15 Manfaat Jeruk Kasturi untuk Kesehatan dan Kecantikan Alami yang Menakjubkan

sumbersehat.com – Manfaat jeruk kasturi menarik untuk diketahui, karena dibalik rasanya yang asam namun segar, tersimpan segudang khasiat. Sebagian besar orang mungkin tidak mengenal dekat jeruk kasturi. Buah jeruk kasturi (Citrus microcarpa) tumbuh di pohon kecil yang mirip dengan semak setinggi maksimal 3-4 meter dan batang yang cabangnya banyak.

Bentuk buah jeruk ini bulat dan kecil seperti jeruk nipis, tetapi daging buahnya berwarna jingga. Kulit buahnya berwarna hijau tua ketika masih muda, tetapi ketika matang akan berubah kekuningan. Jeruk atau limau kasturi yang kerap disebut buah kalamansi ini mempunyai rasa yang khas dan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Simak khasiat jeruk kasturi berikut ini.

manfaat jeruk kasturi
jeruk kasturi dan kesehatan

Inilah Manfaat Jeruk Kasturi bagi Kesehatan Tubuh dan Wajah

Simak penjelasan berikut ini tentang khasiat jeruk kasturi yang luar biasa untuk kesehatan, meliputi

1. Menjaga Kadar Gula Darah

Berdasarkan penelitian yang dimuat oleh International Journal of Science and Research, salah satu manfaat jeruk kasturi adalah menjaga kadar gula darah dan metabolisme tubuh sehingga selalu stabil. Jeruk kasturi bisa mengelola kadar glukosa dan insulin dalam darah sehingga sangat baik untuk orang-orang yang menderita diabetes.

2. Melancarkan Peredaran Darah

Tidak hanya mengontrol kadar gula darah, kandungan mineral yang melimpah di dalamnya sangat efektif mengatur kinerja sistem peredaran darah. Cara mudah mengonsumsi jeruk kasturi untuk melancarkan peredaran darah adalah rutin diminum dalam bentuk jus.

3. Mencegah dan Menghambat Pertumbuhan Kanker

Selanjutnya, manfaat jeruk kasturi adalah bisa mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Kadar vitamin C (asam askorbat) yang tinggi, yakni sekitar 40,2 mg/100 ml air serta flavonoid sekitar 1,4 mg/100 ml dapat berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan ini mampu menetralisir oksigen reaktif yang bisa merusak sel tubuh dan bersifat kronis seperti kanker.

Selain itu, kandungan lain yang disebut limonoid, berperan sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh. Jeruk ini mampu menurunkan risiko sebagian jenis kanker seperti leukimia, kanker lambung, dan kanker usus besar. Oleh sebab itu, sangat direkomendasikan bagi para penderita untuk mengonsumsi jeruk ini agar memperlambat pertumbuhan sel kanker.

4. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

anfaat jeruk kasturi yang satu ini berasal dari kandungan flavonoid di dalamnya. Flavonoid ampuh bekerja menetralisir radikal bebas, mencegah peradangan, dan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah (LDL). Bahkan, flavonoid juga bisa mencegah kenaikan tekanan darah (hipertensi). Disarankan untuk mengosumsi jeruk kasturi demi mencegah berbagai penyakit kronis seperti gagal jantung dan stroke.

5. Meningkatkan Daya Tahan (Imunitas Tubuh)

Telah lama diketahui bahwa jeruk kasturi mengandung banyak vitamin C sehingga mampu meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh. Khasiat jeruk kasturi ini juga berasal dari kandungan antioksidan serta antibakteri yang mampu menstimulasi produksi sel darah putih dan membasmi radikal bebas.

6. Baik untuk Diet

Selain meningkatkan metabolisme tubuh, jeruk limau kasturi juga efektif mengeluarkan racun dari dalam tubuh sehingga mempengaruhi proses penyimpanan lemak. Cara mengonsumsinya cukup sederhana, yaitu campurkan air perasan jeruk kasturi dengan teh tawar panas. Minumlah minuman ini secara rutin untuk mengurangi berat badan.

7. Meningkatkan Kesehatan Pernapasan

Para penderita masalah sistem pernapasan, khususnya di tenggorokan sangat disarankan untuk merasakan manfaat jeruk kasturi. Tingginya kadar asam sitrat pada jeruk kasturi bisa mengurangi dahak dan lendir penyebab infeksi. Selain itu, limau kasturi mampu meredakan peradangan di tenggorokan.

8. Detoksifikasi Tubuh

Manfaat jeruk kasturi selanjutnya adalah menstimulasi air seni dan membersihkan organ hati. Bahkan, jeruk kasturi juga mengandung anti mikroba yang mampu meningkatkan kinerja hati, ginjal, dan kantung empedu sehingga proses pembersihan sisa-sisa racun dalam tubuh menjadi lancar. Selain itu, jeruk kasturi juga mengandung asam sitrat yang bisa mencegah proses pengikatan mineral lain dengan bantuan kalsium. Minum air perasan jeruk kasturi setiap hari bisa menyehatkan ginjal dan mencegah pembentukan batu ginjal.

9. Meningkatkan Produksi Kolagen

Konsumsi rutin jeruk kasturi ampuh meningkatkan produksi kolagen yang berperan memproduksi jaringan, otot, dan sel-sel tubuh. Tingginya kandungan vitamin C dan asam askorbat dalam jeruk kasturi juga diyakini mampu mempercepat penyembuhan luka, cedera, atau bekas operasi.

10. Menjaga Kesehatan Mulut

Minum jus jeruk kasturi secara rutin dan dapatkan manfaat jeruk kasturi untuk menjaga kesehatan mulut, terutama gigi dan gusi. Kandungan di dalam jeruk kasturi efektif mencegah pembentukan plak di gigi serta menjaga kesehatan gusi dan email gigi.

Selain itu, kandungan asam pada jeruk kasturi juga berfungsi sebagai alkali alami supaya kadar pH dalam mulut seimbang. Lebih lanjut, jeruk yang punya rasa khas kecut ini juga bersifat antibakteri yang bekerja efektif membasmi bakteri penyebab gigi kuning sehingga bisa digunakan sebagai bahan dasar membuat gigi lebih putih.

11. Menjaga Keseimbangan Kadar pH

Kadar asam dan basa dalam tubuh yang biasa disebut pH harus tetap seimbang karena mampu menentukan kondisi tubuh sedang sehat atau sakit. Kandungan pH yang tidak seimbang berarti tubuh akan atau sedang sakit. Jeruk kasturi yang asam mampu menyeimbangkan kadar pH tubuh.

12. Mencegah Bau Badan

Karena kandungan vitamin C dan flavonoid yang banyak, maka manfaat jeruk kasturi bisa mncegah bau badan tak sedap. Selain itu, jeruk ini mengandung asam sitrat, besi, tembaga, kalium, kalsium, macronutrients, serat, dan kalori. Cara memakai jeruk kasturi untuk mencegah bau badan adalah mengoleskan jeruk ini di ketiak seperti mengaplikasikan deodoran. Pakailah jeruk ini sesudah mandi sebagai pengganti deodoran.

13. Menghilangkan Panu

Flavonoid dalam jeruk kasturi berfungsi sebagai antioksidan yang kuat. Senyawa ini mampu melindungi tubuh dari radikal bebas yang berbentuk molekul tidak stabil yang mampu merusak sel-sel sehat. Asam sitrat berguna sebagai antibakteri dan anti-jamur yang andal sehingga manfaat jeruk kasturi mampu menghilangkan panu.

Untuk memanfaatkan jeruk kasturi sebagai penghilang panu, pemakaian yang tepat adalah harus dicampur dengan bahan lain, yakni belerang. Diketahui, belerang memiliki kandungan senyawa yang mampu membunuh kuman penyebab panu, bernama keratolitik.

14. Manfaat Jeruk Kasturi untuk Wajah

Jeruk kasturi kaya akan kandungan anti-oksidan dan vitamin C, sehingga khasiatnya tidak boleh dianggap remeh. Anda bisa menggunakan jeruk kasturi untuk menjaga kesehatan kulit wajah agar terhindar dari jerawat. Selain itu, jeruk jenis limau ini juga berkhasiat menghilangkan jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak yang berlebih, dan mengangkat sel kulit mati. Untuk mendapat hasil yang maksimal, perasan jeruk kasturi sebaiknya dicampur dengan madu, lalu dioleskan pada wajah yang berjerawat.

15. Menyamarkan Flek Hitam di Wajah

Manfaat jeruk kasturi untuk wajah lainnya adalah menyembuhkan peradangan parah pada wajah karena jerawat dan menghilangkan bekas-bekas jerawat. Bahkan, jeruk kasturi juga bisa menyamarkan flek hitam di wajah dan menghilangkan komedo yang telah menghitam. Cara pakai untuk membersihkan kulit wajah adalah peras jeruk kasturi dan campurkan dengan madu. Setelah itu, Anda juga bisa langsung mengoleskan campuran tersebut pada wajah sebagai masker.

Itulah manfaat jeruk kasturi yang beragam dan mudah diaplikasikan. Eksistensi jeruk kasturi yang mungil namun menyehatkan ini mungkin saja kalah dengan jenis jeruk lainnya seperti jeruk nipis dan jeruk lemon, tetapi khasiatnya ternyata tak kalah mengagumkan. Konsumsilah secara rutin dan rasakan tubuh Anda akan terasa lebih bugar dan segar!

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat daun salam untuk wanita

6 Manfaat Daun Salam Untuk Wanita, Nomor 5 Sangat Menggoda

sumbersehat – Berita tentang manfaat daun salam untuk wanita sempat tenar beberapa waktu lalu. Sejak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *