11 Manfaat Habbatussauda untuk Menjaga Kesehatan, Penting Diketahui!

sumbersehat.com – Manfaat habbatussauda atau jintan hitam sudah dikenal sejak berabad-abad lalu oleh masyarakat sebagai obat herbal untuk kesehatan dan mengobati penyakit. Jenis tanaman yang kaya manfaat ini masih masuk ke dalam keluarga Ranunculaceae.

Habbatussauda pertama kali ditemukan oleh seorang filsuf dunia medis yaitu Ibnu Sina. Dalam penelitiannya yang ditulis di dalam buku yang berjudul Canon of Medicine, beliau mengatakan bahwa khasiat habbatussauda sangatlah banyak. Bahkan salah satu khasiatnya sangat berguna bagi pasangan suami istri, yaitu bisa meningkatkan kesuburan.

manfaat habbatussauda
manfaat habbatussauda

Inilah Khasiat Habbatussauda untuk Kesehatan

Berikut merupakan beberapa manfaat habbatussauda yang baik untuk kesehatan, mengobati penyakit serta meningkatkan kesuburan:

1. Khasiat Habbatussauda untuk mengobati asma

Sebuah penelitian mengatakan bahwa habbatussauda berperan membantu mempercepat penyembuhan penyakit asma. Untuk mengambil manfaat habbatussauda ini yaitu dikonsumsi bersamaan dengan obat asma. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua obat yang bisa diiringi. Ada beberapa obat yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan habbatussauda, seperti salbutamol dan theophylline.

2. Manfaat Habbatussauda untuk menjaga kesehatan hati dan ginjal

Menjaga kesehatan hati dan ginjal sangat penting dilakukan supaya kinerja keduanya dapat maksimal. Ada sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus percobaan dan hasilnya ialah khasiat habbatussauda mampu mengurangi komplikasi pada hati dan ginjal.
Walaupun percobaan ini masih belum pernah dilakukan pada manusia, tidak ada salahnya bila Anda mengonsumsi jintan hitam. Hal ini sebagai salah satu upaya untuk menjaga kesehatan hati dan ginjal.

3. Khasiat Habbatussauda untuk membantu mencegah dan menyembuhkan kanker

Ternyata manfaat habbatussauda ialah bisa membantu mencegah dan menyembuhkan salah satu penyakit paling mematikan yaitu kanker. Karena habbatussauda mengandung antikarsinogenik dan thymoquinone, dimana sangat berkhasiat dalam membunuh sel kanker. Memang khasiat habbatussauda ini dapat dikatakan efektif, tetapi pasien harus tetap menjalani pengobatan dari dokter. Jadi, tanaman herbal ini dimanfaatkan sebagai cara tambahan agar kanker dapat cepat sembuh.

4. Manfaat Habbatussauda untuk membantu mengatasi jerawat

Jerawat di wajah merupakan suatu masalah yang menyebalkan, terutama bagi seorang perempuan. Pasalnya selain dapat mengganggu penampilan, terkadang jerawat juga akan terasa sakit bila tidak sengaja menyentuhnya dengan keras. Namun, kini tidak perlu risau lagi karena dengan habbatussauda jerawat dapat mengatasinya.

Khasiat habbatussauda yang satu ini tidak lepas dari sifat yang dimilikinya, yaitu antimikroba dan anti-inflamasi. Sifat tersebut terbukti efektif untuk membantu membasmi jerawat sampai ke akar-akarnya.

5. Khasiat Habbatussauda untuk menurunkan kolesterol

Ternyata manfaat habbatussauda juga berkhasiat untuk membantu menurunkan kolesterol. Hal ini dikarenakan adanya kandungan asam linoleat dan oleat yang dimiliki minyak jintan hitam. Kandungan tersebut dinilai ampuh untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada pada pembuluh darah.

Kadar lipoprotein yang ada di dalam habbatussauda juga disebut-sebut sebagai kolesterol baik, jadi sangat cocok untuk dikonsumsi penderita kolesterol. Selain minyaknya, khasiat habbatussauda untuk kolesterol juga bisa ditemukan pada biji jintan hitam yang telah dihancurkan.

6. Manfaat Habbatussauda untuk melancarkan menstruasi

Apabila Anda memiliki masalah pada siklus menstruasi, seperti haid tidak lancar , maka lebih baik jika mengonsumsi habbatussauda untuk mengatasinya. Selain itu warna dari darah haid juga perlu diperhatikan, jika warnanya hitam pekat maka bisa jadi terdapat masalah pada rahim. Salah satu manfaat habbatussauda ialah dapat membantu mengatasi permasalahan menstruasi. Jadi, mulailah untuk mengonsumsi habbatussauda supaya siklus menstruasi dapat lancar dan sehat.

7. Khasiat Habbatussauda untuk mengobati keputihan

Keputihan merupakan hal yang wajar dialami oleh seorang wanita, tetapi dalam kondisi tertentu ada kemungkinan bahwa keputihan menjadi tidak baik. Oleh karena itu perlu hati-hati apabila keputihan yang keluar berbeda dari biasanya, seperti berbau, berwarna, atau teksturnya jauh lebih mengental. Sebab, bisa saja hal tersebut terjadi karena organ reproduksi mengalami infeksi jamur.

Nah, manfaat habbatussauda sudah dikenal mampu mengatasi infeksi jamur. Oleh karena itu, ada baiknya jika mengonsumsi habbatussauda supaya jika keputihan yang Anda alami memang karena infeksi bisa segera diatasi. Selain itu, mengonsumsi habbatussauda secara rutin juga bermanfaat untuk membantu menjaga kesuburan rahim.

8. Manfaat Habbatussauda untuk menjaga sel sperma yang sehat

Inilah salah satu khasiat habbatussauda untuk lelaki, sel sperma yang sehat bisa meningkatkan peluang kehamilan. Kini banyak lelaki yang memiliki masalah dalam hal sperma yang dikeluarkan, seperti jumlah sperma sedikit ataupun bentuk sperma mengalami kelainan. Apabila Anda ingin menjaga sel sperma agar tetap sehat, maka bisa memanfaatkan habbatussauda. Supaya ketika orang laki-laki ketika sedang berhubungan dengan istrinya dapat mengeluarkan sperma yang berkualitas.

9. Khasiat Habbatussauda untuk mencegah ejakulasi dini

Salah satu penyebab perempuan sulit hamil ialah karena sang lelaki mengalami ejakulasi dini. Sebab, otot serta pembuluh darah pada bagian penis dan testis sehingga penis tidak mampu ereksi dengan lebih maksimal. Selain itu, sel sperma yang dikeluarkan pun kemungkinan akan rendah dan tidak bisa keluar secara sempurna.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kandungan kalium didalamnya membuat manfaat habbatussauda untuk lelaki ini bisa mengatasi permasalahan tersebut. Dengan demikian, mengonsumsi habbatussauda sangat penting bagi seorang pria demi mencegah terjadinya ejakulasi dini.

10. Manfaat Habbatussauda untuk membantu meningkatkan libido

Libido yang rendah bisa menjadi salah satu penyebab sulit mendapatkan kehamilan. Mengapa demikian? karena sang pria tidak memiliki minat yang baik untuk melakukan berhubungan seksual bersama sang istri. Hal ini seringkali disebabkan oleh faktor hormon dan kecapekan akibat bekerja terlalu berat atau karena hal lainnya.

Untuk menanganinya, akan lebih baik jika Anda menggunakan habbatussauda karena salah satu khasiat habbatussauda ialah bisa meningkatkan hemoglobin dalam tubuh. Sehingga akan membuat lelaki menjadi lebih bergairah dan bersemangat dalam melakukan hubungan seksual.

11. Khasiat Habbatussauda untuk menjaga kualitas sel telur

Walaupun seorang wanita mengalami menstruasi setiap bulan, hal ini tidak menjamin perempuan dapat cepat hamil. Hal ini dikarenakan ada kemungkinan jika sang wanita tidak mempunyai sel telur yang berkualitas sehingga susah untuk dibuahi sel sperma. Salah satu usaha untuk menjaga kualitas sel telur ialah dengan mengonsumsi habbatussauda. Karena adanya kandungan antioksidan, khasiat habbatussauda ini bisa membantu menjaga kualitas sel telur dan menjaga agar terhindar dari gangguan.

Cara Mengonsumsi Habbatussauda

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa habbatussauda dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk membantu menjaga kesehatan. Nah, agar manfaat habbatussauda ini bisa didapatkan, maka bisa mengonsumsinya jamu atau obat herbal habbatussauda. Perlu diketahui bahwa minum jamu atau obat herbal alami ini memang sangatlah baik, tetapi sebaiknya digunakan sebagai alternatif pelengkap saja.

Jadi, Anda juga tatap perlu mengonsumsi obat-obatan kimia resep dokter ataupun dari apotek. Alangkah baiknya jika habbatussauda ini dijadikan sebagai air rebusan saja karena cara ini dinilai lebih aman. Ketahui juga bahwa untuk mengonsumsinya janganlah sembarangan, sebab reaksi setiap orang terhadap obat herbal tidaklah sama.

Itulah beberapa manfaat habbatussauda yang baik untuk kesehatan dan baik untuk pasangan suami istri supaya tetap subur.. Sejatinya peran obat herbal bukanlah menyembuhkan penyakit, tetapi dapat membantu pemulihan penyakit, menjaga kesehatan, dan menurunkan resiko penyakit. Jadi untuk menyembuhkan tetap perlu mengonsumsi obat dari dokter.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat daun pegagan

15 Manfaat Daun Pegagan untuk Obat Herbal Penyakit

sumbersehat.com - Manfaat daun pegagan saat ini sudah semakin banyak diketahui dan sedang menjadi primadona. Centella Asiatica merupakan nama lain dari tumbuhan yang memiliki bentuk daun menyerupai ginjal dengan pinggiran daun bergelombang. Pengobatan di masyarakat Cina dan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *