6 Manfaat Herbal Daun Ungu Untuk Kesehatan, dari Lambung Sampai Ambeien

sumbersehat – Setiap penyakit pasti ada obatnya. Baik obat langsung dari alam atau obat hasil penelitian para ahli. Hanya ada beberapa penyakit yang belum ditemukan obatnya oleh para ahli, bukan berarti tidak ada obatnya. Karena penyakit yang tidak ada obatnya hanyalah kematian. Kali ini kita membahas manfaat herbal daun ungu sebagai salah satu obat yang berasal dari alam.

Daun ungu dipercaya sebagai salah satu tanaman yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan sekaligus mengobati beberapa penyakit. Misalnya ambeien, batu ginjal, atau meredakan asam lambung yang terlalu tinggi.

manfaat herbal daun ungu

Nama Lain dan Ciri-ciri Daun Ungu

Daun ungu merupakan salah satu jenis tanaman liar yang memiliki khasiat dapat menyembuhkan wasir atau ambeien. Tanaman berdaun warna ungu ini mudah ditemukan di hutan atau pekarangan rumah dengan kondisi curah hujan sedang. Selain terkenal dengan nama daun ungu, tanaman ini memiliki sejumlah nama lain.

Banyak nama lain daun ungu yang dikenal di masyarakat. Diantaranya adalah handeleum, tulak, dongora, daun wungu, daun temen-temen, daun kadi-kadi, kobi-kobi, atau daun putri. Menurut wikipedia, tanaman ini berasal dari Papua Nugini dan Polinesia. Seiring penyebaran dan perpindahan manusia, tanaman ini ikut menyebar di Indonesia.

Daun ungu memiliki nama latin Graptophyllum Pictum. Tanaman ini memiliki akar tunggang dan dapat menjulang hingga 2 meter tingginya. Bisa jadi lebih tinggi jika dibiarkan. Dengan tulang daun menyirip dan tekstur agak kasar, daun ini dapat digunakan ketika masih segar dan dapat juga dikeringkan terlebih dahulu. Bisa juga diolah menjadi ekstrak.

Kandungan Daun Ungu

Daun ungu mengandung beberapa bahan aktif, diantaranya adalah flavonoid, tanin dan saponin. Flavonoid berfungsi untuk melindungi struktur sel, meningkatkan efektivitas konsumsi vitamin C, antiinflamasi, sekaligus antibiotik. Flavonoid inilah yang berperan menjadikan daun berwarna ungu. Sedangkan saponin dan tanin menimbulkan rasa sepat di lidah.

Ilmu yang mempelajari tentang kandungan kimia dalam tumbuhan disebut sebagai fitokimia. Dari hasil penelitian daun ungu menunjukkan adanya bahan aktif tersebut, para ahli percaya daun ini dapat dijadikan sebagai obat alternatif. Namun penelitian mengenai manfaat herbal daun ungu belum sampai pada prosentase kandungan daun ketika dikonsumsi sebagai obat.

Sehingga, hanya daun ungu yang sudah diekstrak dan dikemas dalam bentuk kapsul mampu diukur dosisnya. Sementara untuk daun yang langsung dipetik dari pohonnya belum ada ukuran dosis yang tepat. Maka para pengguna daun ungu sebagai obat perlu berhati-hati agat tidak terjadi efek samping yang tidak diinginkan.

Manfaat Herbal Daun Ungu

Daun ungu dipercaya memiliki sejumlah manfaat. Terutama untuk menjaga kenormalan sistem pencernaan dan organ pendukungnya. Biasanya, organ pencernaan bermasalah akibat pola makan yang kurang sehat. Baik dari sisi waktu makan yang tidak teratur, atau disebabkan oleh jumlah dan ragam makanan yang kurang sehat.

1. Untuk Organ Tubuh

Pola makan yang buruk berdampak pada organ pencernaan yang wajib bekerja keras. Akibatnya, jika terlalu lama bekerja keras, kinerjanya akan terus menurun. Dalam kondiis tertentu, keadaan inilah yang membuat organ pencernaan sakit. Untuk menormalkannya, kita bisa gunakan manfaat herbal daun ungu yang telah melalui uji fitokimia.

Mengambil manfaat herbal daun ungu dari daun segar juga telah banyak dilakukan oleh masyarakat. Namun karena dosis penggunaan dari daun segar belum melalui uji klinis, sebaiknya tetap berhati-hati dan tidak berlebihan. Ini penting untuk menjaga fungsi organ tubuh yang mungkin sensitif terhadap zat tertentu.

2. Manfaat Daun Ungu Untuk Kontrasepsi

Manfaat herbal daun ungu dan efek sampingnya yang cukup unik salah satunya adalah sebagai alat kontrasepsi alami. Percobaan pernah dilakukan pada tikus betina, setelah diberikan ekstrak daun ungu menunjukkan peningkatan aktivitas oksitosin. Hormon oksitosin memicu kontraksi rahim dan mencegah kehamilan. Hal ini disinyalir berlaku sama pada manusia.

Sedangkan pada pria, daun ungu tidak berpengaruh terhadap hormon progesteron, berat testis atau indeks kesuburan. Namun hasil penelitian menunjukkan konsumsi daun ungu dapat menurunkan produksi sperma secara signifikan. Hal ini menunjukkan manfaat herbal daun ungu dapat digunakan sebagai alat kontrasepsi alami.

3. Manfaat Daun Ungu Untuk Ginjal

Bahan aktif yang dikandung oleh daun ungu dapat memicu nephroprotective yang mengurangi tingkat kreatinin dan urea. Sehingga kinerja ginjal lebih ringan dan dapat berfungsi maksimal. Manfaat herbal daun ungu untuk ginjal ini bsa mengurangi risiko gagal ginjal.

4. Manfaat Herbal Daun Ungu Untuk Ambeien

Manfaat herbal daun ungu untuk obat ambeien sudah dibuktikan banyak orang. Ada yang tidak jadi operasi meskipun sudah menderita ambeien parah hingga berdarah, ada juga yang sembuh setelah bertahun-tahun menahan sakit ketika buang air besar.

Ambeien atau wasir adalah sakit akibat pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus. Penyebabnya bisa karena faktor keturunan, pola makan yang tidak sehat, kurang makan serat atau konsumsi air mineral. Jika dibiarkan, pembengkakan yang semakin besar akhirnya meletus, menimbulkan luka dan rasa sakit terutama ketika buang air.

Sakit ambeien atau wasir pada umumnya terjadi dalam jangka waktu panjang. Awalnya hanya berupa benjolan yang tidak terlalu mengganggu proses sekresi. Namun lama kelamaan terjadi pembengkakan dan menutup jalan sekresi. Hal inilah yang menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman duduk bagi penderitanya.

Meskipun saat ini tersedia bantal duduk khusus untuk orang dengan penyakit wasir, jika masih bisa memilih tentu setiap orang ingin sehat. Oleh karena itu orang dengan menyakit ambeien lebih memilih untuk mendapat manfaat herbal daun ungu sebagai obat wasir.

Ciri-ciri daun ungu obat ambeien adalah daun yang tidak terlalu muda dan tidak pula terlalu tua. Pilih yang segar, sehat dan cenderung lebar. Berbagai referensi menjelaskan bahwa daun ini dapat digunakan secara langsung atau dikeringkan terlebih dahulu. Sebanyak 7-10 lembar direbus dengan 2 gelas air dan dibiarkan mendidih. Air ini dapat diminum dua hingga tiga kali sehari.

5. Manfaat Daun Ungu Untuk Lambung

Manfaat daun ungu untuk lambung adalah untuk meredakan sakit akibat maag atau asam lambung yang tinggi. Jika dibiarkan asam lambung yang terlalu tinggi dapat menyebabkan peradangan pada lambung dan usus. Daun ungu mengandung zat aktif antiradang yang dapat mencegah luka. Daun ungu mentah dapat dikunyah dan ditelan sebagai pertolongan pertama sakit maag.

6. Manfaat Herbal Daun Ungu Untuk Kulit

Untuk pemakaian luar, manfaat herbal daun ungu sering digunakan untuk menyembuhkan borok, bisul, atau memar dan bengkak karena terpukul. Tentu daun ungu ini perlu dihancurkan terlebih dahulu sebelum ditempel ke kulit. Zat aktif yang terdapat dalam cairan daun berfungsi melembutkan kulit, sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka.

Inilah beberapa manfaat herbal daun ungu yang dapat dijadikan obat alternatif beberapa keluhan sekaligus. Untuk keamanannya, bisa minum ekstrak daun ungu yang takaran dosisnya sudah melalui uji klinis. Namun jika terpaksa, gunakan daun ungu sesuai anjuran para ahli dan hati-hati dengan efek sampingnya.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat sirup parijoto

7 Manfaat Sirup Parijoto bagi Kesehatan, Nomor 3 Penting Sekali

sumbersehat.com - Manfaat sirup parijoto mendadak ramai diperbincangkan saat pandemi berlangsung. Sirup yang berasal dari Kudus ini memiliki beragam kandungan dan berkhasiat bagi tubuh manusia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *