25 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Wanita dan Pria, Jangan Abaikan!

By

Sumbersehat.com – Anda pasti sudah familiar dengan jahe. Tapi, apakah sudah tahu pula tentang manfaat jahe bagi kesehatan? Bila belum, sebaiknya anda cari tahu karena begitu banyak khasiat jahe yang dapat anda petik.

Tanaman rimpang bernama latin Zingiber officinale ini biasanya bahan makanan yang wajib ada di dapur. Tidak hanya bisa untuk masakan saja, tapi juga bisa dijadikan minuman penghangat di musim dingin. Bila penasaran dengan manfaat jahe untuk kesehatan? Simak yuk penjelasannya!

Inilah 6 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Wanita dan Pria

Rempah yang satu ini bisa memberikan anda banyak keuntungan bagi kesehatan. Khasiat jahe untuk kesehatan diantaranya adalah :

Meredakan nyeri haid

Manfaat jahe bagi kesehatan yang pertama adalah meredakan nyeri haid. Bagi sebagian besar wanita, nyeri haid merupakan momok bulanan yang rasa sakitnya bisa mengganggu aktivitas. Solusinya, anda bisa mengonsumsi air jahe untuk meredakan nyeri raid.

Di dalam jahe terdapat zat pereda nyeri yang mirip dengan obat ibuprofen dan asam mefenamat. Anda dapat meminum air rebusan jahe hingga empat gelas dalam sehari agar nyeri saat haid berkurang. Namun, yang memiliki penyakit maag, alangkah baiknya jangan banyak-banyak dulu.

Baca juga : Percaya Tidak? 25 Manfaat Kunyit Ini Bisa Buat Kamu Sehat dan Segar!

Mengurangi morning sickness

Morning sickness juga termasuk khasiat jahe untuk kesehatan bagi wanita hamil muda. Pada trimester pertama, ibu hamil akan mengalami morning sickness atau serangan rasa mual dan ingin muntah. Nah, anda bisa mengurangi rasa tidak nyaman yang timbul dengan mengonsumsi jahe.

Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau menjadikannya sebagai minuman hangat. Sensasi pedas pada jahe bisa meredakan rasa mual yang anda alami ketika morning sickness menghampiri.

Menurunkan berat badan

Kabar baik bagi anda yang sedang melakukan program diet! Pasalnya, manfaat jahe yang ketiga ini mendukung usaha anda dalam menurunkan berat badan. Menurut hasil penelitian dari Institute for Human Nutrition di Kolombia, meminum jahe panas dapat memberi efek kenyang yang lebih awet.

Tidak hanya itu saja, jahe juga bisa membantu meredakan nafsu makan yang berlebih. Jadi tidak ada salahnya untuk menambahkan secangkir jahe hangat pada menu makan anda, ya!

Membantu menjaga kesehatan kulit wajah

Selanjutnya, terdapat juga khasiat jahe untuk kesehatan wajah anda, nih. Jahe mengandung antioksidan alami yang bertugas menangkal serangan radikal bebas, membuat kulit menjadi lebih sehat, segar, dan memperlambat proses penuaan dini.

Kandungan antioksidan yang biasanya terdapat pada berbagai produk kecantikan ini bisa juga anda peroleh dengan rutin mengonsumsi jahe. Tentunya, cara tersebut lebih sehat dan aman karena alami serta tanpa efek samping.

Dapat meringankan nyeri otot

Merasakan nyeri pada otot pascaolahraga merupakan hal wajar bagi anda yang rajin berolahraga. Namun, rasa nyeri tersebut sebenarnya dapat diatasi secara mudah dengan mengambil manfaat jahe.

Yap, khasiat jahe lain yang juga jarang diketahui ialah mampu meredakan nyeri otot, khususnya setelah berolahraga. Alasannya karena terdapat kandungan zat antiinflamatori dalam jahe. Zat ini lah yang membantu mengurangi rasa nyeri yang meradang.

Baca juga : Ketahui 7 Multivitamin untuk Ibu Hamil Muda, Agar Tidak Salah Konsumsi!

Memperkuat imunitas tubuh

Sebentar lagi, masyarakat Indonesia akan memasuki era ‘new normal’. Tentunya, menjaga kesehatan tubuh menjadi prioritas utama kita semua supaya terhindar dari serangan virus dan penyakit. Manfaat jahe bagi kesehatan juga mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Selain mengonsumsi vitamin dalam bentuk obat, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi vitamin dari sumber aslinya, lho. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin C dengan mengonsumsi jahe. Vitamin C berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh dan memperkuat imun.

Sebenarnya, masih banyak manfaat jahe untuk kesehatan lainnya. Di bawah ini adalah daftar khasiatnya :

  1. Membantu mengatasi jerawat dan mencegahnya kembali
  2. Menjaga kesehatan tulang
  3. Menghangatkan tubuh
  4. Meningkatkan fungsi sistem pencernaan
  5. Membuat otak sehat
  6. Mampu mengobati sakit kepala dan migraine
  7. Dapat mengontrol kadar gula dalam darah
  8. Menjaga tekanan darah agar selalu normal
  9. Membuat tubuh terlindung dari sinau UV
  10. Menyehatkan jantung
  11. Mengatasi peradangan pada tubuh
  12. Mencegah dan menghambat pertumbuhan kanker usus
  13. Mengobati alergi
  14. Meredakan sakit tenggorokan
  15. Mencegah rambut rontok dan kebotakan
  16. Mencegah munculnya selulit
  17. Dapat membakar kalori dan lemak dalam tubuh
  18. Membantu mengatasi masalah kesuburan pada pria
  19. Meredakan stress
    Itulah 25 manfaat jahe bagi kesehatan yang wajib anda ketahui, sehingga anda bisa mendapatkan pengobatan alami yang tepat. Jahe bisa menjadi alternative pengobatan alami berdampingan dengan obat dokter. Bila perlu konsultasikan dulu kepada dokter yang menangani anda.

Tinggalkan komentar