11 Manfaat Jamu Pepaya Mampu Mencegah Kanker Juga!

sumbersehat.com – Manfaat jamu pepaya mungkin belum terlalu umum diketahui, karena biasanya pepaya hanya dimanfaatkan buahnya saja, dengan cara langsung dimakan ataupun menjadi bahan campuran makanan lain seperti rujak dan es buah. Banyak orang percaya buah ini dapat melancarkan pencernaan. Namun bukan hanya buahnya, daun pepaya juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh.

Khasiat jamu pepaya yang dihasilkan dari olahan daun pepaya ini memiliki manfaat baik bagi tubuh. Walau rasanya pahit dan getir, tidak seperti buahnya yang manis, tapi beberapa orang tetap mengkonsumsinya. Itu karena ingin mendapatkan segudang khasiat yang terkandung di dalamnya.

manfaat jamu pepaya
manfaat jamu pepaya

Kandungan dalam Jamu Pepaya

Manfaat jamu pepaya bagi kesehatan tubuh disebabkan oleh kandungan senyawa aktif yang terkandung di dalamnya. Biasanya, orang juga menikmati manfaatnya dalam bentuk jus daun pepaya. Dan manfaat jus daun Pepaya tersebut secara turun temurun telah diyakini khasiatnya. Berikut ini beberapa kandungan yang terdapat dalam jamu ataupun jus pepaya.

1. Enzim papain dan chymopapain

Enzim ini adalah senyawa khusus dalam tanaman pepaya yang berfungsi sebagai pelarut dalam lendir usus sehingga membantu membersihkan dinding usus dan melancarkan pencernaan, enzim ini juga dapat membantu menjaga kekebalan tubuh.

2. Vitamin A

Vitamin A adalah jenis vitamin yang sangat diperlukan untuk tubuh. Manfaat jamu pepaya salah satunya adalah karena adanya kandungan vitamin A di dalamnya. Vitamin A dapat mencegah gangguan penglihatan dan mengobati penyakit mata.

3. Vitamin C

Vitamin C juga terdapat dalam jamu pepaya. Vitamin C dapat membantu mencegah demam, seperti pilek atau flu. Vitamin C sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Dengan meminum ramuan pepaya, vitamin C yang berfungsi melawan sel kanker dapat dirasakan khasiatnya.

4. Vitamin E

Vitamin E dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas karena fungsinya sebagai antioksidan. Vitamin E juga dapat membantu menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh, sehingga mencegah terjadinya gangguan penyakit akibat ketidakseimbangan hormon. Selain itu, vitamin E dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya penyakit Alzheimer. Sehingga, manfaat jamu pepaya bisa untuk mencegah terjadinya ketidakseimbangan hormon.

5. Vitamin K

Vitamin K berperan penting bagi tubuh. Peran pentingnya adalah seperti membantu proses pembekuan darah, mencegah kanker, dan menjaga kesehatan hati. Vitamin K juga baik untuk tulang, vitamin K bisa membantu penguatan tulang dan mencegah gangguan tulang seperti osteoporosis.

6. Vitamin B

Vitamin B memiliki manfaat seperti menjaga kesehatan jantung. Selain itu,manfaat lain dari vitamin B adalah terdapat dalam bentuk B12, dimana B12 dapat membantu mengurangi stress.

7. Kalsium

Kalsium adalah jenis mineral yang banyak dicari dan sudah dikenal karena peran pentingnya bagi pertumbuhan tubuh. Dengan mengonsumsi jamu pepaya, maka anda akan memperoleh manfaat jamu pepaya untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain fungsi utama tadi, kalsium juga ternyata baik untuk mengatasi nyeri haid dan mencegah kanker.

8. Magnesium

Magnesium merupakan salah satu jenis mineral yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Magnesium adalah senyawa yang dapat membantu menyembuhkan sakit pada kepala. Disamping itu, magnesium juga dapat berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung.

9. Zat besi

Zat besi dikenal sebagai mineral yang dapat mencegah anemia, selain itu juga baik untuk menjaga kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit terutama saat pergantian cuaca terjadi secara ekstrem. Zat besi juga dapat membantu meningkatkan energy dalam tubuh. Selain itu, Zat besi juga baik bagi otak karena dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi otak dalam berpikir dan menganalisa konsep.

Inilah Khasiat Jamu Pepaya untuk Kesehatan

Manfaat jamu pepaya seperti yang telah dijelaskan diatas adalah karena kandungan senyawa aktif dan mineral di dalamnya. Walaupun untuk pengobatan mungkin belum familiar bagi sebagian orang di Indonesia, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa khasiat jamu pepaya untuk kesehatan tubuh memang tidak bisa diragukan lagi. Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat yang bisa didapat dengan mengkonsumsi jamu pepaya :

1. Manfaat Jamu Pepaya untuk Menjaga Kesehatan Hati

Mengkonsumsi jamu Pepaya dapat membantu tubuh menyembuhkan penyakit hati. Beragam senyawa aktif yang dimiliki pepaya memang berperan penting untuk menjaga kesehatan hati. Selain itu, gangguan hati seperti sirosis, kanker hati, dan penyakit kuning juga dapat diatasi dengan jamu pepaya.

2. Khasiat Jamu Pepaya untuk Produksi Darah Trombosit

Mengkonsumsi jamu pepaya dapat membantu tubuh untuk merangsang produksi trombosit darah. Seperti yang kita ketahui bahwa trombosit darah adalah salah satu komponen penting dalam tubuh.

3. Manfaat Jamu Pepaya untuk Mendukung Sistem Pencernaan

Daun pepaya kaya akan kandungan amilase, chymopapain, protease, dan papain, Kandungan tersebut berperan untuk mendukung sistem pencernaan agar saluran pencernaan menjadi lancar. Disamping itu, bakteri dalam dinding usus dapat dengan mudah terbuang bersama feses.

4. Khasiat Jamu Pepaya untuk Menjaga Kekebalan Tubuh

Senyawa acetogenin dalam pepaya memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi jamu pepaya, sistem kekebalan tubuh akan menjadi kuat dan tidak mudah terpapar penyakit.

5. Manfaat Jamu Pepaya untuk Melancarkan Menstuasi

Manfaat jamu pepaya berikutnya adalah untuk melancarkan menstruasi sekaligus membantu mengurangi kram selama periode menstruasi. Dengan konsumsi rutin dan sesuai porsi, menstruasi akan lebih lancar.

6. Khasiat Jamu Pepaya untuk Meredakan Peradangan

Jamu pepaya memiliki khasiat meredakan peradangan, hal ini dikarenakan adanya sifat anti-inflamasi. Sifat anti-inflamasi ini dapat membantu tubuh untuk mempercepat sembuhnya peradangan, serta mencegah peradangan semakin parah.

7. Manfaat Jamu Pepaya untuk Mencegah Kanker

Jamu pepaya juga dapat mencegah penyakit serius dan berat, termasuk penyakit kanker payudara dan kanker serviks.yang membutuhkan pengobatan serius. Mengkonsumsi jamu pepaya juga efektif mencegah dan melindungi tubuh dari kemungkinan terjangkit kanker.

8. Khasiat Jamu Pepaya untuk Membantu Mencegah dan Menyembuhkan Malaria

Manfaat jamu pepaya yang tak kalah mengagumkan adalah menangkal tubuh dari penyakit malaria. Zat aktif antimalaria yang terkandung dalam jamu pepaya sangat baik untuk tubuh. Sehingga tubuh akan cenderung lebih kuat dan tidak akan mudah terjangkit penyakit malaria.

Cara Meramu Jamu Pepaya

Untuk mendapatkan manfaat jamu pepaya anda harus mengetahui cara meramunya yang tepat. Sehingga manfaatnya bagi tubuh dapat kita rasakan maksimal. Anda bisa meramu jamu dengan berbagai cara; meramunya ke dalam bentuk jus, meminum air rebusannya, ataupun dengan menyeduh ekstraknya.

1. Jus daun pepaya

Pertama, jika ingin mengkonsumsinya dalam bentuk jus, maka caranya sangatlah mudah. Cukup mengambil beberapa lembar daun pepaya, masukan ke dalam blender, tambahkan air, lalu tunggu sampai tercampur rata. Manfaat jus daun Pepaya pun dapat dicerna dengan mudah oleh tubuh apabila telah halus dan tercampur rata.

2. Rebusan daun pepaya

Cara membuat air rebusan daun pepaya bisa dibilang mudah, cukup ambil beberapa lembar daun pepaya lalu rebus dengan air secukupnya.Sebelum diminum, daun pepaya diperas dan airnya dimasukan ke dalam gelas. Cara membuat air rebusan daun pepaya ini merupakan salah satu alternatif bagi Anda yang suka meminumnya dalam bentuk minuman hangat.

3. Ekstrak daun pepaya

Cara berikutnya adalah dengan melarutkan ekstrak daun pepaya. Cara ini adalah yang paling praktis. Kita cukup melarutkan 1-2 sendok ekstrak daun pepaya ke dalam gelas dengan air hangat. Jika ingin dibuat jus maka cukup tambahkan es. Ekstrak daun Pepaya tetap terasa pahit, namun ini sangat baik untuk detoks dan kesehatan.

Nah, diatas adalah ulasan singkat mengenai manfaat jamu pepaya, kandungan di dalamnya, serta cara membuatnya. Bagi Anda yang ingin mencoba, tak perlu khawatir akan efek samping yang mungkin timbul, karena jamu pepaya sangat aman bagi Anda.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat buah anggur

11 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Herbal

sumbersehat.com – Manfaat buah anggur wajib diketahui. Karena anggur memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *