10 Manfaat Daun Suji dari Mengatasi Batuk sampai Leukemia

sumbersehat.com – Manfaat daun suji secara umum dipakai masyarakat sebagai pewarna hijau makanan. Warna hijau yang dihasilkan daun suji lebih pekat daripada daun pandan wangi. Hanya saja, daun suji tidak memiliki aroma wangi yang seperti daun pandan wangi. Makanan yang biasanya memakai warna hijau dari daun suji yaitu klepon, kue tok, es cendol, dan lain sebagainya.

Namun, tahukan anda bahwa khasiat daun suji tidak hanya sebatas pewarna alami makanan saja. Ya, ternyata daun suji juga memiliki khasiat yang baik untuk memelihara kesehatan tubuh. Selain itu, daun suji juga bisa diolah menjadi ramuan tradisional untuk mengobati berbagai penyakit. Silahkan anda simak penjelasan berikut ini supaya anda tahu apa saja manfaat daun suji untuk kesehatan.

manfaat daun suji
manfaat daun suji

Kenali Tanaman Suji

Sebelum anda mengetahui apa saja manfaat daun suji untuk kesehatan, alangkah baiknya anda ketahui terlebih dahulu apa itu daun suji. Karena selama ini banyak orang keliru antara daun suji dan daun pandan.

Bentuk daun pandan dan daun suji memang hampir mirip. Namun, sebenarnya ciri-ciri daun suji berbeda dengan daun pandan. Ukuran daun suji lebih pendek dibanding daun pandan. Tepi daun suji tidak memiliki gerigi dan tidak tajam. Sedangkan daun pandan memiliki gerigi dan dan tajam. Tidak hanya itu, kandungan yang dimiliki daun suji dan daun pandan pasti berbeda.

Daun suji mengandung banyak senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan dan dapat mencegah penyakit. Kandungan senyawa yang terdapat dalam daun suji yaitu polifenol, saponin, tanin, flavonoid, dan alkaloid. Tidak hanya daunnya saja, rimpang dan akar suji juga bisa diolah menjadi obat tradisional.

Inilah Khasiat Daun Suji untuk Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, daun suji memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan berikut ini:

1. Manfaat Daun Suji untuk Membantu Meredakan Batuk

Daun suji bermanfaat untuk mengobati batuk, baik batuk kering maupun batuk berdahak. Cara mengolah daun suji untuk meredakan batuk cukup mudah. Cuci daun suji hingga bersih, kemudian remas daun suji supaya sarinya nanti mudah larut ke air.

Setelah itu rebus daun suji hingga mendidih. Saring rebusan daun suji. Anda hanya perlu meminum air rebusannya saja. Dapatkan manfaat daun suji untuk meredakan batuk dengan mengkonsumsi ramuan tersebut dua kali sehari dipagi dan malam hari menjelang tidur.

2. Khasiat Daun Suji untuk Mengobati Sipilis

Sipilis atau raja singa yaitu gangguan pada alat kelamin dikarenakan infeksi bakteri yang menular melalui hubungan seksual dengan penderita sifilis. Jika tidak ditangani secara cepat tepat, sifilis perlahan akan merusak otak, jantung dan organ-organ lain. Selain itu, sifilis juga bisa menular lewat kontak luka dengan penderita sifilis.

Ternyata sipilis dapat diobati dengan mengkonsumsi daun suji. Cara mengolah daun suji sama seperti yang dijelaskan sebelumnya. Minum air rebusan daun suji tersebut 1 atau 2 kali dalam sehari secara rutin. Maka, nanah yang keluar saat kencing perlahan akan berkurang.

3. Manfaat Daun Suji untuk Mengobati leukimia

Leukimia adalah kanker darah yang disebabkan oleh kelainan pada pertumbuhan sel darah putih yang tidak terkendali. Sebenarnya, belum diketahui pasti apa penyebab leukemia ini. Namun, beberapa prediksi menyebutkan bahwa resiko meningkatnya leukimia disebabkan oleh keturunan, kelainan genetika, dan kelainan darah.

Selain itu, faktor lingkungan yang terpapar bahan kimia juga dapat meningkatkan resiko penyakit leukimia. Dapatkan manfaat daun suji untuk mengurangi resiko leukimia. Caranya cukup mudah, yaitu dengan meminum air rebusannya setiap hari.

4. Khasiat Daun Suji untuk Meredakan Nyeri saat Menstruasi

Kebanyakan wanita pernah merasakan sakit diperut saat menstruasi. Biasanya nyeri saat menstruasi terjadi pada wanita yang masih lajang. Kini sudah sangat mudah menemui obat-obatan yang digunakan sebagai pereda nyeri haid. Namun, alangkah baiknya jika anda meredakan nyeri menstruasi dengan ramuan herbal buatan sendiri.

Ternyata, manfaat daun suji juga bisa meredakan nyeri saat menstruasi. Selain bisa membuatnya sendiri, efek samping daun suji juga tidak berbahaya. Saat nyeri menstruasi kambuh, anda dapat meminum air rebusan daun suji untuk meredakan sakitnya.

5. Manfaat Daun Suji untuk Mengobati Disentri

Manfaat daun suji selanjutnya adalah dapat mengobati disentri. Hal itu dikarenakan daun suji memiliki kandungan berupa zat aktif saponin. Zat aktif saponin diteliti dapat mengobati disentri. Cara mengolah daun suji untuk mengobati disentri yaitu hanya dengan merebusnya. Minumlah air rebusan daun suji pagi dan malam hari masing-masing satu gelas setiap hari.

6. Khasiat Daun Suji Sebagai Penawar Racun

Daun suji dipercaya dapat menetralisir racun. Hal itu karena daun suji mengandung alkaloid. Alkaloid adalah jenis senyawa basa yang bernitrogen dalam tumbuhan. Sifat alkaloid yaitu dapat menetralisir racun dalam tubuh. Hal inilah yang menjadikan manfaat daun suji sebagai obat herbal untuk menetralkan racun. Baik racun dari makanan, obat-obatan maupun racun yang berasal dari sebab lain.

7. Manfaat Daun Suji untuk Mengatasi Jamur

Jamur yang paling efektif disembuhkan oleh daun suji yaitu jamur Cryptococcus neoforman. Yaitu jamur yang terdapat pada hewan dan tumbuhan. Meskipun terdapat pada hewan dan tumbuhan, jamur tersebut juga bisa menyerang manusia yang sistem imunnya rendah.

8. Khasiat Daun Suji untuk Menurunkan Kolesterol

Kolesterol sering menjadi perhatian banyak orang. Jika kadar kolesterol terlalu tinggi, maka akan dapat menyebabkan berbagai penyakit dan komplikasi. Terlebih jika seseorang tersebut mengidap hipertensi , diabetes atau memiliki keturunan atau keluarga yang mengidap penyakit jantung dan stroke.

Oleh karena itu, anda membutuhkan minuman untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah anda. Anda bisa mendapatkan manfaat daun suji untuk menurunkan kolesterol. Hal itu dikarenakan daun suji memiliki aktivitas hipokolesterolemik yang berarti dapat menurunkan kolesterol. Selain itu, daun suji juga mengandung zat aktif berupa klorofil, flavonoid, alkaloid dan polifenol yang mendukung kinerjanya dalam menurunkan kolesterol.

9. Manfaat Daun Suji untuk Meningkatkan Nafsu Makan

Daun suji juga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Terlebih bagi orang yang memiliki masalah dengan berat badan karena kondisi tertentu seperti sakit. Sama seperti obesitas, jika berat badan turun drastis juga bisa meningkatkan resiko berbagai macam penyakit.

10. Khasiat Daun Suji untuk Meningkatkan Produksi ASI

Pada kondisi tertentu, produksi ASI pada busui bisa terhambat. Busui biasanya mengonsumsi suplemen untuk mengatasi gangguan tersebut. Namun alangkah baiknya jika busui mencoba minum ramuan herbal dari rebusan daun suji.

Daun suji dianggap mampu meningkatkan produksi ASI. Hal itu karena daun suji dianggap sebagai galactagogue yaitu zat yang dapat meningkatkan laktasi pada manusia maupun hewan. Konsumsi air rebusan daun suji saat busui memiliki hambatan produksi ASI.

Daun suji memang tergolong obat tradisional. Namun, tetap saja anda harus memperhatikan jumlah yang anda konsumsi supaya aman dari efek samping daun suji yang merugikan. Efek samping itu muncul ketika anda mengonsumsi daun suji secara berlebihan.

Sebab, efek samping daun suji secara langsung mengganggu sistem produktivitas liver dan empedu. Lebih baik konsumsilah daun suji dengan jumlah yang wajar dan minumlah air putih delapan gelas perhari. Sehingga, anda mendapatkan manfaat daun suji yang maksimal.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *