Segudang Manfaat Jeruk Nipis Buat Muka, Nomor 3 Harus Tahu!

By

sumbersehat.com – Apakah Anda suka mengonsumsi jeruk nipis? Jika iya lanjutkanlah kebiasaan itu, tapi bagi yang belum terbiasa alangkah baiknya mulai mengonsumsi jeruk nipis mulai dari sekarang. Karena faktanya manfaat jeruk nipis buat muka sangatlah banyak dan tentunya juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Buah berbentuk bulat dan berwarna hijau ini rendah kalori, mengandung banyak vitamin dan nutrisi. Vitamin yang ada di dalam jeruk nipis di antaranya vitamin A, B, C dan E. Namun yang paling berpengaruh dan bermanfaat bagi kulit adalah vitamin C di dalam jeruk nipis. Selain itu, ia mengandung antioksidan yang sangat baik untuk kecantikan wajah.

manfaat jeruk nipis buat muka
jeruk nipis dan muka

Inilah Manfaat Jeruk Nipis Buat Muka yang Harus Anda Ketahui

Memiliki muka yang sehat dan cerah menjadi dambaan banyak orang, untuk itu khasiat jeruk nipis buat muka meliputi:

Membantu Meremajakan Kulit Wajah

Manfaat jeruk nipis buat muka yang sangat terkenal adalah kemampuannya dalam meremajakan kulit. Vitamin C, flavonoid, hingga kandungan antioksidan sangat mendukung untuk membuat kulit tetap sehat. Meremajakan kulit yang dimaksud bisa juga kita sebut sebagai pencegahan kulit keriput. Jadi istilah ini cocok digunakan karena kulit kita agar tetap kencang dan sehat.

Membantu Mencegah dari Penuaan Kulit

Paparan sinar ultraviolet dari hari ke hari membuat kulit wajah menunjukkan tanda-tanda penuaan. Untuk itu, manfaat jeruk nipis buat muka selanjutnya sangat cocok bagi Anda yang mulai muncul tanda penuaan kulit. Di antaranya seperti munculnya noda hitam maupun keriput pada wajah. Tanda-tanda penuaan tersebut dapat Anda cegah dengan rutin mengonsumsi jeruk nipis.

Bahaya radikal bebas dapat teratasi dengan jeruk nipis karena adanya kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Sering mengonsumsi jeruk nipis dipercaya dapat meningkatkan produksi kolagen. Seperti yang kita ketahui, kolagen sangat penting untuk menjaga agar kulit tetap kencang.

Mengatasi Munculnya Jerawat

Banyak sekali yang mencari di internet tentang manfaat jeruk nipis untuk wajah berjerawat. Hal ini sangat wajar, dikarenakan kebanyakan orang yang memiliki jerawat cenderung tidak percaya diri dalam penampilan. Meskipun jerawat yang muncul hanyalah satu atau dua buah, tapi itu dirasa cukup membuat khawatir.

Di jaman yang semakin maju ini, orang-orang saling berlomba untuk mendapatkan wajah yang glowing dan mulus tanpa noda. Adanya kotoran dan sel-sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori wajah disebabkan oleh produksi minyak berlebih. Pori-pori wajah yang tersumbat akan menjadi sarang bagi pertumbuhan bakteri kemudian muncul peradangan yang berujung jerawat.

Membantu Mengecilkan Pori-Pori

Salah satu zat yang terdapat di dalam jeruk nipis adalah astringen. Manfaat jeruk nipis buat muka terkait astringen ini adalah mampu membantu mengecilkan pori-pori wajah. Lebih dari itu, ia juga berfungsi untuk mengurangi produksi minyak berlebih di wajah sehingga kulit menjadi lebih mulus.

Namun alangkah lebih baiknya sebelum mengaplikasikan jeruk nipis pada wajah, Anda haruslah berhati-hati. Keamanan dan keefektifan jeruk nipis yang digunakan pada wajah perlu riset dan penelitian lebih mendalam. Bagi Anda yang masih pertama kali menggunakan jeruk nipis untuk wajah sebaiknya memperhatikan beberapa hal.

Di antaranya yaitu perhatikan tipe wajah Anda, apakah termasuk wajah yang sensitif terhadap hal-hal baru atau tidak. Cara mengambil manfaat jeruk nipis buat muka cukup mudah, coba lakukan perawatan pada jeruk nipis di 3 hari pertama. Kemudian perhatikan perubahan apa yang terjadi pada wajah Anda, apakah semakin baik atau justru kurang baik. salah satu tanda ketidakcocokan yakni ketika muncul gatal-gatal pada wajah.

Beberapa orang yang menggunakan jeruk nipis pada wajah sering muncul pertanyaan, kenapa jeruk nipis perih di wajah? Jawabannya adalah karena zat asam di dalam jeruk nipis berisiko menjadikan kulit Anda kering, iritasi hingga kemerahan. Nah dianjurkan juga untuk tidak mengoleskan jeruk nipis langsung pada kulit setelah melakukan kegiatan di luar ruangan.

Membuat Wajah Lebih Cerah

Banyak orang yang menginginkan wajah cerah, sehat dan kencang. Kulit wajah yang cerah bukan berarti haruslah memiliki jenis kulit putih atau kuning langsat. Melainkan suatu kondisi wajah yang bersih dan tentunya sehat dari berbagai jenis warna kulit apapun. Manfaat jeruk nipis buat muka yang dapat Anda rasakan selanjutnya adalah kemampuannya untuk membuat wajah menjadi lebih cerah.

Rajin mencuci muka dan memakai krim wajah saja belum tentu cukup. Seperti yang kita ketahui, sel-sel kulit mati yang tertinggal di wajah bukanlah sesuatu yang baik. Sel-sel kulit mati yang menumpuk dapat menyebabkan wajah Anda menjadi kusam dan tidak cerah. Untuk itulah, peran asam sitrat di dalam jeruk nipis mampu membantu sel-sel kulit mati tersebut mengelupas.

Karena manfaat jeruk nipis buat muka adalah dapat membuat wajah menjadi cerah, beberapa kosmetik menjadikannya sebagai bahan utama. Hal ini dikarenakan adanya kandungan AHA atau antioksidan yang cukup banyak dalam jeruk nipis. Namun Anda tidak harus menciptakan produk kosmetik dari jeruk nipis agar mendapatkan kulit wajah yang cerah. Cara menggunakan jeruk nipis untuk wajah agar lebih cerah adalah sebagai berikut:

  • Siapkan 1 buah jeruk
  • Peras dan masukkan ke dalam wadah
  • Jadikan itu sebagai masker
  • Diamkan selama 10-15 menit
  • Kemudian bilas dengan air bersih
  • Dianjurkan melakukan hal ini seminggu 2 kali

Menyamarkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam

Tidak hanya mampu mengatasi jerawat, manfaat jeruk nipis buat muka selanjutnya adalah kemampuannya menyamarkan bekas jerawat. Meskipun jerawat sudah sembuh, akan tetapi biasanya ia akan meninggalkan bekas yang cukup mengganggu. Bagi Anda yang ingin menyamarkan bekas jerawat sekaligus flek hitam, Anda dapat mengaplikasikan jeruk nipis ke muka.

Cara penggunaannya persis seperti langkah-langkah membuat wajah cerah menggunakan jeruk nipis. Hanya saja beda pada jumlah hari yang dianjurkan, sebaiknya Anda melakukannya 2 hari sekali. Jadi manfaat jeruk nipis buat muka ini sangat cocok bagi Anda yang merasa terganggu dengan adanya bekas jerawat. Menyamarkannya dengan cara yang natural dan minim risiko.

Dapat Digunakan Sebagai Pembersih Wajah

Benarkah manfaat jeruk nipis buat muka cocok digunakan sebagai pembersih wajah? Jawabannya adalah iya benar, hal ini dikarenakan sifat antibiotik pada jeruk nipis. Nah sifat antibiotik tersebut dapat menyebabkan berbagai bakteri yang menempel pada wajah dapat dikurangi dengan menggunakan jeruk nipis.

Pertumbuhan bakteri pada wajah akan ditekan sedemikian rupa ketika kita menggunakan jeruk nipis sebagai pembersih wajah. Pertumbuhan yang terhambat inilah yang menjadikan wajah Anda bersih dan bebas dari berbagai kotoran maupun bakteri. Selain itu, menjadikan jeruk nipis sebagai pembersih wajah merupakan hal yang alami serta murah.

Itulah beberapa manfaat jeruk nipis buat muka untuk menambah wawasan Anda mengenai jeruk nipis. Meskipun memiliki segudang manfaat, tapi tidak semua kulit cocok menggunakan jeruk nipis. Lakukanlah percobaan terlebih dahulu selama beberapa hari, kemudian perhatikan perubahan yang terjadi pada wajah Anda.

Jika kulit Anda cocok menggunakan jeruk nipis, maka biasanya kulit Anda akan merasa nyaman. Namun ketika dalam masa percobaan kulit Anda terdapat tanda-tanda seperti kulit gatal atau perih, sebaiknya hentikan pemakaian jeruk nipis.

Tinggalkan komentar