11 Manfaat Ikan Tuna Untuk Anak yang Wajib Orang Tua Coba

Manfaat ikan tuna untuk anak memang tidak perlu diragukan lagi. Sebab sudah banyak orang yang membuktikan akan semua manfaatnya ini. Kandungan yang paling banyak dan paling berperan dalam hal ini adalah kandungan omega-3 dan kandungan protein yang sangat tinggi.

Kendatipun ikan tuna memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun masih ada sebagian besar orang tua yang belum mengetahui manfaat ikan tua ini untuk anak-anaknya. Dari pada penasaran dan terus bertanya-tanya, berikut akan diulas manfaat daging ikan tuna secara lengkap untuk Kesehatan anak.

1. Meningkatkan kekuatan tulang

Selain memiliki kandungan protein dan omega-3, daging ikan tuna juga memiliki kandungan vitamin D yang sangat bermanfaat untuk Kesehatan, salah satunya Kesehatan tulang pada anak-anak.

Manfaat ini juga telah dibuktikan oleh sebuah studi yang dipublikasiakan dalam European Journal of Nutrition. Yang mana dalam jurnal tersebut dikatakan bahwa daging ikan tuna memiliki kandungan Vitamin D2 dan juga kandungan kalsium yang tinggi dari jamur shiitake. Di mana kandungan ini mampu meningkatkan kepadatan tulang pada anak.

2. Meningkatkan kecerdasan pada otak

Manfaat ikan tuna untuk anak juga mampu meningkatkan kecerdasan pada otaknya. Ini karena kandungan omega-3 yang terkandung dalam ikan tuna memiliki manfaat untuk menyehatkan sekaligus mempertajam ingatan seorang anak.

Khasiat meningkatkan kecerdasan otak juga bisa didapatkan pada manfaat ikan tuna bagi ibu hamil dan manfaat ikan tuna bagi Kesehatan. Terkhusus untuk ibu yang sedang mengandung dan mengkonsumsi dagi tuna, mampu memberikan manfaat untuk meningkatkan kecerdasan pada janin yang sedang dia kandung.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak

Manfaat ikan tuna untuk anak juga bisa sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh. Ini karena dalam daging ikan tuna terdapat kandunagn omega-3 yaitu DHA yang berperang penting dalam meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh anak.

Pendapat tersebut sudah dibuktikan dengan berbagai riset, yang mana mengatakan bahwa seorang anak yang sering diberikan daging ikan tuna secara teratur, akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik daripada mereka yang tidak sama sekali diberikan daging tuna dalam menu makanannya.

4. Mencegah dari masalah penyakit kulit

Seorang anak biasanya lebih rentan terserang penyakit kulit, entah itu kudis, alergi, atau penyakit kulit yang lainnya. Ini disebabkan karena seorang anak Ketika bermain jarang mengontrol kebersihan lingkungan tempat bermainnya.

Oleh karena itu, seorang orang tua harus bisa memberikan Manfaat ikan tuna untuk anak secara rutin di setiap harinya. Karena dengan rutin memakan daging tuna mampu mengatasi masalah penyakit kulit. Ini disebabkan karena adanya kandungan omega-3 yang juga bermnfaat untuk Kesehatan kulit disamping untuk kecerdasan dan kekebalan imun seorang anak.

5. Mencegah dan mengobati infeksi

Masalah infeksi juga sangat mudah dan sering di alami oleh anak-anak. Nah untuk mencegah, menghindari, serta mengobati masalah Kesehatan infeksi ini, sebagai orang tua bisa menggunakan manfaat ikan tuna untuk anak.

Khasiat ini sudah terpercaya dan terbukti karena dalam daging ikan tuna yang segar terkandung kandungan senyawa yang ada pada jamur shiitake. Di mana senyawa tersebut memiliki manfaat untk mengatasi masalah virus, bakteri, dan juga masalah infeksi pada tubuh seseorang termasuk anak-anak.

Bukan itu saja, sebuah penelitian yang telah dipublikasikan oleh ilmuan juga mengatakan bahwa efek antimikroba ekstrak jamur shiitake mampu mengatasi masalah radang gusi atau radang lainnya yang terjadi akibat infeksi. Penelitian tersebut diperkuat dengan sebuah hasil riset yang mana jamur shiitake juga mampu mengurangi bakteri jahat di mulut dan juga memelihara bakteri sehat yang memiliki manfaat untuk menjaga Kesehatan mulut seorang anak.

6. Menjaga kesehatan jantung

Kendati pun dia adalah anak-anak, kesehatan jantung dalam tubuhnya harus tetap di jaga. Pasalnya jantung ini merupakan salah satu organ yang sangat vital dan paling penting dalam menjalankan kehidupan seseorang.

Dalam daging ikan tuna terdapat kandungan senyawa dalam jamur shiitake seperti  beta glukan, sterol, serta eritadenine. Yang mana kandungan ini bermnafaat untuk menurunkan kolestrol dan juga resiko penyakit jantung pada anak.

7. Menurunkan berat badan anak

Postur tubuh seorang anak harus tetap di jaga oleh orang tua, karna postur tubuh yang baik juga berpengaruh besar terhdapat Kesehatan anak. Oleh karena itu, orang tua bisa menggunakan manfaat ikan tuna untuk anak dalam menurunkan berat badan.

Dalam daging ikan tuna terdapat kandungan jamur shiitake yang rendah akan kandungan kalori dan ini merupakan sumber serat alami terbaik. Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Obesity menyatakana bahwa, jamur shiitake yang ada pada daging ikan tuna bermanfaat besar untuk mencegah penambahan berat badan pada tubuh seseorang, termasuk juga tubuh anak.

8. Sebagai sumber mineral yang baik

Manfaat ikan tuna untuk anak berikutnya adalah sebagai sumber mineral yang sangat baik dan sangat dibutuhkan oleh tubuhnya. Karena daging ikan tuna merupakan sumber protein tinggi yang kaya akan kandungan mineral, khususnya selenium, magnesium, dan juga fosfor.

Selenium yang terdapat dalam daging ikan tuna memiliki fungsi untuk membantu tubuh dalam menghasilkan zat antioksidan yang di mana memiliki peran sangat penting dalam menangkal radikal bebas.

Magnesium dalam daging tuna memiliki fungsi untuk menjaga Kesehatan otot, saraf, membantu untuk menguatkan jaringan yang ada pada tulang, menjaga detak jantung agar tetap stabil dalam bekerja, serta dapat membantu mengatur pelepasan gula darah di dalam tubuh.

Untuk fosfor itu sendiri memiliki manfaat yang paling utama dan penting. Di mana manfaatnya itu untuk menjaga sistem pertumbuhan pada tubuh si anak dan juga bermanfaat untuk memperbaiki sel serta jaringan yang ada dalam tubuh manusia.

9. Sumber energi seorang anak

Anak yang lincah, aktif, sehat, energik ketika melakukan aktivitas adalah dambaan semua orang tua. Nah untuk mempunyai anak yang demikian, sebagai orang tua harus selalu memperhatikan anaknya dan memberikan asupan gizi yang pas, salah satu caranya dengan manfaat ikan tuna untuk anak.

Berbagai kandungan yang baik dalam daging ikan tuna telah terbukti dalam menjaga Kesehatan tubuh seorang anak, salah satu kandungan yang paling berperan di sini adalah kandungan vitamin B kompleks.

Vitamin B kompleks yang terdapat dalam daging tuna memiliki peran yang sangat penting untuk memperbaiki sistem metabolisme dan juga meningkatkan sistem organ dalam tubuh si anak, sehingga mampu memberikan energi yang maksimal dalam aktivitas seorang anak kecil. Oleh karena demikian, yuk semua orang tua untuk memberikan anak-anaknya di rumah asupan daging ikan tuna!

10. Mempertajam penglihatan pada anak

Manfaat yang terakhir adalah, mampu mempertajam penglihatan pada anak. Ini karena dalam minyak daging ikan tuna terdapat kandungan DHA yang berpengaruh besar terhadap indra penglihatan anak.

Selain itu juga, DHA yang terkandung dalam minyak ikan tuna memiliki fungsi untuk mengoptimalkan retina mata pada anak. Secara otomatis, penglihatan pada anak akan semakin membaik.

Itulah 11 manfaat ikan tuna untuk anak yang bisa di coba oleh para orang tua di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

manfaat buah plum

Ketahui 8 Manfaat Buah Plum bagi Kesehatan, Terutama untuk Wanita

sumbersehat.com – Manfaat buah plum untuk wanita memang seringkali kita dengar di tengah masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *