10 Manfaat Jenitri Untuk Kesehatan dan Kehidupan Sehari-hari

sumbersehat.com – Manfaat jenitri tidak hanya untuk kesehatan, melainkan juga dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Nama buah yang satu ini memang tidak populer seperti buah yang lainnya. Karena jenitri bukan buah yang umumnya dikonsumsi oleh manusia dan penggunaannya terbatas.

Yang unik dari buah jenitri, cara mengambil manfaat jenitri ini tidak hanya dengan mengonsumsinya saja. Berbeda dengan buah yang lainnya, buah jenitri dapat dijadikan perhiasan yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit, Lalu, apa saja manfaat yang lainnya? Berikut ini adalah penjelasan secara lengkap.

manfaat jenitri
manfaat jenitri

Tentang Buah Jenitri

Buah jenitri mempunyai nama lain yaitu rudraksa, dimana nama ini merupakan nama lain dari jenitri di India. Buah ini mempunyai bentuk yang bulat dan berwarna cokelat muda hingga cokelat tua. Jenitri ini mengacu pada buah atau biji dari pohon dengan nama yang sama, yaitu pohon jenitri. Ukuran buah ini sangat bervariasi, mulai dari 0.5 cm hingga 2 cm. Permukaan pada buah ini mempunyai tekstur seperti kayu yang diukir dan terkesan rapi.

Bagi yang menganut kepercayaan agama hindu, buah jenitri atau rudraksa dianggap sakral dan suci. Karena buah ini terbentuk dan berasal dari air mata Dewa Siwa. Sesuai dengan namanya, Rudra yang berarti Dewa Siwa dan Aksa yang berarti mata. Sehingga bagi penganut Hindu mengenal buah ini dengan nama Rudraksha.

Walaupun buah dan pohon ini dianggap sakral dan suci oleh penganut Hindu, yang mayoritas tinggal di daerah India dan Asia Selatan. Tetapi, pohon jenitri juga tumbuh dengan subur dan banyak ditemukan di Indonesia, Bahkan, Indonesia dikenal sebagai negara penghasil jenitri terbesar di seluruh dunia.

Inilah Khasiat Jenitri Untuk Kehidupan Sehari-hari

Manfaat dari biji jenitri yang bisa anda dapatkan, antara lain :

1. Khasiat jenitri untuk meningkatkan kinerja jantung

Pertama, manfaat jenitri bisa meningkatkan kinerja jantung. Manfaat ini diperoleh dari buah jenitri. Buah ini memberikan sinyal-sinyal elektromagnetik yang baik untuk organ-organ dalam tubuh. Gelombang elektromagnetik ini dapat anda peroleh dengan menggunakan aksesoris dari tanaman ini. Tanaman ini dapat meningkatkan kinerja organ jantung supaya lebih optimal.

Karena jika kinerja jantung optimal maka tubuh akan merasa lebih segar dan bugar serta dapat mencegah penyakit stroke. Selain itu, juga dapat meminimalisir gejala penyakit jantung koroner.

2. Manfaat jenitri untuk kesehatan otak

Biji jenitri juga dapat anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan otak. Biji dari tanaman ini dapat memberikan nutrisi yang baik untuk meningkatkan kinerja otak. Tanaman ini dapat membantu fungsi otak bekerja dengan maksimal.

3. Khasiat jenitri untuk mengurangi lemak dalam tubuh

Biji jenitri ternyata dapat dimanfaatkan untuk menyingkirkan lemak yang berada dalam tubuh. Sehingga, tanaman ini sangat baik digunakan sebagai biji herbal untuk diet. Selain dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat, dengan menambahkan biji jenitri dalam memaksimalkan proses diet anda.

4. Manfaat jenitri untuk menghilangkan stres

Manfaat jenitri selanjutnya adalah untuk menghilangkan dan mencegah stres serta depresi. Pada umumnya, jika seseorang mengalami stres dan depresi, maka mereka akan merasa gelisah dan sulit beraktivitas dengan normal. Dengan tanaman ini, maka akan membantu seseorang yang mengalami stres dan depresi.

Hal ini sudah pernah diujikan secara ilmiah karena biji jenitri memiliki kandungan yang dapat menginduksi listrik dan gelombang elektromagnetik. Dimana hal ini berpengaruh terhadap kesehatan dan aktivitas otak serta memberikan efek rileks dengan hantaran gelombang elektromagnetik pada otak.

5. Khasiat jenitri untuk mengurangi hipertensi

Manfaat jenitri lainnya adalah dapat untuk meredakan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Caranya adalah dengan mengonsumsi air dari rebusan tanaman ini. Proses mengolahnya adalah sebagai berikut :

  • Ambil buah jenitri sebanyak genggaman tangan.
  • Kemudian, rendam biji genitri dengan air bersih selama satu malam.
  • Air rendaman yang didiamkan semalam dapat langsung diminum pada keesokan harinya dalam keadaan perut masih kosong,
    Setelah itu, coba kalungkan sisa biji jenitri yang belum diolah atau sekedar genggam dalam waktu beberapa saat.

6. Manfaat jenitri sebagai anti peradangan

Manfaat selanjutnya dari buah genitri adalah dapat mencegah dan mengurangi peradangan. Bisa peradangan yang berada di dalam tubuh atau diluar tubuh. Cara mengonsumsinya adalah hanya dengan membuat air rendaman dari tanaman ini. Selain sebagai antiradang, tanaman ini juga dapat sebagai anti pembengkakan.

7. Manfaat jenitri sebagai penyerap atau penghisap polutan

Bagi yang tinggal di daerah kota, keadaan lingkungan yang semakin buruk ditambah dengan kondisi polusi yang sudah mencemari udara. Berbagai jenis polutan seperti sulfur oksida, nitrogen oksida, dan karbon monoksida dapat menimbulkan penyakit jika dihirup secara terus-menerus. Dengan memanfaatkan biji jenitri maka polutan tersebut dapat diserap dan disimpan. Sehingga, dengan menggunakan biji jenitri maka secara tidak langsung dapat mengurangi polusi yang mendekati tubuh anda.

8. Khasiat jenitri sebagai media berdoa

Buah atau biji jenitri mempunyai ukuran yang kecil dan mudah dibuat seperti bentuk kalung atau gelang. Bagi penganut Hindu, sudah tersematkan stigma jika tumbuhan ini adalah buah dari titisan air mata dewa. Sehingga buah ini dimanfaatkan sebagai media dalam doa dan komunikasi dengan tuhan. Pada umumnya, biji jenitri ini dibuat dalam bentuk tasbih atau Rosario. Dimana tasbih tersebut adalah media bagi penganut beragama dalam berdoa dan berkomunikasi dengan tuhan.

9. Khasiat jenitri sebagai aksesoris

Khasiat jenitri juga terletak pada bijinya yang juga dapat dimanfaatkan sebagai aksesoris untuk mempermanis tampilan anda. Seperti yang sudah kita tahu, jika tanaman ini banyak diproduksi dalam bentuk kalung, gelang, dan manik-manik. Tentu saja aksesoris ini memiliki kualitas yang baik karena bijinya sangat keras dan kuat serta tahan lama.

10. Manfaat jenitri sebagai benda koleksi dan investasi

Tak hanya sebagai aksesoris saja, tapi manfaat jenitri pada bijinya juga mampu menjadi media investasi dan lahan bisnis. Dengan kualitas biji yang sangat baik dan manfaat yang beragam tentu saja tanaman ini akan selalu dibutuhkan. Selain itu, tidak banyak orang tahu jika semakin kecil dan semakin rumit motif dari biji jenitri maka harganya juga semakin tinggi. Terutama bagi para kolektor benda-benda seni akan mudah tertarik dalam hal ini.

Cara Mengolah Buah Genitri

Jika ingin merasakan banyak manfaat jenitri untuk tubuh, anda dapat mengonsumsinya dengan berbagai cara, diantaranya :
Rebus beberapa butir buah jenitri secukupnya dengan air bersih dan saring. Sehingga air saringan tersebut dapat anda minum selagi masih hangat.

  • Haluskan biji jenitri yang sudah dicuci terlebih dahulu dengan air bersih, Lalu, seduh biji tersebut yang sudah ditumbuk seperti menyeduh teh bubuk dengan air hangat. Maka, tanaman ini bisa langsung dinikmati selagi masih hangat.
  • Dapat menggunakannya sebagai gelang atau kalung untuk mengurangi berbagai resiko penyakit.
  • Dapat dengan meminum air rendaman buah jenitri yang sudah didiamkan selama satu malam dengan menggunakan air bersih.

Demikian informasi mengenai manfaat jenitri yang bisa anda ketahui dan coba di rumah. Semoga informasi tersebut dapat menambah pengetahuan anda dalam dunia kesehatan.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *