5 Manfaat Garam Untuk Kulit Gatal yang Jarang Orang Tahu

Bukan hanya digunakan sebagai penyedap rasa bumbu dapur saja, ternyata garam dapat digunakan sebagai obat untuk meredakan rasa gatal di kulit. Kali ini akan diulas secara lengkap apa saja manfaat garam untuk kulit gatal.

Gatal sendiri merupakan gangguan pada kulit yang sangat sering dialami oleh banyak orang. Kebanyakan ketika seseorang mengalami rasa gatal, tentu akan menggaruk-garuk kulitnya. Sadarkah kamu, jika menggaruk-garuk kulit dapat menyebabkan masalah lain lagi? Seperti luka dan iritasi pada kulit.

Penyebab gatal di kulit

Sebelum jauh membahas tentang beberapa manfaat garam untuk kulit gatal, mari kita ketahui dulu secara bersama-sama penyebab gatal yang sering kamu alami di kulit.

1. Alergi

Yang pertama menjadi penyebab gatal adalah karena adanya alergi di kulit. Gatal yang ditimbulkan ini merupakan akibat reaksi terhadap alergi. Apabila kulit kamu mengalami gatal karena alergi maka akan tampak seperti biduran, bilur yang timbul dan bisa sangat banyak di kulit.

Pada umunya penyebab alergi ini bisa karena stress, salah dalam konsumsi makanan atau minuman, terpaparnya kulit oleh sinar matahari, serbuk sari, atau bulu binatang.

2. Kebersihan tubuh yang kurang terjaga

Kebersihan tubuh yang kurang terjaga juga menjadi faktor pemicu kamu merasa gatal pada bagian kulit. Ini disebabkan karena bakteri atau kuman bersarang pada bagian kulit tubuhmu. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa mencegahnya dengan cara mandi yang rutin dan bersih.

3. Keringat

Setelah beraktivitas seharian, tentu kulitmu akan mengeluarkan keringat. Kendatipun sudah mandi, terkadang ada beberapa biang keringat yang masih bersarang pada kulitmu. Inilah yang nantinya membuat kamu merasa gatal yang luar biasa pada kulit.

4. Kulit yang ruam

Kondisi kulit ruam memang paling sering mengakibatkan rasa gatal pada permukaan kulit. Ini bisa disebakan oleh kurang bersihnya kondisi kulitmu di kesehariannya.

5. Dehidrasi

Kulit kering, atau yang umum dikenal sebagai istilah xerosis merupakan salah satu penyebab gatal kronis pada kulit seseorang. Masalah kesehatan ini hanya bisa terjadi secara genetis, keadaan yang semakin tua, atau karena cuaca yang terlalu dingin.

Nah apabila kamu adalah salah satu dari orang yang sering mandi air panas atau mandi dengan pipa, sering berenang, dalam keadaan hamil, sedang mengalami tahap menopause, maka kondisi gatal yang dirasakan akan semakin ekstrim

6. Tingkat stress yang tidak terkontrol

Mengalami gatal bukan hanya masalah pada bagian fisik kulit saja. Jika kamu merasakan stress yang berlebihan, cemas, atau tertekan juga bisa menjadi penyebab kulit gatal. Rasa gatal Ini terjadi akibat aliran kimia serotonin dan norepinefrin.

7. Fluktuasi hormon

Keadaan fluktuasi hormon juga dapat memicu timbulnya rasa gatal yang berlebihan pada kulit kamu. Misalnya, ketika kamu sedang mengalami menopause atau sedang dalam proses menyusui bayi, ada kemungkinannya kadar estrogen yang ada dalam tubuh kamu rendah. Dari rendahnya kadar estrogen ini dapat memengaruhi kesehatanmu seperti menimbulkan rasa gatal yang luar biasa.

Beberapa manfaat garam untuk kulit gatal

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari garam untuk mengatasi rasa gatal yang kamu alami pada permukaan kulit. Tentu cara yang diberikan ini sangat sederhana dan mudah untuk diaplikasikan.

1. Membasmi Jamur di kulit

Manfaat garam untuk kulit gatal selanjutnya adalah untuk membasmi jamur yang bersarang di kulitmu. Jika jamur ini masih ada pada kulit, dipastikan kamu akan terus merasakan gatal yang akan mengganggu aktivitas. Cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mencampurkan garam dengan baking soda. Untuk lebih jelasnya bisa kamu simak di bawah.

  • Siapkan garam secukupnya, air mandi, dan setengah cangkir baking soda
  • Campurkan setengah cangkir baking soda, garam secukupnya, ke dalam air mandi kamu
  • Aduk hingga campuran larut pada air
  • Selesai

Nah cara pengaplikasian campuran ini sangat mudah, kamu hanya tinggal menyirimkan campuran saat kamu mandi.  Tentu cara ini harus dilakukan secara rutin disetiap harinya. Dan kamu bisa mengamati perubahan yang kamu rasakan pada kulit dari waktu ke waktu setelah menggunakannya.

Tujuan dari menyiramkan campuran ini ke tubuh sudah tidak lain untuk membunuh bakteri penyebab jamur dan gatal yang kamu rasakan selama ini. Terlebih lagi, garam merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang juga memiliki manfaat anti-bakteri.

2. Menghilangkan kulit ruam

Manfaat garam untuk kulit gatal selanjutnya adalah mampu menghilangkan kulit yang ruam. Karena kulit ruam sering kali menimbulkan rasa gatal yang kurang nyaman. Ini berkat kandungan magnesium sulfat yang memiliki. Selain mampu hilangkan kulit ruam penyebab gatal di kulit, kandungan ini juga mampu menyejukkan kulitmu.

Cara pembuatan dan pengaplikasiannya pun sangat mudah,

  • Siapkan secangkir air panas dan garam secukupnya
  • Tuangkan garam secukupnya pada air panas yang terdapat pada cangkir
  • Aduk hingga garam larut dan tercampur rata
  • Biarkan beberapa saat hingga campuran dingin dengan sendirinya
  • Setelah dingin, masukkan ke kulkas dan tunggu hingga beku
  • Selesai

Cara mengaplikasikannya kamu hanya tinggal mengambil campuran yang sudah beku itu pada kulkas. Kemudian kamu tempelkan pada kulit yang biasa gatal. Lakukan kegiatan ini selama kurang lebih 30 menit.

3. Pembersih kulit

Bumbu dapur segudang manfaat ini bisa kamu gunakan sebagai pembersih kulit dan membersihkan pori-pori, hingga bermanfaat mengurangi produksi minyak pada kulit. Dengan bersihnya kulit yang kamu miliki, mampu menjauhkan dirimu dari rasa gatal yang sangat mengganggu aktivitas harian.

Berikut adalah cara penggunaan dan pengaplikasiannya

  • Siapkan dua sendok teh garam dan air hangat
  • Campurkan kedua bahan tersebut menjadi satu di dalam gelas
  • Aduk hingga rata dan biarkan hingga ralut
  • Selesai

Ketika campuran garam tersebut sudah benar-benar larut, kamu bisa menggunakannya sebagai face mist. Dengan cara ini, kamu akan mendapatkan manfaat garam untuk kulit gatal.

4. Mampu singkirkan keringat pada tubuh

Mandi menggunakan air garam mampu menyingkirkan kotoran penyebab gatal pada tubuh kamu. Bukan itu saja, mampu menghilangkan keringat secara tuntas pada tubuhmu. Cara penggunaannya pun sangat mudah.

  • Siapkan garam secukupnya
  • Campurkan garam pada bak mandi
  • Aduk campuran agar garam larut dan tercampur rata
  • Selesai

Nah campuran inilah yang bisa kamu gunakan mandi untuk menghilangkan kotoran dan keringat yang menempel pada tubuhmu.

5. Manfaat garam untuk kulit gatal pada selangkangan

Pada selangkangan seseorang kerap mengalami rasa gatal yang terjadi secara tiba-tiba. Terlebih jika rasa gatal ini terjadi di tempat umum, maka kamu akan merasa enggan untuk menggaruknya karena malu. Namun jika digaruk akan menimbulkan masalah lebih serius seperti terlukan dan infeksi, jika dibiarkan juga akan mengganggu aktivitasmu di sana.

Untuk mencegah masalah ini terjadi, kamu bisa mengikuti langkah berikut:

Cara pertama:

  • Siapkan 1 hingga 2 cangkir garam
  • Taburkan garam pada bak mandi
  • Aduk hingga rata
  • Selesai

Kemudian berendamlah kamu pada campuran ini selama kurang lebih 30 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara kedua:

  • Siapkan air satu gelas dan garam 1 sendok makan
  • Campurkan garam dengan air di dalam gelas
  • Aduk hingga merata dan larut
  • Selesai

Cara penggunaannya kamu cukup dengan menyiramkan air larutan garam ini pada selangkangan.

Nah itulah 5 manfaat garam untuk kulit gatal. Semoga cara ini mampu mengatasi segala permasalahanmu terkhusus masalah kulit gatal. Dan cara ini tidak cukup sekali pengaplikasian saja, melainkan memerlukan rutinitas agar hasil yang didapatkan maksimal sesuai harapan.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

penyakit kulit langka

10 Jenis Penyakit Kulit Langka yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya permasalahan kulit seperti jerawat, panu, ataupun gatal-gatal. Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *