8 Manfaat Daun Sambung Nyawa, Bisa untuk Hipertensi Sampai Kanker

sumbersehat.com – Manfaat daun sambung nyawa dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Daun sambung nyawa juga dikenal dengan nama daun dewa. Tanaman ini banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara dengan nama latin Gynura procumbens.

Daun sambung nyawa dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Daun ini juga mampu melawan radikal bebas yang menjadi sumber penyakit kanker.. Selain itu khasiat daun sambung nyawa untuk jantung dan diabetes. Berikut ulasan seputar daun sambung nyawa secara rinci sebagai tambahan wawasan.

Tentang daun Sambung Nyawa

Secara bentuk daun ini seperti helaian dan seperti bulat telur. Panjang bulatnya 3,5 cm – 12,5 cm dengan lebar1-5,5 cm. Memiliki ujung tumpul, runcing dan pangkalnya seperti membulat. Bentuk daun yang unik inilah yang menjadi ciri khas tersendiri.

Untuk tepi pada daun cenderung rata, sedikit bergelombang dan sedikit bergigi. Untuk ukuran pada tangkai daun sambung nyawa yakni 0,5 cm – 1,5 cm. Ciri-ciri daun sambung nyawa, permukaan pada daun kedua sisi seperti gundul dan berambut halus. Ciri khas tersendiri jika dilihat dari segi daun sambung nyawa yang unik.

Tumbuhan sambung nyawa memiliki sifat yang dingin dan alami. Karena itu memberi manfaat sebagai antineoplastik, dapat menurunkan panas, mengobati gejala limpa, sakit ginjal, tekanan darah tinggi, dan masih banyak lagi khasiat daun sambung nyawa yang apabila ditelusuri akan mengejutkan.

Inilah Khasiat Daun Sambung Nyawa untuk Kesehatan

Berikut ini adalah manfaat daun sambung nyawa yang wajib Anda ketahui untuk menjaga kesehatan tubuh, diantaranya:

1. Manfaat Daun Sambung Nyawa untuk Kanker

Khasiat daun sambung nyawa sejak lama digunakan sebagai pengobatan cara tradisional untuk penderita kanker darah, kanker rahim, dan kanker payudara. Pertumbuhan dan pembelahan sel kanker dapat diatasi dan dicegah dengan rutin mengonsumsi daun sambung nyawa.

Hal ini menjadikan manfaat daun sambung nyawa untuk kanker, meskipun secara penelitian masih terbatas hanya pada uji laboratorium, namun diharapkan dapat diteliti lebih lanjut guna mendapatkan data yang lebih teruji dan mampu dijadikan obat untuk para penderita kanker.

2. Khasiat Daun Sambung Nyawa untuk Gangguan Pencernaan

Luka pada usus dan lambung mengakibatkan pendarahan pada pencernaan. Namun tak perlu khawatir, karena hal tersebut dapat teratasi dengan manfaat daun sambung nyawa. Kandungan ekstrak pada daun ini dipercaya dapat mencegah lupa pada lambung dan melindungi lapisan lambung.

3. Manfaat Daun Sambung Nyawa untuk Diabetes dan Mandul

Menurut hasil penelitian diperoleh informasi bahwa daun sambung nyawa untuk diabetes mampu menurunkan kadar gula darah. Selain itu daun ini juga dipercaya mampu mengatasi masalah pada pasangan yang dinyatakan mandul oleh dokter yang disebabkan diabetes karena kualitas sperma yang kurang bagus.

4. Khasiat Daun Sambung Nyawa untuk Penyakit Jantung

Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh bahwa manfaat daun sambung nyawa dapat mengatasi tekanan darah tinggi yang menyebabkan penyakit jantung dengan cara mengatur tekanan darah dan melebarkan pembuluh darah. Hal ini merupakan bentuk upaya yang akan didapatkan dari daun sambung nyawa.

Pada kasus penyakit jantung, apabila hipertensi dapat diatasi maka secara tidak langsung akan menurunkan gejala serangan jantung yang terjadi mendadak. Selain itu dengan rutin mengonsumsi daun sambung nyawa akan terasa Khasiat daun sambung nyawa untuk jantung. Mencegah tentu lebih baik dari pada mengobati.

5. Manfaat Daun Sambung Nyawa untuk Mencegah Penyakit Gagal Ginjal

Selanjutnya, khasiat daun sambung nyawa yaitu mampu memperkecil pembelahan sel yang merupakan sebab adanya masalah pada ginjal. Dengan rutin mengonsumsi daun sambung nyawa secara tidak langsung kinerja ginjal akan baik sehingga dapat bekerja dengan maksimal untuk tubuh.

Khasiat daun sambung nyawa untuk kesehatan dalam penggunaan daun sambung nyawa harus tetap melalui prosedur pengawasan dokter. Dalam hal ini obat herbal sebagai pelengkap. Namun tetap melibatkan dokter sehingga dalam penanganannya dapat dilakukan dengan segera apabila mulai mengancam nyawa penderita.

6. Manfaat Daun Sambung Nyawa untuk Peradangan

Khasiat daun sambung nyawa untuk membantu meredakan peradangan dinilai cukup efektif. Karena jika dilihat dari kandungannya yakni terdiri dari etanol, steroid, flavonoid, dan kaempferol pada ekstrak daun sambung nyawa. Hal tersebut bersifat anti inflamasi dan bersifat anti virus.

6. Manfaat Daun Sambung Nyawa untuk Melawan Kuman

Efek samping daun sambung nyawa dapat membantu mengatasi kuman yang merupakan penyebab timbulnya penyakit. Berbagai kuman bakteri yang merupakan inang penularan virus atau penyakit dapat mati dengan sendirinya apabila berhadapan dengan antibodi yang kuat. Untuk itu penting memperkuat imunitas.

8. Khasiat Daun Sambung Nyawa untuk Menjaga Kesehatan Otak

Khasiat daun sambung nyawa memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, seperti kandungan flavonoid, saponin, tanin, dan terpenoid. Flavonoid dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan mampu menurunkan risiko terjadinya kanker, penyakit jantung, asma, dan gejala stroke pada penderita. Antioksidan pada daun sambung nyawa dipercaya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak.

Hampir sama dengan kandungan antioksidan pada tanaman lainnya, daun sambung nyawa juga mampu untuk mencegah sel kanker, menurunkan kadar kolesterol, dan menjaga kesehatan hati. Daun ini juga memiliki kemampuan mempercepat pembekuan darah, sehingga banyak yang membuktikan efek samping daun sambung nyawa.

Selain itu juga manfaat daun sambung nyawa untuk kesehatan sebagai antimicrobial, antikarsinogenik, sitotoksik terhadap sel kanker. Bahkan, banyak berbagai penyakit yang dapat sembuh setelah rutin mengonsumsi daun sambung nyawa sehingga banyak orang yang tertarik untuk membuktikannya. Namun, sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk info lebih lanjut.

Cara Mendapatkan Khasiat Daun Sambung Nyawa

Daun sambung nyawa secara umum dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, karena manfaat daun sambung nyawa, dapat dirasakan secara langsung dengan memakannya dalam keadaan mentah sebagai lalapan atau diolah terlebih dahulu menjadi kudapan. Cara tersebut dapat disesuaikan sesuai dengan keinginan.

Cara mengkonsumsi buah sambung nyawa dengan cara diminum secara langsung dalam bentuk suplemen. Untuk meminum yang sudah bentuk kemasan, pastikan ada nomor izin edar yang terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Perlu diingat bahwa minum obat herbal juga harus sesuai aturan pakai yang tertera di label.

Khasiat daun sambung nyawa banyak diketahui setelah penelitian sederhana yang dilakukan di laboratorium, namun akan lebih baik jika diadakan penelitian lebih lanjut dan mendalam untuk memastikan manfaat tanaman jenis satu ini. Oleh karena itu, perlu mengkonsultasikan lebih lanjut pada dokter sebelum mengonsumsi.

Sambung nyawa merupakan nama serapan yang berasal dari Bahasa Jawa. Gynura procumbens adalah nama latin dari daun sambung nyawa. Daun ini banyak yang menyukainya untuk dijadikan lalapan dan kudapan lainnya karena banyak khasiat daun sambung nyawa untuk kesehatan.

Semoga bahasan di atas seputar manfaat daun sambung nyawa dapat bermanfaat untuk semuanya. Apabila kondisi penderita tidak mengalami perubahan, segera hubungi dokter untuk segera mendapatkan penanganan terbaik dan hasil diagnosa yang lebih jelas terkait kondisi tubuhnya.

Selain itu juga manfaat daun sambung nyawa untuk kesehatan untuk menurunkan kadar gula darah, antimicrobial, antikarsinogenik, sitotoksik terhadap sel kanker. Selain itu banyak berbagai penyakit yang dapat sembuh setelah rutin mengonsumsi daun sambung nyawa sehingga banyak orang yang tertarik untuk membuktikannya.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *