11 Manfaat Daun Sirih Merah untuk Wajah dan Kecantikan, Harus Tahu!

sumbersehat.com – Manfaat daun sirih merah untuk wajah, selain baik untuk kesehatan juga menyimpan berbagai khasiat untuk kecantikan wajah. Hal ini tentu sangat dibutuhkan oleh semua orang terutama para kaum hawa. Tidak dapat dipungkiri bahwa memiliki wajah yang cantik dan sehat tentu sangat diimpikan setiap orang dan menjadi suatu kebanggaan tersendiri.

Apabila Anda ingin memiliki wajah yang cantik dan sehat, maka bisa memanfaatkan daun sirih merah sebagai perawatan alami. Kandungan nutrisi didalamnya, membuat khasiat daun sirih merah untuk wajah mampu membantu menjaga kesehatan dan kecantikan wajah.

manfaat daun sirih merah
manfaat daun sirih merah

Inilah Khasiat Daun Sirih Merah untuk Wajah dan Kecantikan

Ingin tahu apa saja manfaat daun sirih merah untuk wajah dan kecantikan? Pasti ya. Oleh karena itu, simaklah uraian di bawah ini hingga tuntas untuk mengetahuinya:

1. Khasiat Daun Sirih Merah untuk Wajah dalam Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Manfaat daun sirih merah untuk wajah yang sudah banyak diketahui oleh masyarakat ialah dapat membantu mencegah munculnya jerawat. Hal ini tidak lepas dari sifat antiseptik dan antibakteri yang dimiliki oleh tanaman herbal ini.

Selain mencegah, kandungan minyak atsiri didalamnya membuat khasiat daun sirih merah untuk wajah ini juga mampu membantu menghilangkan jerawat. Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda dapat mencuci muka menggunakan air daun sirih.

Untuk membuat air daun sirih tersebut caranya cukup mudah yaitu dengan menumbuk beberapa lembar daun sirih merah hingga halus. Kemudian siapkan air hangat dan campurkan dengan daun sirih merah yang telah ditumbuk tadi. Gunakan untuk mencuci muka selama 2 kali dalam sehari ketika seusai mandi dan beranjak tidur malam.

2. Manfaat Daun Sirih Merah untuk Wajah dalam Mencegah Penuaan Dini

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan kulit terlihat lebih cepat tua. Salah satunya ialah radikal bebas dari paparan sinar matahari secara langsung. Karena sinar UV tersebut jadi dapat memicu kerusakan pada sel tubuh, peradangan, serta menyebabkan kulit cepat mengalami keriput. Apabila Anda tidak ingin hal tersebut terjadi, maka sebaiknya gunakan daun sirih merah untuk mencegahnya.

3. Khasiat Daun Sirih Merah dalam Menjaga Kesehatan Rongga Mulut dan Gigi

Kandungan minyak atsiri pada daun sirih merah memiliki zat antioksidan, antiseptik, dan antimikroba sehingga bisa mengurangi peradangan gusi. Dimana penyebabnya tidak lain ialah karena bakteri yang berada di karang gigi.

Manfaat daun sirih merah untuk wajah juga mampu mengatasi permasalahan gigi seperti karies gigi yang cukup umum terjadi di Indonesia. Karies gigi ini biasanya disebabkan oleh adanya bakteri Streptococcus mutans. Untuk menjaga kesehatan rongga mulut dan gigi ini Anda dapat melakukannya dengan mengunyah daun sirih merah.

4. Manfaat Daun Sirih Merah untuk Wajah dalam Mengecilkan Pori-pori di Wajah

Khasiat daun sirih merah untuk wajah lainnya yaitu bisa membantu mengecilkan pori-pori wajah yang seringkali disebabkan oleh bekas jerawat. Pori-pori besar pada wajah tentu sangat mengganggu penampilan dan dapat mengurangi tingkat percaya diri.

Untuk mengecilkan pori-pori pada kulit wajah, Anda bisa menggunakan daun sirih merah sebagai masker. Cara membuat masker daun sirih merah yaitu dengan menumbuk beberapa lembar daun sirih merah hingga halus. Kemudian oleskan pada seluruh bagian wajah secara merata dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas.

5. Khasiat Daun Sirih Merah untuk Wajah sebagai Penghilang Komedo Hitam dan Bekas Jerawat

Senyawa yang terkandung di dalam daun sirih merah dipercaya efektif untuk membantu mengurangi flek hitam ataupun bekas jerawat. Selain itu, tanaman herbal ini juga bisa membantu untuk warna kulit yang tidak rata karena terkena paparan sinar matahari berlebih.

Untuk mendapatkan manfaat daun sirih merah untuk wajah ini, Anda bisa menggunakannya sebagai masker wajah alami. Cara membuat masker daun sirih merah ini adalah haluskan daun sirih merah terlebih dahulu. Kemudian tambahkan air perasan jeruk nipis dan jadikan masker wajah untuk mengurangi flek hitam dan bekas jerawat.

6. Manfaat Daun Sirih Merah untuk Wajah sebagai Penghilang Komedo

Salah satu manfaat daun sirih merah untuk wajah ini tentu sangat dibutuhkan bagi seseorang yang memiliki banyak komedo. Dengan memanfaatkan daun sirih merah, Anda tidak perlu menekan hidung agar komedo cepat keluar.

Cara menggunakannya yaitu rebuslah dahulu beberapa lembar daun sirih merah hingga mendidih. Tunggu beberapa saat hingga dingin kemudian pakailah air rebusan tersebut untuk membasuh sekitar area hidung. Dengan begitu isi komedo bisa keluar dengan sendirinya tanpa perlu memencetnya.

7. Khasiat Daun Sirih Merah untuk Wajah sebagai Pengangkat Kotoran dan Debu di wajah

Setelah melakukan berbagai aktivitas keseharian tentu kotoran dan debu dapat masih menempel di wajah. Nah, untuk mengangkat debu dan kotoran tersebut alangkah baiknya jika menggunakan tanaman herbal yang salah satunya ialah daun sirih merah.

Manfaat daun sirih merah untuk wajah ini bisa Anda petik dengan cara merebusnya hingga mendidih terlebih dahulu. Kemudian pakailah rebusan tersebut untuk mencuci wajah setiap hari saat pagi dan akan beranjak tidur.

8. Manfaat Daun Sirih Merah untuk Wajah dalam Meremajakan Kulit Wajah

Kulit wajah bisa saja mengalami kerusakan akibat terkena radikal bebas dan polusi setiap hari. Daun sirih merah memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga mampu membantu meremajakan kulit wajah.

Cara penggunaan daun sirih merah ini cukup mudah yaitu dengan menjadikannya sebagai air rebusan daun sirih. Kemudian pakailah untuk merawat wajah secara alami setiap hari dengan memanfaatkannya sebagai pencuci muka.

9. Khasiat Daun Sirih Merah untuk Wajah dalam Mengobati Gatal pada Kulit Wajah

Anda mengalami gatal-gatal dan ruam pada kulit wajah? jika iya, Anda bisa mengobatinya dengan salah satu tanaman herbal yaitu daun sirih merah. Cara menggunakannya yaitu dengan merebus daun sirih merah dengan air hingga mendidih. Setelah itu, diamkan air rebusan tersebut selama 1 hari, lalu pakailah untuk membasuh wajah.

10. Manfaat Daun Sirih Merah untuk Mengatasi Rambut Rontok

Supaya Anda tetap bisa tampil cantik, tentu juga perlu menjaga kesehatan rambut. Apabila Anda sedang mengalami permasalahan rambut seperti rambut rontok, maka bisa menggunakan daun sirih merah sebagai perawatan rambut di rumah.

Cara memetik khasiat daun sirih merah untuk wajah yaitu dengan menggiling daun sirih merah beserta minyak wijen hingga benar-benar halus. Jika sudah, langsung saja gunakan sebagai masker rambut, biarkan selama satu jam. Kemudian cuci rambut menggunakan shampo yang biasanya Anda pakai hingga bersih.

11. Khasiat Daun Sirih Merah untuk Membuat Luka di Wajah Cepat Mengering

Jika Anda memiliki luka di wajah entah karena tergores ataupun jerawat yang dipencet dengan sembarangan, maka obati dengan daun sirih merah. Karena sifat antibiotik dan anti-inflamasi didalamnya bisa membantu mengeringkan luka dengan lebih cepat dan kemudian akan segera menghilang.

Agar manfaat daun sirih merah untuk wajah ini bisa Anda dapatkan, maka dapat menggunakannya sebagai masker. Cara membuat masker daun sirih merah ini ialah dengan menghaluskan daun sirih merah terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan di wajah dan diamkan sekitar setengah jam.

Itulah berbagai manfaat daun sirih merah untuk wajah, dengan memanfaatkan tanaman herbal ini tentu sangatlah aman, jadi Anda tidak perlu mmengkhawatirkan efek sampingnya. Selain itu, harganya yang terjangkau khasiatnya pun juga tidak kalah dengan produk perawatan wajah yang harganya mahal.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat buah anggur

11 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Herbal

sumbersehat.com – Manfaat buah anggur wajib diketahui. Karena anggur memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *