7 Manfaat Daun Sirih, Ternyata Dapat Mengatasi Masalah Ini!

Sumbersehat.com – Manfaat daun sirih menjadi sangat penting untuk Anda ketahui. Adakah dari Anda yang belum mengenal daun sirih? Akan terasa mustahil jika jawabannya adalah belum. Daun legendaris ini bersama kapur, gambir dan pinang merupakan kombinasi yang pas untuk dikunyah. Kebiasaan mengunyah sirih yang diebut “nginang” sudah dikenal sejak zaman nenek moyang hingga kini.

Istilah nginang disebutkan berbeda di beberapa daerah lain. Namun, pada dasarnya yang dilakukan adalah kegiatan serupa. Para tetua ini sudah lebih lama mengetahui manfaat daun sirih. Mereka percaya bahwa dengan mengunyah sirih dan kawan-kawannya mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Tahukah Anda bahwa masih banyak keuntungan yang diperoleh dari daun ajaib ini? Simak uraian lengkap berikut!

manfaat daun sirih
manfaat daun sirih

Inilah Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Penting bagi Anda untuk mengetahui manfaat tumbuhan herbal yang salah satunya adalah daun sirih ini.

1. Khasiat Daun Siri untuk Mengatasi Masalah Kewanitaan

Tak sedikit dari kita tentu sudah pernah mendengar tentang ampuhnya manfaat daun sirih untuk mengatasi masalah kewanitaan. Keluhan yang sering dialami beberapa wanita adalah keputihan.

Meskipun sudah banyak ahli yang mengklarifikasi bahwa keputihan adalah kondisi normal, namun masih banyak pula wanita yang berkeluh kesah dengan masalah ini. Pada dasarnya, keputihan merupakan proses alami tubuh untuk menjaga kebersihan saluran reproduksi wanita serta menjaga kelembabannya.

Namun, pada kondisi tertentu, seseorang akan merasakan gejala lain yang tidak nyaman seperti gatal dan risih. Rasa gatal dapat muncul karena berbagai sebab, contohnya adalah efek samping dari penggunaan sabun beraroma. Salah satu cara mengatasi gatal akibat keputihan adalah dengan menggunakan daun sirih.

Daun sirih untuk keputihan mengandung antibakteri yang berperan mengeliminasi mikroba penyebab gatal di sekitar kewanitaan. Anda hanya perlu menyeduh 10 daun lembar dalam 1 liter air, kemudian membasuknya pada vagina. Niscaya gatal – gatal akibat keputihan akan berangsur membaik.

2. Manfaat Daun Sirih untuk Membersihkan Mata

Banyak yang mempercayai manfaat daun sirih mampu menyembuhkan mata minus. Bahkan ada pula yang menyarankan beberapa cara yang kurang masuk akal dengan media daun sirih demi mengobati mata minus. Apakah salah? Tentu tidak. Zat yang Maha Segalanya dan mampu menyembuhkan penyakit adalah Tuhan.

Klaim mengobati mata minus menggunakan manfaat daun sirih sebaiknya perlu dikaji ulang. Jika yang dimaksud menyembuhkan adalah membersihkan, maka bisa saja benar. Kandungan antibakteri dalam daun sirih mampu membantu membersihkan mata dari debu dan kotoran.

Cara sederhana yang dapat Anda lakukan adalah dengan menyeduh 3 daun sirih pada segelas air panas. Biarkan air seduhan tersebut dingin, kemudian siapkan satu buah sendok. Jangan lupa memastikan bahwa sendok tersebut steril. Silakan ambil satu sendok air seduhan sirih dan dekatkan pada mata.

Secara perlahan, biarkan mata Anda tercelup ke dalam air tersebut dan kedip – kedipkan beberapa kali. Nikmati sensasi rileks ketika melakukan terapi yang biasa orang jawa sebut dengan ngrambang ini. Anda dapat melakukannya beberapa kali, pada mata kanan dan kiri. Demikian manfaat daun sirih dan cara penggunaannya untuk membersihkan mata.

3. Khasiat Daun Sirih untuk Menyumbat Mimisan

Manfaat daun sirih dan perannya dalam mengatasi mimisan sepertinya sudah tersebar luas di Nusantara. Cara yang dilakukan adalah hanya dengan meremas dan melipat daun sirih menjadi bentuk yang proporsional untuk dimasukkan ke lubang hidung.

Selanjutnya masukkan daun tersebut ke lubang hidung. Secara ajaib, darah yang sebelumnya mengalir akibat mimisan akan berhenti perlahan. Ternyata, berdasarkan penelitian ilmiah ditemukan terdapat lebih dari 3 kandungan fitokimia dalam daun sirih.

Beberapa diantaranya adalah flavonoid, tanin, karvakol, alkaloid, eugenol dan saponin. Zat-zat tersebutlah yang mampu meredakan keluarnya darah pada hidung serta memicu respon tubuh menghentikan aliran darah secara bertahap.

4. Manfaat Daun Sirih untuk Mengatasi Jerawat

Tak banyak yang mengetahui manfaat daun sirih untuk wajah. Khasiat daun berbentuk hati ini ternyata mampu membuat kita melongo. Selain mengurangi kadar minyak yang juga menjadi pemicu terbentuknya jerawat, sifat anti-inflamasi dalam daun sirih dapat mengurangi peradangan akibat jerawat tersebut.

Anda dapat memperoleh manfaat daun sirih dengan cara yang sangat sederhana. Khasiat daun sirih untuk mengatasi jerawat dapat diperoleh dengan menyiapkan 10 lembar daun sirih dan merebusnya dalam 1 liter air. Tak lupa untuk menambahkan sedikit garam sebagai suplai bahan bersifat antibakteri.

Biarkan air rebusan yang telah mendidih tersebut menurun suhunya. Setelah dingin, silakan basuh pada wajah yang berjerawat. Selayaknya skincare, penggunaan tanaman herbal seperti daun sirih ini juga hendaknya dilakukan rutin dan berhati-hati.

Hati-hati disini maksudnya adalah dengan tetap memperhatikan respon yang muncul setelah pemberian treatment pada kulit. Jika kondisi jerawat tak kunjung reda atau bahkan memburuk, segera hentikan. Kita tentu tahu bahwa kemampuan adaptasi setiap orang berbeda.

5. Khasiat Daun Sirih untuk Mencegah Iritasi Mata

Aktivitas sehari – hari terkadang membawa kita pada situasi tak terduga. Termasuk menerima keluhan kesehatan yang dapat dialami oleh siapapun dan kapanpun. Salah satu hal yang tak jarang dialami oleh semua orang adalah mata merah akibat paparan debu atau gesekan dengan serangga tak dikenal.

Satu langkah sigap yang dapat segera Anda lakukan adalah dengan menyiapkan air seduhan daun sirih yang sudah dingin. Silakan tenggelamkan mata Anda pada air tersebut dan kedip – kedipkan beberapa kali. Anda disarankan untuk menggunakan sendok steril sebagai alat bantu ketika melakukan treatment ini.

6. Manfaat Daun Sirih untuk Mengurangi Bau Badan

Bau badan menjadi salah satu momok yang sensitif untuk banyak orang. Tak sedikit pula yang sedang berjuang mencari solusi jitu untuk mengatasi keluhan tersebut. Tahukah Anda bahwa ada tanaman herbal yang ampuh dan direkomendasikan untuk mengurangi bau badan? Yap, jawabannya ada di manfaat daun sirih.

Pepatah populer ‘do not judge a book by its cover’ sepertinya tepat untuk Anda yang merasa tidak suka akan aroma daun sirih. Memang, tanaman dari famili Piperaceae ini memiliki bau yang lumayan menyengat.

Namun, bagi Anda yang sedang berusaha mencari solusi mengatasi  bau badan secara alami hendaknya abaikan dulu ketidaksukaan itu, lalu pelajarilah. Mengoleskan hasil tumbukan halus daun sirih pada area ketiak dipercaya mampu mengeliminasi bau tidak sedap pada tubuh.

Selain itu, mengkonsumsi air seduhan daun sirih juga dianjurkan, cobalah lakukan secara rutin. Jika Anda mendapatkan manfaat daun sirih yang signifikan dengan menggunakan metode ini, silakan lanjutkan hingga tujuan yang dicita – citakan tercapai.

7. Khasiat Daun Sirih untuk Mengurangi Bau Mulut

Bau mulut dapat disebabkan oleh penumpukan plak atau sisa makanan yang akhirnya mengundang bakteri berdiam disana. Maka dari itu, kandungan antibakteri pada daun sirih niscaya akan membantu Anda dalam mengatasi keluhan bau  mulut. Cukup siapkan air seduhan daun sirih pekat, kemudian berkumur selama beberapa saat lalu buang.

Anda telah mengetahui manfaat daun sirih untuk wanita dan manfaat daun sirih lainnya yang dapat dipertimbangkan untuk dijadikan solusi masalah kesehatan. Jangan lupa untuk senantiasa menjaga pola hidup bersih dan sehat demi menunjang keseimbangan alam kecil atau jagat alit, yaitu tubuh kita.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat buah anggur

11 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Herbal

sumbersehat.com – Manfaat buah anggur wajib diketahui. Karena anggur memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *