9 Manfaat Gel Lidah Buaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan serta Efek Sampingnya

By

sumbersehat.com – Manfaat gel lidah buaya ini penting sekali untuk diketahui dan diaplikasikan. Orang-orang sudah pasti mengetahui jenis tanaman yang satu ini. Tanaman dengan nama latin Aloe vera ini dikenal dengan nama lidah buaya. Meskipun memiliki bentuk yang terlihat distingtif, tetapi ternyata tanaman ini mengandung banyak khasiat di dalamnya. Sehingga, tanaman tersebut dapat dimanfaatkan.

Di dunia skin care atau perawatan wajah, jenis tanaman ini selalu menjadi pilihan utama dalam hal bahan baku. Hal ini dibuktikan dengan banyak produk yang banyak menyertakan gel lidah buaya di dalamnya. Alasan kuat yang melatarbelakanginya adalah karena khasiat gel lidah buaya berperan aktif dalam menjaga kecantikan kulit dan juga rambut. Lalu, apa saja khasiat yang lainnya? Simaklah pembahasannya di bawah ini.

manfaat gel lidah buaya
manfaat gel lidah buaya

Inilah Khasiat Gel Lidah Buaya Bagi Kesehatan Anda

Di bawah ini, beberapa manfaat gel lidah buaya yang dapat Anda rasakan dari lidah buaya:

1. Khasiat Gel Lidah Buaya untuk Melembabkan Kulit Wajah

Manfaat gel lidah buaya yang pertama adalah dapat melembabkan kulit wajah. Kelembaban kulit wajah ini sangat penting sekali untuk dijaga, apalagi di musim kemarau. Di musim kemarau, kulit Anda kemungkinan akan mengalami beberapa kondisi. Kondisi tersebut bisa berupa kulit wajah yang bersisik, kulit wajah yang terkelupas, dan tumbuhnya beberapa jerawat di sekitar wajah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka Anda dapat menggunakan gel lidah buaya.

2. Manfaat Gel Lidah Buaya untuk Mempercepat Kesembuhan Luka

Selanjutnya, Anda dapat merasakan manfaat gel lidah buaya untuk mempercepat kesembuhan pada luka. Kalsium dan juga antioksidan di dalam gel lidah buaya ini dapat membuat sel-sel menghasilkan keratin dengan sangat cepat. Bahkan kedua nutrisi tersebut dapat membuat jaringan kulit id dalam tubuh menjadi kuat. Maka, gunakanlah gel lidah buaya ini untuk Anda yang mengalami luka pada kulit.

3. Khasiat Gel Lidah Buaya untuk Membuat Kulit Wajah Menjadi Cerah

Hal inilah yang paling penting dari manfaat gel lidah buaya dari khasiat sebelumnya. Alasannya adalah karena gel lidah buaya dapat digunakan sebagai masker wajah. Dengan menggunakan masker yang terbuat dari gel lidah buaya ini akan membuat tampilan wajah yang kusam menjadi cerah alami. Sehingga, Anda tidak perlu minder saat pergi ke luar untuk bertemu orang-orang.

4. Manfaat Gel Lidah Buaya untuk Mengobati Jerawat

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan jerawat dan belum menemukan solusi atas permasalahan tersebut, maka cobalah untuk menggunakan gel lidah buaya. Salah satu khasiat gel lidah buaya adalah untuk mengobati jerawat yang Anda alami. Hal ini tentu saja disebabkan oleh adanya zat antimikroba dan antibakteri yang mampu menghilangkan dan mengobati jerawat.

Tidak hanya itu, gel lidah buaya juga memiliki saponin dan astringent. Kedua nutrisi ini dipercaya mampu menghilangkan lemak. Seperti yang kita ketahui bahwa lemak ini merupakan salah satu penyebab terbesar munculnya jerawat di wajah.

5. Khasiat Gel Lidah Buaya untuk Menghaluskan Kulit Wajah

Tidak hanya menyembuhkan luka, menghilangkan jerawat, dan melembabkan kulit wajah, ternyata manfaat gel lidah buaya yang lainnya adalah dapat menghaluskan kulit wajah. Hal ini disebabkan oleh adanya sel-sel keratinosit yang membelah dan membuat permukaan kulit wajah Anda menjadi halus. Hal tersebut juga dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Jika sel-sel kulit mati tersebut telah terangkat sempurna, maka kulit Anda akan terasa halus.

6. Manfaat Gel Lidah Buaya untuk Menghilangkan Bintik Hitam

Hal ini cocok sekali untuk mengetahui khasiat lidah buaya untuk wajah flek hitam. Bintik atau flek hitam di wajah ini tentunya sangat mengganggu, oleh karena itu Anda harus mengetahui jenis tanaman yang satu ini. Jika Anda mengoleskan lidah buaya pada kulit secara rutin dan teratur, maka bintik hitam di wajah akan berangsur hilang. Jika ingin hasil yang maksimal, maka gunakanlah gel lidah buaya ini dua kali dalam sehari.

7. Khasiat Gel Lidah Buaya sebagai Pembersih make up Secara Alami

Membersihkan wajah yang telah dipakaikan make up ini tidak hanya cukup dengan sabun pencuci muka. Anda juga perlu mengetahui manfaat gel lidah buaya dalam membersihkan make up secara alami. Dengan menggunakan daging lidah buaya yang telah dibersihkan dan juga dihaluskan, Anda dapat menghapus make up sebelum mencuci muka. Jika sudah selesai, maka bersihkan dan melembabkan wajah menggunakan handuk yang berstruktur lembut.

8. Manfaat Gel Lidah Buaya untuk Mencegah Penuaan Dini

Anda dapat membuat tampilan terus terlihat prima dan juga terlihat lebih muda. Dengan adanya cara menggunakan lidah buaya untuk wajah ini tentunya sangat bermanfaat. Bagi Anda yang ingin terlihat awet muda, maka gunakanlah masker yang terbuat dari gel lidah buaya ini. Namun, selain memakai masker tersebut, imbangilah dengan penerapan gaya hidup sehat dan juga olahraga yang teratur.

9. Khasiat Gel Lidah Buaya untuk Membantu Mengatasi Iritasi Kulit

Selanjutnya, manfaat gel lidah buaya yang perlu Anda ketahui adalah dapat membantu mengatasi iritasi yang terjadi pada kulit. Penyakit kulit yang mungkin terjadi pada wajah adalah eksim, psoriasis, dan juga rosacea. Namun, dengan menggunakan gel lidah buaya, Anda dapat menyembuhkan iritasi kulit tersebut dengan sempurna karena terkandung asam lemak dan enzim bradikinin di dalamnya.

Setelah mengetahui dengan jelas manfaat gel lidah buaya, ada juga hal yang perlu Anda garis bawahi. Hal tersebut adalah risiko yang akan ditimbulkan saat kita menggunakan gel lidah buaya tidak sesuai aturan.

Inilah Risiko Penggunaan Gel Lidah Buaya yang Tidak Sesuai Aturan

Pemaparan lengkapnya ada di bawah ini:

Adanya Efek Samping

Penggunaan gel lidah buaya ini bukan tidak mungkin akan menimbulkan efek samping. Jika Anda menggunakan lidah buaya yang berbentuk krim atau losion, maka menimbulkan iritasi bagi yang tidak cocok memakainya. Hati-hati juga jika Anda memakan atau meminum lidah buaya secara langsung. Karena hal ini bisa saja menyebabkan kram dan diare yang terjadi pada perut Anda.

Bagi Anda yang memiliki gangguan pencernaan, diabetes, penyakit jantung, penyakit ginjal, dan penyakit jantung, maka tidak disarankan untuk mengonsumsinya. Hal ini pun berlaku bagi konsumsi dalam bentuk suplemen, asupan harian, dan obat dalam dosis yang tidak sesuai aturan. Maka jelas hal itu akan membahayakan bagi yang mengonsumsinya.

Dapat Menimbulkan Interaksi dengan Bahan Lain

Selain itu, penggunaan lidah buaya bagi orang yang menjalani pengobatan rutin karena penyakit tertentu juga tidak disarankan. Hal ini dikhawatirkan akan menimbulkan interaksi obat yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, perhatikan lagi hal-hal lainnya sebelum Anda menggunakan lidah buaya tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat gel lidah buaya yang dipaparkan dalam artikel ini. Perlu diketahui bahwa saat Anda akan menggunakannya, maka pastikan bahwa keadaan tubuh Anda tersebut dalam keadaan baik. Tubuh Anda pun dalam keadaan yang terbebas dari penyakit. Hal ini dikhawatirkan malah akan menjadi bumerang bagi pengguna lidah buaya tersebut. Dengan begitu, Anda harus bisa memanfaatkannya dengan baik tanpa membahayakan keadaan tubuh Anda yang lainnya.

Tinggalkan komentar