10 Manfaat Daun Yakon Termasuk untuk Mengatasi Diabetes

sumbersehat.com – Manfaat daun yakon mungkin terdengar tidak umum di masyarakat. Tetapi siapa sangka jika tanaman ini memiliki banyak khasiat salah satunya baik untuk kesehatan. Daun yakon merupakan tanaman herbal yang dapat mengobati penyakit diabetes. Oleh sebab itu, daun yakon juga dikenal sebagai daun insulin.

Dibalik bentuk bunganya yang indah, terdapat banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Apa saja manfaat tersebut? Apakah benar daun insulin yakon dapat menjadi salah satu solusi untuk masalah diabetes? Simak penjelasan mengenai manfaat daun yakon berikut ini!

manfaat daun yakon
manfaat daun yakon

Tentang Daun Insulin Yakon

Daun insulin nama latinnya adalah Smallanthus sonchifolia atau juga dikenal dengan sebutan Mexican sunflower. Daun yakon merupakan bagian dari famili Asteraceae yang memiliki bentuk seperti bunga matahari. Tanaman yakon mempunyai bentuk seperti bunga matahari tetapi ukurannya lebih kecil dan berwarna kuning.

Manfaat daun yakon tidak hanya dijadikan sebagai obat tradisional tetapi juga sebagai tanaman hias. Tanaman ini berasal dari pegunungan Andes, Peru dan banyak ditemukan di wilayah Amerika Tengah dan Selatan. Di Indonesia, tanaman ini juga banyak dibudidayakan oleh masyarakat dan penyebarannya cukup meluas.

Daun insulin yakon ini sering ditemukan di daerah dengan iklim dingin seperti Bandung dan Wonosobo. Tanaman ini dapat tumbuh dengan tinggi lebih dari dua meter dan menghasilkan bunga yang berwarna kuning mencolok pada akhir musim tanam. Daun yakon dapat anda gunakan ekstraknya dan banyak dijual di pasaran.

Daun insulin yakon memiliki banyak kandungan senyawa yang baik untuk tubuh, Kandungan fruktosa didalamnya berguna untuk menghambat naiknya gula darah. Selain itu, terdapat kandungan prebiotik yang bagus untuk pencernaan. Tidak hanya itu saja, terdapat kandungan senyawa lain yang berfungsi sebagai antioksidan, antidiabetik, dan antimikroba. Berikut ini adalah manfaat daun yakon untuk kesehatan!

Inilah Khasiat Daun Yakon Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Adapun manfaat daun yakon untuk kesehatan dan kecantikan adalah:

1. Khasiat daun yakon untuk mencegah dan mengobati diabetes

Manfaat daun insulin yang pertama adalah dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit diabetes. Percobaan ini sudah dibuktikan dengan memberikan sample ramuan pada tikus. Hasilnya membuktikan bahwa daun insulin dapat mengurangi kadar gula darah.

Daun insulin yakon juga memiliki kandungan senyawa aloksan yang membantu merangsang produksi hormon insulin. Selain itu hormon insulin juga dapat mengontrol kadar gula darah. Tetapi, beberapa penelitian tidak menyarankan menggunakan pengobatan ini untuk jangka panjang karena akan beresiko bagi kesehatan ginjal.

2. Manfaat daun yakon sebagai antioksidan

Manfaat daun insulin selanjutnya adalah dapat menjadi antioksidan bagi tubuh. Kandungan antioksidan yang terdapat pada daun insulin seperti flavonoid, glikosida, saponin, tanin, alkaloid, dan lain-lain.

Senyawa-senyawa tersebut dapat membantu melawan bermacam radikal bebas yang tidak baik untuk kesehatan. Radikal bebas adalah penyebab dari berbagai gangguan tubuh seperti kanker.

3. Khasiat daun yakon untuk mengontrol kolesterol

Manfaat daun yakon selanjutnya adalah dapat mengatur kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol dalam darah diikat oleh zat lipoprotein. Kondisi tersebut menyebabkan kadar lipoprotein tinggi yang disebut hyperlipidemia yang cukup berbahaya dan dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular.

Sehingga, kandungan dalam daun insulin yakon ini yang dapat mengatasi kondisi hiperlipidemia dan menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida. Sehingga resiko terjadinya penyakit seperti serangan jantung, stroke, dan arteri koroner akan menurun.

4. Manfaat daun yakon untuk menjaga sistem pencernaan

Dalam daun insulin yakon terdapat kandungan probiotik yang baik untuk menjaga pencernaan. Selain itu, daun insulin juga dapat memaksimalkan proses penyerapan vitamin dan mineral dari makanan yang masuk ke dalam sistem pencernaan. Manfaat tersebut yang akan mengatasi berbagai masalah pencernaan serius lainnya.

5. Khasiat daun yakon untuk menurunkan tekanan darah

Tidak hanya diabetes, tekanan darah yang tinggi juga dapat diatasi dengan mengonsumsi daun insulin yakon. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung koroner dan stroke sehingga tidak boleh disepelekan. Penyakit ini juga bersifat mudah kambuh dan tidak bisa disembuhkan secara total.

Diperlukan perawatan yang teratur jika memiliki tekanan darah tinggi. Salah satu solusi terbaik dalam mengatasi darah tinggi adalah dengan mengonsumsi teh daun insulin. Daun ini dapat menjadi salah satu obat herbal yang membantu menurunkan tekanan darah. Bahkan daun ini mengklaim dapat menurunkan tekanan darah sebanyak 5-10 %.

6. Manfaat daun yakon sebagai obat diuretik

Selanjutnya, manfaat daun insulin yang baik untuk kesehatan yaitu dapat sebagai obat diuretik. Obat ini berguna untuk membuang kelebihan garam dan air dalam tubuh melalui urin.

Daun insulin yakon bekerja dengan cara meningkatkan kadar natrium dan kalium untuk menghasilkan efek diuresis. Obat ini biasanya dibutuhkan untuk mengatasi bermacam penyakit yang dapat menyebabkan edema. Edema adalah penumpukan cairan dalam tubuh dan mengatasi hipertensi.

7. Khasiat daun yakon sebagai analgesik

Manfaat daun yakon berikut ini adalah dapat digunakan sebagai analgesik. Analgesik berfungsi untuk meredakan berbagai macam nyeri atau rasa sakit yang dirasakan oleh tubuh. Pada umumnya analgesik dicampurkan dengan jenis obat-obatan yang lainnya. Karena analgesik hanya mengobati gejala saja tanpa menyembuhkan penyakit.

8. Manfaat daun yakon untuk menjaga kesehatan tubuh

Daun yakon juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh dan melindunginya dari berbagai penyakit. Daun insulin yakon akan bertindak sebagai antivirus, antibakteri, dan antijamur yang dapat melindungi tubuh dari berbagai infeksi, bakteri, virus, dan jamur.

9. Khasiat daun yakon untuk menurunkan berat badan

Bagi para wanita, manfaat daun insulin yang satu ini pasti sangat menyenangkan. Karena tidak banyak yang tahu ternyata daun insulin dapat menurunkan berat badan. Bagian buah atau umbi pada tanaman yakon dapat digunakan sebagai tanaman herbal untuk diet.

Akar yakon mempunyai bentuk yang mirip dengan ubi dan memiliki rasa yang manis. Pada buah yakon terkandung kalori yang sangat rendah tetapi memiliki kandungan serat yang tinggi. Oleh sebab itu, tanaman ini sangat cocok dimanfaatkan sebagai salah satu menu diet.

10. Manfaat daun yakon untuk kecantikan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa daun insulin memiliki kandungan antioksidan. Kandungan ini yang dapat menangkal efek radikal bebas yang dapat merusak struktur kulit. Sehingga dengan rutin mengonsumsi teh daun insulin tentu dapat menjaga kesehatan kulit dari radikal bebas.

Sekarang anda sudah mengetahui manfaat daun yakon untuk kesehatan ternyata sangat beragam. Masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan dari daun insulin. Tetapi, dalam menggunakan tanaman ini sebagai pengobatan tetap harus berhati-hati.

Karena, pada dasarnya para peneliti masih mencari tahu efek samping daun insulin yang mungkin dapat terjadi. Tetapi, yang pasti daun insulin tidak baik dikonsumsi jangka panjang karena dapat membahayakan ginjal. Sebaiknya, mengonsumsi daun yakon sebanyak satu daun per hari untuk mengontrol kadar gula darah.

Tetapi, jika anda ingin mengonsumsinya dalam jangka panjang, disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter. Sehingga anda tahu berapa takaran dan dosis yang tepat bagi tubuh anda. Karena tidak semua orang diperbolehkan melakukan pengobatan dengan menggunakan daun insulin yakon.

Demikian informasi mengenai manfaat daun yakon bagi kesehatan yang bisa anda ketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *