .

Meskipun manfaat keladi tikus sudah banyak yang membuktikan namun ternyata adalah tanaman yang bagian tertentunya bila disentuh akan menimbulkan gatal. Di Asia Timur penduduk disana biasa menggunakan keladi tikus sebagai obat penyakit kulit. Penyakit kulit yang bisa diatasi diantaranya adalah bisul dan masalah kulit lainnya.

Uniknya tanaman keladi tikus dapat meningkatkan nafsu makan dan tingkat kebugaran bagi orang yang cepat lelah. Pembersihan racun juga efektif dilakukan dengan bantuan sari keladi tikus. Racun yang tersebut adalah racun yang berada dalam tubuh. Efeknya adalah melancarkan berkemih sehingga sistem pencernaan lebih lancar dan sehat.

Kandungan keladi tikus

Manfaat keladi tikus ‘tentu tak lepas dari kandungannya. Beberapa kandungan aktif dalam tanaman keladi tikus adalah lignan atau polifenol, kemudian alkaloid. Kandungan ekstrak etanol mengandung beberapa senyawa seperti flavonoid, terpenoid, tanin dan sterol dan kandungan lainnya yang bersifat antikanker.

Kandungan yang terdapat dalam keladi tikus telah diteliti setelah dimulainya penelitian pada 2004. Pada tahun 2006 dan 2008 dilakukan lagi penelitian yang secara khusus meneliti manfaat keladi tikus terhadap sel kanker. Dan memang ditemukan bahan umbi keladi tikus terbukti pada konsentrasi tertentu menghambat proliferasi sel kanker.

Penelitian yang telah dipublikasikan

Penelitian yang telah dilakukan dalam rangka menguji manfaat keladi tikus diantaranya adalah “Uji Aktivitas Ekstrak Etanol 50% Umbi Keladi Tikus Terhadap Sel Kanker …” . telah diterbitkan pada tahun 2006 di situs CCRC UGM Fakultas Farmasi.

Penelitian lain tentang keladi tikus yang telah dipublikasikan juga pada tahun 2008 dan diterbitkan pada Journal of Ethnopharmacology. Penelitian dilakukan oleh Lai CS serta rekan-rekannya. Penelitiannya serupa dengan penelitian sebelumnya dan kali ini berjudul, “Typhonium Flagelliforme Inhibits Cancer Growth in Vitro ….”.

Inilah Manfaat Keladi Tikus untuk Kesehatan

Ada beberapa khasiat keladi tikus untuk kesehatan tubuh dan melawan beberapa penyakit, diantaranya adalah:

1. Khasiat Keladi Tikus untuk Memerangi Sel Kanker

Zat yang terdapat dalam keladi tikus yang sampai saat ini disebut-sebut sebagai zat pelawan sel kanker adalah Ribosome Inactivating (RIP). studi di Indonesia sendiri telah dilakukan di Universitas YARSI di Cempaka Putih. Hasilnya adalah manfaat keladi tikus pada ekstraknya terdapat zat racun yang menyerang sel kanker.

Selain itu penelitian lain mengungkapkan bahwa terdapat antioksidan tinggi dalam keladi tikus serta zat kurkumin (seperti yang terdapat dalam kunyit yang aktif membasmi sel kanker). Zat ini memiliki efek anti peradangan. Jurnal diterbitkan Universa Medicina. Zat penting bermanfaat bagi pengobatan dan pencegahan kanker.

2. Manfaat Keladi Tikus sebagai Penangkal Radikal Bebas

Manfaat keladi tikus terkait polusi yang tersebar di segala penjuru menyebabkan banyak orang terkontaminasi zat-zat beracun. Selain itu makanan yang terkontaminasi pestisida juga kotornya asap mencemari makanan menyebabkan makanan menjadi beracun. Bila dikonsumsi membawa efek buruk dan berpotensi menimbulkan kanker.

Namun dengan zat antioksidan yang berasal dari senyawa yang terkandung dalam keladi tikus maka antioksidan dapat dikendalikan. Caranya dengan mengikatnya sehingga tidak menimbulkan atau berkembang menjadi pencetus sel-sel kanker.

3. Khasiat Keladi Tikus sebagai Anti Bakteri

Manfaat keladi tikus sebagai antibakteri atau antibiotik yang alami yaitu dapat menyembuhkan penyakit ringan seperti misalnya batuk. Selai itu penyakit ringan yang dapat disembuhkan adalah flu. Penyakit yang paling sering diderita oleh masyarakat di iklim tropis seperti Indonesia.

Pada dasarnya ada dua jenis zat aktif dalam keladi tikus yang fungsi utamanya sebagai senyawa anti bakteri pada tanaman keladi tikus. Kedua zat tersebut adalah asam kaprat dan asam laurat. Fungsi asam kaprat mematikan bakteri yang terlanjur masuk dalam tubuh, asam laurat pencegahan masuknya bakteri ke dalam tubuh.

4. Manfaat Keladi Tikus untuk Mengatasi Pembengkakan serta Mengobati Bisul

Pernah mendengar bahwa bisul diakibatkan oleh terlalu banyak makan telur? Itu sebenarnya hanya sebuah mitos. Memang banyak anak yang sering terkena bisul. Ternyata bisul dapat diatasi dengan keladi tikus. Rasa senut-senut pada bisul sangat mengganggu.

Manfaat keladi tikus sebagai efek anti pembengkakan dalam mengatasi bisul dan jerawat. Zat yang mampu mengatasi bengkak pada tanaman keladi adalah zat hepatoprotector. Tidak hanya bengkak namun nanah juga diatasi. Sedangkan untuk meredakan rasa nyerinya terdapat zat imunomodulator pada keladi tikus.

5. Khasiat Keladi Tikus untuk Menyembuhkan Iritasi pada Dinding Lambung

Beberapa universitas di Malaysia telah melakukan penelitian terkait manfaat keladi tikus. Di antara universitas yang telah melakukan penelitian adalah Cyberjaya University College of Medical Sciences telah membuktikan bahwa keladi tikus dengan ekstraknya dapat melindungi mukosa lambung dari iritasi.

Penyebab iritasi pada dinding lambung biasanya adalah zat etahnol. Setelah diberikan ekstrak daunkeladi ternyata gangguan tukak pada didinng lamubng mereda. Sedangkan leukosit dan edema terhalang sehingga tidak dapat masuk ke lapisan mukosa. Untuk dapatkan manfaat keladi tikus maksimal konsumsi ekstraknya 500 mg.

Sediaan Keladi Tikus di Pasaran

Sediaan ekstrak daun keladi tikus di pasaran cukup beragam. Dari tablet, tablet salut atau kapsul, keladi yang telah dikeringkan. Penderita penyakit dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Keladi putih juga dapat dicampur dengan bahan lain yang memiliki efek anti kanker agar hasilnya lebih baik. Seperti kunyit dan daun sirsak.

Cara Konsumsi Keladi Tikus Agar Mendapatkan Manfaatnya yang Tepat

Senyawa triterpenoid adalah senyawa yang terdapat pada umbi maupun daun keladi tikus. Manfaat keladi tikus dengan senyawa ini adalah senyawa yang fungsinya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Cara kerjanya adalah kerja enzim DNA dihambat sehingga proses replikasi dan proliferasi sel kanker tidak makin banyak.

Efektivitas keladi tikus lebih terasa apabila penderita mengkonsumsinya saat masih segar. Caranya bisa dibuat menjadi jus. Perhatikan bahwa efektivitas dapat berkurang bila keladi tikus direbus. Selain itu saat membuat jus, lebih baik dengan ditumbuh buka diblender. Perputaran blender menghasilkan panas akan merusak khasiat keladi tikus.

Itulah manfaat keladi tikus dan beberapa penjelasan terkait keladi tikus. Banyaknya penderita kanker di seluruh dunia menyebabkan banyak penelitian dilakukan untuk mencari alternatif obat. Salah satunya adalah keladi tikus. Jadi silahkan dicoba herbal yang satu ini. Semoga bermanfaat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *