15 Manfaat Jus Pare Bagi Kesehatan Tubuh dan Cara Membuatnya

sumbersehat.com – Manfaat jus pare memang belum banyak orang yang tahu. Pare adalah salah satu sayuran yang tidak begitu diminati karena rasanya pahit. Namun ternyata, pare adalah sumber vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K yang baik serta mineral penting seperti magnesium, mangan, potassium, dan seng. Salah satu cara konsumsi pare yang baik bagi tubuh adalah jus.

Kandungan segelas jus pare antara lain 16 kalori, 2 gram serat, 1 gram protein, 3 gram karbohidrat, hanya 0,2 gram lemak, vitamin C,17 persen folat, 6 persen kalium, 10 persen zinc, dan 4 persen vitamin lainnya. Apa saja khasiat jus pare? Simak penjelasannya berikut.

manfaat jus pare

Inilah Khasiat Jus Pare bagi Kesehatan

Adapun manfaat jus pare untuk kesehatan dan sebagai obat herbal adalah :

1. Khasiat Jus Pare untuk Mengurangi Berat Badan

Pare tergolong sayuran yang rendah kalori dan mengandung banyak serat yang dibutuhkan tubuh menjaga kelancaran dan kesehatan pencernaan. Berdasarkan beberapa penelitian, pare membantu menurunkan berat badan serta membakar lemak. Kandungan seratnya efektif mengurangi nafsu makan dan membuat anda kenyang lebih lama.

2. Manfaat Jus Pare untuk Mengurangi Tingkat Gula Darah

Berdasarkan penelitian, konsumsi sekitar 2.000 mg pare setiap hari akan menurunkan kadar hemoglobin A1c dan gula darah. Bahkan, pare juga membantu kinerja sekresi insulin sehingga anda bisa menikmati manfaat jus pare untuk mengatasi diabetes.
Minum jus pare dapat membantu sel-sel tubuh memperoleh glukosa sebagai makanan.

Jus pare mengandung tiga komponen utama, yaitu polipeptida-p, charantin, dan vicine yang mampu menurunkan kadar glukosa. Selain itu, pare juga efektif mencegah penumpukan glukosa dalam darah dan mengedarkannya ke hati, otot, dan jaringan lemak.

3. Khasiat Jus Pare untuk Memberantas Kanker

Berdasarkan hasil tes laboratorium, pare bisa menghentikan pertumbuhan dan replikasi sel-sel kanker. Oleh karena itu, jus pare dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para penderita berbagai jenis kanker seperti kanker payudara, usus besar, prostat, hati, dan kanker darah.

4. Manfaat Jus Pare untuk Menyehatkan Kulit

Pare mengandung antioksidan, vitamin C, dan provitamin A yang bagus untuk kesehatan kulit dan penyembuhan luka pada kulit. Bahkan, manfaat jus pare lainnya adalah membantu pemulihan penyakit kulit seperti eczema dan psoriasis. Pare juga mampu memurnikan darah serta menjadikan kulit bebas dari toksin sehingga kulit menjadi sehat, cerah, dan bebas jerawat.

Senyawa anti jamur dan anti bakteri yang dikandung pare juga akan melawan banyak infeksi kulit termasuk kurap, kudis, dan psoriasis. Selain itu, pare bisa menghentikan aktivitas guanylate cyclase yang memperburuk kondisi psoriasis.

5. Khasiat Jus Pare untuk Membantu Proses Diet

Pare tergolong rendah kalori, tetapi justru kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Serat mampu membantu pencernaan sehingga gerakan peristaltik makanan menjadi lancar dan limbah yang bisa terbuang secara teratur ketika buang air besar. Manfaat jus pare ini bisa dirasakan karena adanya kandungan charantin yang tinggi. Kandungan tersebut bisa meningkatkan serapan glukosa dan sintesis glikogen yang bisa menurunkan berat badan karena penyimpanan sel-sel lemak berkurang.

6. Manfaat Jus Pare yang Bagus untuk ASI

Para ibu menyusui dianjurkan untuk rajin minum jus pare karena tingginya kandungan asam folat, vitamin A, vitamin C, dan serat di dalam pare bekerja memperkaya nutrisi ASI. Tak hanya itu, pare juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah serta menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler.

7. Khasiat Jus Pare untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Pare bersifat anti-inflamasi yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Minum jus pare akan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke secara signifikan. Kandungan kalium-nya akan menyerap natrium berlebih di dalam tubuh. Selain itu, pare kaya akan zat besi yang bisa mengurangi risiko stroke dan menjaga kesehatan jantung.

8. Manfaat Jus Pare untuk Melancarkan Proses Detoksifikasi

Pare diyakini efektif membersihkan usus dan hati. Berdasarkan studi dalam International Journal of Vitamin and Nutrition, manfaat jus pare berasal dari senyawa yang disebut Momordica Charantia, yang bekerja melindungi hati dengan memperkuat aktivitas antioksidan dari enzim di hati.

Konsumsi jus pare bisa mencegah kerusakan oksidatif karena mampu menghalangi akumulasi lemak. Vitamin C yang dikandung oleh pare akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menangkal radikal bebas serta mengurangi risiko kanker kulit dan kerusakan sel.

9. Khasiat Jus Pare untuk Meningkatkan Kadar Kolagen

Vitamin C tinggi pada pare mampu menjaga kesehatan pembuluh dan peredaran darah. Kesehatan pembuluh darah adalah unsur penting bagi produksi kolagen yang bisa menjaga keremajaan sel kulit (antiaging effect).

10. Manfaat Jus Pare untuk Memperbaiki Sistem Kekebalan Tubuh

Antioksidan yang berlimpah, khususnya vitamin C bekerja membentuk pertahanan terhadap benda asing yang bisa merusak tubuh. Antioksidan mampu menyerang radikal bebas di dalam tubuh dan menghilangkan senyawa berbahaya lainnya yang menjadi penyebab beberapa penyakit.

11. Khasiat Jus Pare untuk Menyehatkan Mata

Pare mengandung flavonoid seperti alfa-karoten, beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin yang sangat baik untuk mata. Oleh karena itu, salah satu khasiat jus pare adalah meningkatkan penglihatan, terutama pada malam hari dan memperlambat degenerasi makula. Senyawa-senyawa tersebut mampu melawan efek penuaan pada mata serta memusnahkan radikal bebas dan spesies oksigen reaktif yang menyebabkan komplikasi penyakit.

12. Manfaat Jus Pare untuk Menyembuhkan Penyakit Pernapasan

Khasiat jus pare yang selanjutnya adalah mengurangi gejala penyakit pada sistem pernapasan seperti asma dan bronchitis. Pare juga bersifat antihistamin, antiinflamasi, dan antivirus yang menyebabkan pare menjadi asupan tambahan yang ideal untuk menjaga kesehatan pernapasan.

13. Khasiat Jus Pare Sebagai Pengobatan HIV dan Herpes

Menurut sebuah penelitian, komposisi fitokimia pada pare bisa menghambat aktivitas virus human immunodeficiency pada penderita AIDS sehingga pare bisa memberikan efek tambahan dalam pengobatan AIDS. Selain itu, pare bersifat antivirus yang bisa menyembuhkan herpes simpleks virus-1 (HSV-1) dan mengurangi risiko penyebaran plak herpetik ke orang lain.

14. Manfaat Jus Pare yang Mendukung Kesehatan Tulang dan Penyembuhan Luka

Khasiat jus pare sangat besar karena adanya kandungan vitamin K yang berfungsi mengatur pembekuan darah dan mengantarkan kalsium ke seluruh tubuh. Vitamin K juga bisa meningkatkan kepadatan tulang sehingga mengurangi risiko terjadinya patah tulang.

15. Khasiat Jus Pare untuk Mengurangi Kadar Kolesterol

Menurut Dr. Anju Sood dari India, jus pare bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darah sehingga tubuh terbebas dari berbagai penyakit berbahaya. Oleh sebab itu, orang-orang yang mengalami obesitas juga disarankan untuk rajin minum jus pare supaya kadar kolesterolnya berkurang.

Resep Jus Pare

Demi mendapatkan manfaat jus pare yang luar biasa di atas, Anda perlu mengetahui cara mengolahnya. Karena bila dibuat asal-asalan, jus pare akan terasa getir dan pahit, sehingga Anda tidak akan tahan mengonsumsinya secara rutin.
Bahan-bahan yang Anda perlukan:

  • 1 buah pare
  • 1 buah timun
  • Perasan buah lemon (1 buah)
  • 2 batang seledri
  • 1 buah apel
  • Air matang secukupnya

Langkah-langkah:

  • Buang biji pare
  • Kupas kulit buah apel dan timun
  • Cuci bersih pare, apel, dan timun
  • Masukkan pare, apel, timun, dan perasan lemon ke dalam blender, dan proses hingga halus
  • Saring
  • Minum airnya secara rutin

Resep jus pare ini juga bisa Anda buat menggunakan juicer untuk mendapatkan hasil jus yang lebih baik.

Demikian manfaat jus pare yang luar biasa. Faktanya, di balik rasa pahit terdapat manfaat yang manis untuk tubuh sehingga buah ini layak untuk dikonsumsi demi kesehatan tubuh. Yuk mulai minum jus pare agar bisa merasakan manfaatnya!

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat daun pegagan

15 Manfaat Daun Pegagan untuk Obat Herbal Penyakit

sumbersehat.com - Manfaat daun pegagan saat ini sudah semakin banyak diketahui dan sedang menjadi primadona. Centella Asiatica merupakan nama lain dari tumbuhan yang memiliki bentuk daun menyerupai ginjal dengan pinggiran daun bergelombang. Pengobatan di masyarakat Cina dan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *