9 Manfaat Ikan Tuna Bagi Ibu Hamil yang Jarang Orang Tahu

Ikan tuna memang sudah menjadi makanan favorit keluarga, selain memiliki cita rasa yang enak, daging ikan tuna banyak memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh seseorang. Salah satunya manfaat ikan tuna bagi ibu hamil.

Dalam 100 gram daging ikan tuna yang dikonsumsi di rumah mengandung kandungan energi sebanyak 22 kkal, lemak sebanyak 8 gram, protein sebanyak 29 gram, fosfor, zat besi, kolin, vitamin A, Vitamin D, Zinc, Mangnesium, dan juga kalium. Bukan hanya itu saja, dalam daging ikan tuna juga terdapat kandungan asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama ibu hamil. Berikut penjelasan lengkap terkait manfaat konsumsi daging tuna bagi ibu hamil.

1. Menunjang perkembangan otak pada janin

Sebagai seorang ibu atau orang tua, harus memperhatikan kondisi otak anaknya sejak dalam kandungan jika ingin memiliki anak yang cerdas. Salah satu cara yang bisa seorang ibu lakukan pada janinnya adalah dengan mengkonsumsi manfaat ikan tuna bagi ibu hamil.

Di dalam daging ikan tuna yang ibu konsumsi ketika mengandung si kecil terdapat kandungan asam lemak omega-3 yang mana memiliki manfaat luar biasa untuk menunjang kecerdasan pada otak dan perkembangan sistem saraf pada janin. Sehingga ini sangat berpengaruh besar terhadap kepintaran anak ketika dia sudah terlahir nantinya.

2. Mengurangi resiko kelahiran bayi prematur

Manfaat ikan tuna bagi ibu hamil berikutnya adalah mampu menekan resiko seorang ibu dalam melahirkan bayi prematur. Sebab sebuah penelitian menemukan bahwa, selain kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat dalam daging ikan tuna bermnfaat untuk kecerdasan pada anak, juga mampu mengurangi angka kelahiran bayi prematur pada ibu.

3. Mengurangi resiko asma

Sebuah riset membuktikan bahwa, seorang ibu yang rajin dan rutin mengkonsumsi daging ikan Ketika dalam keadaan mengandung buah hati, mampu mengurangi resiko terserang asma pada anak yang sudah lahir nantinya. Salah satu jenis ikan yang disebutkan adalah ikan tuna.

4. Meningkatkan perkembangan kognitif pada buah hati

Manfaat ikan tuna bagi ibu hamil di sini mampu mempengaruhi tingkat perkembangan kognitif pada anak yang sudah terlahir. Pasalnya dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa, dalam daging tuna terdapat kandungan omega-3 (EPA dan DHA) yang mana mampu mempengaruhi level kognitif pada pertumbuhan si anak.

Bukan hanya ketika mengandung saja, melainkan di saat seorang ibu menyusui buah hatinya juga bisa mengkonsumsi daging ikan tuna ini agar mendapatkan seorang anak yang memiliki kemampuan kognitif tinggi.

5. Sebagai sumber protein yang tinggi

Bagi ibu-ibu yang sedang mengandung buah hati, sering mengkonsumsi daging ikan tuna sangat penting. Pasalnya dalam daging ini terdapat kandungan protein yang sangat tinggi. Ketika kandungan protein masuk ke dalam tubuh, mampu berperan penting dalam menjaga kesehatan ibu dan juga janin dalam kandungannya.

Pernyataan tersebut juga telah dibuktikan oleh American Pregnancy Association. Yang mana kandungan protein pada daging ikan tuna yang sangat tinggi mampu mempengaruhi perkembangan janin pada ibu dan juga perkembangan otak pada buah hatinya yang ada dalam kandungan.

Bukan itu saja, kandungan protein yang ada dalam daging ikan tuna di percaya mampu menjaga Kesehatan payudara seorang ibu dan mampu menjaga Kesehatan rahim yang tumbuh dalam kandungan selama proses seorang ibu mengandung buah hati, serta juga berperan penting dalam memperlancar suplai darah pada tubuh si ibu.

6. Meningkatkan perkembang janin si ibu

Tidak bisa diragukan lagi, daging ikan tuna memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan termasuk ibu yang sedang mengandung buah hati. Adapun kandungan dalam daging ikan tuna itu ada, vitamin D, mineral, serta asam lemak omega-3. Di mana ketiga kandungan tersebut mampu mempengaruhi perkembangan janin si ibu menjadi lebih baik ketimbang tidak pernah sama sekali mengkonsumsi daging ikan tuna ketika mengandung buah hati.

Selain itu, kandungan vitamin D yang terdapat dalam ikan tuna juga bermanfaat untuk mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh si kecil dalam kandungan, peningkatan sel sehat, serta menjaga kesehatan tulang pada janin. Kandungan asam lemak omega-3 pada daging tuna yang ibu konsumsi ketika mengandung juga berperan penting dalam mempengaruhi tingkat kecerdasan otak bayi, tingkat penglihatan mata pada bayi, dan juga menjaga kesehatan sistem fungsi saraf pada buah hati dalam kandungan.

7. Meningkatkan sistem imun si ibu

Manfaat ikan tuna bagi ibu hamil juga mampu menjaga kekebalan sistem imun pada ibu yang sedang mengandung. Pasalnya sistem imun yang kuat sangat berpengaruh besar terhadap kesehatan bayi.

Biasanya seorang ibu yang mangandung juga rentan terkena masalah pada sistem imunnya. Ini karena efek kelelahan yang timbul pada tubuh si ibu. Untuk itu, Ketika seorang ibu dalam keadaan mengandung buah hati sangat penting untuk memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi daging ikan tuna.

Dalam daging ikan tuna terdapat kandungan yang bernama selenium. Di mana kandungan ini merupakan komponen enzim antioksidan dan protein yang sangat bermanfaat dalam mengatur sistem metabolisme dalam tubuh. Bukan itu saja, kandungan ini juga bermanfaat dalam miningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh seorang ibu. Khasiat ini sama juga halnya dengan manfaat ikan tuna bagi Kesehatan dan manfaat ikan tuna untuk pria.

8. Mengurangi resiko kram pada tungkai ibu hamil

Dalam daging ikan tuna terdapat kandungan fosfor yang sangat tinggi. Di mana kandungan fosfor ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, kandungan fosfor pada daging ikan tuna juga memiliki manfaat untuk mengatasi resiko kram pada tungkai ibu hamil. Karena rasa kram ini sering ibu-ibu alami ketika mengandung, yang mana ini merupakan reaksi terhadap kandungannya.

Untuk itu, jika kamu adalah seorang ibu yang saat ini sedang mengandung buah hati kesayangan, sanga penting untuk mengkonsumsi daging ikan tuna agar mendapatkan manfaat ikan tuna bagi ibu hamil.

9. Mengurangi resiko osteoporosis atau pengeroposan tulang

Dalam daging ikan tuna terdapat kandungan kalsium seperti fosfor yang sangat tinggi. Kandungan ini memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi pada janin.

Selain itu, seorang ibu yang rutin mengkonsumsi daging ikan tuna saat mengandung mampu mengurangi resiko terkena gangguan osteoporosis atau masalah pengroposan tulang selama masa kehamilan. Hal ini karena, Ketika usia kandungan ibu memasuki 20 minggu terakhir sebelum kelahiran, kebutuhan kalsium pada janin sangatlah tinggi. Nah, apabila asapun kalsium yang rendah masuk ke dalam tubuh si ibu, maka janin yang kekurang kalsium akan mengambil asupan pada tulang si ibu. Secara otomatis, seorang ibu akan kekurangan kalsium dalam tubuhnya dan mengakibatkan pengroposan pada tulangnya.

Untuk menghindari masalah tersebut, jadikanlah menu ikan tuna dalam list makanan saat masa mengandung buah hati untuk mendapatkan manfaat ikan tuna bagi ibu hamil. Khasiat untuk mengatasi masalah pengroposan tulang juga termasuk dalam manfaat ikan tuna bagi Kesehatan dan manfaat ikan tuna untuk pria.

Nah itulah 9 manfaat ikan tuna bagi ibu hamil yang wajib di coba oleh para moms di rumah. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, konsumsilah daging ikan tuna dengan porsi yang sesuai secara rutin saat masa kehamilan. Semoga bermanfaat!

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

manfaat sirup parijoto

7 Manfaat Sirup Parijoto bagi Kesehatan, Nomor 3 Penting Sekali

sumbersehat.com - Manfaat sirup parijoto mendadak ramai diperbincangkan saat pandemi berlangsung. Sirup yang berasal dari Kudus ini memiliki beragam kandungan dan berkhasiat bagi tubuh manusia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *