Jangan Dibuang, Ini 12 Manfaat Herbal Kulit Manggis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

sumbersehat – Manfaat herbal kulit manggis sempat booming beberapa waktu silam. Kulit manggis dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Benarkah anggapan tersebut? Buah manggis sendiri adalah salah satu buah yang banyak dibudidayakan di negara Asia Tenggara. Buah ini memiliki banyak manfaat hingga disebut ratunya buah.

Mengonsumsi buahnya dapat memperbaiki disfungsi kognitif dan gangguan memori. Sedangkan kulit buah manggis menurut para ahli mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Utamanya xanthone, dimana kandungannya khasiatnya lebih tinggi  dibanding buahnya.

manfaat herbal kulit manggis

Manfaat Herbal Kulit Manggis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Untuk mendapatkan khasiat dan khasiat herbal kulit manggis bisa didapat melalui suplemen yang dijual bebas di pasar. Namun, khasiat tersebut juga bisa didapat dari bubuk kulit manggis yang dibuat sendiri. Kulit manggis dapat dijemur selama 2-3 hari lalu dihaluskan. Berikut adalah beberapa manfaat dari kulit manggis untuk kesehatan dan kecantikan;

1. Menurunkan Resiko Penyakit Kronis

Kulit buah manggis mengandung xanthone yang memiliki sifat antiperadangan. Dengan mengonsumsi ekstrak kulit manggis secara rutin dapat menurunkan risiko terkena penyakit berbahaya yang berkaitan dengan peradangan. Contohnya penyakit jantung dan diabetes.

Berdasarkan penelitian kulit manggis mengandung antioksidan tinggi yang dapat mencegah berbagai macam penyakit yang terkait dengan stres oksidatif. Serat yang terdapat pada kulit buah manggis juga dapat menurunkan risiko penyakit pencernaan.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi yang berkeinginan menurunkan berat badan, tidak perlu melakukan diet ketat yang berbahaya. Hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi ekstrak kulit manggis. Namun, manfaat herbal kulit manggis ini harus didukung dengan cara yang lain. Mengonsumsi makanan sehat misalnya. Jika memadukan keduanya secara rutin, maka berat badan ideal akan lebih mudah didapatkan.

3. Mengatasi Permasalahan Gusi

Manfaat obat herbal kulit manggis semakin diakui. Manfaat lainnya adalah berkaitan dengan masalah gusi yang kerap menganggu. Beberapa penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa dengan mengoleskan gel yang mengandung ekstrak kulit manggis membantu menjaga kebersihan gusi. Akar gigi pun akan kuat.

4. Meningkatkan Sistem Imun

Ekstrak kulit manggis banyak mengandung antioksidan seperti vitamin C. Vitamin ini sendiri bermanfaat untuk menjaga sistem imun sehingga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Di musim pancaroba atau musim hujan seperti sekarang, kebutuhan vitamin C tentu lebih banyak. Terlebih saat menghadapi pandemi.

5. Mengurangi Masalah Menstruasi

Sejak jaman dahulu, akar dan manfaat herbal kulit manggis secara tradisional dikenal dapat membantu mengatur siklus menstruasi  pada wanita. Tidak cukup sampai di situ, manfaat lainnya adalah mampu meringankan gejala kurang nyaman yang umum terjadi sebelum menstruasi datang.

6. Mengatasi Masalah Jerawat

Untuk kecantikan manfaat herbal kulit buah manggis juga telah terbukti ampuh. Yakni membantu mengatasi permasalahan jerawat yang kerap menggannggu. Antioksidan yang terdapat pada kulit manggis mampu mempengaruhi pertumbuhan jerawat. Selain itu dapat menekan radikal bebas yang menyebabkan tumbuhnya jerawat.

7. Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat herbal kulit manggis ternyata juga dapat menghambat enzim yang menyebabkan pati dalam tubuh terurai menjadi glukosa. Zat yang bernama alpha-amylase ini, disebut hampir mirip dengan zat yang terdapat dalam obat diabetes. Jadi, dengan mengonsumsi ekstrak kulit manggis, gula darah bisa turun dengan perlahan.

8. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat herbal kulit manggis untuk kecantikan yang lain adalah mencegah terjadinya penuaan dini. Seperti yang telah diketahui bahwa kulit manggis mengandung zat antioksidan yang tinggi. Zat ini bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Antioksidannya juga membantu menghilangkan sel mati dan mengganti yang baru.

9. Mencerahkan kulit

Adanya kandungan vitamin C dalam kulit manggis bagus untuk mencerahkan kulit. Tidak hanya itu vitamin tersebut dapat membantu pembentukan kolagen. Kolagen sendiri dibutuhkan untuk membantu agar kulit tetap kencang dan awet muda. Manfaat herbal kulit manggis ini jelas dibutuhkan banyak wanita.

10. Membuang Racun di Dalam Tubuh

Manfaat herbal dari kulit manggis yang mungkin tidak banyak diketahui orang adalah dapat membuang racun di dalam tubuh. Hal ini karena kulit manggis mengandung antioksidan yang dapat mengikat zat racun. Senyawa kimia berbahaya yang masuk ke dalam tubuh juga dapat ditangkal dengan zat antioksidan ini.

11. Menyehatkan Tulang dan Mata

Kulit manggis pun memiliki banyak manfaat untuk melindungi tulang dan mata. Kandungan kalsiumnya yang tinggi dipercaya banyak ahli untuk kepadatan tulang. Sedangkan kandungan vitamin A nya baik untuk memperbaiki penglihatan yang mulai menurun. Konsumsi ekstrak kulit manggis akan sangat membantu.

12. Anti Alergi dan Inflamasi

Manfaat herbal kulit manggis sebagai anti alergi dan anti inflamasi telah diakui. Beberapa penelitian ilmiah yang dilakukan telah membuktikan hal tersebut. Dalam kulit manggis juga mengandung zat yang dapat memperbanyak prostaglandin yang dapat menghambat kadar histamin dalam tubuh.

Manfaat lain dari prostaglandin yang lain adalah untuk meredakan peradangan atau anti inflamasi yang berkaitan erat dengan penyebab seseorang mudah terkena alergi. Manfaat kulit manggis ini tentunya sangat dibutuhkan oleh banyak orang yang memiliki permasalahan dengan alergi.

Panduan Mengonsumsi Kulit Manggis

Seperti yang diketahui bahwa ekstrak kulit manggis telah banyak dijual di berbagai apotek atau supermarket. Hal ini lantaran manfaat herbal kulit manggis telah dirasakan oleh banyak orang. Bagi yang ingin mencobanya, pastikan telah paham bagaimana cara konsumsi sehatnya. Tips di bawah ini mungkin dapat membantu;

1. Beli Produk Ekstrak Kulit Manggis yang Telah Terdaftar

Mengambil khasiat obat herbal kulit manggis dari ekstrak produk yang dijual di pasaran harus berhati-hati. Berbeda dengan membuat ekstrak sendiri, yang sudah jelas aman. Namun, tidak demikian dengan produk di pasaran. Pastikan produk tersebut telah terdaftar di BPOM RI,untuk memastikan keaslian produk.

2. Periksa Tanggal Kadaluarsa

Setiap obat tentu memiliki tenggang waktu. Begitu pula produk ekstrak kulit manggis. Saat membelinya, pastikan juga tanggal kadaluarsanya kapan. Tujuannya untuk menghindari hal yang tidak baik yang mungkin terjadi karena mengonsumsi obat yang sudah kadaluarsa.

3. Periksa Bahan Keamanannya

Setiap produk olahan baik itu makanan atau obat herbal pasti memiliki komposisi lain. Hal ini tidak bermasalah selama bahan yang digunakan aman dan tidak berbahaya bagi tubuh. Untuk itu, penting meneliti dahulu bahan tambahan apakah yang digunakan. Aman dan halal untuk dikonsumsi atau tidak.

5. Ibu Hamil dan Menyusui Sebaiknya Menghindari

Tidak semua obat boleh dikonsumsi oleh Ibu hamil atau menyusui. Sekalipun itu obat herbal sekalipun. Mengambil manfaat herbal kulit manggis pun demikian. Ibu yang sedang hamil atau menyusui disarankan untuk mengonsumsi produk ekstrak kulit manggis demi kesehatan janin yang dikandung.

6. Tidak Direkomendasikan Bagi yang Ingin Melakukan Operasi

Demikian pula untuk orang yang akan melakukan operasi. Tidak disarankan pula mengonsumsi produk ekstrak kulit manggis. Jika sedang mengonsumsi untuk kesehatan, 14 jam sebelum operasi konsumsi tersebut harus dihentikan. Dengan demikian dapat dihindari efek samping akibat interaksi dengan obat medis.

Manfaat herbal kulit manggis kini semakin dikenal kalangan luas. Proses produksi ekstrak kulit manggis pun semakin banyak. Selain dapat membuat sendiri, ekstrak kulit manggis pun sekarang relatif mudah untuk ditemukan. Semoga informasi kesehatan di atas bermanfaat.

 

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat buah plum

Ketahui 8 Manfaat Buah Plum bagi Kesehatan, Terutama untuk Wanita

sumbersehat.com – Manfaat buah plum untuk wanita memang seringkali kita dengar di tengah masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *