3 Manfaat Diet Alami dengan Air Putih

3 Manfaat Diet Alami dengan Air Putih – Obesitas atau kegemukan menjadi kasus kesehatan dengan status sangat umum terjadi di Indonesia. Hal ini tentu menjadi pekejaan rumah yang harus diatasi bersama supaya angka kasus tiap tahunnya mengalami penurunan. Kenapa obesitas harus diatasi? Sebenarnya obesitas tidak sekedar mengganggu penampilan saja, namun ada hal lain yang lebih serius yaitu resiko masalah kesehatan. Pengetahuan inilah yang harus diketahui supaya seseorang lebih memperhatikan kesehatan tubuhnya terutama menjaga berat badan supaya tidak obesitas.

Obesitas ditandai dengan adanya penumpukan lemak di dalam tubuh. Penumpukan lemak ini tentu dapat memicu terjadinya beberapa penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi. Penumpukan lemak dalam tubuh terjadi karena banyaknya kalori yang tidak terbakar. Kalori yang masuk dalam tubuh, harusnya diimbangi dengan melakukan aktivitas untuk membakar kalori. Penumpukan lemak makin bertambah, apabila kalori yang masuk lebih banyak daripada kalori yang dibakar untuk aktivitas. Selain menimbulkan masalah kesehatan, penumpukan lemak dalam tubuh juga membuat berat badan berada di luar batas ideal.

diet alami dengan air putih
diet alami dengan air putih

Diet Alami dengan Air putih

Obesitas atau kelebihan berat badan harus diperhatikan. Keadaan ini merupakan masalah yang harus diselesaikan. Berat badan yang melebihi batas ideal harus kembali ke berat badan ideal. Untuk mewujudkan berat badan kembali ideal, ada beberapa cara yang dapat dilakukan salah satunya adalah dengan melakukan diet. Ada banyak jenis diet, seperti menggunakan obat dan diet alami. Penggunan obat diet, biasanya dihindari karena disinyalir dapat memberatkan kerja organ ginjal. Diet alami lebih sering dipilih karena banyak jenisnya dan mudah dilakukanya. Salah satu jenis diet yang wajib Anda ketahui adalah diet alami dengan air putih.

Mengunakan air putih untuk diet, sekilas mudah dilakukan. Hal ini karena air putih merupakan minuman yang sudah tidak asing dan biasa diminum sehari-hari. Bahkan minum air putih secara rutin setiap harinya dianjurkan oleh para ahli kesehatan. Oleh karena manfaat air putih bagi tubuh sangat penting, anjuran ini diterima dengan baik sehingga minum air putih menjadi hal yang biasa dilakukan. Hal yang belum menjadi biasa adalah menggunakan air putih untuk diet. Diet dengan air putih, artinya tidak mengonsumsi apapun kecuali air putih.

Diet alami dengan air putih berlangsung maksimal tiga hari.  Penurunan berat badan sebenarnya sudah terjadi di hari pertama diet. Namun jangan senang terlebih dahulu, penurunan berat badan di awal diet disebabkan berkurangnya air dan cadangan karbohidrat di otot (glikogen). Jadi bukan berkurangnya  lemak dalam tubuh. Setelah berhasil di hari pertama diet, diet bisa diteruskan pada hari kedua dan ketiga. Pada hari kedua inilah, pemecahan lemak dimulai.  Walaupun terbilang cukup ekstrim, diet ini ternyata memberi manfaat bagi tubuh. Apa saja manfaat diet ini? Yuk simak penjelasan berikut ini!

Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan merupakan manfaat utama melakukan diet dengan air putih. Berat badan akan turun setelah berhasil melakukan diet ini selama maksimal tiga hari atau 72 jam. Penurunan berat badan dimulai setelah melakukan diet selama 24 jam pertama. Ketika tubuh tidak mendapatkan asupan kalori dalam waktu 24 jam lebih, maka berat badan sudah berkurang sebesar 0,9 kg. Penurunan berat badan juga diperoleh hanya dengan meminum air putih. Meminum air putih dapat membakar kalori lebih cepat. Minum air putih sebanyak 2 liter per harinya dapat membakar kalori sebesar 100 kalori tiap harinya.

Meskipun tidak mendapatkan asupan kalori selama menjalankan diet alami dengan air putih ini, namun dalam 24 jam pertama tubuh tidak akan kekurangan energi. Sebab pada 24 jam pertama, energi masih diperoleh dari pemecahan glikogen yang berperan sebagai cadangan karbohidrat. Setelah pemecahan glikogen, pada 24 jam berikutnya adalah pemecahan lemak. Setelah diet berlangsung selama 72 jam, tubuh mulai kekurangan energi dan protein banyak yang hilang. Hal ini menyebabkan otot-otot tubuh mulai mengecil. Setelah berhasil melakukan diet ini selama 72 jam, perut akan sangat lapar. Anda dapat makan sedikit demi sedikit supaya perut tidak sakit. 

Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah harus dijaga supaya tetap dalam kondisi normal. Tekanan darah yang normal adalah 120/80 mmHg. Tekanan darah bisa tinggi dan rendah. Kondisi tekanan darah tinggi disebut dengan hipertensi sedangkan kondisi tekanan darah rendah disebut hipotensi. Kedua kondisi tekanan darah ini, sama-sama menyebabkan gangguan kesehatan. Tekanan darah rendah menyebabkan gangguan kesehatan, seperti pusing kepala. Adapun tekanan darah tinggi dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius, seperti jantung dan stroke.

Bagi Anda yang mempunyai tekanan darah tinggi, yaitu tekanan darah di atas 120/80 mmHg mungkin diet dengan air putih bisa dicoba. Selama diet berlangsung, tubuh tidak menerima asupan nutrisi apapun kecuali air putih. Air putih yang diminum akan diserap tubuh dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan cairan yang hilang karena aktivitas. Cairan dalam tubuh mengandung zat elektrolit. Tinggi rendahnya konsentrasi zat elektrolit mempengaruhi tekanan darah. Apabila tubuh kelebihan cairan, konsentrasi zat elektrolit menjadi lebih rendah. Rendahnya zat elektrolit ini, menyebabkan turunnya tekanan darah.

baca artikel menarik lainnya disini.

Mengurangi Resiko Munculnya Penykit Kronis

Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Gejala umum penyakit jantung, yaitu nyeri dada, dada berdebar, atau sesak napas. Adapun gejala stroke adalah adanya bagian tubuh yang sulit digerakkan. Kedua penyakit ini termasuk dalam katagori kronis. Kronis adalah keadaan suatu penyakit yang diderita dalam jangka waktu lama. Gejala awal dari penyakit ini terkadang tidak terlihat, gejala muncul setelah penyakit makin memburuk. Melakukan diet dengan air putih, diharapkan dapat mengurangi resiko munculnya penyakit kronis.

Contoh penyakit kronik lainnya adalah diabetes. Diabetes ditandai dengan naiknya gula darah dalam tubuh. Gejala penyakit ini, antara lain mudah haus dan lapar, sering buang air kecil pada malam hari, pandangan kabur, kulit gatal, dan mati rasa. Resiko diabetes dapat berkurang, apabila melakukan diet alami dengan air putih. Mengapa demikian? Penderita diabetes mempunyai kadar gula darah yang tinggi. Kadar gula darah ini dapat menurun, apabila penderita dapat mengatur pola makan dan menghindari makanan atau minuman manis. Dengan melakukan diet yang hanya meminum air putih, otomatis kadar gula darah tidak mengalami kenaikan. 

Diet alami dengan air putih terbukti bisa menurunkan berat badan. Namun, jangan terburu-buru memilih diet ini karena bisa jadi diet ini tidak tepat bagi tubuh Anda. Untuk memilih diet yang tepat, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Konsultasi diperlukan supaya dalam melaksanakan diet ini tidak menimbulkan bahaya bagi kesehatan, seperti dehidrasi, kekurangan nutrisi, dan hipotensi (tekanan darah rendah). Dokter akan memberikan keputusan boleh tidaknya melakukan diet ini setelah memeriksa kondisi kesehatan Anda. Apabila diet ini tidak disarankan untuk Anda, dokter akan menyarankan diet lain yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

About Aziza Linda Verra

Check Also

diet alami sehat

Diet Alami Sehat Dengan Metode GM Serta Berbagai Menu Dalam 1 Minggu

Diet Alami Sehat Dengan Metode Gm Serta Berbagai Menu Dalam 1 Minggu. Anda memiliki berat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *