8 Manfaat Daun Sembung Bagi Tubuh Manusia dan Efek Sampingnya

Sumbersehat.com – Manfaat daun sembung telah beredar di berbagai elemen kalangan di Indonesia. Tak hanya di Indonesia, khasiat daun sembung juga dikenal di beberapa negara, terutama Asia. Ada simpang siur yang mengatakan bahwa daun sembung dapat mengobati penyakit kanker, diabetes akut, dan lain sebagainya.

Sudah tahukah Anda bahwa dibalik citra daun sembung sebagai obat penyakit di atas, ternyata terdapat beberapa khasiat daun sembung yang sayang bila sampai terlewatkan? Simak ulasan singkatnya berikut ini!

manfaat daun sembung

Mengenal Daun Sembung

Sebelum mengetahui manfaat daun sembung, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu mengenai daun ini. Daun sembung adalah salah satu tanaman perdu yang mempunyai beragam khasiat. Bahkan daun sembung pernah dijuluki sebagai obat rakyat di Tiongkok.

Daun sembung memiliki nama lain Blumea balsamifera atau dikenal dengan nama sembung kuwuk di Jawa Tengah, sembung utan di Sunda, dan Kamandhin di Madura. Sementara itu, di Tiongkok sendiri daun sembung disebut sebagai ai na xiang.

Daun sembung mudah ditemukan di beberapa daerah sub tropis sampai tropis Asia, khususnya Asia Tenggara. Tentunya sebagai daerah tropis yang selalu terkena cahaya matahari tiap tahunnya, daun sembung dapat tumbuh secara subur di Indonesia. Daun sembung biasanya tumbuh secara liar di ladang bahkan seringkali dianggap gulma.

Dilihat dari bentuk tanamannya, daun sembung mampu mencapai tinggi hingga 4 meter dan memiliki rambut-rambut halus di batang dan rantingnya. Daun sembung berbentuk lonjong dengan ujung yang lancip. Selain itu, di pinggiran daunnya terdapat gerigi kecil, dengan struktur belakang yang kasar.

Bunga dari daun sembung bermunculan dari ujung cabang dan berwarna kuning. Daun sembung terkenal dengan buah longkah yang sedikit melengkung.

Kandungan Daun Sembung

Manfaat daun sembung berasal dari kandungan borneol. Borneol adalah zat yang mengandung kapur dan menurut masyarakat lokal dimanfaatkan sebagai minyak atsiri. Umumnya, di pasaran borneol berbentuk seperti kristal yang nantinya dapat disintesis menjadi kamper atau minyak atsiri.

Tak hanya borneol, sineol yang terkandung dalam daun sembung juga memiliki manfaat sebagai minyak atsiri bersamaan dengan zat samak (tanin). Kandungan lainnya yang terdapat pada daun sembung adalah flavonoid; senyawa yang aktif ditemukan di berbagai tumbuhan hingga makanan.

Senyawa-senyawa inilah yang membuat khasiat daun sembung besar bagi kesehatan manusia, salah satunya sebagai antioksidan. Selanjutnya, terdapat beberapa senyawa kimia seperti asam palmitin, limonene, dan cineole, yang menimbulkan aroma harum dengan rasa sedikit asam maupun pahit ketika dikonsumsi.

Inilah Manfaat Daun Sembung

Tentu berdasarkan beragam kandungan di atas, dapat dipastikan banyaknya khasiat daun sembung bagi tubuh manusia nih. Beberapa manfaat tersebut antara lain,

1. Khasiat Daun Sembung untuk Meredakan nyeri haid

Sebagai tanaman tradisional tentunya daun sembung memiliki efek yang lebih kecil dibandingkan obat penghilang nyeri lainnya. Selain meredakan nyeri haid, daun sembung juga memiliki khasiat untuk melancarkan haid agar haid menjadi teratur.

2. Manfaat Daun Sembung untuk Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi tentu akan berdampak buruk apabila tidak segera diatasi. Maka dari itu, ada salah satu obat yaitu daun sembung yang secara alamiah dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Cara untuk mendapatkan khasiat daun sembung adalah membuatnya sebagai jamu. Lalu, konsumsi secara rutin sampai tekanan darah normal.

3. Khasiat Daun Sembung untuk Membersihkan Saluran Pencernaan

Manfaat daun sembung yang lain adalah membersihkan pencernaan. Pertama-tama, apabila kamu mengonsumsi daun sembung maka nafsu makan juga dapat meningkat. Setelah itu, daun sembung akan bekerja secara efektif untuk membersihkan sistem pencernaan.

Hal ini sudah terbukti dan diterapkan secara bertahun-tahun oleh masyarakat Asia, khususnya Indonesia, Tiongkok, maupun Vietnam. Jadi, Anda bisa mencoba konsumsi daun ini untuk membantu mengatasi masalah pencernaan.

4. Manfaat Daun Sembung untuk Mengatasi Rematik

Tentu peradangan pada sendi yang menimbulkan nyeri sangat mengganggu dalam menjalani aktivitas. Bahkan umumnya terjadi pada lansia, salah satu tips untuk mengatasinya adalah mengonsumsi daun sembung secara teratur.

Untuk mendapatkan khasiat daun sembung ini, Anda bisa membuatnya seperti jamu. Dengan merebus daun sembung dengan 3 gelas air, lalu sisakan 1 gelas air dan konsumsi.

5. Khasiat Daun Sembung untuk Mengobati Demam, Batuk, dan Pilek

Beberapa penyakit seperti demam, batuk dan pilek mungkin terkesan lazim terjadi di masyarakat Indonesia. Salah satu cara tradisional untuk mengatasinya adalah menggunakan daun sembung. Bagi masyarakat Indonesia, khususnya yang bertempat tinggal di wilayah hutan dimana terdapat banyak daun sembung tumbuh, maka hal ini lazim dimanfaatkan.

Terlebih untuk anak-anak maupun remaja yang sedang terserang flu dan batuk, biasanya akan direbuskan daun sembung kemudian diminum secara teratur selama 10 hari. Biasanya pada hari ke-10 batuk dan pilek akan berangsur pulih.

6. Manfaat Daun Sembung untuk Mengatasi Beri-beri

Pernahkah mengalami pembengkakan pada tungkai kaki disertai dengan sesak napas dan jantung yang berdebar? Bila iya, maka waspadalah. Bisa jadi itu adalah penyakit beri-beri yang menyerang bila kekurangan vitamin B1.

Penyakit ini tergolong umum dijumpai di kalangan balita mulai dari usia 1-4 tahun hingga usia remaja. Rendahnya asupan B1 membuat tubuh mengalami kekurangan energi dan menimbulkan masalah pada jantung serta peredaran darah. Manfaat daun sembung yang direbus dan dicampur dengan gula jawa, mampu menurunkan gejala beri-beri dan memulihkannya secara berkala.

7. Khasiat Daun Sembung untuk Mengatasi Penyempitan Pembuluh Darah

Konsumsi daun sembung terlebih di pagi dan malam hari secara teratur, maka kandungan di dalam daun sembung dapat membantu meredakan penyempitan pembuluh darah dan melancarkan penumpukan darah kotor.

8. Manfaat Daun Sembung untuk Mengobati Asam Lambung

Penyakit maag atau naiknya asam lambung sepertinya sering terjadi dan tak pandang usia. Anak-anak sampai orang dewasa dapat mengalami asam lambung apabila memiliki pola makan yang tidak teratur disertai kurangnya nutrisi seimbang.

Hal ini dapat diatasi dengan meminum rebusan daun sembung di pagi hari sesaat sebelum sarapan. Manfaat daun sembung bagi maag mampu menetralisir asam lambung yang naik di dalam tubuh manusia.

Efek Samping Daun Sembung

Memang khasiat daun sembung segudang bagi tubuh manusia, tetapi di luar itu terdapat beberapa efek samping apabila dikonsumsi secara berlebihan. Di bawah ini beberapa dampak negatifnya:

1. Gelisah dan Sukar Tidur

Konsumsi daun sembung yang berlebih juga mampu membuatmu terjaga semalaman. Hal ini seperti yang diberitakan salah seorang wanita asal China yang mengonsumsi daun sembung selama seminggu secara berkala dengan dosis sehari 3 kali.

2. Bronkiolitis Obliterasi

Daun sembung yang dikonsumsi secara wajar akan menambah nafsu makan serta mengurangi gejala pilek maupun batuk. Sebaliknya, apabila daun sembung dikonsumsi secara berlebihan dan tidak wajar maka akan menimbulkan bronkiolitis obliterasi sebuah penyakit saluran pernapasan yang biasanya menyerang balita hingga anak-anak.

3. Alergi

Tidak semua orang mampu cocok dengan sejuta manfaat daun sembung. Tak jarang juga yang mengalami alergi apabila mengonsumsi dalam jumlah banyak dan kurun waktu yang berdekatan.

4. Mual dan Muntah

Mual dan muntah adalah salah satu dampak yang dihasilkan apabila tubuh melakukan penolakan terhadap daun sembung. Hal ini bisa dikarenakan konsumsi berlebih, ketidakcocokkan atau penolakan dari tubuh, bahkan pengolahan yang salah.

5. Mengganggu Kehamilan

Daun sembung dapat bermanfaat untuk mengurangi serta mengatasi hipertensi, tetapi daun sembung tidak dianjurkan bagi ibu hamil. Hal ini dikarenakan, risiko penolakan daun sembung bagi janin, maupun dampak buruk yang mungkin diakibatkan terhadap janin.

Setiap manfaat daun sembung di atas dapat dinikmati maksimal dengan konsumsi yang pas dan tidak berlebihan. Imbangi juga dengan makan makanan bergizi serta olahraga teratur.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat daun suji

10 Manfaat Daun Suji dari Mengatasi Batuk sampai Leukemia

sumbersehat.com - Manfaat daun suji secara umum dipakai masyarakat sebagai pewarna hijau makanan. Warna hijau yang dihasilkan daun suji lebih pekat daripada daun pandan wangi. Hanya saja, daun suji tidak memiliki aroma wangi yan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *