8 Manfaat Daun Tempuyung, Tanaman Herbal yang Baik Untuk Kesehatan

sumbersehat.com – Manfaat daun tempuyung merupakan tanaman herbal yang banyak ditemukan di sekitar anda. Tanaman ini mudah berkembang biak ketika biji bunganya terbawa angin. Tetapi, banyak yang mengabaikan tanaman ini karena hanya menganggapnya sebagai tanaman liar biasa.

Walaupun tergolong tanaman liar, daun tempuyung dipercaya mempunyai banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Daun tempuyung sudah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Apa saja manfaat daun tempuyang yang bisa didapatkan? Berikut ini adalah penjelasannya.

Tentang Daun Tempuyung

Daun tempuyung mempunyai nama latin Sonchus Arvensis yang dapat tumbuh di mana saja, termasuk tempok dan bebatuan. Bahkan, daun tempuyung juga sering ditemukan pada tempat-tempat yang tidak terawat seperti selokan, parit, dan sisi jalan. Daun tempuyung juga memiliki nama lain seperti lempung jombang, lobak air, lampenas, galibug, dan rayanan. Tanaman herbal ini tergolong ke dalam suku Asteraceae yang mudah berkembang biak. Khasiat daun tempuyung ternyata memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan.

Nutrisi tersebut seperti asam amino, polifenol, protein; alfa dan beta-amyrin, lipid, hidrokarbon polimer, lupeol, pseudotaraxasterol dan taraxasterol. Selain itu, dalam daun tempuyung terdapat zat kimia yang baik untuk obat. Seperti flavonoid, inositol, taraksasterol, oc-laktuserol, P-laktuserol, silika, manitol dan kalium. Jika dilihat, daun tempuyung berwarna hijau serta penampangan terlihat seperti gigi. Bentuk daunnya lonjong dengan ujung runcing, tepinya berombak dan permukaannya licin. Daun tempuyung memiliki rasa yang pahit dan dingin.

Saat ini sudah banyak yang menjual kapsul tempuyung di toko obat herbal. Daun tempuyung tidak hanya sebagai obat-obatan melainkan dapat digunakan sebagai lalapan dan masakan sayuran. Selain itu, beberapa belakang ini manfaat daun tempuyung dikenal dapat untuk melancarkan Air Susu Ibu (ASI). Tidak heran jika tanaman tidak berkayu ini sering diburu oleh ibu yang baru saja melahirkan.

manfaat daun tempuyung
manfaat daun tempuyung

Inilah Khasiat Daun Tempuyung untuk Kesehatan dan Kecantikan

Setelah mengetahui tentang daun tempuyung, berikut ini adalah beberapa manfaat daun tempuyung untuk kesehatan, diantaranya :

1. Khasiat daun tempuyung untuk mengurangi kadar asam urat

Bagi penderita asam urat umumnya merasakan nyeri pada sendi karena terdapat proses pembentukan kristal urat yang mengendap dalam pembuluh darah. Oleh sebab itu, manfaat daun tempuyung dapat mendorong asam urat keluar melalui urin. Dengan mengonsumsi daun tempuyung dalam jangka waktu lama bisa mencegah pembentukan enzim yang menyebabkan kadar asam urat meningkat. Selain itu, kandungan flavonoid yang berfungsi untuk meredakan nyeri pada penyakit yang sering diderita oleh usia lanjut.

2. Manfaat daun tempuyung untuk meluruhkan batu ginjal dan kencing batu

Sama seperti khasiat kumis kucing, daun tempuyung juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit batu ginjal. Daun tempuyung sudah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk penyakit batu ginjal dan kencing batu. Daun tempuyung memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, sering digunakan sebagai obat yang dapat menguraikan batu ginjal. Kalium akan bereaksi dengan menguraikan kalsium karbonat dan menggabungkan diri dengan zat lain yang berada dalam batu ginjal.

Hal ini yang menjadikan batu ginjal mudah rusak dan larut dalam air seni. Ekstrak daun tempuyung yang sudah diolah menjadi bentuk kapsul tempuyung dapat melarutkan dan menghancurkan batu ginjal. Cara mengonsumsi daun tempuyung untuk mengobati penyakit batu ginjal dan kencing batu sangat mudah. Anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun tempuyung kering dengan air hingga tersisa setengahnya. Lalu saring air rebusan dan konsumsi air rebusan selagi masih hangat.

3. Khasiat daun tempuyung untuk mengurangi peradangan

Selanjutnya, manfaat daun tempuyung juga dapat menyembuhkan bagian tubuh yang terjadi peradangan, contohnya seperti elcer dan wasir. Cara mengonsumsi daun tempuyung yang mudah untuk mengobati penyakit ini adalah dengan membuat air rebusan daun tempuyung. Jika ingin mengobati wasir, anda dapat menempelkan daun tempuyung pada bagian yang sakit. Caranya, cuci bersih daun tempuyung dan tumbuk daun menjadi halus. Kemudian tempelkan pada rectum dan diamkan beberapa saat.

4. Manfaat daun tempuyung untuk mencegah tekanan darah tinggi

Daun tempuyung juga sangat ampuh untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah tinggi atau hipertensi. Tekanan darah tinggi dapat disebabkan oleh stres berkepanjangan, gaya hidup tidak sehat, faktor genetik, dan mengonsumsi garam secara berlebihan. Cara mengonsumsi daun tempuyung untuk mengobati hipertensi adalah dengan dijadikan lauk atau olahan sayuran. Selain itu, daun tempuyung dapat diolah menjadi lalapan yang sudah dikukus. Konsumsi sebanyak tiga kali sehari untuk menurunkan kadar darah secara signifikan.

5. Khasiat daun tempuyung untuk mengobati luka bakar, bisul, dan memar

Sama seperti manfaat lidah buaya, daun tempuyung juga dapat mengobati luka bakar ringan. Luka bakar ringan dapat disebabkan oleh puntung rokok atau arang dan terkena benda panas lainnya. Kandungan daun tempuyung yang dingin ternyata dapat meredakan luka bakar. Anda dapat melakukan pengobatan dengan menggunakan daun tempuyung yang sudah ditumbuk.

Caranya, cukup mengoleskan tumbukan daun tempuyung yang sudah halus pada bagian yang terbakar. Kemudian diamkan beberapa saat dan bilas hingga bersih. Gunakan secara terus-menerus sampai luka bakar mulai tersamarkan. Selain itu, manfaat daun tempuyung juga dapat mengobati memar yang disebabkan karena terjatuh, pukulan benda tumpul, dan kecelakaan. Cara mengobati luka memar dengan daun tempuyung juga sangat mudah.

Anda hanya perlu menumbuk beberapa helai daun tempuyung kemudian peras sampai mengeluarkan air dari daun. Gunakan air perasan tersebut untuk dijadikan sebagai kompres dan ampasnya juga dapat digunakan untuk membungkus bagian yang terluka. Kemudian, bisul juga dapat disembuhkan dengan menggunakan manfaat daun tempuyung. Peradangan ini dapat diredakan dengan menggunakan daun tempuyung yang ditumbuk. Lalu, tempelkan daun tembuyung pada bagian tubuh yang terdapat bisul. Gunakan sebanyak beberapa kali sampai bisul mereda.

6. Manfaat daun tempuyung untuk mengobati gangguan pendengaran

Gangguan pendengaran dapat disebabkan oleh beberapa hal, contohnya seperti infeksi, trauma, dan lain-lain. Khasiat daun tempuyung dapat digunakan untuk mengobati gangguan pendengaran dengan meneteskan beberapa tetes air rebusan daun tempuyung. Anda harus berhati-hati dalam menggunakannya jangan sampai meneteskan air rebusan secara lansung ketika masih panas. Jika air rebusan sudah siap, anda diamkan terlebih dahulu sampai air rebusan menjadi dingin. Kemudian, teteskan pada telinga secara perlahan.

7. Khasiat daun tempuyung sebagai antitumor dan antikanker

Dalam daun tempuyung terdapat banyak kandungan antioksidan. Flavanoid yang terkandung dalam tumbuhan ini dapat berfungsi untuk mencegah tumor dan kanker yang membahayakan tubuh. Manfaat daun tempuyung dapat mencegah pembentukan radikal bebas dalam tubuh.

8. Manfaat daun tempuyung untuk menguatkan tulang

Daun tempuyung juga memiliki banyak kandungan kalsium yang baik untuk tulang. Tanaman ini dapat menguatkan dan mencegah pengeroposan tulang. Cara mengonsumsi daun tempuyung untuk tulang adalah dengan meminum air rebusan secara berkala untuk menjaga kesehatan tulang.

Demikian informasi mengenai manfaat daun tempuyung yang baik untuk kesehatan. Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda dalam dunia kesehatan.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat daun pegagan

15 Manfaat Daun Pegagan untuk Obat Herbal Penyakit

sumbersehat.com - Manfaat daun pegagan saat ini sudah semakin banyak diketahui dan sedang menjadi primadona. Centella Asiatica merupakan nama lain dari tumbuhan yang memiliki bentuk daun menyerupai ginjal dengan pinggiran daun bergelombang. Pengobatan di masyarakat Cina dan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *