Ternyata Manfaat Daun Salam Untuk Kolesterol Alami Cukup Ampuh!


sumbersehat
– Rupanya sudah lama manusia mengetahui manfaat daun salam untuk kolesterol. Terutama di Indonesia. Hampir seluruh wilayahnya biasa menggunakan daun salam sebagai bumbu masakan. Mulai dari sayur asam, rendang, hingga sambal goreng. Meskipun tidak semua masakan menggunakan daun salam, hanya sebagian besar memanfaatkannya.

Untuk itu, ketahui cara membuat rebusan daun salam yang sesuai agar mendapat manfaat yang diharapkan. Karena meskipun berasal dari bahan alami, tidak bisa dikonsumsi sembarangan. Bukan mendapat manfaat, malah bisa menimbulkan efek yang tidak diinginkan.

manfaat daun salam untuk kolesterol

Kandungan Daun Salam

Menurut penelitian, daun salam mengandung flavonoid yang berfungsi mengontrol kadar lemak dalam darah. Pantas saja banyak orang yang menjadikannya sebagai obat herbal. Salah satu yang paling terkenal manfaatnya adalah sebagai obat kolesterol.

Padahal, selain manfaat daun salam untuk kolesterol, daun rempah ini juga digunakan sebagai antioksidan. Kandungan berbagai vitamin dan mineralnya sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan asam lauratnya juga dapat digunakan sebagai alat pengusir serangga. Maka tidak heran jika salam digunakan untuk mengusir kutu rambut.

Berbagai senyawa aktif dan mineral yang dikandung oleh daun salam membuatnya semakin dikenal masyarakat. Banyak orang memanfaatkannya baik dengan cara memberi atau minta daun ke tetangga. Apalagi pohon salam termasuk jenis rempah yang mudah tumbuh subur di berbagai daerah di Indonesia.

Manfaat Daun Salam

Beberapa manfaat daun salam diulas dalam penjelasan berikut. Jadi selain ada manfaat daun salam untuk kolesterol, juga ada manfaat yang bisa diambil dari daun salam. Konon, buahnya pun enak dimakan. Meskipun sayangnya pohon salam tidak mudah berbuah musiman layaknya mangga. Selain itu usia pohon saat berbuah harus sudah cukup lama.

Penyedap

Masyarakat Indonesia lazim menggunakan daun salam sebagai penyedap masakan. Jadi tidak hanya manfaat daun salam untuk kolesterol yang dapat diambil. Daun salam merupakan salah satu rempah yang paling mudah didapat di pasar tradisional. Semua pasar selalu menyediakan daun ini sebagai salah satu bumbu rempah.

Umumnya hanya masakan bersantan dan tumis dimasak menggunakan daun salam. Namun rupanya ada juga masyarakat yang menggunakan daun salam sebagai penyedap sayur bening. Sayur bayam misalnya. Sangat enak jika diberi daun salam dan dimasak bersama bawang merah goreng yang dicampur ke dalam sayur.

Mungkin zaman dahulu orang belum mengenal manfaat daun salam untuk kolesterol. Mereka hanya tahu bahwa daun salam enak dijadikan bumbu penyedap masakan. Karena akses hasil penelitian masih sangat terbatas. Namun demikian saat ini penelitian mengenai daun salam masih harus dikembangkan dan disosialisasikan dengan baik.

Belum banyak penelitian yang dihasilkan oleh daun salam untuk hidup manusia. Hanya saja jika kita ketikkan kata kunci manfaat daun salam atau daun salam untuk kolesterol, jarang ditemuan jurnal manfaat daun salam untuk manusia. Justru lebih banyak jurnal manfaat daun salam yang diujicobakan pada tikus.

Jadi, meskipun sudah terkenal sebagai bahan penyedap, uji coba daun salam sebagai obat herbal masih sangat terbatas. Padahal untuk menjadi obat dengan takaran dosis khusus yang aman dikonsumsi, bahan alam harus lulus uji coba untuk manusia. Maka manfaat daun salam untuk kolesterol perlu diteliti lagi lebih lanjut efektivitasnya

Obat Herbal Kolesterol Tinggi

Sejauh ini manfaat daun salam untuk kolesterol dipercaya bisa diambil dengan cara meminum air rebusan daun salam. Ini disebabkan oleh kandungan Flavonoid yang dapat mengontrol lemak dalam darah agar tidak berlebihan. Terdapat satu jurnal yang pernah meneliti dampak perlakuan minum air rebusan daun salam untuk pederita kolesterol tiggi.

Penelitian tersebut dilakukan di Lampung, di sebuah puskesmas dengan responded penderita kolesterol sebanyak 20 orang. Perlakuan minum rebusan daun salam diberlakukan lebih dari seminggu. Sebelum dilakukan treatment, angka kolesterol berada di atas 200. Kemudian setelah dilakukan percobaan diukur lagi.

Setelah meminum air rebusan daun salam secara rutin selama beberapa hari, rata-rata kolesterol turun cukup signifikan. Dari yang awalnya sekitar 204, turun menjadi 191. Tentu hasilnya berbeda setiap individu. Angka pengukuran manfaat daun salam untuk kolesterol ini hanya diambil nilai rata-ratanya.

Daun salam juga dipercaya menjadi obat jantung, hipertensi, anti ketombe, anti kutu, dan banyak lainnya. Apalagi cara memanfaatkannya sebagai obat tergolong simpel. Hanya perlu direbus beberapa helai kemudian airnya dibiarkan hingga hangat atau dingin. Setelah itu baru diminum.

Air rebusan daun salam tidak menimbulkan rasa pahit atau atau asam. Hanya ada aroma yang sedap dan rasa yang cenderung hambar. Baik digunakan sebagai obat herbal untuk berbagai macam penyakit. Orang-orang juga menemukan manfaat rebusan daun salam dan sereh sebagai minuman kesehatan.

Melancarkan Pencernaan

Selain untuk obat dan bahan penyedap, daun salam juga dipercaya dapat melancarkan pencernaan. Oleh karena itu, jika tidak memiliki pohon salam sendiri, utamakan menggunakan daun salam dari bumbu rempah sebagai bumbu masakan.

Cara Mengambil Manfaat Daun Salam Untuk Kolesterol

Cara merebus daun salam untuk asam urat dan kolesterol adalah dengan mengambil beberapa helai daun salam. Daun salam yang dapat dijadikan obat adalah daun salam segar atau kering, dengan kualitas yang baik. Tidak berjamur atau hampir busuk. Daun ini kemudian dicuci bersih agar ketika direbus tidak bercampur dengan kotoran.

Manfaat daun salam untuk kolesterol hanya bisa diambil dari satu kali rebusan. Umumnya orang menggunakan 3-5 lembar daun salam untuk segelas air. Maka ketika ingin minum ramuan ini kembali,bisa merebusnya dengan daun baru yang sarinya masih penuh.

Untuk mendapat daun salam segar, di pasar tradisional banyak penjual bumbu rempah yang juga menjual daun salam. Dari segi harga, rempah ini termasuk murah. Tidak semahal jahe, kencur, atau rempah kering seperti lada atau pala. Tidak heran jika ada yang menganggap minum air rebusan daun salam adalah cara sehat yang murah dan mudah.

Efek Samping Daun Salam

Sejauh ini, tidak ditemukan efek samping minum rebusan daun salam yang terjadi fatal pada masyarakat. Mungkin karena kandungan daun salam tidak termasuk bahan berbahaya. Sehingga konsumsi dalam jumlah banyak pun tidak berpengaruh buruk terhadap kesehatan. Dampaknya juga tidak sekeras obat yang “manjur” segera setelah diminum.

Mengulik manfaat daun salam untuk kolesterol sebenarnya harus didasari penelitian yang lebih valid. Agar tidak menimbulkan persepsi dan penggunaan yang justru membahayakan hidup manusia. Namun track record daun salam sejauh ini tidak termasuk dalam bahan berbahaya sehingga siapapun merasa aman mengonsumsinya.

Jika ada efek samping yang ditimbulkan setelah mengonsumsi, maka perlu diteliti ulang. Selain mengonsumsi daun salam, bahan makanan lain apa yang juga masuk ke tubuh. Karena bisa jadi bahaya tersebut bukan disebabkan oleh daun salam namun sebab bahan lain.

Demikian ulasan singkat mengenai manfaat daun salam untuk kolesterol. Bagi para penderita kolesterol yang ingin memanfaatkan daun salam sebagai upaya kesembuhan, tentu tidak bisa menggantungkan hasilnya begitu saja. Tetap perlu ada upaya lain misal dengan mengunjungi dokter dan mengecek kadar kolesterol secara berkala. Juga menghindari makanan tinggi kolesterol.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

Kegunaan daun adas

Ada 14 Contoh Kegunaan Daun Adas Untuk Kesehatan

Ada 14 Contoh Kegunaan Daun Adas Untuk Kesehatan. Tanaman obat yang berasal dari Mediterania ini cukup …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *