9 Manfaat Daun Turi untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Ibu Menyusui

sumbersehat.com – Manfaat daun turi tidak banyak diketahui oleh masyarakat, berbeda dengan khasiat kembang turi yang sudah lebih populer dibandingkan daunnya. Padahal daun turi sangat berguna untuk menjaga kesehatan, merawat wajah, serta baik untuk ibu menyusui. Daun turi ini biasanya sering ditemukan di negara-negara yang beriklim tropis, seperti halnya Indonesia.

Bagi ibu yang sedang menyusui juga disarankan untuk mengonsumsi daun turi. Sebab, kandungan didalamnya sangat penting untuk melengkapi nutrisi yang diperlukan oleh ibu menyusui dan bayinya. Untuk mengetahui kandungan .Selain itu, ternyata ada juga berbagai manfaat daun turi untuk kecantikan sehingga cocok untuk dijadikan sebagai perawatan alami wajah.

manfaat daun turi
manfaat daun turi

Kandungan Daun Turi

Sebelum mengetahui apa saja khasiat daun turi, ada baiknya jika mempelajari juga perihal kandungan yang ada didalamnya. Daun turi sangat kaya akan kandungan vitamin, seperti vitamin A, vitamin B Kompleks, dan vitamin C. Selain itu, ada juga kandungan kalsium, zat besi, selenium, fosfor dan lain sebagainya yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Daun turi memiliki efek astringent yang baik untuk kulit sehingga tidak heran jika manfaat daun turi untuk kecantikan cukup banyak.

Kandungan lainnya yang sangat diperlukan oleh tubuh yaitu asam amino esensial yang merupakan senyawa penyusun protein. Tidak hanya itu, kandungan yang baik dari daun turi mengandung beberapa senyawa bioaktif, yaitu flavonoid, alkaloid, saponin, tripenes dan glycoside.

Inilah Khasiat Daun Turi untuk Kesehatan, Kecantikan, Serta Ibu Menyusui

Dengan adanya kandungan di atas, ada beberapa manfaat daun turi yang perlu diketahui:

1. Khasiat Daun Turi untuk Mengobati Sariawan

Sariawan memang sudah sangat umum dialami setiap orang, penyebabnya bermacam-macam seperti tergigit, kekurangan vitamin C, dan lain-lain. Apabila mengalami sariawan jangan dibiarkan supaya tidak mengganggu aktivitas keseharian dan tidak merasa perih saat makan.

Untuk mengobatinya, Anda bisa menggunakan salah satu tanaman herbal, yaitu daun turi. Sebab, salah satu manfaat daun turi ampuh untuk membantu mengobati sariawan. Hal ini dikarenakan daun turi kaya akan vitamin C dan memiliki sifat antibakteri sehingga mampu mencegah dan mengatasi sariawan.

2. Manfaat Daun Turi untuk Mengobati Batuk

Batuk jangan dianggap sepele, jangan menunggu lama-lama untuk mengobatinya supaya tidak semakin parah. Jika mengobatinya cukup mudah dilakukan mengapa tidak? dengan menggunakan daun turi dapat membantu menyembuhkan batuk. Cara menggunakan khasiat daun turi untuk batuk yaitu dengan menumbuknya sampai halus. Setelah itu, tambahkan dengan madu secukupnya dan air perasan jeruk lemon atau jeruk pecel. Jika sudah, tambahkan air hangat, saring kemudian langsung minumlah.

3. Khasiat Daun Turi untuk Membantu Mengobati Keputihan

Sudah sangat wajah bila wanita mengalami keputihan karena hal tersebut merupakan cara alami tubuh untuk mengeluarkan bakteri dan sel-sel mati. Dengan begitu organ reproduksi akan tetap terlindungi dan terhindar dari infeksi. Namun, apa jadinya jika keputihan yang keluar sangatlah berlebihan? justru hal itu perlu diwaspadai, bisa jadi tubuh mengalami infeksi gonore atau klamidia. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi daun turi untuk mengatasi keputihan.

Supaya manfaat daun turi ini bisa diperoleh, maka Anda perlu mengkombinasikannya segenggam daun turi merah dengan rempah kunyit. Caranya membuatnya yaitu tumbuk kedua bahan tersebut sampai benar-benar halus. Kemudian beri sedikit air, lalu peraslah dan jadikan air perasan tersebut sebagai minuman herbal setiap hari.

4. Manfaat Daun turi untuk Melindungi Wajah dari Paparan Sinar Matahari

Salah satu manfaat daun turi untuk kecantikan ini bisa Anda terapkan sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan. Sebab, paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menimbulkan dampak buruk bagi wajah, seperti membuat wajah menjadi kusam.

Cara membuat masker daun turi sangatlah mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Caranya yaitu dengan menumbuk halus daun turi kemudian aplikasikan pada wajah sebagai masker pada umumnya. Tunggu beberapa saat kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

5. Khasiat Daun Turi untuk Menghilangkan Flek Hitam dan Bekas Jerawat

Flek hitam dan bekas jerawat di wajah memang sangat mengganggu, banyak wanita yang menutupinya dengan cara memakai bedak dengan tebal. Namun, ada cara yang lebih baik untuk membantu menghilangkan flek hitam dan jerawat pada wajah.
Caranya yaitu menggunakan daun turi dengan menjadikannya sebagai masker alami untuk wajah. Sebab manfaat daun turi mampu mempercepat penyembuhan luka akibat jerawat dan menyamarkan noda hitam di wajah.

Untuk membuat masker dari daun turi ini langkah pertama yang perlu dilakukan ialah dengan meremas-remas daun turi. Kemudian tempelkan pada bagian wajah yang terdapat flek hitam dan bekas jerawat. Supaya khasiat daun turi ini lebih cepat bekerja, Anda dapat melakukannya secara rutin dan teratur.

6. Manfaat Daun Turi untuk Mencerahkan Kulit Wajah

Inilah khasiat daun turi untuk kecantikan wajah yang penting untuk Anda ketahui, yaitu dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Banyak wanita yang memiliki wajah kusam karena terlalu sering berada di luar rumah sehingga terkena paparan sinar matahari dan debu. Kulit wajah yang kusam dapat membuat seseorang terlihat lebih gelap.

Nah, manfaat daun turi ini dapat membantu mengatasi kulit yang kusam sehingga akan nampak bersih dan cerah alami. Cara menggunakannya yaitu tumbuk atau blender hingga halus daun turi secukupnya. Kemudian oleskan pada bagian wajah secara menyeluruh, tunggu 15 menit dan bilas.

7. Khasiat Daun Turi untuk Mencegah Rambut Rontok

Manfaat daun turi berikutnya ialah dapat membantu mencegah rambut rontok. Masalah rambut rontok seringkali dialami oleh kaum wanita terutama ibu menyusui. Mengapa demikian? karena ibu menyusui memerlukan nutrisi protein dan mineral cukup banyak. Apabila ibu menyusui kekurangan nutrisi tersebut, maka tentu dapat menyebabkan terjadinya kerontokan rambut.

Nah, salah satu khasiat daun turi dapat membantu mencegah masalah rambut rontok. Jadi, untuk para wanita dan ibu menyusui apabila ingin rambutnya tetap lebat dan cantik, gunakan daun turi. Dengan begitu, asupan protein dan mineral akan tercukupi sehingga dapat mencegah rambut rontok.

8. Manfaat Daun Turi untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Khasiat daun turi yang satu ini sangatlah diperlukan bagi tubuh apalagi untuk ibu menyusui. Supaya kesehatan tubuh tetap terjaga dan terhindar dari segala penyakit, mengingat ibu menyusui perlu menyusui bayinya secara intensif, Bahkan bayi lapar di waktu larut malam pun sang ibu juga akan turut begadang untuk menyusui bayinya.

Agar imunitas tubuh kuat, maka seseorang terutama ibu menyusui harus mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan kandungan antioksidan. Dimana kandungan tersebut sering didapat dari sayuran, salah satunya yaitu daun turi.

9. Khasiat Daun Turi untuk Melancarkan produksi ASI

ASI yang lancar dan berkualitas sangatlah penting karena berpengaruh besar terhadap proses tumbuh kembang sang bayi. Namun, masalahnya ialah banyak ibu yang memiliki permasalahan dalam hal memberikan ASI, mulai dari ASI yang keluar sedikit bahkan hingga tidak keluar sama sekali.

Supaya ASI dapat keluar dengan lancar, maka Anda memerlukan khasiat daun turi dan sayuran lainnya. Sebab, daun turi diperkaya dengan kandungan vitamin dan mineral, dimana sangat bagus untuk membantu menstimulasi produksi ASI.

Demikian beberapa manfaat daun turi yang sangat baik untuk dikonsumsi terutama untuk ibu menyusui. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda dan dapat Anda terapkan di rumah untuk menjaga kesehatan dan sebagai perawatan wajah.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *