13 Manfaat Daun Seledri Sebagai Obat Herbal Penyakit Ini!

sumbersehat.com – Manfaat daun seledri bisa anda gunakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Seledri merupakan jenis sayuran yang sering ditambahkan dalam olahan makanan di antaranya daun seledri. Selain mudah dijumpai, aroma sedap dan tampilan cantik menjadi daya tarik sayuran ini. 

Zat-zat yang terkandung dalam daun seledri dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Mengonsumsi tumbuhan herbal seledri bisa mencegah dan mengobati banyak jenis penyakit. Agar tidak penasaran, yuk baca penjelasan berikut ini.

manfaat daun seledri
manfaat daun seledri

Penting Diketahui, 13 Khasiat Daun Seledri Buat Kesehatan

Jangan hanya gunakan daun seledri sebagai bahan pelengkap masakan. Berikut ini manfaat daun seledri yang akan membuat Anda semakin gemar mengonsumsinya:

1. Khasiat Daun Seledri untuk Menurunkan Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penyakit fatal lain seperti stroke dan jantung koroner. Unsur kimia n-butylphthalide dalam daun seledri mampu mengurangi risiko tersebut, karena bermanfaat untuk mengontrol dan menurunkan tekanan darah.

Bagi penderita hipertensi, mengonsumsi ekstrak daun seledri bisa dijadikan solusi. Dengan meminum jus daun seledri atau suplemen dari daun seledri, tekanan darah akan kembali normal. 

2. Manfaat Daun Seledri untuk Menurunkan Kolesterol

Selain bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, n-butylphthalide juga efektif menurunkan kadar kolesterol jahat. Kerja asam empedu untuk menurunkan kolesterol menjadi lebih mudah dengan bantuan unsur kimia tersebut.

3. Khasiat Daun Seledri Sebagai Antiinflamasi

Jika Anda ingin menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, maka rebusan air seledri patut dicoba. Cukup diminum sekali dalam sehari dan kolesterol jahat segera kabur. Inflamasi atau peradangan merupakan bentuk perlindungan tubuh terhadap benda asing. Persinggungan dengan bakteri, virus, atau cedera memunculkan reaksi berupa peradangan.

Meski begitu, inflamasi juga berpotensi membahayakan kesehatan jika terjadi secara terus-menerus ketika tidak ada ancaman yang harus dilawan. Penyakit akibat inflamasi seperti asam urat, rematik, hingga radang sendi bisa dicegah dan diatasi dengan daun seledri. Dalam sebuah penelitian ditemukan manfaat daun seledri berupa kandungan yang memiliki aktivitas antiinflamasi. 

4. Manfaat Daun Seledri untuk Program Diet

Anda sedang diet, atau ingin menjaga pola makan? Kalau begitu Anda cocok mendapatkan manfaat daun seledri. Kalori dan karbohidrat yang dimiliki tumbuhan herbal seledri tergolong rendah. Dalam 100 gram seledri hanya terdapat 14 kalori. Itu berarti daun seledri cocok dipilih sebagai menu diet. Apabila asupan kalori harian terjaga, proses diet berjalan lancar.

Tidak hanya sedikit kalori, daun seledri juga mempunyai efek mengenyangkan. Mengukus daun seledri bisa dilakukan untuk variasi olahan daun seledri sehat. Merasa lapar saat menjalani diet? Coba nyemil daun seledri, rasa lapar pun minggat.

5. Khasiat Daun Seledri untuk Menghilangkan Kanker dan Tumor

Selain penyakit-penyakit di atas, daun seledri mengandung senyawa bioaktif penghancur penyakit mematikan kanker dan tumor. Senyawa bernama pallida dan asetilen ampuh menghambat penyebaran tumor. Sedangkan senyawa lain yaitu kumarin, membantu mencegah dan membunuh sel kanker. Itulah manfaat daun seledri bagi penderita kanker atau tumor.

6. Manfaat Daun Seledri untuk Melancarkan Pencernaan

Seperti sayuran hijau lain, daun seledri kaya akan serat. Buang air besar menjadi lebih lancar dengan memakan cukup serat. Hal ini tentu baik bagi kesehatan sistem pencernaan. Apabila Anda sering mengalami susah buah air besar, manfaatkan daun seledri tidak hanya untuk taburan bakso atau soto. Tapi juga sebagai lauk makan atau bahkan santapan utama.

7. Khasiat Daun Seledri untuk Mengurangi Nyeri Haid

Ladies, kalian sering merasakan nyeri perut kala datang bulan? Sekarang jangan khawatir. Tambahkan daun seledri ke dalam hidangan Anda. Boleh pula langsung mengunyah daun seledri segar. Dengan begitu, nyeri haid atau dismenore yang Anda rasakan akan berkurang.

Daun seledri dipercaya mampu meredakan dan mempersingkat nyeri perut saat menstruasi. Sakit lain di area perut seperti perut kembung dan penyakit maag bisa reda dengan bantuan manfaat daun seledri.

8. Manfaat Daun Seledri untuk Menyeimbangkan Asam Tubuh

Tubuh kita seharusnya mendapatkan lebih banyak asupan basa ketimbang asam. Kadar asam atau Ph tubuh bisa diseimbangkan dengan mengonsumsi sayuran hijau termasuk seledri. Manfaat daun seledri bagi asam tubuh terletak pada Natrium, zat besi, dan magnesium. Zat-zat tersebut merupakan alkali penetral asam tubuh. 

9. Khasiat Daun Seledri untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Zat pada daun seledri mengeluarkan kumpulan racun dalam ginjal lebih cepat. Ekstrak air dari tumbuhan herbal seledri bermanfaat untuk menghancurkan batu ginjal. Efek tersebut muncul melalui air kencing. Rebus daun seledri dengan seliter air mendidih. Kemudian saring dan minum secara rutin untuk mendapatkan manfaat daun seledri.

10. Manfaat daun Seledri untuk Mengusir Nyamuk Penyebab Demam Berdarah

Nyamuk seringkali bertelur di sembarang tempat sehingga cepat berkembang biak. Jenis nyamuk Aedes Aegypti membahayakan kesehatan sebab menyebabkan demam berdarah. Manfaatkan minyak seledri untuk membunuh larva agar rumah tidak menjadi sarang nyamuk. Solusi ini cukup manjur digunakan.

11. Khasiat Daun Seledri untuk Melawan Jamur dan Bakteri

Manfaat daun seledri lainnya adalah membunuh jamur dan bakteri penyebab berbagai macam penyakit. Beberapa bakteri yang mampu dilawan oleh seledri seperti shigella dysenteriae, salmonella typhi,staphylococcus aureus,staphylococcus albus, dan streptococcus faecalis.

Bakteri-bakteri tersebut merupakan pemicu penyakit disentri, tipes, infeksi kulit, dan pneumonia. Jamur-jamur dengan potensi mengganggu kesehatan tubuh turut dihambat oleh ekstrak seledri.

12. Khasiat Daun Seledri untuk Mencegah Dehidrasi

Kandungan air dalam tumbuhan seledri cukup tinggi, yaitu mencapai 94,5%. Tidak heran jika seledri merupakan jenis sayuran yang direkomendasikan untuk mencegah dehidrasi. Anda dapat memakan sup dengan campuran seledri atau jus daun seledri agar tubuh selalu cukup terhidrasi.

13. Manfaat Daun Seledri untuk Menghilangkan Stress

Manfaat daun seledri bisa memunculkan efek rilis bagi tubuh. Kemampuan daun seledri untuk melemaskan otot menghasilkan tidur berkualitas. Sakit kepala dan kelelahan dapat diredakan dengan daun seledri. Semua kondisi tersebut melepaskan stress yang dialami seseorang.

Seledri termasuk sayuran yang mengandung zat antioksidan tinggi. Zat ini bermanfaat menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel. Hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian menggunakan berbagai jenis larutan pengekstrak.

Selain kandungan di atas, daun seledri mengandung banyak vitamin pula yaitu vitamin A, C, dan K. Besarnya vitamin K dalam daun seledri bermanfaat untuk mendukung aktivitas vitamin D berkaitan dengan kesehatan tulang.

Karena banyaknya manfaat, saat ini daun seledri sering digunakan sebagai bahan pembuatan obat-obatan. Olahan daun seledri berupa seledri kukus, air rebusan daun seledri, dan jus daun seledri menjadi alternatif pengobatan alami. Tambahkan bahan lain seperti apel dan madu untuk menambah cita rasa jus daun seledri.

Meski memiliki begitu banyak manfaat daun seledri, tapi memungkinkan alergi bagi beberapa orang. Mengonsumi daun seledri juga berpotensi menghasilkan efek samping berupa kulit sensitif terhadap cahaya matahari. Apabila muncul gejala, segera berkonsultasi kepada tenaga ahli untuk mendapatkan penjelasan.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat buah anggur

11 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Herbal

sumbersehat.com – Manfaat buah anggur wajib diketahui. Karena anggur memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *