Ketahui 12 Manfaat Ekstrak Daun Kelor, Penting Bagi Kesehatan

sumbersehat.com – Manfaat ekstrak daun kelor ini sangat penting untuk diingat dan diketahui. Kelor atau yang juga dikenal dengan merunggai adalah salah satu tanaman hijau yang memiliki banyak manfaat di dalamnya. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang lonjong dan tersusun tapi di sebuah tangkai. Biasanya, daun kelor ini diolah ke dalam sayuran agar dapat dinikmati.

Tanaman yang berasal dari India bagian utara ini telah tersebar ke berbagai daerah, termasuk ke negara di Asia bagian tenggara, salah satunya adalah Indonesia. Tanaman ini mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi, termasuk di daerah tropis di Indonesia. Sudah banyak yang tahu bahwa tanaman ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Lalu, apa saja manfaat ekstrak daun kelor untuk kesehatan? Simak pembahasannya di bawah ini.

manfaat ekstrak daun kelor
manfaat ekstrak daun kelor

Inilah Khasiat Ekstrak Daun Kelor yang Wajib Diketahui

Di bawah ini merupakan pemaparan lebih jelas mengenai manfaat ekstrak daun kelor yang wajib diketahui:

1. Khasiat Ekstrak Daun Kelor untuk Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah

Manfaat ekstrak daun kelor yang pertama adalah dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Alasan kuat yang melatarbelakangi hal ini adalah karena adanya kandungan zat thiocarbamate glikosida dan nitrile. Kedua kandungan ini dipercaya mampu menurunkan tekanan darah dalam penderita hipertensi.

2. Manfaat Ekstrak Daun Kelor untuk Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Berat badan inilah yang menjadi hal penting bagi sebagian orang. Untuk membuatnya tetap ideal, Anda dapat mengonsumsi ekstrak daun kelor agar dapat menikmati khasiat ekstrak daun kelor. Alasan yang menguatkannya adalah karena ekstrak daun kelor dapat mengoptimalkan proses metabolisme di dalam tubuh. Selain itu, daun kelor juga mampu mendetoksifikasi racun yang ada di dalam tubuh sehingga dapat menguatkan sistem kekebalan. Untuk hal ini, Anda dapat mengolahnya menjadi teh daun kelor agar lebih nikmat.

3. Khasiat Ekstrak Daun Kelor untuk Menyamarkan Flek Hitam di Wajah

Manfaat ekstrak daun kelor yang lainnya adalah mampu menyamarkan flek hitam yang terdapat di wajah Anda. Dalam hal ini, Anda dapat mengambil beberapa daun kelor yang masih muda untuk kemudian ditumbuk dengan halus. Setelahnya Anda dapat menggunakannya untuk bedak. Bahkan, di beberapa negara, bahan baku pembuatan kosmetik untuk kulit adalah menggunakan ekstrak daun kelor. Daun, bunga, biji, dan kulit batang merupakan bagian tanaman kelor yang paling banyak digunakan untuk kesehatan kulit.

4. Khasiat Esktrak Daun Kelor untuk Membantu Mencukupi Gizi pada Ibu Menyusui

Selanjutnya, manfaat ekstrak daun kelor ini dapat dinikmati oleh ibu menyusui. Tanaman ini mempunyai daun yang banyak mengandung terdapat zat besi, rotein, dan juga vitamin C. Tidak hanya itu, daun kelor juga memiliki unsur flavonoid yang mampu membantu ibu menyusui menghasilkan banyak ASI. Bahkan, kualitas ASI yang dimilikinya dapat bertambah karena adanya protein di dalamnya. Namun, hindarilah mengonsumsi kelor di trisemester pertama kehamilan. Jadi, tidak terlalu disarankan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi kelor.

5. Manfaat Esktrak Daun Kelor untuk Membuat Mata Menjadi Sehat

1000 manfaat daun kelor yang lainnya adalah mampu membuat mata Anda menjadi lebih sehat. Kandungan vitamin A yang terdapat di dalam daun kelor ini tentunya sangat baik bagi kesehatan mata. Sehingga, jika Anda mengonsumsi daun kelor akan membuat organ mata dalam keadaan sehat dan juga jernih. Untuk merasakan manfaatnya, Anda dapat mengonsumsinya secara langsung, tetapi harus dipastikan bahwa daun kelor tersebut sudah dalam keadaan bersih.

6. Khasiat Ekstrak Daun Kelor untuk Membuat Awet Muda

Hal yang dapat diambil dari manfaat ekstrak daun kelor yang lainnya adalah mampu membuat Anda awet muda. Alasannya adalah karena adanya enzim antioksidan di dalamnya yang mampu memperlambat efek penuaan. Hal ini sangat direkomendasikan kepada Anda yang ingin terlihat selalu awet muda untuk mengonsumsinya secara rutin dan teratur. Daun kelor juga dapat diolah menjadi beberapa olahan sehingga tidak menimbulkan efek bosan saat memakannya.

7. Manfaat Ekstrak Daun Kelor untuk Mencegah Penyakit Jantung

Khasiat daun kelor untuk jantung juga terbilang banyak sekali. Jika ekstrak daun kelor ini diberikan kepada penderita penyakit jantung, maka hal tersebut akan memberikan manfaat dan juga hasil yang signifikan. Sehingga dapat diketahui bahwa daun kelor ini mampu mencegah terjadinya kerusakan yang ada dalam jantung dan juga memberikan manfaat antioksidan. Selain itu, jika penderita penyakit jantung mengonsumsi daun kelor secara rutin dan teratur, maka jaringan jantung yang rusak dapat dilindungi dari kerusakan struktural.

8. Khasiat Ekstrak Daun Kelor Mengatasi Penyakit Diabetes

Selanjutnya, manfaat ekstrak daun kelor yang lainnya adalah mampu mengatasi penyakit diabetes karena memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi di dalamnya. Mineral seng tersebut sangat diperlukan karena berhubungan erat dengan produksi insulin. Selain itu, kadar gula di dalam darah juga akan bisa terkontrol dengan mengonsumsi sayur daun kelor. Beberapa penelitian bahkan mengklaim bahwa asam chlorogenic dan senyawa isothiocyanate menjadi perlindungan alami yang dapat digunakan untuk penyakit diabetes.

9. Manfaat Ekstrak Daun Kelor sebagai Anti Kanker

Ekstrak daun kelor juga dapat dimanfaatkan untuk anti kanker. Dalam hal ini berarti bahwa ekstrak daun kelor dipercaya mampu mencegah adanya pertumbuhan dan juga reproduksi sel-sel kanker di dalam tubuh. Daun kelor ini akan mencegah kanker secara alami karena memiliki kandungan antioksidan dan potasium di dalamnya. Kandungannya yang sangat tinggi membuat manfaat ekstrak daun kelor dapat digunakan oleh penderita kanker dalam menghilangkan kanker di dalam tubuhnya.

10. Khasiat Ekstrak Daun Kelor untuk Mengatasi Rematik

Rematik menjadi salah satu penyakit yang sering ditemukan di beberapa orang. Untuk mengatasi dan mengobati penyakit tersebut, Anda dapat menggunakan ekstrak daun kelor. Hal ini dapat dilakukan karena dengan mengonsumsi kelor, Anda dapat mengurangi rasa rakit yang terjadi pada sendi dan juga penumpukan asam urat pada sendi. Selain itu, manfaat ekstrak daun kelor juga dapat diaplikasikan pada nyeri sendi dan pegal linu.

11. Manfaat Ekstrak Daun Kelor untuk Mengobati Cacingan

Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan ekstrak daun kelor untuk mengobati cacingan. Untuk mengolahnya, Anda cukup merebus sebanyak tiga lembar daun kelor bersama dengan meniran dan juga daun cabai. Kemudian, minumlah air rebusan tersebut untuk anak yang menderita cacingan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi infeksi cacing, khususnya untuk cacing kremi dan juga cacing pita.

12. Khasiat Ekstrak Daun Kelor untuk Menguatkan Kesehatan Otak dan Tulang

Manfaat ekstrak daun kelor yang terakhir adalah dapat membantu menjaga kesehatan otak dan juga menguatkan tulang. Untuk menjaga kesehatan otak, daun kelor ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat mendukung fungsi kognitif yang dimilikinya. Selain itu, tanaman kelor juga mampu menyokong cara kerja dan fungsi dari sel-sel otak. Untuk menguatkan tulang, daun kelor ini memiliki kandungan vitamin K yang sangat banyak. Sehingga kalsium di dalamnya juga sangat bermanfaat. Dengan mengonsumsinya, Anda juga akan terhindar dari pengeroposan tulang.

Itulah yang menjadi manfaat ekstrak daun kelor yang wajib sekali Anda ketahui. Untuk mendapatkan dan merasakan khasiat dari daun kelor ini, Anda harus mengonsumsinya secara teratur. Namun, jangan lupa untuk mengimbanginya dengan kegiatan olahraga yang rutin sehingga tubuh Anda tetap dalam keadaan sehat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat daun pegagan

15 Manfaat Daun Pegagan untuk Obat Herbal Penyakit

sumbersehat.com - Manfaat daun pegagan saat ini sudah semakin banyak diketahui dan sedang menjadi primadona. Centella Asiatica merupakan nama lain dari tumbuhan yang memiliki bentuk daun menyerupai ginjal dengan pinggiran daun bergelombang. Pengobatan di masyarakat Cina dan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *