Ini 12 Manfaat Kapulaga Sebagai Obat Herbal Penyakit yang Ampuh

Sumbersehat.com – Manfaat kapulaga tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan tetapi juga bisa untuk kesehatan. Kapulaga berasal dari India dan saat ini sudah menyebar sampai ke penjuru dunia. Dalam dunia kesehatan, kapulaga banyak diproduksi sebagai obat untuk mencegah berbagai penyakit.

Khasiat kapulaga untuk masakan adalah memberikan rasa pedas pada makanan. Oleh sebab itu, kapulaga sering dijadikan campuran untuk membuat kari dan gulai. Tetapi, bagaimana jika kapulaga digunakan untuk kesehatan? Simak ulasan di bawah ini!

manfaat kapulaga
manfaat kapulaga

Tentang Kapulaga

Sebelum membahas manfaat kapulaga, anda harus tahu dulu mengenai kapulaga. Jenis kapulaga ada 2, yaitu kapulaga Jawa dan kapulaga India. Kapulaga Jawa memiliki buah yang berbentuk bulat dan berwarna merah. Sedangkan kapulaga India berbentuk lonjong dan berwarna hijau. Kedua jenis kapulaga tersebut teksturnya berserat.

Nama lain kapulaga Jawa adalah Amomum compactum dan kapulaga India adalah Elettaria cardamomum. Kapulaga masih satu family dengan jahe-jahean yaitu Zingiberaceae, sehingga tidak heran jika dapat digunakan sebagai obat. Kapulaga tersedia dalam bentuk biji-bijian, bubuk, minyak esensial, dan suplemen herbal.

Nutrisi Pada Kapulaga

Di dalam kapulaga terdapat kandungan vitamin, mineral, serat, rendah kalori dan rendah lemak. Berikut ini adalah beberapa nutrisi dalam 1 sdm kapulaga, diantaranya :

  • 18 kalori
  • 4 gram karbohidrat
  • 0,4 gram lemak
  • 0,6 gram protein
  • 1,6 gram serat
  • 22,2 gram kalsium
  • 64,9 mg kalium
  • 0,81 mg zat besi
  • 10,3 mg fosfor
  • 13,3 mg magnesium.

Selain itu, kapulaga juga memiliki kandungan senyawa alami yang bersifat antioksidan yang baik untuk tubuh.

Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat kapulaga yang baik untuk kesehatan, yaitu :

1. Khasiat Kapulaga untuk Mengurangi Stres

Dalam kandungan kapulaga terdapat senyawa yang bersifat antidepresan yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi depresi. Manfaat kapulaga untuk menenangkan pikiran ini dapat dikonsumsi dengan olahan teh kapulaga dan minyak esensial kapulaga.

Meminum teh kapulaga secara rutin dan menghirup minyak esensial kapulaga akan memberikan efek menenangkan. Oleh sebab itu, sangat baik digunakan untuk mencegah stres yang berlebihan. Gunakan sebelum tidur supaya ketika bangun pikiran menjadi lebih segar.

2. Manfaat Kapulaga untuk Melancarkan Sistem Pencernaan

Kapulaga adalah kemiri atau sejenis rempah yang ampuh untuk mengatasi masalah gangguan pencernaan. Karena di dalam kapulaga terdapat kandungan serat yang tinggi. Setiap 1 sdm kapulaga terdapat 2 gram serat yang terkandung di dalamnya.

Khasiat kapulaga dalam kandungan tersebut sangat baik untuk mengatasi sembeli, nyeri perut, kejang usus, dan memperbaiki nafsu makan. Ekstrak kapulaga juga dapat mengurangi ukuran ulkus lambung.

3. Khasiat Kapulaga untuk Mencegah Infeksi

Ekstrak kapulaga memiliki kandungan senyawa yang bersifat antibakteri. Senyawa ini yang terkenal sangat ampuh melawan berbagai virus, jamur, dan bakteri yang membahayakan tubuh. Sehingga, manfaat kapulaga juga dapat untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

4. Manfaat Kapulaga untuk Meredakan Nyeri dan Radang

Kapulaga juga bersifat anti analgesik atau pereda nyeri dan anti inflamasi atau mengurangi peradangan. Olahan teh kapulaga baik untuk mengurangi sakit gigi, gusi bengkak, nyeri sendi, nyeri otot, dan sakit kepala.

Kandungan antioksidan yang ditemukan di dalam kapulaga dapat melindungi sel dari kerusakan dan menghambat peradangan. Khasiat kapulaga juga dapat mengurangi radang pada hati yang diakibatkan oleh makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak.

5. Khasiat Kapulaga untuk Kesehatan Tulang

Tidak banyak yang tahu jika di dalam kapulaga terdapat kandungan vitamin dan mineral. Kandungan tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kepadatan pada tulang. Dengan rutin mengonsumsi olahan teh kapulaga sangat ampuh untuk menghindari penyakit osteoporosis.

6. Manfaat Kapulaga untuk Melancarkan Sistem Ekskresi

Dalam kandungan kapulaga terdapat senyawa yang bersifat diuretik. Dimana senyawa tersebut sangat baik untuk melancarkan sistem ekskresi pada tubuh, khususnya ginjal. Senyawa ini yang membantu menambah kecepatan pembentukan urin.

Dengan ditambah kandungan analgesik dan anti inflamasi dalam kapulaga dapat mengurangi resiko penyakit ginjal dan saluran kemih. Rutinlah mengonsumsi teh kapulaga untuk menghindari penyakit di kedua organ tersebut.

7. Khasiat kapulaga untuk Hipertensi

Manfaat kapulaga selanjutnya adalah dapat menurunkan tekanan darah. Dalam kapulaga terdapat kandungan antioksidan yang tinggi yaitu mencapai 90%. Dengan rutin mengonsumsi kapulaga yang diolah menjadi bubuk dengan takaran 3 gram selama 12 minggu dapat menurunkan tekanan darah.

Bahkan, tidak jarang yang menunjukkan penurunan hingga mencapai batas normal. Selain itu, efek diuretik dalam kapulaga juga dapat menghilangkan air yang menumpuk di sekitar jantung. Sehingga dapat dipastikan dengan mengonsumsi kapulaga dapat menyehatkan jantung.

8. Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan Mulut

Berikutnya, khasiat kapulaga juga mampu menjaga kesehatan mulut dari berbagai penyakit mulut. Senyawa-senyawa yang terkandung di dalamnya dapat menjaga kesehatan mulut dengan melawan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit mulut.

Menggunakan kapulaga untuk mengobati bau mulut sudah digunakan sejak tradisi kuno. Walau rasa kapulaga sedikit pedas tetapi dapat menyegarkan nafas setelah mengonsumsi buahnya. Bahkan ekstrak kapulaga dapat melawan lima bakteri yang menyebabkan gigi berlubang.

9. Khasiat Kapulaga untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Dalam kapulaga terdapat kandungan antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas. Kandungan ini sangat ampuh untuk menjaga kondisi jantung supaya tetap sehat. Rutin mengonsumsi olahan teh kapulaga dapat mengurangi resiko serangan jantung mendadak.

10. Manfaat Kapulaga untuk Mengurangi Resiko Kanker

Kapulaga memiliki kandungan senyawa fitokimia yang dapat mengurangi risiko pertumbuhan sel kanker. Senyawa dalam kapulaga ini juga bisa untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami untuk menyerang tumor. Dengan rutin mengonsumsi teh kapulaga dapat melawan sel kanker dalam tubuh.

11. Khasiat Kapulaga untuk Melegakan Pernapasan

Jika anda sering mengalami kesulitan dalam bernafas dapat memanfaatkan kapulaga karena dapat melegakan sistem pernapasan. Kandungan minyak atsiri dalam kapulaga bisa melancarkan sirkulasi darah.

Kapulaga juga sangat baik untuk penderita bronchitis karena dapat melancarkan sirkulasi darah ke paru-paru. Bahkan, penderita asma yang rutin mengonsumsi teh kapulaga dapat menenangkan trakea.

12. Manfaat Kapulaga untuk Seksualitas Pria

Manfaat kapulaga untuk pria dapat menangani masalah ejakulasi dini yang sering dialami. Kapulaga juga bersifat afrodisiak yang mampu meningkatkan gairah seksual pada pria, mencegah ejakulasi dini, dan penyakit impoten. Untuk mengolah kapulaga supaya mendapatkan manfaat tersebut juga cukup mudah. Anda hanya perlu menggabungkan jahe dan cabai ke dalam menu makanan.

Lalu, anda dapat menghidangkannya dengan wedang cengkeh kapulaga dan wedang rempah. Jika ingin yang lebih praktis, anda seduh teh kapulaga setiap hari. Jika ingin yang lebih bervariasi, anda dapat mengolahnya menjadi kue kering. Gabungkan rempah-rempah lainnya seperti cengkeh, jahe, kayu manis, dan pala akan memberikan sajian kue kering yang nikmat.

Sekarang anda sudah tahu jika kapulaga tidak hanya dijadikan sebagai tambahan bumbu masakan. Tetapi kapulaga juga banyak memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Demikian informasi mengenai beberapa manfaat kapulaga untuk kesehatan dan semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda dan keluarga.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *