10 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Wajah yang Jarang Disadari, Cari Tahu Yuk!

sumbersehat.com – Manfaat jeruk nipis bagi wajah sangat banyak dan jarang disadari secara menyeluruh manfaatnya. Sebab buah mungil dan masam ini ternyata tidak hanya baik untuk tubuh, melainkan juga untuk wajah. Karena itulah banyak produk-produk kecantikan yang menggunakan jeruk nipis sebagai kandungannya.

Jeruk nipis biasa digunakan sebagai tambahan masakan. Selain sebagai penambah cita rasa masakan, manfaat jeruk nipis bagi wajah yang tidak sehat mampu mengatasi permasalahan kulit wajah. Buah dengan rasa asam ini juga sering dijadikan sebagai bahan dasar produk perawatan kulit, terutama yang berkaitan dengan kandungan vitamin C. Tertarik dengan ulasannya? Mari simak ini!

manfaat jeruk nipis bagi wajah
jeruk nipis

Kandungan Dan Manfaat Jeruk Nipis Bagi Wajah

Jeruk nipis tidak hanya kaya akan vitamin C, melainkan juga kandungan lain seperti vitamin B1, B2, B3, B5. Cara melakukan perawatan wajah dengan jeruk nipis biasanya dengan memanfaatkan air perasannya. Kemudian air perasaan jeruk nipis tersebut dioleskan pada wajah, biarkan hingga beberapa menit, lalu dibilas sampai bersih. Adapun ulasan lengkapnya, bisa disimak dalam berikut ini:

1. Mencerahkan Kulit Wajah

Anda harus merasakan manfaat jeruk nipis bagi wajah kusam. Di antara penyebab kusamnya wajah, yaitu tertinggalnya sel-sel kulit mati pada wajah. Semakin banyak sel kulit mati menumpuk, wajah akan menjadi semakin kusam. Khasiat jeruk nipis bagi wajah bisa Anda rasakan tak lepas dari kandungannya. Diantaranya kandungan jeruk nipis yang bekerja mencerahkan wajah, yaitu asam sitrat, antioksidan dan vitamin C. Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar, rentan terkena debu, kotoran dan paparan sinar matahari sehingga membuat wajah menjadi kusam.

Jeruk nipis bisa menjadi solusinya. Selain mencerahkan kulit wajah, jeruk nipis juga mampu meregenerasi sel kulit. Oleh karena manfaat jeruk nipis untuk wajah sehat tidak lagi diragukan, buah ini sering dijadikan sebagai bahan utama kosmetik pencerah wajah. Anda juga bisa memanfaatkan jeruk nipis sebagai pencerah wajah alami. Cara menggunakannya sangat mudah, cukup menjadikan air perasan jeruk nipis sebagai masker wajah. Lakukan secara rutin dua kali dalam seminggu, maka Anda sudah bisa mendapatkan khasiat jeruk nipis bagi wajah.

2. Jeruk Nipis Bagi Wajah Berjerawat

Manfaat jeruk nipis bagi wajah berjerawat tidak lagi diragukan. Masalah jerawat biasa timbul disebabkan karena kulit yang berminyak dan adanya masalah sumbatan pada pori-pori. Kandungan air pada jeruk nipis memiliki sifat antibiotik yang mampu mengatasi bakteri penyebab jerawat. Anda bisa menggunakan air perasan jeruk nipis untuk mengobati jerawat. Cara menggunakannya dengan mencampurkan air jeruk nipis dengan madu. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan khasiat jeruk nipis bagi wajah, setidaknya seminggu sekali.

3. Menyamarkan Bekas Jerawat dan Flek Pada Wajah

Manfaat jeruk nipis bagi wajah berflek, bisa mengatasi masalah bekas jerawat serta flek pada wajah. Bagi Anda yang pernah mengalami peradangan parah karena jerawat dan ingin menghilangkan bekasnya, Anda bisa memanfaatkan jeruk nipis. Bekas jerawat dan flek hitam tentu sangat mengganggu penampilan.

Anda bisa menggunakan jeruk nipis sebagai masker wajah. Agar bekas jerawat dan flek segera tersamarkan, sebaiknya gunakan masker jeruk nipis selama dua hari sekali. Dengan demikian Anda akan merasakan khasiat jeruk nipis bagi wajah secara optimal.

4. Mengatasi Penuaan Dini

Manfaat jeruk nipis bagi wajah bermasalah selanjutnya, yaitu dapat mengatasi penuaan dini. Terjadinya penuaan pada kulit disebabkan oleh beberapa faktor, seperti paparan sinar matahari, polusi dan makanan sehari-hari. Anda bisa melihat tanda-tanda gejala penuaan dini seperti timbulnya noda hitam dan kulit keriput. Tentu hal tersebut sangat tidak diinginkan setiap orang terlihat pada kulit wajahnya.

Jangan khawatir, khasiat jeruk nipis bagi wajah bisa Anda coba. Jeruk nipis merupakan bahan alami yang bisa digunakan sebagai anti aging. Cara menggunakannya, yaitu dengan menggosokkan kulit jeruk nipis pada kulit wajah. Anda juga bisa menjadikan kulit jeruk nipis sebagai masker wajah.

5. Manfaat Jeruk Nipis Untuk Membuat Wajah Bercahaya

Adapun manfaat jeruk nipis bagi wajah berminyak, salah satunya yaitu membuat kulit bersih bercahaya. Jeruk nipis dipercaya dapat mengurangi minyak berlebih pada wajah secara efektif dan cepat. Caranya mencampurkan air jeruk nipis dengan madu ke dalam air hangat, kemudian meminumnya. Minumlah segelas air campuran jeruk nipis dan madu tersebut secara teratur pada pagi hari untuk mendapatkan efek kulit yang bercahaya.

6. Menjaga Kelembaban Kulit

Manfaat jeruk nipis bagi wajah kering juga bisa Anda coba. Sebab kandungan vitamin C di dalamnya. Karena vitamin C memiliki peran dalam mencegah kulit kehilangan banyak air. Mengonsumsi vitamin C secara teratur dan memenuhi kebutuhan kulit, dapat mencegah kulit kehilangan banyak air. Khasiat jeruk nipis bagi wajah ini, dapat membuat kulit wajah lembab dan sehat. Kulit yang lembab dan sehat membuat Anda terlihat cantik dan segar.

7. Manfaat Jeruk Nipis Untuk Mengecilkan Pori-Pori

Manfaat jeruk nipis bagi wajah berpori-pori besar,dapat membuat pori-pori Anda mengecil. Hal ini karena pada jeruk nipis terdapat kandungan zat yang memiliki sifat astringent. Astringent berfungsi membuat otot-otot menjadi lebih rapat. Sehingga, dapat membuat pori-pori wajah yang lebar menjadi normal kembali.

8. Manfaat Jeruk Nipis Untuk Menyamarkan Bintik Hitam

Air jeruk nipis dipercaya sebagai zat pemutih alami, sebab kandungannya memiliki sifat zat pemutih alami. Khasiat jeruk nipis bagi wajah juga bisa digunakan untuk menyamarkan bintik-bintik gelap pada kulit wajah. Cara menggunakannya mudah, cukup dengan menerapkan air jeruk nipis menggunakan kapas wajah ke bagian kulit yang gelap. Kemudian biarkan selama 30 menit. Namun, hindari paparan sinar matahari langsung, karena air jeruk nipis bisa membuat kulit sensitif terhadap sinar matahari. Nah, itulah manfaat jeruk nipis bagi wajah yang berbintik hitam.

9. Manfaat Jeruk Nipis Untuk Membersihkan Wajah

Khasiat jeruk nipis bagi wajah selanjutnya, yaitu untuk membersihkan wajah. Jeruk nipis bisa digunakan sebagai pengganti pembersih wajah yang biasa Anda pakai. Hal tersebut karena jeruk nipis mengandung sifat antibiotik. Bakteri yang menempel pada wajah bisa dikurangi dengan menggunakan air perasan jeruk nipis.

Apabila Anda membersihkan wajah menggunakan jeruk nipis secara rutin, maka akan menghambat pertumbuhan bakteri di wajah. Sehingga hal tersebut membuat kulit wajah menjadi bersih dari berbagai kotoran dan bakteri. Ternyata manfaat jeruk nipis bagi wajah kotor juga tidak bisa disepelekan, ya?

10. Manfaat Jeruk Nipis Untuk Mengatasi Kulit Coklat Akibat Terbakar Matahari

Setiap hari kita tidak bisa terhindar dari paparan sinar matahari, apalagi ketika beraktifitas di luar rumah. Tanpa disadari, paparan sinar matahari menyebabkan kulit menjadi berwarna coklat. Khasiat jeruk nipis bagi wajah bisa membantu Anda menghilangkan masalah kulit cokelat akibat paparan matahari. Anda bisa menggunakan air jeruk nipis dicampur dengan tepung beras, sehingga berbentuk seperti pasta. Oleskan pada wajah selama seminggu sekali. Dengan begitu Anda akan mendapatkan manfaat jeruk nipis bagi wajah gelap.

Itulah sepuluh manfaat jeruk nipis bagi wajah. Anda bisa menggunakan air perasan jeruk nipis sebagai perawatan kulit wajah alami. Semoga artikel ini memberi manfaat bagi Anda. Salam sehat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *