11 Manfaat Kapulaga untuk Pria dan Cara Mengolahnya

Sumbersehat.com – Manfaat kapulaga untuk pria dan kesehatan tubuh dari dulu sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Tanaman herbal yang berasal dari India ini seringkali digunakan sebagai bumbu masakan. Sebab, rasanya yang sedikit pedas menyerupai jahe membuat kapulaga dipilih sebagai bumbu tambahan dalam berbagai masakan.

Tidak hanya cocok untuk ditambahkan ke dalam masakan, ternyata ada sejuta khasiat kapulaga untuk pria dan kesehatan yang tersimpan. Selama berabad-abad, ekstrak rempah ini juga sering dijadikan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan penyakit. Kapulaga masih satu keluarga dengan rempah jahe-jehean sehingga nutrisinya tidak dapat diragukan lagi.

Manfaat kapulaga untuk pria
manfaat kapulaga untuk pria

Inilah Khasiat Kapulaga untuk Pria dan Kesehatan Tubuh

Berikut ini merupakan manfaat kapulaga untuk pria yang baik untuk ditambahkan dalam menu masakan sehari-hari: 

1. Khasiat Kapulaga untuk Meningkatkan Gairah Seksual

Manfaat kapulaga untuk pria yang satu ini sangat berguna untuk membantu meningkatkan gairah seksual. Masalah seksual yang sering dialami oleh kebanyakan pria adalah ejakulasi dini. Namun, sekarang tidak perlu khawatir karena dengan mengonsumsi kapulaga pasti bisa mengatasinya.

Kapulaga terkenal memiliki sifat afrodisiak yang dari dulu sudah dipercaya efektif untuk meningkatkan gairah seks. Selain itu, juga dapat membantu mencegah terjadinya ejakulasi dini dan mencegah penyakit impotensi.

Cara mengolah kapulaga tidak begitu sulit, yakni cukup kombinasikan kapulaga dengan jahe dan cabe sebagai campuran menu favorit Anda sehari-hari. Anda suka kue kering? Anda dapat mengolahnya sebagai kue kering dengan rempah lain seperti jahe, cengkeh, pala, dan kayu manis.

2. Khasiat Kapulaga untuk Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Salah satu manfaat kapulaga untuk pria ini sangat dibutuhkan agar terhindar dari berbagai penyakit yang bisa saja menyerang. Kapulaga memiliki kemampuan untuk melawan bakteri dan patogen lainnya sehingga tubuh Anda akan tetap sehat.

Khasiat kapulaga untuk pria juga dapat digunakan sebagai detoksifikasi di dalam tubuh yang mampu mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh. Apabila racun menumpuk, maka dapat memicu timbulnya berbagai permasalahan kesehatan. Mulai dari penuaan dini bahkan hingga memicu munculnya sel-sel kanker yang sangat berbahaya.

3. Manfaat Kapulaga untuk Mengatasi Gangguan Pernapasan

Kapulaga dapat mengatasi gangguan pernapasan yang Anda alami. Sebab, didalamnya terdapat kandungan minyak atsiri yang sangat bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah. 

Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi kapulaga juga bisa membantu mengatasi penyakit asma. Asma terjadi karena saluran pernapasan mengalami penyempitan. Nah, manfaat kapulaga untuk pria ini dapat membantu membuka saluran pernapasan sehingga jaringan trakea akan tenang.

4. Khasiat Kapulaga untuk Melindungi dari Penyakit Kronis

Kapulaga memiliki sifat anti-inflamasi yang memiliki kemampuan untuk membantu mencegah terjadinya peradangan. Hal ini dikarenakan, peradangan dapat berpotensi menyebabkan penyakit kronis dalam jangka panjang. Apabila Anda ingin mencegahnya, maka alangkah baiknya Anda menggunakan tanaman herbal seperti kapulaga.

Kapulaga dapat dijadikan obat herbal andalan untuk mencegah penyakit kronis seperti diabetes melitus, kanker, dan aterosklerosis. Selain itu, khasiat kapulaga untuk pria ini juga bisa mencegah penyakit hipertensi yang kebanyakan dialami oleh pria.

5. Manfaat Kapulaga untuk Mengobati Infeksi

Selain anti-inflamasi, kapulaga juga memiliki efek anti-bakteri sehingga mampu mengobati infeksi. Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa dalam ekstrak kapulaga terdapat senyawa yang dikenal mampu melawan bakteri. Akan tetapi, pernyataan tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Supaya manfaat kapulaga untuk pria yang satu ini dapat dipastikan kebenarannya. 

6. Khasiat Kapulaga untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Kapulaga kaya akan nutrisi yang baik seperti vitamin, antioksidan, dan minyak atsiri sehingga mampu menjaga kulit dari radikal bebas. Selain itu, rempah ini juga mampu mencegah terjadinya penuaan dini, mencerahkan kulit, dan memperlambat kulit menjadi keriput. 

Tidak berhenti disitu, manfaat kapulaga untuk pria dan wanita ini juga mengatasi masalah kulit seperti bisul. Apabila Anda bisulan, maka tunggu apalagi segeralah untuk mengobatinya dengan menggunakan kapulaga agar cepat sembuh.

7. Manfaat Kapulaga untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Khasiat kapulaga untuk pria yang tidak kalah penting ialah dapat menjaga kesehatan ginjal Anda. Sebab, kapulaga memiliki sifat diuretik sehingga akan membuat ginjal Anda tetap terjaga kesehatannya. Nutrisi yang ada ada rempah kapulaga juga berkhasiat untuk mencegah infeksi saluran kemih dan peradangan pada ginjal. Apabila ginjal dan saluran kemih sehat, maka kinerja sistem ekskresi pun juga akan sehat dan lancar.

8. Khasiat Kapulaga untuk Membantu Melancarkan Pencernaan

Ternyata kapulaga mengandung serat yang cukup tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk memperlancar saluran pencernaan. Apabila Anda mengalami susah buang air besar (sembelit), maka kapulaga dapat dijadikan alternatif untuk mengobatinya. Selain itu, lebih banyak pria yang mengalami pembekakan pembuluh darah pada area dubur.

Nah, manfaat kapulaga untuk pria ini juga dapat mencegah agar hal itu tidak sampai terjadi. Kapulaga juga seringkali digunakan dengan cara mengkombinasikan dengan rempah lainnya untuk mengatasi mual dan muntah. Khasiat kapulaga untuk pria dapat menjaga kesehatan perut lainnya, seperti mengobati nyeri perut, kejang usus, mengontrol empedu dan asam lambung. Bahkan kapulaga juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan Anda.

9. Manfaat Kapulaga untuk Mengurangi Risiko Kanker

Salah satu manfaat kapulaga untuk pria yang tidak kalah menakjubkan ialah bisa mengurangi resiko penyakit kanker. Hal ini dikarenakan adanya kandungan fitokimia yang dimiliki rempah ini sehingga dapat melawan penyakit kronis seperti kanker. 

Apabila mengonsumsi suplemen kapulaga selama 15 hari berturut-turut, maka ukuran tumor di kulit dapat mengecil. Hal ini sesuai dengan sebuah studi yang dilakukan pada hewan. Walaupun masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, tetapi tidak ada salahnya bila Anda melakukannya. Sebab, penggunaan kapulaga ini tidak memiliki efek samping ataupun resiko yang membahayakan kesehatan.

10. Manfaat Kapulaga untuk Menjaga Kesehatan Mulut dan Tenggorokan

Apabila Anda termasuk pria perokok, maka manfaat kapulaga untuk pria yang satu ini perlu Anda ketahui. Rempah kapulaga ternyata dapat membantu menjaga kesehatan mulut dan tenggorokan Anda. 

Kapulaga memiliki sifat anti-inflamasi, jadi khasiat kapulaga untuk pria ini dapat meredakan sariawan, sakit gigi, gusi bengkak hingga radang tenggorokan. Yang lebih menariknya lagi, kapulaga juga dapat membuat napas Anda menjadi lebih segar dan mengurangi napas yang tidak sedap.

11. Khasiat Kapulaga untuk Membantu Mengurangi Stress

Banyak orang terutama pria yang mengalami stress karena pekerjaan yang berat atau karena permasalahan lainnya. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena manfaat kapulaga untuk pria ini dapat membantu mengurangi stress. Hal ini tidak lepas dari sifat yang dimiliki kapulaga yaitu sifat anti depresan. 

Untuk dapat mengambil khasiat kapulaga untuk pria ini, Anda dapat menghirup aroma kapulaga yang diyakini memberikan efek menenangkan. Cara mengolah kapulaga untuk stress juga dapat mengonsumsinya sebagai teh kapulaga. 

Cara Mengolah Kapulaga

Anda pastinya penasaran bagaimana cara mengolah kapulaga sebagai obat herbal bukan? Untuk membuatnya Anda perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, yaitu:

  • 1 kantung teh 
  • 2 cm kayu manis
  • 3 buah kapulaga
  • 2 sendok makan gula jawa
  • 500 ml air (boleh juga takarannya sesuai selera)

Cara membuat:

Pertama, Anda dapat merebus teh, tunggu hingga warnanya kecoklatan lalu buang kantung teh. Masukkan kapulaga dan kayu manis ke dalam panci, tunggulah sampai mendidih dan aroma harumnya tercium. Kedua, iris gula jawa dan masukkan ke dalam gelas lalu tuang teh kapulaga tersebut ke dalam gelas. Jika sudah, maka teh kapulaga sudah dapat Anda nikmati sebagai ramuan herbal alami.

Setelah mengonsumsinya secara rutin setiap hari, Anda akan mendapatkan manfaat kapulaga untuk pria. Itulah manfaat kapulaga untuk pria dan resepnya sebagai obat herbal penyakit. Semoga bermanfaat dan jangan lupa informasikan pada orang sekitar juga.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *