Wow Ternyata 7 Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Super Sekali Lho!!!

sumbersehat – Manfaat jengkol untuk kesehatan terutama bagi para penggemarnya pastilah sudah tidak asing lagi. Namun bagi sebagian orang yang mungkin terganggu dengan aroma khasnya, ada baiknya mengetahuinya. Aroma khas jengkol ini memang sangat terasa dan tersisa cukup lama. Apalagi di mulut para pencintanya. Selain itu baunya yang sangat menyengat memang tersisa di kamar mandi dan cukup mengganggu.

Namun tidak perlu khawatir berlebihan, sebenarnya ada kok cara mudah menetralisir bau menyengat jengkol. Selain pengolahan yang benar saat memasaknya, ada satu cara lagi yang terbukti berhasil mengatasi bau khas jengkol. Mau tau caranya? Di bagian akhir artikel ini akan diinformasikan cara mengatasinya. Jadi sebelum itu mari kita bahas manfaat jengkol untuk kesehatan terlebih dahulu.

Manfaat jengkol untuk kesehatan

Inilah Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

Apakah benar bahwa jengkol memang bermanfaat bagi kesehatan? Ya begitulah seperti yang telah dibuktikan oleh berbagai penelitian. Cukup banyak lho manfaatnya jadi jangan meremehkan buah berbau menyengat ini ya. Meskipun banyak manfaatnya namun harus hati-hati juga karena bila berlebihan maka bisa terkena efek samping atau sering disebut “kejengkolan”. Yuk sekarang mari simak manfaatnya:

Mengatasi Penyakit Jantung

Tahukah bahwa manfaat jengkol untuk kesehatan jantung karena jengkol mengandung antioksidan yang tinggi. Nah antioksidan ini merupakan salah satu zat yang sangat baik mengikat radikal bebas. Radikal bebas yang tersebar di alam akibat pencemaran dan lain sebagainya bila masuk ke dalam tubuh akan sangat berbahaya. Mengapa berbahaya? Radikal bebas ini dapat menyumbat pembuluh darah.

Apabila pembuluh darah tersumbat oleh radikal bebas, maka aliran darah ke jantung akan terhambat. Akibatnya fatal lho, dapat menyebabkan serangan jantung. Jadi fungsi antioksidan tadi membantu lancarnya asupan oksigen ke dalam jantung. Dengan demikian aliran darah yang dipompa oleh jantung ke seluruh tubuh juga akan berjalan lancar. Jantung merupakan salah satu organ paling vital selain otak. Karena itulah harus dijaga dengan sangat berhati-hati.

Sebagai Sumber Vitamin C

Kabar baik bagi kaum hawa. Ternyata mengkonsumsi jengkol dapat menambah kecantikan kulit. Kok bisa? Ya jengkol merupakan salah satu sumber vitamin C yang cukup tinggi. Bayangkan dalam seratus gram jengkol terdapat sekitar 23 gram kandungan vitamin C. Tuh kan vitamin C merupakan salah satu vitamin yang wajib dikonsumsi dalam rangka menjaga dan menambah kecantikan kulit.

Jadi jelas sekali bahwa memang terdapat manfaat makan jengkol untuk kesehatan dan kecantikan. Memang agak kontradiktif antara manfaat dan baunya yang menyengat. Sebagian wanita justru enggan mengkonsumsinya karena alasan bau yang mungkin dapat membuat kepercayaan diri berkurang. Padahal manfaatnya justru untuk kecantikan kulit sangat baik.

Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat jengkol untuk kesehatan selanjutnya adalah mencegah penyakit kanker. Penyakit yang saat ini menjadi salah satu momok yang menghantui banyak orang. Pencegahan kanker dapat dilakukan salah satunya dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung antioksidan.

Salah satu diantaranya adalah jengkol seperti telah disebutkan di atas yang mengandung antioksidan tinggi. Salah satu penyebab penyakit kanker adalah karena kerusakan sel. Salah satu penyebab kerusakan sel disebabkan oleh radikal bebas. Sedangkan radikal bebas dapat diikat dan dinetralisir oleh antioksidan.

Sumber Protein

Berikutnya manfaat jengkol untuk kesehatan adalah sebagai salah satu pemasok sumber protein. Protein merupakan salah satu nutrisi yang penting bagi tubuh. Manfaat protein diantaranya adalah mempercepat proses penyembuhan luka, untuk menahan rasa kenyang lebih lama, untuk pertumbuhan dan perkembangan sel. Proses regenerasi sel akan lebih cepat bila asupan protein dalam tubuh tercukupi.

Mencegah Kurang Darah atau Anemia

Sering merasa pusing saat bangun tidur atau kepala tiba-tiba terasa kliyengan dan mata berkunang-kunang? Atau mungkin badan sering terasa lemas secara mendadak? Hati-hati mungkin itu gejala anemia. Anemia dapat disebabkan oleh kurang zat besi dalam tubuh. Salah satu solusi yang selama ini sering dilakukan yaitu dengan mengkonsumsi air kacang ijo.

Anda dapat mengambil manfaat jengkol untuk kesehatan dan mencegah anemia dengan jengkol. Ya jengkol memiliki banyak kandungan zat besi. Zat besi ini merupakan zat yang berguna untuk membentuk sel darah merah dalam darah. Solusi yang enak kan menikmati jengkol sekaligus mencegah anemia.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat jengkol untuk kesehatan badan salah satunya adalah menurunkan berat badan. Ini karena adanya kandungan serat yang sangat tinggi. Sebagaimana penelitian yang telah banyak dilakukan bahwa serat merupakan salah satu zat yang dapat membantu lancarnya pencernaan.

Pencernaan yang lancar tentunya sangat diperlukan bagi metabolisme yang baik. Efek yang didapat bila metabolisme lancar adalah tercapainya berat badan yang ideal. Tidak terlalu kurus dan tidak terlalu kurus. Dengan mengkonsumsi jengkol, kemungkinan obesitas akan dapat ditekan semaksimal mungkin.

Mengontrol Penyakit Diabetes

Ada senyawa aktif dalam jengkol yang bermanfaat dalam mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Jadi tidak perlu khawatir bagi para penggemar jengkol karena aman bagi para penderita diabet. Manfaat jengkol untuk kesehatan yang satu ini memang sangat menguntungkan bagi para penderita diabetes sekaligus pecinta jengkol.

Di atas merupakan beberapa manfaat jengkol untuk kesehatan. Sebenarnya masih banyak lagi lho manfaat jengkol bagi kesehatan dan juga kecantikan. Jengkol di negeri kita ini tergolong salah satu buah yang mudah didapatkan. Meskipun dari segi harga memang seringkali tidak menentu. Terkadang terjangkau namun tidak jarang juga jengkol menjadi sangat mahal. Lalu, bagaimana mengatasi bau jengkol yang super itu?

Cara Mengatasi Bau Jengkol yang Menyengat

Setelah mengetahui manfaat makan jengkol untuk kesehatan bukan tidak mungkin banyak orang yang awalnya tidak suka mulai berniat mengkonsumsinya. Namun bisa jadi khawatir akan efek bau menyengat yang cukup mengganggu. Tidak perlu khawatir karena ada beberapa bahan yang dapat dikonsumsi untuk mengurangi bau menyengat tersebut.

Beberapa cara yang dapat ditempuh untuk mengatasi bau jengkol adalah dengan makan bubuk kopi. Dapat juga dengan diseduh tanpa gula. Selanjutnya adalah dengan secangkir teh hijau. Selain itu dengan mengunyah garam ternyata dapat dilakukan untuk mengurangi aroma bau jengkol di mulut.

Ada lagi cara yang dapat ditempuh untuk menghilangkan bau air seni setelah makan jengkol. Caranya, setelah makan jengkol diikuti dengan mengkonsumsi tablet vitamin C dosis tinggi seperti Xon C, Vice, Ester C, dan lain-lain. Dijamin air seni tidak akan berbau jengkol. Kamar mandi akan tetap wangi seolah tidak ada yang konsumsi jengkol.

Banyak ya manfaat jengkol untuk kesehatan. Lebih penting lagi, sekarang tidak perlu takut makan jengkol karena ada solusinya. Yang penting konsumsilah secukupnya meski memang banyak manfaatnya, tidak baik terlalu berlebihan. Apalagi banyak juga orang yang terlalu banyak mengkonsumsinya dan mabuk jengkol. Jangan sampai terjadi pada diri kita.

Sangat baik bila mengambil manfaat jengkol untuk kesehatan. Apalagi jengkol merupakan buah yang cukup banyak disukai di negeri ini. Olahannya pun cukup beragam dan enak sekali. Bagaimana, anda suka olahan jengkol apa nih? Apakah disemur, dibalado, atau justru suka olah jengkol tanpa bau?

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat sirup parijoto

7 Manfaat Sirup Parijoto bagi Kesehatan, Nomor 3 Penting Sekali

sumbersehat.com - Manfaat sirup parijoto mendadak ramai diperbincangkan saat pandemi berlangsung. Sirup yang berasal dari Kudus ini memiliki beragam kandungan dan berkhasiat bagi tubuh manusia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *