6 Manfaat Daun Salam Untuk Wanita, Nomor 5 Sangat Menggoda

sumbersehat – Berita tentang manfaat daun salam untuk wanita sempat tenar beberapa waktu lalu. Sejak saat itu, banyak orang yang berlomba-lomba untuk membuktikan khasiat tersebut. Wajar sih, siapa sangka jika daun yang sering digunakan sebagai pelengkap bumbu masak ini ternyata memiliki manfaat lain.

Daun salam atau Syzygium polyanthum memiliki aroma yang sangat khas, baik pada bagian daun maupun buahnya. Buahnya yang kecil-kecil memiliki tekstur rasa sedikit asam dan manis. Namun, pada kesempatan kali ini akan membahas tentang manfaat dan efek samping daun salam untuk wanita.

manfaat daun salam untuk wanita

Kandungan

Penggunaan daun salam sebagai langkah pengobatan atau terapi bukanlah tanpa alasan, tetapi karena kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Begitu juga dalam manfaat daun salam untuk wanita, hal ini pun turut dipertimbangkan. Berikut adalah sederet nutrisi yang terkandung pada 100 gram daun salam:

a. Kalori : 313 kkal
b. Karbohidrat : 75 gram
c. Lemak Total : 8 gram
Lemak Jenuh : 2.3 gram
Lemak Tak Jenuh Ganda : 2.3 gram
Lemak Tak Jenuh Tunggal : 1.6 gram
d. Protein : 8 gram
e. Serat pangan : 26 gram
f. Magnesium : 120 miligram
g. Kalium : 529 miligram
h. Zat Besi : 43 miligram
i. Vitamin A : 6815 IU
j. Vitamin B6 : 1.7 miligram
k. Vitamin C : 46.5 miligram

Setelah mengetahui daftar kandungan nutrisi di atas, maka sangat wajar jika daun salam kini semakin banyak dilirik. Terutama bagi seorang wanita, hal ini tentu sangat menggiurkan. Nah, berikut adalah daftar manfaat daun salam untuk wanita yang patut untuk dicoba!

Daftar Manfaat Daun Salam Untuk Wanita

Manfaat daun salam dalam dunia kesehatan mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Sebab, ramuan ini memang sudah digunakan nenek moyang sejak dahulu kala. Namun, segelintir orang justru belum mengetahui manfaat daun salam untuk wanita. Oleh karena itu, simak ulasan berikut sampai selesai:

Wajah Tampak Lebih Segar

Salah satu masalah yang sering terjadi pada wanita adalah kulit kusam. Jika hal ini terjadi, maka segera siapkan daun salam kering sebanyak 5 lembar, campurkan dengan dua gelas air panas. Gunakan sebagai facial steam dan rasakan sensasi kesegaran pada wajah.

Proses ini terjadi karena daun salam dapat berfungsi sebagai penghantar untuk memperlancar sirkulasi darah atau rubetacient. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan wajah yang tampak lebih segar. Tertarik untuk mencoba manfaat daun salam untuk wanita yang satu ini?

Mengatasi Mata Lelah

Salah satu risiko yang sering terjadi pada wanita karier atau ibu rumah tangga adalah mata lelah. Jika hal ini terus dibiarkan, maka dapat memicu timbulnya garis-garis halus, kerutan, hingga mata panda. Tak perlu lagi merasa cemas, karena manfaat daun salam untuk wanita juga dapat mengatasi mata lelah.

Caranya, ambil beberapa lembar daun salam, rebus sampai berubah warna. Rendam kapas ke dalam air tersebut, lalu gunakan untuk mengompres mata yang lelah. Lakukan beberapa kali, sampai mata kembali merasa segar. Jika sedang menjalani pengobatan atau terapi dengan air rebusan daun salam, maka ambil sedikit untuk pengompresan.

Merawat Kesehatan Rambut

Sering bersentuhan dengan peralatan salon dan gonta-ganti produk dapat membuat rambut menjadi stres. Tak jarang hal ini memicu kemunculan ketombe dan rambut menjadi rapuh, sehingga banyak yang rontok. Daripada coba-coba produk lain, lebih baik mempercayakannya pada manfaat daun salam untuk rambut wanita.

Gunakan minyak daun salam sebagai tonik rambut, caranya seperti tonik biasa. Namun, jika sulit untuk mendapatkannya, maka gunakan cara alami, yaitu dengan merebus daun salam. Guyurkan pada rambut sebelum keramas, tunggu beberapa saat, lalu bilas menggunakan air bersih.

Mengatasi Masalah Kewanitaan

Berdasarkan pada list di atas, dapat diketahui bahwa salah satu kandungan daun salam adalah zat besi. Nutrisi tersebut terbilang cukup ampuh untuk melancarkan siklus menstruasi yang tidak teratur, yaitu dengan cara menyeimbangkan hormon pada tubuh.

Caranya sama seperti saat membuat air rebusan daun salam yang biasa. Masak 3 gelar air putih sampai mendidih, lalu tambahkan 10 helai daun salam. Rebus lagi hingga menyisakan satu gelas. Manfaat daun salam untuk wanita tersebut tidak hanya melancarkan menstruasi saja, tetapi juga kram perut saat haid dan keputihan.

Menurunkan Berat Badan

Berat badan merupakan salah satu permasalahan pelik bagi seorang wanita. Tak jarang mereka melakoni berbagai macam program diet untuk mendapatkan bobot ideal. Kabar baiknya, manfaat daun salam untuk masalah wanita juga dapat menurunkan berat badan, lho.

Caranya yaitu dengan membuat air rebusan daun salam, dicampur kayu manis. Minumlah pagi hari sebelum sarapan, agar dapat bekerja optimal. Kandungan minyak esensial dan antioksidan pada kayu manis dapat melancarkan metabolisme tubuh. Dengan demikian, pengeluaran energi menjadi lebih optimal dan berat badan menjadi turun.

Sementara pada daun salam terdapat zat diuretik yang dapat merangsang pengeluaran cairan dari dalam jaringan tubuh. Selain itu, senyawa aktifnya dipercaya mampu mengempiskan perut, mengeluarkan tumpukan gas, serta mengatasi gangguan pencernaan. Tidak salah memang, jika manfaat daun salam untuk wanita semakin populer.

Melawan Kanker

Senyawa antioksidan merupakan unsur yang berperan penting dalam melindungi tubuh dari pengaruh radikal bebas. Kondisi ini lama kelamaan dapat menyebabkan sel sehat di dalam tubuh bermutasi dan tumbuh menjadi sel kanker. Selain antioksidan, daun salam juga memiliki beragam senyawa organik, sehingga memberikan perlindungan lebih baik terhadap kanker.

Oleh karena itu, mengosumsi air rebusan daun salam dipercaya mampu mencegah timbulnya sel kanker, termasuk kanker payudara dan serviks. Meski demikian, manfaat daun salam untuk wanita yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut. Sebab, sampai detik ini belum ada obat yang benar-benar dapat menyembuhkan kanker.

Efek Samping

Setelah mengetahui manfaat daun salam untuk wanita, tentu rasanya ingin segera membuktikan, bukan? Meski demikian, pengonsumsian daun salam harus dibatasi dan dilakukan dengan dosis serta cara yang tepat. Sebab, pada beberapa kondisi daun salam dapat menimbulkan efek samping, seperti:

Mengganggu Pencernaan

Perlu diketahui, daun salam jika masuk ke dalam tubuh tidak dapat diuraikan secara sempurna. Oleh karena itu, buang daun salam saat ingin meminum air rebusan ataupun dalam masakan. Sebab, jika tertelan daun salam tidak hanya akan menyumbat tenggorokan, tetapi juga melukai organ lain.

Hipoglikemia

Hipoglikemia adalah suatu kondisi di mana gula darah berada di bawah batas normal. Efek samping ini mungkin saja terjadi pada saat pengonsumsian daun salam pada penderita diabetes. Sebab, daun salam sendiri memiliki efek dapat menurunkan kadar gula di dalam darah.

Menghambat Operasi

Ada dugaan bahwa daun salam dapat memengaruhi kinerja otak dan sistem syaraf, sehingga lebih lambat. Kondisi ini sangat tidak disarankan bagi seseorang yang hendak melakukan operasi. Sebab, daun salam dapat mengganggu efek dari obat-obatan anestesi, baik sebelum, saat, maupun setelah operasi.

Demikian beberapa manfaat daun salam untuk wanita yang dapat dicoba di rumah. Sekali lagi, jika berniat ingin menggunakan daun salam untuk alasan pengobatan, pastikan sudah melakukan konsultasi terlebih dahulu. Jangan gegabah, karena efek samping itu ada.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat sirup parijoto

7 Manfaat Sirup Parijoto bagi Kesehatan, Nomor 3 Penting Sekali

sumbersehat.com - Manfaat sirup parijoto mendadak ramai diperbincangkan saat pandemi berlangsung. Sirup yang berasal dari Kudus ini memiliki beragam kandungan dan berkhasiat bagi tubuh manusia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *