13 Manfaat Daun Salam Untuk Kecantikan, Solusi Perawatan Wajah Alami!

sumbersehat – Indonesia negara yang kita cintai ini memiliki keanekaragaman hayati khususnya berbagai flora yang tumbuh subur tersebar hampir di berbagai pulau. Salah satunya adalah pohon salam yang merupakan salah satu jenis tumbuhan dengan berbagai manfaat. Bagian daun pohon ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Selain untuk kesehatan manfaat daun salam untuk kecantikan juga sangat baik.

Daun salam mempunyai aroma yang khas karena itu biasanya banyak digunakan sebagai pelengkap aroma penyedap masakan. Selain sebagai penyedap masakan daun salam juga memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Ada banyak manfaat dari daun salam yang dapat digunakan untuk merawat kecantikan, berikut beberapa ulasannya.

manfaat daun salam untuk kecantikan

Inilah Manfaat Daun Salam Untuk Kecantikan Yang Layak Untuk Dicoba

Manfaat daun salam untuk kecantikan kulit sebenarnya sangat banyak. Salah satunya dapat digunakan sebagai obat seperti untuk pengobatan asam urat, kencing manis, maupun untuk pencernaan, diare, gatal-gatal dan masih banyak yang lainnya. Selain sebagai obat untuk kesehatan daun salam juga dapat digunakan untuk merawat kecantikan agar wajah terlihat lebih sehat dan berseri.

Ada berbagai manfaat daun salam untuk kecantikan yang layak untuk dicoba sebagai perawatan kecantikan wajah secara alami. Berikut beberapa ulasan tentang manfaat daun salam sebagai perawatan kecantikan wajah dan juga rambut yang wajib untuk diketahui. Yuk kita simak manfaatnya untuk apa saja sebagai salah satu solusi alami untuk kecantikan wajah:

Untuk Mencerahkan Kulit Wajah

Salah satu manfaat daun salam untuk kecantikan kulit dapat digunakan sebagai bahan perawatan alami untuk mencerahkan kulit wajah. Karena kandungan vitamin A dan C yang ada di dalam daun salam ini dapat mencerahkan kulit wajah secara alami.

Lalu bagaimana cara konsumsi daun salam untuk mendapatkan manfaat dari daun salam ini ? Sebenarnya caranya sangat mudah. Ambillah beberapa lembar daun salam dan cuci bersih di bawah air yang mengalir. Kemudian rebuslah beberapa lembar daun salam tersebut dengan beberapa gelas air. Biarkan hingga tinggal satu gelas, angkat dan dinginkan. Minum secara rutin setiap hari.

Untuk Mengatasi Keriput Wajah

Salah satu manfaat daun salam untuk kecantikan yang lainnya adalah untuk mengatasi keriput di wajah akibat dari bertambahnya usia. Karena daun salam mengandung antioksidan yang tinggi. Dengan mengkonsumsi rebusan air daun salam ini maka manfaat antioksidannya dapat mengurangi terjadinya kerutan di wajah.

Cara konsumsi daun salam untuk kecantikan dan mengurangi kerutan di wajah dengan merebus beberapa lembar daunnya. Baik daun salam yang masih basah maupun yang sudah kering. Keduanya dapat digunakan sebagai solusi alami untuk mengatasi kerutan di wajah dan penuaan kulit akibat pertambahan usia maupun adanya radikal bebas.

Untuk Mengurangi Jerawat

Manfaat daun salam untuk kecantikan kulit wajah lainnya untuk mengurangi timbulnya jerawat. Karena daun salam ini mengandung parthenolide yang berfungsi sebagai zat anti inflamasi. Selain itu daun salam juga mengandung senyawa antiseptik yang dapat mengurangi peradangan akibat timbulnya jerawat.

Cara penggunaan daun salam untuk mengurangi jerawat sebaiknya menggunakan daun salam kering yang dihaluskan. Caranya dengan ditumbuk hingga halus dan kombinasikan dengan sedikit perasan air jeruk lemon. Kemudian tempelkan pada wajah yang berjerawat dan biarkan hingga mengering. Kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara teratur agar memperoleh manfaat yang maksimal.

Untuk Melancarkan Sirkulasi Darah

Selanjutnya salah satu manfaat daun salam untuk kecantikan adalah sebagai toner atau penyegar pada kulit wajah. Karena daun salam mempunyai kandungan rubefacient yang dapat melancarkan aliran darah sehingga kulit wajah akan selalu terlihat lebih segar.

Penggunaannya dengan cara dikonsumsi secara teratur dengan cara merebus beberapa daun salam dengan tiga gelas air. Biarkan mendidih hingga tinggal satu gelas. Kemudian setelah agak dingin bisa langsung diminum. Lakukan secara teratur dua kali sehari agar manfaatnya dapat lebih maksimal untuk merawat kecantikan kulit wajah.

Untuk Toner dan Penyegar

Manfaat daun salam untuk kecantikan yang berikutnya adalah sebagai toner dan penyegar wajah. Daun salam dapat digunakan sebagai toner atau penyegar wajah secara alami. Untuk mendapatkan manfaatnya sangat mudah dengan cara merebus beberapa lembar daun salam dengan api kecil hingga mendidih.

Kemudian setelah air rebusan daun salam tersebut sudah dingin masukkan ke dalam botol. Semprotkan air rebusan daun salam secara perlahan ke seluruh wajah yang sudah dibersihkan terlebih dulu. Lakukan secara rutin pada pagi dan malam hari sebelum dan sesudah melakukan berbagai aktivitas di luar rumah. Dengan pemakaian yang teratur maka kulit wajah akan menjadi lebih segar.

Untuk Mengurangi Gatal Dan Bruntusan Di Kulit Wajah

Manfaat daun salam untuk kecantikan selanjutnya adalah untuk mengurangi gatal dan bruntusan pada kulit. Karena daun salam mengandung etanol yang dapat berfungsi sebagai anti jamur dan juga anti bakteri. Sehingga dapat mencegah terjadinya gatal dan bruntusan pada kulit.

Untuk mendapatkan manfaat dari daun salam ini caranya dengan menghaluskan daun salam yang sudah dikeringkan. Kemudian ambil sedikit saja untuk diaplikasikan dengan minyak zaitun atau bisa juga menggunakan minyak kelapa. Kemudian oleskan tipis-tipis saja secara perlahan pada seluruh kulit wajah. Biarkan beberapa saat dan bilas dengan air bersih. Lakukan secara teratur.

Untuk Melembabkan Kulit Wajah

Salah satu kandungan dalam daun salam ini juga dapat bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit wajah. Untuk mendapatkan manfaat ini dapat dilakukan dengan cara merebus daun salam hingga mendidih. Kemudian uap dari rebusan daun salam tersebut biarkan mengenai seluruh permukaan kulit wajah. Biarkan uap yang menempel di wajah tersebut selama beberapa saat hingga menghilang.

Untuk Mengurangi Terjadinya Hipermentasi Pada Kulit

Selain beberapa manfaat tersebut di atas masih ada manfaat daun salam untuk kecantikan yang lainnya. Yaitu sebagai anti hipermentasi yang terjadi pada kulit sehingga mengakibatkan warna kulit wajah menjadi tidak merata. Hipermentasi pada kulit wajah ini bisa terjadi akibat adanya radikal bebas pada kulit Bisa juga karena faktor usia maupun akibat paparan sinar matahari yang berlebihan.

Berbagai manfaat daun salam ini dapat digunakan sebagai perawatan kecantikan secara alami. Hal tersebut karena beberapa khasiat daun salam ini karena adanya kandungan nutrisi dan vitamin serta zat antioksidan yang ada pada daun salam. Seperti Vitamin A, Vitamin C, Ekstrak Etanol, Minyak Atsiri, Tanin, folat, Zinz, zat besi dan masih banyak lagi kandungan yang lainnya.

Manfaat Daun Salam untuk Kecantikan Yang Lainnya

Karena kandungan yang ada dalam daun salam tersebut maka selain untuk merawat kecantikan kulit secara alami, daun salam juga mempunyai manfaat lain. Yaitu untuk merawat kecantikan dan kesehatan rambut. Beberapa khasiat daun salam untuk kesehatan dan kecantikan rambut antara lain:

  • Menghilangkan ketombe
  • Menghilangkan kutu pada rambut
  • Menghaluskan rambut
  • Meluruskan rambut
  • Membuat rambut sehat dan berkilau

Demikian beberapa informasi mengenai manfaat daun salam untuk kecantikan, semoga dapat bermanfaat sebagai solusi alami untuk menjaga kecantikan kulit wajah.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat buah plum

Ketahui 8 Manfaat Buah Plum bagi Kesehatan, Terutama untuk Wanita

sumbersehat.com – Manfaat buah plum untuk wanita memang seringkali kita dengar di tengah masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *