4 Manfaat Daun Salam Untuk Darah Tinggi, Cara Mengonsumsi dan Efek Sampingnya

sumbersehat – Manfaat daun salam untuk darah tinggi bisa dijadikan alternatif di samping penggunaan obat. Daun salam banyak ditemui di lingkungan sekitar dan membuat ramuannya pun cukup mudah. Banyak orang mengakui khasiat daun salam ini dapat membantu menurunkan dan menjaga tekanan darah. Meskipun demikian, sebaiknya perlu memahami terlebih dahulu tentang daun salam ini, sebelum mengonsumsinya.

Ada beragam masakan indonesia yang menggunakan daun salam sebagai tambahan pada bumbu. Selain sebagai bumbu masakan, ada juga kegunaan daun salam untuk darah tinggi. Seseorang dinyatakan mengidap darah tinggi jika tekanannya melebihi 130/80 mmHg. Untuk mencegah komplikasi dengan penyakit lain, sebaiknya tekanan darah diturunkan ke angka normal. Bisa dilakukan dengan konsumsi daun salam.

manfaat daun salam untuk darah tinggi

Manfaat Daun Salam Untuk Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi dapat diderita oleh siapapun dan memiliki risiko yang cukup fatal. Penderita bisa saja mengalami gagal jantung, penyakit jantung koroner, atau kerusakan pada retina mata. Umumnya, penderita disarankan menjaga pola makan, pola istirahat, dan mengonsumsi obat penurun tekanan darah. Selain itu, dapat juga mengonsumsi ramuan daun salam karena memiliki kandungan yang bermanfaat sebagai berikut:

Mencegah Terjadinya Stroke

Daun salam diketahui memiliki kandungan senyawa fitonutrien, Salisilat dan asam caffeic. Zat-zat ini memiliki manfaat dalam mencegah terjadinya stroke. Mengingat penderita darah tinggi memiliki risiko mengalami stroke, maka akan baik jika mengonsumsi secara rutin. Dengan demikian, tekanan darah terjaga dan risiko komplikasi berupa stroke dapat dihindari.

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat Daun Salam Untuk Tekanan Darah Tinggi juga diperoleh berkat adanya kandungan Flavonoid. Tekanan darah tinggi bisa terjadi karena beberapa hal. Di antaranya adalah pengerasan dan penyempitan pada pembuluh darah. Ramuan daun salam dipercaya dapat membantu melebarkan pembuluh dan membuat aliran darah semakin lancar.

Namun, perlu diingat bahwa manfaat daun salam untuk darah tinggi akan tampak jika dikonsumsi secara rutin. Sebagaimana bahan herbal lainnya, hasil yang didapat tidak tampak seketika, melainkan setelah beberapa kali mengonsumsi. Meskipun demikian, beberapa penelitian menunjukkan hasil yang signifikan dalam penurunan tekanan darah pada pasien.

Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah

Selanjutnya, manfaat daun salam untuk darah tinggi juga mengatasi kadar kolesterol tinggi dalam darah. Tingginya kadar kolesterol juga dapat menyebabkan terjadinya darah tinggi. Hal ini disebabkan oleh lemak yang mengendap pada pembuluh darah. Kandungan quercetin dalam rebusan daun salam, membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan demikian, endapan lemak dalam darah dapat disingkirkan, peredaran darah menjadi lancar, dan tekanannya dapat menurun.

Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung

Menurut penelitian, ditemukan bahwa selain manfaat daun salam untuk darah tinggi, juga memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan jantung. Adanya flavonoid dan fitonutrien membuat kinerja jantung lebuh baik. Hal ini membuat peredaran darah lebih lancar dan tekanan darah menurun. Kolerasi antara tekanan darah dan kesehatan jantung memang cukup dekat, sehingga pengobatannya perlu dilakukan beriringan.

Cara Mengonsumsi Daun Salam Untuk Darah Tinggi

Manfaat daun salam untuk darah tinggi bisa diperoleh dengan dua cara, yaitu mengonsumsi ekstraknya yang dapat ditemukan di pasaran. Selain itu, dapat juga membuat ramuan sendiri di rumah, dengan menggunakan daun salam segar. Cara membuatnya cukup mudah, hanya merebusnya dengan air mendidih hingga jumlah airnya menyusut.

Takaran yang bisa digunakan adalah sepuluh lembar daun salam yang direbus dalam 300 ml air. Pertama, pilih daun salam yang masih segar dan tidak terlalu tua. Cuci bersih daun salam menggunakan air mengalir, kemudian rebus dengan 300 ml air mendidih. Kecilkan api, rebus hingga air menyusut menjadi 200 ml. Bagi ke dalam dua gelas, masing-masing 100 ml. Minum pagi dan sore. Masing-masing satu gelas.

Efek Samping Samping Daun Salam

Beberapa penelitian memang menunjukkan bahwa manfaat daun salam untuk darah tinggi memang cukup bagus. Namun, dalam mendapatkan khasiat daun salam untuk darah tinggi tetap perlu berhati-hati. Hal ini disebabkan adanya kemungkinan terjadinya efek samping pada beberapa kondisi efek samping dapat timbul akibat dosis yang berlebihan. Berikut beberapa efek samping yang dapat timbul.

Gangguan Kehamilan

Konsumsi daun salam oleh ibu hamil dan menyusui perlu dilakukan dengan hati-hati. Ada baiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Hal ini disebabkan oleh belum adanya informasi yang akurat mengenai takaran atau dosis yang aman bagi ibu hamil. Konsumsi yang berlebihan dikhawatirkan dapat menyebabkan ibu hamil mengalami gangguan kehamilan

Mengganggu Efektivitas Obat-obatan Anestesi

Selain adanya manfaat daun salam buat darah tinggi ternyata ada efek yang dikhawatirkan terjadi pada orang yang akan menjalani operasi. Diduga efek obat anestesi dapat menurun pada orang yang mengonsumsi daun salam. Oleh sebab itu jika akan menjalani pembedahan, sebaiknya menghindari konsumsi rebusan daun salam setidaknya seminggu sebelumnya.

Menyebabkan Hipoglikemia

Selain manfaat daun salam untuk darah tinggi, kegunaan lainnya adalah dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Namun, jika air rebusan daun salam dikonsumsi berlebihan oleh penderita darah tinggi yang sekaligus mengidap diabetes, akan timbul efek samping. Pasien tersebut dapat mengalami hipoglikemia, yaitu kondisi akibat menurunnya kadar gula darah secara drastis.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Mengambil Manfaat Daun Salam Untuk Darah Tinggi

Manfaat daun salam untuk darah tinggi akan lebih efektif dan minim efek samping jika dikonsumsi dengan benar. Setiap orang yang menerapkan konsumsi air rebusan daun salam sebaiknya memperhatikan beberapa hal agar manfaatnya dapat optimal. Berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan saat mengonsumsi air rebusan daun salam untuk menurunkan tekanan darah.

Takaran Atau Dosis

Sebagaimana umumnya ramuan herbal buatan rumahan, kendalanya ada pada takarannya. Lebih banyak orang mengonsumsi ramuan herbal berdasarkan kira-kira saja. Jadi, dalam mengonsumsi air rebusan daun salam, perlu diperhatikan dosisnya, yaitu tidak lebih dari dua gelas sehari. Sebaiknya sabar dalam menunggu hasilnya tampak, dibandingkan konsumsi melebihi dosis yang mengakibatkan efek samping.

Kebersihan

Satu lagi hal yang harus diperhatikan adalah segi kebersihan rebusan daun salam yang dibuat agar terhindar dari risiko gangguan pencernaan. Sebelum direbus, daun salam harus dipastikan dalam kondisi bersih, bebas dari kotoran dan serangga. Cuci daun salam dengan air mengalir, gosok sedikit permukaannya untuk membersihkan dari kotoran atau telur serangga yang mungkin menempel.

Kondisi Kesehatan

Bisa jadi ada suatu gangguan kesehatan yang menyertai kondisi darah tinggi, sehingga membuat harus berhati-hati saat mengonsumsi ramuan daun salam. Sebab, ada kemungkinan konsumsi daun salam yang baik bagi darah tinggi memiliki efek kurang baik untuk penyakit lain yang menyertai. Ada baiknya melakukan konsultasi kepada dokter terlebih dahulu untuk memastikan tidak adanya kontraindikasi.

Itulah tadi manfaat daun salam untuk darah tinggi yang didapatkan dengan cara alami. Memanfaatkan tanaman berkhasiat yang ada di sekitar dapat menjadi alternatif pengobatan. Tujuannya adalah memperoleh kesembuhan dan mengurangi risiko efek samping obat kimia. Meskipun demikian, orang yang mengidap tekanan darah tinggi perlu sabar dan telaten dalam mendapatkan hasilnya.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat sirup parijoto

7 Manfaat Sirup Parijoto bagi Kesehatan, Nomor 3 Penting Sekali

sumbersehat.com - Manfaat sirup parijoto mendadak ramai diperbincangkan saat pandemi berlangsung. Sirup yang berasal dari Kudus ini memiliki beragam kandungan dan berkhasiat bagi tubuh manusia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *