10 Manfaat Garam Himalaya dari Diet sampai Kecantikan Serta Efek Sampingnya

sumbersehat.com – Manfaat garam Himalaya mendadak ramai diperbincangkan setelah mencuatnya berbagai isu tentang kandungan di dalam garam Himalaya yang kaya akan mineral. Berbondong-bongong kaum hawa juga ramai memperbincangkan khasiat garam Himalaya yang katanya mampu menurunkan berat badan dengan drastis.

Di balik isu manfaatnya bagi diet maupun kesehatan, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui terutama kandungan di dalamnya, bagaimana garam Himalaya yang asli, apakah ada bahaya garam Himalaya? Sebelum membahas tentang bahaya dan manfaat garam himalaya, simak dulu kandungan nutrisinya. Dengan begitu, Anda bisa tahu bagaimana garam itu bermanfaat bagi tubuh!

manfaat garam Himalaya
manfaat garam Himalaya

Kandungan Garam Himalaya

Isu yang beredar di atas pun tidak berdiri tanpa sebab, memang ternyata garam Himalaya memiliki kandungan mineral yang cukup berlimpah. Bahkan apabila anda bandingan Kristal berwarna merah muda ini dengan garam biasa, maka akan terlihat hasil yang cukup signifikan.

Satu gram garam Himalaya mengandung kalsium sebanyak 1,6 gram, kalium 2,8 gram, magnesium 1,06 gram, zat besi 0,04 gram, dan sodium 368 gram. Hasil ini jauh berbeda dengan kandungan garam biasa yang hanya terdiri dari kalsium 0,5 gram, kalium, 0,9 gram, magnesium 0,0140 gram, dan natrium 381 gram. Sehingga dapat disimpulkan bahwa manfaat garam Himalaya cukup valid karena kandungan yang ada di dalamnya mendukung adanya manfaat dari garam tersebut.

Inilah Khasiat Garam Himalaya untuk Kesehatan

Di bawah terdapat beberapa manfaat garam Himalaya yang baik untuk kesehatan, sekaligus langkah-langkah sederhana untuk memanfaatkannya.

1. Khasiat garam himalaya sebagai detoksifikasi

Garam ini dapat berfungsi sebagai detoksifikasi bagi tubuh. Racun-racun yang mengendap pada tubuh seperti kolestrol atau lemak jahat dapat diatasi dengan garam Himalaya. Bahkan langkah-langkah penggunaannya pun terbilang sederhana dan dapat anda lakukan di rumah:

  • Pertama, siapkan segelas air hangat (gunakan air mineral).
  • Lalu campurkan 2-3 sendok makan garam Himalaya ke dalam air hangat.
  • Aduk hingga merata
  • Minuman anda siap dikonsumsi.

Selain dengan cara diminum, anda juga dapat memanfaatkan garam Himalaya untuk dijadikan bahan dalam relaksasi. Misalnya untuk melemaskan otot yang telah seharian bekerja, caranya: campurkan garam ini ke dalam air dan rendamlah kaki anda di air tersebut. Usahakan air yang digunakan adalah air hangat, untuk merelaksasi otot-otot yang ada di kaki atau tangan. Manfaat garam Himalaya yang satu ini memang sudah digunakan secara turun-temurun.

2. Manfaat garam himalaya sebagai antimikroba

Garam mineral ini mampu melawan bakteri yang hendak masuk ke dalam tubuh, terlebih untuk mencegah terjadinya infeksi berlebihan dari bakteri pada luka terbuka. Anda bisa menggunakan garam Himalaya sebagai obat untuk luka, dengan cara dihaluskan sampai benar-benar halus, dan campurkan dengan betadine. Orang zaman dahulu sering memanfaatkan hal tradisional ini untuk menangani luka terbuka.

3. Khasiat garam himalaya untuk menjaga cairan tubuh

Manfaat garam Himalaya yang patut anda ketahui selanjutnya yaitu membantu menyeimbangkan cairan yang ada dalam tubuh. Pada saat panas terik menyerang, beberapa masyarakat yang tidak bisa mencukupi kebutuhan cairan tubuh tentu akan dehidrasi dan bisa menjadi parah seperti pingsan.

Untuk menangani hal ini, anda dapat mengonsumsi garam Himalaya dalam mencukupi dehidrasi. Kandungan yang akan bekerja adalah natrium, dengan cara membantu tubuh memperlancar sinyal pada saraf dan memperlancar fungsi otot.

4. Manfaat garam himalaya untuk mengatasi hipertensi

Garam Himalaya juga diyakini efektif mengatasi hipertensi. Beberapa masyarakat umum yang ingin menerapkan pola hidup sehat juga lebih memilih garam Himalaya untuk menggantikan garam biasa.

Hal ini dikarenakan kandungan natrium dalam garam Himalaya cukup tinggi dan mampu menetralisir atau bahkan mengatasi penyakit hipertensi. Langkah-langkah yang dapat anda lakukan dalam memanfaatkan garam ini pun dirasa cukup mudah. Anda tinggal menyiapkan segelas air hangat dan campurkan dengan garam Himalaya.

5. Khasiat garam himalaya yang efektif untuk diet

Terakhir, manfaat garam Himalaya yang ini layak diperhitungkan. Khasiat di dalamnya mampu membantu mengurangi lemak dalam tubuh yang seringkali bersarang dan menimbulkan lemak jahat bagi tubuh. Selain itu, kalori yang dihasilkan dari garam Himalaya pun dinilai cukup rendah daripada garam biasa.

Manfaat Garam Himalaya untuk Kecantikan

Berbagai masalah kulit yang seringkali mengganggu secara tidak langsung juga menurunkan kadar kepercayaan diri, khususnya kaum wanita. Oleh karenanya, berikut khasiat garam Himalaya untuk kecantikan.

1. Manfaat garam himalaya sebagai eksfoliator

Aktivitas ini diperlukan untuk mengurangi sel kulit mati yang ada pada wajah. Tekstur pada garam Himalaya dinilai sangat cocok sebagai eksfoliator, ditambah dengan kandungan antimikroba di dalamnya. Namun, perlu anda ketahui mungkin eksfoliator satu ini tidak diperuntukkan bagi semua jenis kulit khususnya kulit sensitif.

2 . Khasiat garam himalaya untuk deodorant atau penghilang bau badan

Garam Himalaya secara alami memiliki kemampuan menyerap keringat. Sehingga manfaat garam Himalaya yang bisa anda rasakan adalah bau badan berkurang, dan anda pun jadi lebih percaya diri.

3. Manfaat garam himalaya untuk mengatasi jerawat

Kandungan antimikroba dalam garam Himalaya dapat membantu mengurangi peradangan yang pada wajah, terutama yang disebabkan oleh jerawat. Penggunaan garam Himalaya secara rutin akan mengobati jerawat sedikit demi sedikit. Akan tetapi, sekali lagi hal ini hanya dapat anda lakukan pada wajah dengan jerawat yang masih kecil-kecil atau belum bersifat fungal.

4. Khasiat garam himalaya sebagai toner wajah

Mungkin anda sering menemukan kandungan garam Himalaya pada toner yang anda gunakan. Namun, bagaimana kalau anda bisa membuat toner sendiri secara alami? Berikut terdapat langkah-langkah yang bisa anda ikuti.

  • Siapkan garam, minyak kelapa, dan tetesan air lemon
  • Campurkan hingga larut setengah sendok teh garam Himalaya dengan setengah sendok teh minyak kelapa.
  • Setelah garam bercampur dengan minyak kelapa \, teteskan 2-3 tetes lemon.
  • Aduk sampai rata, kemudian anda bisa menyimpannya ke dalam botol toner.

5. Manfaat garam himalaya sebagai penyeimbang Ph kulit

Saat sebagian besar produk pembersih kulit bersifat basa sementara kulit tubuh khususnya wajah memiliki sifat sedikit asam, maka anda membutuhkan netralisasi dari garam Himalaya sebagai bahan yang bersifat netral. Caranya adalah mencampurkan sedikit garam mineral ke dalam produk pembersih kulit anda, lalu gunakan secara rutin.

Bahaya Garam Himalaya

Meski khasiat garam Himalaya luar biasa, namun rupanya penggunaan yang berlebihan bisa menimbulkan efek samping. Apa saja?

a. Kurang yodium

Garam biasa mengalami berulang kali proses pengolahan, tetapi biasanya juga diperkaya yodium. Sedangkan garam Himalaya tidak punya cukup yodium untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh.

b. Kerja ginjal & jantung jadi berat

Tingginya kandungan natrium dalam garam Himalaya bila dikonsumsi berlebihan akan memperberat kerja ginjal, sehingga membuat volume darah dan air dalam tubuh meningkat. Jantung serta pembuluh darah bekerja pun lebih keras, dan mengakibatkan risiko tinggi penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke.

c. Pemicu penyakit lainnya

Konsumsi garam berlebih, termasuk garam Himalaya sekalipun, dapat menjadi pemicu osteoporosis dan kerusakan hati. Selain itu, anda juga berisiko terkena penyakit autoimun seperti psoriasis, multiple sclerosis, dan lupus.

Demi mendapatkan manfaat garam Himalaya secara maksimal, batasi konsumsi dan penggunaannya. Bila anda memiliki riwayat penyakit yang berisiko tinggi, ingat untuk selalu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli sebelum menambahkan garam Himalaya dalam menu harian anda.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *