11 Manfaat Daun Sirsak untuk Meningkatkan Kesehatan, Wajib Tahu!

By

sumbersehat.com – Manfaat daun sirsak sedang dicari banyak orang karena begitu besar bagi kesehatan. Tidak hanya bisa meningkatkan kesehatan saja, melainkan juga bisa membantu menyembuhkan beberapa penyakit. Citarasa unik dengan sedikit sensasi masam membuat sirsak tidak hanya lezat disantap langsung, melainkan juga cocok diolah menjadi minuman menyegarkan.

Pohon sirsak bisa tumbuh di mana saja termasuk daerah-daerah di Indonesia, sehingga cukup mudah dijumpai. Daun sirsak mempunyai kandungan beberapa senyawa kimia untuk kesehatan tubuh. Sebagaimana tanaman herbal lain, daun sirsak mulai digunakan untuk pengobatan alternatif. Agar referensi Anda soal obat berbahan alami bertambah, yuk ikuti ulasan manfaat daun sirsak berikut.

manfaat daun sirsak
manfaat daun sirsak

Inilah 11 Khasiat Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jangan hanya ambil buahnya, mulailah ambil daun sirsak untuk obat alami. Jika Anda penasaran bagaimana cara mengolah daun sirsak dan manfaat daun sirsak, simak penjelasan di bawah ini sampai selesai.

1. Khasiat Daun Sirsak untuk Menghilangkan Kutu dari Rambut

Keberadaan kutu yang menumpang hidup di rambut membuat kita terganggu. Kulit kepala terasa gatal bahkan di saat tertentu terasa panas. Rasa percaya diri pun bisa turut menurun. Kutu rambut mungkin menghinggapi semua orang. Nah, jika Anda mempunyai masalah dengan kutu rambut, ambil manfaat daun sirsak untuk menyelesaikannya.

Cara mengolah daun sirsak untuk menghilangkan kutu adalah menghaluskan daun sirsak, boleh ditumbuk atau diulek. Selanjutnya aplikasikan cream daun sirsak ke seluruh sisi kepala dan rambut. Pakai handuk untuk menutupi rambut dan biarkan selama sekitar 30 menit. Terakhir, cuci rambut menggunakan air mengalir.

Daun sirsak memiliki kemampuan mengusir serangga termasuk kutu rambut. Cara ini efektif membasmi kutu sekaligus telurnya yang biasa menempel di rambut. Masalah rambut lain yaitu ketombe juga bisa diselesaikan menggunakan cream daun sirsak.

2. Manfaat Daun Sirsak untuk Mengobati Eksim

Khasiat daun sirsak selanjutnya adalah membantu mengobati eksim. Eczema atau lebih dikenal dengan istilah eksim merupakan penyakit kulit. Penyebabnya bermacam-macam seperti alergi, stress, faktor genetis, dan pengaruh cuaca. Gejala yang umum adalah rasa gatal luar biasa pada kulit disertai rasa panas.

Keluhan ini bisa diredakan dengan mengoleskan daun sirsak yang telah dihaluskan pada kulit terpapar eksim. Sifat daun sirsak sebagai antibakteri, antijamur, dan antibiotik mampu mengobati eksim secara alami.

3. Khasiat Daun Sirsak untuk Menyembuhkan Kencing Manis

Manfaat daun sirsak selanjutnya adalah menyembuhkan kencing manis melalui dua senyawa kimia yang dimiliki. Kencing manis alias diabetes melitus terjadi akibat kadar gula darah dalam tubuh terlalu tinggi. Senyawa kimia flavonoid berpengaruh besar terhadap mekanisme pengolahan gula darah agar tidak menumpuk.

Ada lagi senyawa aktif bernama tanin yang berfungsi meningkatkan aktivitas mengubah gula darah menjadi energi. Senyawa ini juga menyerupai insulin sehingga dapat bekerja mengontrol gula darah. Baik flavonoid maupun tanin keduanya merupakan kandungan yang ditemukan pada daun sirsak. Oleh sebab itu, air rebusan daun sirsak sering digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan diabetes.

4. Manfaat Daun Sirsak untuk Menjaga Kesehatan Mata

Daun sirsak bisa membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit mata seperti katarak. Pasalnya, daun sirsak termasuk tanaman kaya antioksidan yang baik bagi kesehatan mata. Terutama jika dipadukan dengan bahan lain yang mengandung beta karoten, vitamin E, dan vitamin C.

5. Khasiat Daun Sirsak untuk Mengatasi Rematik

Penyakit rematik ditandai dengan rasa sakit pada persendian akibat peradangan. Gejala ini dapat diredakan dengan obat yang memiliki kandungan antiiflamasi dan analgesik. Keduanya tidak selalu harus didapatkan melalui obat berbahan kimia.

Manfaat daun sirsak bagi penderita rematik disebabkan adanya alkaloid dan antosianin sebagai zat antiinflamasi alami. Anda boleh meminum air rebusan daun sirsak atau mengoleskan daun sirsak tumbuk ke bagian sendi yang terasa nyeri. Rematik pun akan hilang perlahan.

6. Manfaat Daun Sirsak untuk Mencegah Kanker

Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit dengan risiko kematian tinggi. Kegagalan mengendalikan pertumbuhan sel tidak normal dalam bagian tubuh tertentu menjadi penyebab kanker. Diperlukan sesuatu yang mampu menghalangi atau menghancurkan pertumbuhan sel tersebut.

Tanaman sirsak secara umum khususnya daun mengandung senyawa kimia antikanker. Senyawa bioaktif acetogenin dalam daun sirsak berfungsi menstabilkan kerja sel penghasil energi yang diperlukan untuk perkembangan kanker. Apabila sel ini stabil maka perkembangan sel kanker akan terhambat.

7. Khasiat Daun Sirsak untuk Menyehatkan Lambung

Gangguan lambung yang sering terjadi di antaranya gerd dan maag. Manfaat daun sirsak dengan kandungan antiulcernya bisa digunakan untuk menjaga kesehatan dinding lambung. Jadi bagi Anda yang memiliki masalah lambung atau pencernaan, mengkonsumsi olahan daun sirsak merupakan pilihan tepat.

8. Manfaat Daun Sirsak untuk Meningkatkan Kesuburan

Pasangan suami istri sebaiknya merasakan manfaat daun sirsak dalam membantu menjalankan program kehamilan. Baik bagi pria maupun wanita, daun sirsak diyakini dapat meningkatkan kesuburan. Ekstrak daun sirsak memiliki khasiat terhadap produksi sperma serta dapat menjaga kesehatan rahim.

Selain meningkatkan kesuburan, daun sirsak juga membantu proses kehamilan. Kram yang biasa dialami perempuan saat hamil bisa diatasi dengan ekstrak daun sirsak. Tidak hanya itu, daun sirsak bagus pula untuk pertumbuhan janin.

9. Khasiat Daun Sirsak untuk Menyembuhkan Kista Ovarium

Penyakit kista ovarium berpotensi menyerang semua perempuan. Kista berbentuk benjolan yang muncul pada salah satu bagian reproduksi perempuan bernama ovarium. Benjolan ini akan berbahaya jika terus tumbuh atau bahkan pecah.

Selain sel kanker, kandungan dalam daun sirsak mampu membunuh tumor seperti kista. Apabila rutin dikonsumsi, efek manfaat daun sirsak sepadan dengan pengobatan tumor melalui kemoterapi. Cara mengolah daun sirsak sebagai ramuan penghilang kista terdiri dari 10 lembar daun sirsak yang direbus bersama 4 gelas air. Tunggu hingga air hanya tersisa satu gelas lalu minum.

10. Manfaat Daun Sirsak untuk Meningkatkan Sistem Imun

Sistem imun berpengaruh besar dalam menjaga kekebalan tubuh Anda dari ancaman penyakit. Sebagai pertahanan terdepan terhadap virus dan bakteri, masalah pada sistem imun tentu berbahaya. Manfaat daun sirsak dengan kandungannya bisa menyembuhkan kelainan imun serta memperkuat sistem imun.

11. Khasiat Daun Sirsak untuk Menyembuhkan Anemia

Anemia merupakan penyakit kekurangan hemoglobin alias sel darah merah, atau kerusakan fungsi sel darah merah. Penyakit ini mempunyai gejala berupa kelelahan, mudah mengantuk, kulit pucat, serta dingin pada kaki dan tangan. Air rebusan daun sirsak bisa mengatasi anemia karena dapat meningkatkan zat besi. Salah satu sebab terjadinya anemia adalah kurangnya zat besi.

Sebelas khasiat daun sirsak di atas bisa Anda gunakan sebagai alternatif menyembuhkan sejumlah penyakit. Senyawa yang ditemukan pada daun sirsak yaitu gigantetronin, annocatacin, caclourine, gentisic acid, annocatalin, muricapentocin, annomuricin, anonol, asam linoleat, dan anomurine. Seluruh senyawa tersebut memiliki khasiat untuk kesehatan.

Selain mengetahui manfaat daun sirsak, Anda juga harus memperhatikan efek samping daun sirsak. Secara keseluruhan, efek samping daun sirsak akan timbul apabila digunakan secara terus menerus tanpa memperhatikan dosis. Terutama bagi pengidap gangguan hati dan atau darah rendah.

Tinggalkan komentar