15 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

sumbersehat – Ada banyak sekali manfaat daun salam untuk kesehatan. Daun salam biasanya paling sering digunakan sebagai bumbu masakan. Bagi para ibu-ibu atau anak muda yang hobi masak pastinya sudah tidak asing lagi dengan penyedap masakan yang satu ini. Namun, tahukah anda bahwa daun salam selain dikenal sebagai bumbu penyedap masakan ternyata menjadi salah satu tanaman herbal yang dipercaya bisa mengobati beberapa penyakit.

Daun salam cukup banyak manfaatnya bagi kesehatan. Mengingat kandungan beberapa senyawa seperti serat, niasin, tanin, serta vitamin C yang mampu menurunkan kadar trigliserida. kandungan yang terdapat pada daun salam ini membuat anda patut mencobanya untuk dijadikan sebagai obat herbal. Nah, manfaat daun salam untuk kesehatan bisa anda ketahui dari ulasan di bawah ini.

manfaat daun salam untuk kesehatan

Inilah Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Adapun khasiat daun salam untuk kesehatan tubuh adalah:

Mampu Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang sedang melakukan program diet sehat, mengkonsumsi daun salam mampu untuk menurunkan lemak. Cara mendapatkan manfaatnya anda bisa langsung mengunyah daun salam atau mengolahnya. Caranya cukup dengan merebus daun salam kurang lebih 6 lembar dengan 1 liter air bersih. Anda bisa juga menambahkan 1 sendok makan kayu manis bubuk serta madu murni. Campurkan semua bahan tersebut tunggu hingga air rebusan mendidih. Konsumsi air rebusan tersebut setiap pagi hari ketika perut kosong.

Berperan Mengobati Darah Tinggi

Selanjutnya, manfaat daun salam untuk kesehatan adalah dapat mengatasi darah tinggi. Selain sebagai obat diet, daun salam juga bisa mengatasi tekanan darah. Air rebusan daun salam dapat membantu meningkatkan sirkulasi serta mengontrol tekanan darah. Sehingga tekanan darah lebih stabil dan mencegah darah tinggi.

Ini disebabkan karena daun salam kaya akan kandungan flavonoid yang mampu menurunkan tekanan darah. Serta kandungan Quercetin di dalamnya juga berfungsi sebagai senyawa yang berperan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Berperan Untuk Mengobati Asam Urat

Mengkonsumsi rebusan daun salam 2 kali sehari dapat mengatasi penyakit asam urat. Dimana penyakit tersebut kebanyakan dialami oleh orang tua. Mengingat kandungan senyawa aktif kuersetin, mirisetin dan mirisetin dalam daun salam berperan dalam menurunkan kadar asam urat. Sehingga mengkonsumsi ekstrak daun salam bermanfaat untuk mengobati masalah kesehatan seperti asam urat tersebut.

Mengobati Masalah Pencernaan

Manfaat daun salam untuk kesehatan selanjutnya ialah mengurangi masalah dalam pencernaan misalnya perut terasa mual. Dalam merebus daun salam tambahkan buah lemon dan gula untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan mata memang sudah menjadi rahasia umum. Ketika masakan diberi tambahan bumbu daun salam secara otomatis anda sudah bisa mendapatkan manfaatnya.

Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Beberapa orang berpendapat bahwa daun salam juga dipercaya dapat mencegah munculnya batu ginjal. Ekstrak daun salam pada air rebusannya mampu mengurangi urease pada tubuh. Dimana urease sendiri merupakan enzim yang apabila berlebihan dapat menyebabkan beberapa gangguan. Salah satunya yaitu munculnya batu ginjal. Sehingga dengan mengkonsumsi ekstrak daun salam bisa mencegah masalah tersebut.

Mampu Mengontrol Diabetes

Manfaat daun salam untuk kesehatan berikutnya adalah mampu mengontrol diabetes. Mengkonsumsi rebusan daun salam secara rutin juga mampu mengontrol diabetes. Hal tersebut disebabkan adanya kandungan antioksidan dalam daun salam yang dapat membantu proses produksi insulin. Dimana insulin dalam tubuh berperan dalam mengatur kadar gula darah.

Meredakan Sakit Flu Dan Batuk

Tidak hanya minum air rebusan daun salam saja yang bermanfaat untuk kesehatan. Dengan hanya menghirup uap rebusan daun salam ternyata juga bisa menyembuhkan flu serta batuk. Bahkan beberapa masalah pernafasan lainnya yang mengganggu aktivitas keseharian anda.

Mampu Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat daun salam untuk kesehatan berikutnya ialah menjaga kesehatan jantung. Itu karena adanya kandungan flavonoid, seperti fitonutrien, salisilat, dan asam caffeic didalamnya. Sehingga bisa mencegah serangan stroke. Stroke yang umumnya bisa disebabkan oleh beberapa masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi dengan mengkonsumsi rebusan daun salam bisa mengontrol tekanan darah. Sehingga akan terhindar dari masalah jantung dan membuat jantung lebih sehat.

Berperan Untuk Meredakan Stress

Banyaknya kandungan senyawa pada daun salam seperti linalool dapat membantu menurunkan kinerja hormone stress. Anda bisa memanfaatkan seduhan daun salam kering sebagai minuman teh yang bisa anda nikmati ketika bersantai. Menghirup aroma teh tersebut bisa meredakan rasa gelisah, panic dan juga menghilangkan rasa lelah.

Mampu Menjaga Kesehatan Rambut

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan dalam tubuh saja. Manfaat daun salam untuk kesehatan dan kecantikan berkhasiat bagi kesehatan rambut. Cara pemakaiannya yaitu dengan memanaskan daun salam yang dicampurkan dengan minyak zaitun ataupun minyak kemiri selama beberapa menit.

Setelah menghangatkannya anda bisa memakai hot oil tersebut pada kepala sembari dilakukan pijatan lembut. Anda bisa memakai hot oil tersebut setiap 2 hari sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Maka masalah rambut seperti kulit kering dan ketombe bisa berkurang dan teratasi.

Berperan Untuk Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang terdapat pada daun salam bisa membantu mencegah kanker. Dimana antioksidan telah dipercaya sejak lama sebagai penghambat pertumbuhan sel kanker. Maka dari itu, mengkonsumsi rebusan atau ekstrak daun salam dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker.

Bisa Memutihkan Gigi

Tidak hanya berperan untuk mencegah kanker, menyehatkan mata dan masalah kesehatan lainnya. Manfaat daun salam untuk kesehatan lainnya ialah membantu memutihkan gigi. Caranya cukup mudah, ambil 6 lembar daun salam dan jemur hingga kering. Setelah kering, tumbuk daun salam hingga menjadi serbuk dan campur dengan bubuk jeruk lemon.

Gunakan tumbukan tersebut dengan memakai sikat gigi dan gosokkan pada gigi seperti biasanya. Memakai tumbukan daun salam kering sebagai pasta gigi bisa anda gunakan 2 kali sehari sebagai pengganti pasta gigi, alhasil gigi akan terlihat lebih putih, dan aroma mulut terasa lebih segar dan sehat.

Selain dapat memutihkan gigi daun salam bermanfaat untuk menyembuhkan sakit gigi. Kandungan flavonoid pada daun tersebut juga mengandung tanin yang memiliki sifat anti inflamasi serta antimikroba. Sehingga zat tersebutlah yang dapat membuat daun salam mampu menyembuhkan sakit gigi. Kandungan minyak asiri pada daun salam juga memounyai efek analgesic. Cara pemanfaatannya yakni dengan menggunakan rebusan daun salam sebagai obat kumur.

Mempercepat Dalam Penyembuhan Luka

Sifat antimikroba dan antibakteri yang dimiliki daun salam dapat membantu untuk mengobati luka serta bekas luka. Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan dan cara mengolahnya sangat mudah. Anda hanya perlu menumbuk daun salam dan mengoleskannya secara langsung pada luka ataupun bekas luka tersebut.

Mengurangi Rasa Nyeri

Daun salam juga memiliki kandungan minyak. Minyak yang dihasilkan dari daun tersebut dapat dipakai untuk mengurangi rasa nyeri yang bisa disebabkan oleh kesleo, arthritis, rematik, ketegangan otot, dan penyebab lainnya. Hal tersebut disebabkan karena adanya sifat anti peradangan yang terkandung didalamnya.

Begitu banyak Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan yang telah diulas di atas. Untuk bisa mendapatkan manfaat yang berarti caranya cukup mudah hanya dengan merebus atau mengeringkannya untuk dijadikan serbuk dan ekstrak. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk kita semua yang membutuhkan.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat sirup parijoto

7 Manfaat Sirup Parijoto bagi Kesehatan, Nomor 3 Penting Sekali

sumbersehat.com - Manfaat sirup parijoto mendadak ramai diperbincangkan saat pandemi berlangsung. Sirup yang berasal dari Kudus ini memiliki beragam kandungan dan berkhasiat bagi tubuh manusia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *