15 Manfaat Daun Pegagan untuk Obat Herbal Penyakit

sumbersehat.com – Manfaat daun pegagan saat ini sudah semakin banyak diketahui dan sedang menjadi primadona. Centella Asiatica merupakan nama lain dari tumbuhan yang memiliki bentuk daun menyerupai ginjal dengan pinggiran daun bergelombang. Pengobatan di masyarakat Cina dan pengobatan Ayurveda sudah sejak lama memanfaatkan pegagan sebagai bahan untuk mengobati penyakit.

Daun pegagan banyak tumbuh liar di kebun dan bahkan di pinggir jalan. Daun ini bisa dikonsumsi sebagai sayuran, cukup direbus ataupun ditumis, maka daun ini akan menjadi sajian lezat. Selain itu, banyak sekali khasiat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi pegagan. Salah satunya adalah khasiat daun pegagan untuk wajah yang kini banyak ditemui dalam produk perawatan wajah.

manfaat daun pegagan
manfaat daun pegagan

Inilah 8 Khasiat Daun Pegagan untuk Kesehatan Tubuh

Berikut manfaat daun pegagan untuk kesehatan:

1. Khasiat daun pegagan untuk mempercepat proses penyembuhan pada luka

Manfaat daun pegagan bagi kulit yaitu membantu proses agar luka segera sembuh. Daun pegagan mengandung zat triterpene yang penting dalam proses penyembuhan luka. Triterpene berfungsi untuk membantu pembentukan pembuluh darah yang baru saat kulit terluka dan membantu produksi kolagen. Kedua hal tersebut yang menjadikan pegagan bagus untuk penyembuhan luka.

2. Manfaat daun pegagan untuk meredakan sakit pada persendian

Daun pegagan mengandung zat anti radang yang dapat bermanfaat untuk meredakan rasa sakit pada persendian. Konsumsi daun pegagan secara rutin akan membantu melindungi kesehatan tulang dan sendi.

3. Khasiat daun pegagan untuk meningkatkan kemampuan kognitif otak

Manfaat pegagan untuk anak hingga kini belum ada penelitian yang mendukung. Namun pegagan diketahui dapat meningkatkan kemampuan kognitif seseorang sehingga juga bagus untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak.

4. Manfaat daun pegagan untuk meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat daun pegagan yang tidak kalah penting adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh. Antioksidan yang dimiliki daun pegagan akan membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Imun tubuh sangat diperlukan untuk melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh kuman, bakteri dan virus.

5. Khasiat daun pegagan untuk membantu memperbaiki sirkulasi darah

Sirkulasi darah yang terganggu pada tubuh tentu saja akan memberikan efek kurang baik bagi tubuh dan menimbulkan beberapa penyakit. Manfaat daun pegagan bagi tubuh antara lain untuk membantu memperbaiki sirkulasi darah sehingga aliran darah lancar ke seluruh tubuh. Senyawa yang dimiliki centella asiatica akan meningkatkan daya pompa jantung.

6. Manfaat daun pegagan untuk mengatasi insomnia

Berikutnya, khasiat daun pegagan lainnya yang belum banyak diketahui adalah untuk mengatasi insomnia. Insomnia tentu saja sangat mengganggu dan berakibat tidak baik bagi tubuh jika berkelanjutan. Daun pegagan memiliki efek menenangkan sehingga membuat tubuh merasa nyaman dan tenang. Efek menenangkan inilah yang membuat seseorang menjadi lebih mudah untuk tidur.

7. Khasiat daun pegagan sebagai anti depresan

Khasiat daun pegagan yang patut diketahui adalah sebagai salah satu anti depresan alami. Mengkonsumsi daun pegagan secara rutin dapat menurunkan tingkat kecemasan, kesedihan dan kekhawatiran yang dialami seseorang.

8. Manfaat daun pegagan untuk mengobati penyakit alzheimer

Alzheimer merupakan suatu jenis penyakit yang disebabkan oleh menurunkan fungsi otak. Orang yang mengidap penyakit ini biasanya sudah berusia lanjut sehingga kemampuan otak sudah menurun. Manfaat daun pegagan untuk otak adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif otak dan melindungi otak dari racun.

Penggunaan ekstrak pegagan untuk kecantikan sebaiknya dengan melakukan uji coba alergi terlebih dahulu. Meskipun pegagan termasuk dalam jenis tumbuhan herba, namun ada beberapa orang yang kulitnya sensitif terhadap zat-zat yang terkandung dalam pegagan. Manfaat daun pegagan akan menjadi sia-sia jika diaplikasikan pada kulit yang alergi.

Cara melakukan pengujian pada produk perawatan kulit berbahan dasar pegagan adalah dengan mengoleskan produk tersebut pada kulit bagian dalam. Diamkan selama 24 jam dn lihat reaksinya. Jika kulit tidak memberikan reaksi, maka produk tersebut aman digunakan. Namun jika kulit mengalami tanda-tanda alergi atau iritasi, sebaiknya hindari menggunakan produk tersebut.

Saat ini cukup mudah mendapatkan daun pegagan kering, ekstrak daun pegagan dan juga suplemen berbahan dasar pegagan. Penggunaan pegagan untuk pengobatan bersamaan dengan obat dokter sebaiknya dihindari. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika terpaksa harus melakukannya. Hal ini penting dilakukan agar tidak muncul efek samping yang dapat merugikan.

7 Khasiat Daun Pegagan untuk Kecantikan

Ada beberapa manfaat daun pegagan untuk kecantikan, diantaranya adalah:

1. Khasiat daun pegagan untuk melembabkan kulit wajah

Manfaat daun pegagan yang pertama adalah untuk melembabkan kulit wajah. Pegagan sangat cocok digunakan untuk kulit kering dan sensitif. Pembuluh darah akan dilindungi oleh centella asiatica ini sehingga air akan tertahan di dalam kulit dan menjadikan kulit terjaga kelembabannya. Kulit wajah akan terlihat segar dan kenyal.

2. Manfaat daun pegagan untuk mengobati jerawat

Daun pegagan mengandung zat anti radang. Salah satu manfaat daun pegagan untuk kecantikan adalah untuk mengobati jerawat. Jerawat merupakan salah satu bentuk radang yang muncul di area kulit wajah karena adanya kuman atau bakteri.

3. Khasiat daun pegagan untuk mencegah penuaan kulit atau anti aging

Daun pegagan dikenal memiliki antioksidan yang tinggi. Hal ini menjadikan khasiat daun pegagan tidak diragukan lagi untuk mencegah dan melawan tanda-tanda penuaan dini pada wajah. Penuaan dini pada kulit wajah disebabkan karena berkurangnya kadar kolagen pada kulit, radiasi sinar matahari, polusi dan juga gaya hidup.

4. Manfaat daun pegagan untuk mencerahkan kulit wajah

Kandungan antioksidan yang tinggi pada pegagan membantu pembentukan kolagen tubuh. Antioksidan tinggi membantu kulit terlindungi dari radiasi sinar matahari dan juga polusi. Hal ini akan membuat kulit wajah terlihat lebih cerah dan tentu saja menyehatkan.

5. Khasiat daun pegagan untuk mengurangi selulit pada kulit

Salah satu permasalahan kulit yang kerap dihadapi oleh wanita adalah munculnya selulit. Selulit sering dijumpai pada ibu hamil, ibu pasca melahirkan atau wanita yang mengalami perubahan berat badan secara drastis. Ekstrak daun pegagan akan membantu memperlancar metabolisme pada jaringan ikat. Hal tersebut menyebabkan lemak yang ada akan terurai sehingga selulit berkurang.

6. Manfaat daun pegagan untuk menyamarkan stretch mark

Stretch mark kerap muncul pada ibu hamil dan pasca melahirkan. Garis-garis pada kulit terutama area perut dan paha ini terjadi karena adanya peregangan kulit secara drastis. Manfaat daun pegagan untuk menyamarkan stretch mark banyak dimanfaatkan oleh industri kecantikan untuk membuat produk penghilang stretch mark.

7. Khasiat daun pegagan untuk mengatasi kerontokan rambut

Selanjutnya, khasiat daun pegagan yang belum banyak diketahui adalah untuk mengatasi kerontokan rambut. Pegagan kaya akan nutrisi yang bagus untuk kulit kepala sehingga akan menyuburkan rambut dan mencegah rambut menjadi rontok. Zat gizi pada daun pegagan akan merangsang pertumbuhan rambut sehingga dapat digunakan untuk mengatasi kebotakan.

Banyak produk kecantikan saat ini telah menggunakan ekstrak centella asiatica sebagai salah satu bahan bakunya. Selain untuk kecantikan dan kulit, manfaat daun pegagan ini sudah lama digunakan untuk pengobatan. Pengobatan herbal dengan cara mengkonsumsi daun pegagan sudah sejak lama diketahui.

Manfaat daun pegagan yang sangat banyak kini juga dapat dinikmati dalam kudapan. Keripik daun pegagan dapat dengan mudah dijumpai baik di pasar tradisional ataupun pasar modern. Jenis makanan ini juga bisa dengan mudah diperoleh dengan melakukan pembelanjaan online.

Tumbuhan liar ini sekarang mulai banyak yang membudidayakan karena tingginya permintaan akan daun pegagan. Industri kecantikan dan industri obat herbal membutuhkan pasokan centella asiatica dalam jumlah yang banyak.

Demikianlah manfaat daun pegagan yang sangat bagus untuk tubuh. Tertarik untuk mengkonsumsi daun pegagan?

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat buah plum

Ketahui 8 Manfaat Buah Plum bagi Kesehatan, Terutama untuk Wanita

sumbersehat.com – Manfaat buah plum untuk wanita memang seringkali kita dengar di tengah masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *