11 Manfaat Daun Serai, Bisa Meredakan Stress dan Diet

sumbersehat.com – Manfaat daun serai untuk kesehatan tubuh tidak lepas dari berbagai kandungan nutrisi didalamnya. Selain mampu membuat cita rasa makanan menjadi lebih sedap, khasiat daun serai juga sangat diperlukan tubuh. Serai kaya akan kandungan vitamin B, kalium, magnesium, dan zat besi.

Untuk menemukan tumbuhan herbal ini pun juga sangat mudah karena biasanya dijual oleh tukang sayur sebagai empon-empon. Manfaat yang paling menakjubkan dari serai ini ialah bisa mengatasi depresi atau stress. Jadi, konsumsilah daun serai secara rutin supaya tidak mudah stress. 

manfaat daun serai
manfaat daun serai

Inilah Beberapa Khasiat Daun Serai untuk Kesehatan

Manfaat daun serai sangatlah banyak untuk mendukung kesehatan tubuh kita. Untuk memahaminya lebih lanjut apa saja manfaatnya, maka bisa simak ulasan di bawah ini:

1. Khasiat Daun Serai untuk Mengusir Nyamuk

Ternyata manfaat daun serai dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk lho. Kandungan antidepresan dalam serai selain bermanfaat untuk mengatasi depresi juga amat mematikan untuk indra perangsang nyamuk. Nyamuk sangat benci sekali dengan aroma menyengat seperti halnya kulit jeruk dan daun serai.

Itulah alasan mengapa khasiat daun serai juga dapat difungsikan sebagai pengusir nyamuk. Dengan memanfaatkan daun serai ini sebelum tidur, maka sepanjang waktu tidur tentu akan terhindar dari gigitan nyamuk. Gigitan nyamuk tidak bisa diremehkan karena dapat berdampak buruk untuk kesehatan seperti terkena demam berdarah.

Cara menggunakan daun serai yaitu dengan mengiris serai kecil-kecil kemudian digosokkan pada bagian badan yang ingin dilindungi dari gigitan nyamuk. Selain itu, juga dapat meletakkan irisan daun serai tersebut pada sisi-sisi tertentu di dalam kamar.

2. Manfaat Daun Serai untuk Detoksifikasi Tubuh

Daun serai dari dulu sudah dikenal sebagai diuretik dimana mampu melancarkan buang air kecil. Apabila buang air kecil lancar, maka kelebihan cairan dan natrium di dalam tubuh bisa dibersihkan. Dengan memanfaatkan daun serai sebagai teh serai herbal, bisa merangsang ginjal supaya mengeluarkan urin lebih banyak.

Dengan begitu, manfaat daun serai ini dapat membantu membersihkan ginjal dan membantu ginjal agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Cara mengolahnya dapat dibilang cukup mudah yaitu dengan mengiris daun serai dan menambahkannya dengan air secukupnya. Lalu didihkan, tunggu beberapa saat hingga meresap dan setelah itu dapat langsung diminum.

3. Khasiat Daun Serai untuk Menjaga Sistem Pencernaan

Setiap harinya terdapat bakteri yang masuk ke dalam sistem pencernaan kita, entah seberapa banyak kita tidak bisa menghitungnya. Nah, manfaat daun serai untuk lambung ini ternyata juga bisa membantu memelihara pencernaan lho. Khasiat daun serai membantu membunuh bakteri patogen yang masuk ke dalam pencernaan kita. Sehingga pencernaan dapat senantiasa terlindungi.

Daun serai tidak hanya bermanfaat untuk mencegah infeksi di saluran pencernaan, tetapi mampu meredakan berbagai permasalahan pencernaan. Mulai dari masalah pencernaan seperti diare hingga sembelit. Selain itu, efek analgesik pada serai bisa mengatasi nyeri perut termasuk nyeri saat sedang menstruasi.

4. Manfaat Daun Serai untuk Menjaga Kadar Kolesterol

Selain khasiat daun serai untuk lambung, serai juga bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Beberapa penelitian mengatakan bahwa salah satu manfaat daun serai ini adalah dapat membuat kadar kolesterol baik meningkat. Serta mencegah adanya penyerapan kolesterol jahat dalam pencernaan. Khasiat daun serai ini memang dipercaya mampu mencegah kadar kolesterol jahat naik. Namun, masih harus diuji lagi keefektifan daun serai untuk menjaga kadar kolesterol ini.

5. Khasiat Daun Serai untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengolah serai sebagai minuman dalam keseharian. Air rebusan serai ini dapat digunakan sebagai detoksifikasi untuk melancarkan metabolisme tubuh sehingga bisa membantu menurunkan berat badan. Kandungan polifenol pada batang dan daun serai mampu meningkatkan pengeluaran energi dan oksidasi lemak.

Hal ini karena daun serai memiliki sifat diuretik alami. Dengan khasiat daun serai tersebut, maka bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan agar ideal. Cara pengolahannya yaitu potong 3 batang serai menjadi 4 bagian kemudian geprek serai tersebut. Lalu, campurkan dengan satu kantong teh pilihan 2 butir jeruk nipis (sudah diiris tipis), dan air sebanyak 5 gelas. Setelah itu, rebus hingga mendidih dan tunggu sampai meresap.  

6. Manfaat Daun Serai untuk Mengurangi Risiko Kanker

Ternyata daun serai memiliki kandungan citral dimana memiliki sifat antikanker. Manfaat daun serai ini bisa membantu menjaga tubuh dari sel-sel kanker. Sel-sel kanker ini dapat biasanya dapat tumbuh tanpa kita sadari. Selain itu, komponen lainnya dalam serai ini juga dapat membantu mengurangi resiko kanker dengan catatan apabila mengonsumsinya secara rutin.

Cara pengolahannya yaitu dengan memotong daun serai secara kecil-kecil. Kemudian menaburkannya dalam setiap menu makanan yang Anda santap. Agar khasiat daun serai ini dapat menjadi lebih efektif, maka terapkanlah cara ini secara rutin.

7. Khasiat Daun Serai untuk Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat daun serai lainnya ialah dapat menurunkan tekanan darah. Kadar garam dan air yang berlebih di dalam tubuh dapat memicu penyakit hipertensi atau darah tinggi. Nah, untuk membantu menurunkannya, maka bisa mengonsumsi daun serai secara rutin. Karena daun serai memiliki sifat diuretik dimana bisa membuang kelebihan air dan garam melalui urine.

Untuk cara pengolahannya yakni sama dengan cara mengonsumsi seperti pada khasiat daun serai untuk mengurangi resiko kanker di atas. Yaitu dengan mengiris daun serai secara kecil-kecil kemudian menaburkannya ke dalam menu makanan sehari-hari.

8. Manfaat Daun Serai untuk Meredakan Kecemasan

Khasiat daun serai selanjutnya yaitu bisa meredakan kecemasan. Rasa cemas yang berlebihan tentu bisa memicu dampak buruk bagi kesehatan. Maka dari itu, untuk mengatasinya dapat memanfaatkan daun serai ini sebagai aromaterapi. Minyak atsiri daun serai berkhasiat untuk membuat pikiran menjadi lebih tenang, rileks, dan meredakan rasa cemas yang berlebihan.

Aroma sedap daun serai ini memiliki efek menenangkan jadi dapat mengurangi rasa kecemasan Anda. Apabila perasaan Anda tenang, maka juga dapat menghindari insomnia atau gangguan tidu yang diakibatkan oleh rasa kecemasan.

9. Khasiat Daun Serai untuk Meredakan Nyeri Otot dan Sendi

Manfaat daun serai yang terakhir ialah bisa meredakan nyeri otot dan sendi. Efek analgesik yang dimiliki serai tidak hanya berkhasiat untuk meredakan nyeri perut, tetapi juga meredakan jenis nyeri lainnya. Termasuk nyeri otot dan juga nyeri sendi. Khasiat daun serai ini bisa didapatkan dengan cara mengonsumsi teh serai atau bisa juga melakukan pijatan memakai minyak serai.

Cara pengolahan teh serai yaitu dengan cara merebus batang serai hingga mendidih dan meresap. Apabila tidak ingin membuatnya sendiri, maka bisa mengonsumsi produk teh serai yang saat ini sudah banyak dijual.

10. Manfaat Daun Serai untuk Mengatasi Depresi 

Selanjutnya, khasiat daun serai yang terakhir ialah mampu mengatasi depresi atau stress. Hal ini dikarenakan serai mempunyai sifat antidepresan dimana bisa menenangkan saraf dan otot sehingga pikiran dapat menjadi lebih tenang. manfaat daun serai juga bisa membantu menurunkan gejala depresi seperti halnya stress, cemas, serta gangguan tidur (insomnia).

Untuk mengonsumsinya yaitu bisa diolah terlebih dahulu menjadi teh daun serai. Cara membuatnya yaitu iris daun serai dan tambahkan air secukupnya lalu masak sampai mendidih dan meresap. Kemudian minumlah pada pagi hari atau bisa juga sebelum tidur.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *