13 Manfaat Kayu Secang dan Cara Mengolahnya untuk Dikonsumsi

sumbersehat.com – Manfaat kayu secang sudah menjadi pengetahuan turun-temurun di kalangan masyarakat Indonesia. Biasanya, pendahulu kita memanfaatkan kayu secang untuk mempercantik kulit wajah dengan cara rutin meminumnya. Atau sering juga digunakan untuk membasuh wajah dengan tujuan yang sama.

Wedang uwuh merupakan salah satu minuman yang terdiri dari beberapa rempah dan tak lupa juga kayu secang. Wedang yang satu ini biasanya banyak dikonsumsi oleh orang-orang di daerah Jawa. Wedang uwuh akan diminum dalam kondisi hangat dan dijual di malam hari.

manfaat kayu secang
manfaat kayu secang

Inilah Khasiat Kayu Secang untuk Kulit dan Kesehatan

Selain sebagai minuman hangat, ada beragam manfaat kayu secang yang sangat bagus untuk tubuh kita, diantaranya:

1. Manfaat Kayu Secang dapat Membantu Menyembuhkan Jerawat

Warna merah pada kayu secang dikarenakan adanya suatu senyawa bernama brazilin. Bakteri propionibacterium penyebab jerawat dapat mati dikarenakan senyawa tersebut. Jika wajah Anda berjerawat, kayu secang bisa menjadi salah satu obat yang aman untuk menyembuhkan jerawat.Cara dan langkah membuat kayu secang sebagai obat jerawat adalah:

  • Siapkan serutan kayu secang secukupnya
  • Siapkan air
  • Rebus kayu secang di dalam air
  • Setelah mendidih, matikan api dan diamkan kayu secang hingga dingin
  • Gunakan air rebusan kayu secang untuk mencuci wajah

2. Khasiat Kayu Secang Dapat Membantu dalam Meremajakan Kulit

Selain untuk obat jerawat, manfaat kayu secang untuk kulit wajah adalah mampu meremajakan kulit. Kandungan antioksidan di dalam kayu secang dapat membatasi produksi radikal bebas perusak kulit. Lingkungan menjadi faktor munculnya radikal bebas yang mengenai kulit wajah.

Kulit kusam, noda hitam pada wajah hingga penuaan dini akan muncul dikarenakan radikal bebas. Untuk mencegah beberapa masalah tersebut, sangat penting untuk rutin mengonsumsi kayu secang. Kandungan antioksidannya akan membantu Anda dalam melawan radikal bebas.

3. Manfaat Kayu Secang Membantu dalam Mencerahkan Kulit

Memiliki kulit yang cerah dan sehat merupakan dambaan semua orang, terutama kaum hawa. Ketika Anda rajin mengonsumsi kayu secang, rasakan perubahannya pada tubuh Anda. Manfaat kayu secang yang dapat Anda rasakan yaitu berupa kulit yang lebih cerah dan sehat.

4. Khasiat Kayu Secang Dapat Membantu Mencegah Infeksi Kulit

Manfaat kayu secang untuk kulit selanjutnya adalah berkaitan dengan infeksi kulit. Sifat antimikroba dimiliki oleh kayu secang. Infeksi pada kulit dapat dihambat dengan adanya kandungan metanol yang terdapat di dalamnya.

Bakteri yang biasanya menginfeksi kulit bernama staphylococcus aureus. Mengonsumsi atau pun meminum kayu secang secara rutin akan membantu kita dalam menangkal pertumbuhan bakteri tersebut. Anda dapat meminumnya dalam bentuk wedang uwuh maupun rebusan kayu secang.

5. Manfaat Kayu Secang Membantu Membersihkan Darah Kotor

Banyak orang yang meyakini bahwa manfaat kayu secang adalah untuk membersihkan darah kotor. Munculnya bisul dan jerawat salah satunya dipicu oleh adanya darah kotor. Tugas dari kayu secang yaitu untuk membersihkan darah kotor penyebab jerawat dan bisul. Dengan begitu kulit wajah kita akan lebih bersih dan mulus, serta bebas dari jerawat.

6. Khasiat Kayu Secang untuk Antialergi

Alergi biasanya menyerang pada kulit, seperti gatal-gatal atau munculnya bintik kemerahan pada kulit tertentu. Hal ini tentu cukup mengganggu penampilan Anda, terutama jika munculnya di wajah. Kayu secang dapat dijadikan sebagai obat alergi. Manfaat kayu secang sebagai obat alergi dikarenakan kandungan senyawa chalcone di dalamnya.

7. Manfaat Kayu Secang untuk Mengatasi Diare, Mual dan Muntah

Bakteri Escherichia Coli (E. Coli) merupakan bakteri yang menyebabkan diare, mual sekaligus muntah. Pertumbuhan bakteri E. Coli dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi kayu secang.

8. Khasiat Kayu Secang untuk Mengatasi Kejang

Berdasarkan sebuah penelitian, ekstrak kayu secang dapat digunakan untuk mencegah kejang. Baik kejang yang disebabkan karena epilepsy maupun kejang dikarenakan kelainan lainnya.

9. Manfaat Kayu Secang sebagai Antijamur

Beberapa infeksi pada manusia disebabkan oleh adanya jamur Aspergillus niger dan Candida albicans. Nah jamur-jamur tersebut dapat terhambat pertumbuhannya jika Anda rutin mengonsumsi kayu secang. Manfaat kayu secang sebagai antijamur sudah berdasarkan penelitian dan banyak orang yang telah membuktikannya.

10. Khasiat Kayu Secang dapat Meningkatkan Imun Tubuh

Tubuh akan terlindungi dari berbagai bakteri dan penyakit ketika imunitas tubuh terjaga dengan baik. Mengonsumsi air rebusan kayu secang dapat membantu merawat imunitas.

Senyawa fenolik dan flavonoid di dalam kayu secang bersifat antioksidan tinggi. Kerusakan sel-sel di dalam tubuh dapat terhindar dengan adanya senyawa tersebut.

11. Manfaat Kayu Secang sebagai Antikonvulsan Alami

Manfaat kayu secang selanjutnya adalah sebagai antikonvulsan alami. Di dalam medis, antikonvulsan yaitu obat-obatan untuk menormalkan sel saraf agar tidak kejang. Gangguan saraf (neuropati) hingga bipolar dapat diredakan dengan mengonsumsi kayu secang.

12. Khasiat Kayu Secang untuk Penderita Diabetes

Brazilin di dalam kayu secang selain berguna untuk kulit wajah juga berfungsi sebagai penurun kadar gula dalam darah. Produksi enzim aldose reduktase juga dapat dihambat dengan beberapa senyawa di dalam kayu secang. Beberapa senyawa tersebut diantaranya yaitu caesalpinia , sappan kalkon dan protosappanin A.

Komplikasi diabetes disebabkan karena adanya enzim aldose reduktase. Jika Anda atau keluarga Anda terserang diabetes, alangkah baiknya mulai rutin mengonsumsi kayu secang.

13. Manfaat Kayu Secang sebagai Minuman Tradisional yang Terkenal

Selain untuk kulit wajah dan kesehatan, manfaat kayu secang lainnya adalah sebagai minuman tradisional. Para pendahulu kita menjadikan kayu secang sebagai salah satu minuman favorit. Mereka menyadari betul akan banyaknya manfaat kayu secang untuk kesehatan dan tubuh. Wah benar-benar minuman tradisional yang sangat keren untuk dikonsumsi secara rutin.

Cara Mengolah Kayu Secang untuk Dikonsumsi

Beberapa dari kita mungkin masih bingung cara mengolah kayu secang untuk dikonsumsi, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba:

1. Kayu Secang Sebagai Campuran Minuman

Bahan yang dibutuhkan dan cara pembuatannya:

  • Siapkan kayu secang secukupnya, potong kecil-kecil
  • Siapkan minuman ringan berupa wedang uwuh/bandrek
  • Siapkan secangkir air panas
  • Campurkan kayu secang yang telah dipotong-potong dan minuman ringan ke dalam air panas
  • Aduk hingga rata dan siap untuk dikonsumsi

Wedang tradisional yang satu ini akan nikmat dikonsumsi ketika pagi/malam hari

2. Kayu Secang dapat Diolah Menjadi Obat-Obatan

Kayu secang untuk obat-obatan dapat dikatakan sangat mudah pengolahannya, berikut ini caranya:

  • Siapkan 3-10 gram kayu secang, potong kecil-kecil
  • Rebus dengan air secukupnya
  • Saring dan tuangkan ke dalam gelas
  • Kayu secang siap untuk dikonsumsi
  • Akan lebih nikmat ketika diminum dalam keadaan hangat
  • Untuk rasa manis, Anda bisa menambahkan madu secukupnya

Itulah beragam khasiat kayu secang yang sangat berguna bagi kulit hingga kesehatan. Kini, tidak ada lagi alasan untuk tidak mengonsumsi kayu secang secara rutin. Kita bisa mengolahnya sebagai obat maupun dicampurkan dengan minuman tradisional seperti penjelasan di atas.

Akan tetapi, semua manfaat kayu secang tersebut tidak akan kita dapatkan jika kita tidak disiplin mengonsumsinya. Dengan mengonsumsi kayu secang setiap harinya, maka tubuh kita akan lebih sehat dan terlindungi. Imunitas juga terjaga dengan baik karena banyak nutrisi dan senyawa yang terkandung di dalam kayu secang.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *