Dipercaya Baik Bagi Kesehatan, Ini Dia 10 Manfaat Kecambah Untuk Wanita

Kecambah ? Kamu pasti sudah kenal baik ya dengan sayuran yang dikenal dengan nama tauge ini. Tauge seringkali dijadikan sebagai menu hidangan di meja makan dan menjadi sayuran favorit bagi sebagian besar wanita. Dan tahukah kamu, ternyata banyak sekali manfaat kecambah untuk wanita yang mungkin sebagian orang masih banyak yang belum tahu.

Dipercaya baik bagi kesehatan, konsumsi kecambah ternyata memiliki banyak manfaat baik. Terutama bagi perempuan, keputusan yang tepat sekali jika menjadikan sayuran tauge ini sebagai santapan menu harian karena manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Namun hati-hati, efek makan tauge berlebihan pun tak baik bagi kesehatan.

Apa Saja Kandungan Gizi Kecambah ?

Zat gizi apa saja sih yang terkandung dalam sayuran kecambah ? Walaupun seringkali diabaikan oleh banyak orang, ternyata kecambah memiliki beberapa kandungan zat gizi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Ini dia kandungan gizi dalam kecambah yang harus kamu ketahui :

  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Vitamin A, B, C, E
  • Maltosa
  • Folat
  • Saponin
  • Kanavavin
  • Zat Besi
  • dll

Manfaat Kecambah Untuk Wanita

Dengan segudang nutrisi yang terkandung di dalam kecambah, membuat sayuran satu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Dipercaya sangat baik bagi kesehatan, apa saja sih manfaat kecambah untuk wanita ? Ini dia 10 manfaatnya :

Membantu Meringankan Gangguan Menstruasi

Tahukah kamu bahwa dengan konsumsi kecambah dapat membantu melancarkan menstruasi ? Mungkin, bagi wanita yang belum pernah mengonsumsinya, manfaat baik satu ini tidak pernah didapatkan.

Ternyata, kecambah merupakan jenis sayuran yang mengandung antioksidan yang membantu melancarkan menstruasi. Manfaat kecambah untuk wanita satu ini akan membantu melancarkan peredaran darah sehingga meringankan gangguan menstruasi. Jadi, jika ingin menstruasi lebih lancar dan teratur, jangan lupa konsumsi kecambah ya !

Mencegah Gangguan Menopause

Manfaat kedua saat wanita mengkonsumsi sayuran tauge yang dikenal baik bagi kesehatan ini ialah dapat mencegahnya dari gangguan menopause. Berkat kandungan antioksidan dalam kecambah inilah yang mampu mencegah gangguan menopause.

Kandungan antioksidan tersebut mampu meningkatkan aliran darah sekaligus menghindarkan dari berbagai serangan penyakit. Ya, salah satunya adalah menghindarkan wanita dari gangguan pada masa pra-menopausenya. Jadi, kecambah sangat penting dikonsumsi di masa masa pra-menopause.

Mencegah Kanker Payudara

Manfaat kecambah untuk wanita yang perlu kamu tahu adalah sebagai sayuran yang mampu mencegah kanker payudara. Bukankah ini adalah penyakit yang serius ? Ya. Namun, dengan konsumsi kecambah, kanker payudara bisa dicegah.

Kecambah dikenal kaya akan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan, dimana kandungan ini sangat ampuh untuk menangkal radikal bebas. Jadi, tak heran jika rutin kosnumsi kecambah dapat menghindarkan diri dari penyakit kanker payudara.

Menunda Penuaan Dini

Ingin terlihat lebih awet muda ? Cobalah rutin konsumsi tauge. Atau, apakah saat ini kulit kamu terlihat makin keriput dan kasar ? Coba atasi dengan konsumsi sayuran kecambah. Sebab, sayuran satu ini dikenal baik untuk mencegah penuaan dini.

Di dalam kecambah terkandung vitamin E yang tinggi sehingga sangat baik untuk perawatan kulit dari dalam. Pasalnya, ini adalah kabar baik bagi wanita yang ingin tampak lebih awet muda.

Manfaat kecambah untuk wanita ini sangat baik untuk kesehatan kulit. Dengan rajin mengonsumsinya, kulit wajah kamu akan tampak lebih sehat secara alami, lebih lembab, kenyal dan halus. Waah, ternyata sangat ampuh untuk yang ingin tampil lebih awet muda !

Merawat Rambut dan Kuku

Ternyata, konsumsi tauge tak hanya bagus untuk perawatan kulit saja lho. Selain bagus untuk menjadikan kulit tampak lebih awet muda dan halus, vitamin E dalam kecambah juga bagus untuk perawatan rambut dan kuku.

Jika kamu termasuk yang mengalami masalah kerontokan pada rambut, cobalah masukkan kecambah ke dalam menu harian. Rutin mengonsumsi kecambah juga akan menjadikan kuku lebih kuat dan tidak mudah patah lho. Tidak percaya ? Coba saja rasakan sendiri manfaat baiknya.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Siapa disini yang sedang menjalankan program diet ? Jika kamu termasuk wanita yang ingin memiliki tubuh ideal, coba manfaatkan kecambah sebagai asupan harianmu. Manfaat kecambah untuk wanita ini ternyata juga ampuh untuk membantumu menurunkan berat badan lebih optimal.

Bagaimana bisa ? Karena kandungan serat yang tinggi dalam tauge ini akan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan rendah kalori dan tinggi nutrisi yang akan membantu menurunkan berat badan. Sehingga, tubuh yang ideal bisa kamu miliki dengan konsumsi tauge secara teratur.

Mampu Mengontrol Gula Darah

Apakah manfaat kecambah untuk wanita hanya sekedar bagi perawatan kecantikan kulit ? Tentu saja tidak. Kecambah memiliki manfaat baik bagi kesehatan yaitu sebagai pengontrol kadar gula darah.

Dalam hal ini, kecambah akan membantu mengendalikan gula darah. Berkat kandungan antioksidan sulforaphane dalam tauge menjadikannya dapat mengontrol kadar insulin menjadi lebih normal.

Nah, bagi penderita diabetes tipe 2, konsumsi tauge sangat baik untuk mengontrol kadar gula darahnya. Inilah salah satu manfaat terbaik yang bisa kamu dapatkan dari konsumsi sayuran tauge.

Melancarkan Pencernaan

Konsumsi kecambah dipercaya dapat membantu melancarkan pencernaan. Ia akan membantu tubuh mencerna makanan dengan lebih mudah. Hal ini dikarenakan kandungan enzim dan serat dalam tauge.

Kedua kandungan tersebut berfungsi untuk membantu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. Sehingga, penyerapan nutrisi dalam saluran pencernaan akan lebih mudah dan pemecahan makanan juga menjadi lebih efektif.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tahukah kamu bahwa kandungan vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi dalam tauge berdampak baik bagi kesehatan tubuh ? Ia akan mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Ya, inilah manfaat bagi kesehatan berikutnya dari konsumsi kecambah.

Bagi wanita yang ingin memiliki stamina cukup kuat dengan kekebalan tubuh yang tinggi, kecambah dapat membantu mendapatkan hal itu. Karena kandungan vitamin A dan vitamin C lah yang akan menguatkan stimulan bagi sel darah putih dalam tubuh sehingga tubuh mampu melawan serangan berbagai macam penyakit.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat kecambah bagi kesehatan wanita ialah mampu melancarkan sirkulasi darah. Vitamin K yang terkandung dalam sayuran tauge, akan membantu mempertahankan jumlah sel darah merah, zat besi dan tembaga dalam jumlah besar.

Meningkatkan sirkulasi darah adalah manfaat baik dari konsumsi tauge secara teratur. Kandungan vitamin K yang dimilikinya juga akan mendukung pembekuan darah lebih cepat. Ia akan memperbaiki kapiler sehingga suplai darah menjadi sehat. Inilah yang menjadi penyebab rambut tumbuh lebih kuat dan tebal.

Nah, itulah dia 10 manfaat kecambah untuk wanita yang bisa diperoleh jika rutin mengonsusminya. Dari uraian di atas, kita jadi tahu beragam manfaat kecambah bagi kecantikan dan kesehatan wanita. Dan jika kamu ingin mendapatkan informasi lainnya terkait manfaat kecambah bagi kesuburan wanita, coba baca artikel tentang cara makan tauge untuk kesuburan.  

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

Cara Menjaga Daerah Kewanitaan agar Tetap Rapat

Ketahui 12 Cara Menjaga Daerah Kewanitaan agar Tetap Rapat

Cara Menjaga Daerah Kewanitaan agar Tetap Rapat – Bagi Anda para ibu – ibu rumah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *