13 Manfaat Daun Pakis bagi Kesehatan dan Kecantikan yang Wajib Anda Ketahui

sumbersehat.com – Selain mudah untuk dibudidayakan, ada banyak sekali manfaat daun pakis. Kandungan nutrisi di dalam daun pakis sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Salah satu jenis tanaman paku yang sangat mudah kita jumpai merupakan tanaman pakis. Hidup berkelompok/berkoloni merupakan ciri khas dari tanaman yang satu ini.

Sebagian besar orang mengonsumsi daun pakis dengan dibuat sayuran rumahan. Tidak heran jika saat ini banyak kita temui orang-orang yang melakukan budidaya pakis sayur. Daun pakis atau bisa juga disebut pakis haji kaya akan kandungan antioksidan vitamin A, zat besi dan masih banyak lagi.

manfaat daun pakis
manfaat daun pakis

Kandungan Daun Pakis

Seperti yang kita ketahui bahwa manfaat dari tumbuhan tak lepas dari kandungan nutrisinya. Nah, berikut kandungan nutrisi daun pakis:

1. Antioksidan Alami

Seperti yang sudah kita ulas sedikit di awal, daun pakis kaya akan kandungan antioksidan. Bahkan di dalam daun yang satu ini juga terdapat vitamin C. Manfaat daun pakis haji yang pertama terkait kandungan vitamin tersebut adalah untuk kekebalan tubuh. Jika Anda sedang diet, sayur daun pakis dapat menjadi salah satu daftar menu yang wajib Anda konsumsi.

Selain aman, sayur daun pakis akan memberikan sensasi kenyang lebih lama. Untuk menu kombinasi, Anda dapat menambahkan sayur atau buah favorit Anda. Antioksidan di dalam daun pakis akan melindungi tubuh kita dari infeksi. Ia juga berfungsi melindungi dari radikal bebas penyebab kanker dan penuaan dini.

2. Niasin dan Kalium untuk Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Khasiat daun pakis untuk kesehatan jantung adalah karena niasin dan kalium di dalamnya. Mengonsumsi sayur pakis secara rutin akan membantu dalam melindungi jantung dan menurunkan kolesterol. Hal ini dikarenakan kandungan kalium dan niasin di dalam daun pakis. Bagi Anda yang sering mengalami tekanan darah tinggi, sayur pakis juga baik untuk dikonsumsi. Tidak hanya baik untuk jantung, sayur pakis juga berfungsi menurunkan tekanan darah dan mengurangi terkena stroke.

3. Zat Besi untuk Meningkatkan Sel Darah Merah

Karena kaya akan zat besi, manfaat daun pakis selanjutnya adalah untuk meningkatkan sel darah merah. Makan sayur pakis secara rutin akan membantu kita terlindungi dari anemia. Hal ini dikarenakan darah kita kaya akan oksigen.

4. Vitamin A di dalamnya Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Seperti yang kita ketahui, vitamin A sangat berguna dalam menjaga mata agar tetap sehat. Daun pakis memiliki kandungan nutrisi berupa vitamin A yang sangat berguna untuk kesehatan mata kita. Yang lebih menakjubkan, khasiat daun pakis juga melindungi mata dari degenerasi makula seiring usia yang bertambah.

Tak hanya melindungi dari degenerasi makula, kandungan vitamin A di dalamnya juga membantu kulit dan mata tetap lembab. Degenerasi jaringan, otot, gigi dan juga tulang merupakan manfaat daun pakis lainnya. Dengan begitu, generasi lansia juga dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran yang satu ini.

5. Mangan untuk Menjaga Kadar Gula Darah

Mangan merupakan salah satu nutrisi yang terdapat di dalam sayur pakis. Fungsi dari mangan sendiri untuk menjaga kadar gula darah serta mengatur fungsi tiroid. Sehingga tubuh kita akan lebih sehat dan bugar karena kadar gula darah yang terjaga dengan baik.

Tak hanya menjaga kadar gula dalam darah, mangan juga berguna untuk membantu menjaga kepadatan tulang. Osteoporosis pada lansia dapat dicegah dengan baik jika rutin mengonsumsi sayur pakis. Bahkan, ia juga membantu kita dalam mengendalikan metabolisme tubuh.

6. Potasium untuk Meningkatkan Fungsi Elektrolit

Sayur pakis memiliki kandungan potasium yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi elektrolit. Karena kandungan tersebut, manfaat daun pakis juga bisa untuk meningkatkan kekuatan otot serta mencegah terjadinya kram.

7. Omega 3 untuk Mencegah Kanker dan Alzheimer

Asam lemak omega 3 di dalam sayur pakis sangat berguna dalam pencegahan kanker dan alzheimer. Dikarenakan kandungan omega 3 ini, rutin mengonsumsi sayur pakis juga akan membantu dalam banyak hal. Di antaranya seperti mencegah peradangan serta menjaga kesehatan kulit dan rambut dengan baik.

Inilah Khasiat Daun Pakis bagi Kesehatan yang Harus Anda Ketahui

Tidak banyak yang tahu jika ada segudang manfaat daun pakis yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Khasiat Daun Pakis untuk Mencegah Sembelit dan Gangguan Pencernaan Lainnya

Manfaat daun pakis kali ini sangat cocok bagi Anda yang sering mengalami masalah pencernaan. Daun pakis kaya akan serat yang tentunya sangat baik untuk pencernaan. Gangguan pencernaan seperti sembelit dapat dicegah dengan mengonsumsi daun pakis secara rutin. Serat yang terkandung di dalamnya akan membantu dalam menjadikan usus kita bersih. Ketika usus kita bersih maka sistem pencernaan makanan akan bekerja dengan baik.

2. Manfaat Daun Pakis untuk Meningkatkan Nafsu Makan

Bagi Anda yang mengalami kendala dalam peningkatan nafsu makan, cobalah gunakan lauk sayur pakis. Nasi pulen yang hangat, ikan asin serta sayur pakis akan membangkitkan selera makan Anda. Jangan heran jika karena menu ini akan membuat Anda menambah porsi makan.

3. Khasiat Daun Pakis untuk Mengatasi Stress dan Depresi

Makanan yang lezat seperti sayur pakis akan membantu kita untuk mengeluarkan hormon anti stress. Hormon tersebut di antaranya berupa dopamin, endorfin dan serotonin. Sayur pakis dapat menjadi salah satu antidepresan alami yang ampuh tanpa risiko yang membahayakan.

4. Manfaat Daun Pakis untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak

Mengajarkan anak-anak untuk mengonsumsi sayuran sejak dini merupakan hal yang cukup krusial. Kecerdasan otak dipengaruhi oleh apa yang dikonsumsinya, termasuk sayur. Metode yang dapat Anda coba adalah dengan merutinkan membuat olahan sayur pakis di rumah secara rutin.

5. Khasiat Daun Pakis untuk Mencerahkan dan Menghaluskan Kulit

Selanjutnya, manfaat daun pakis adalah untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit. Bagi Anda yang mendambakan kulit yang cerah dan halus. Pasalnya, perawatan kulit menggunakan krim dan lotion saja tidak cukup. Anda juga diharuskan merawat kesehatan dari dalam dengan menjaga apa yang dikonsumsi.

Kaya akan vitamin dan mineral, sayur pakis berguna dalam mencerahkan sekaligus menghaluskan kulit. Selain murah, perawatan seperti ini juga akan berdampak baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

6. Manfaat Daun Pakis Bagi Penderita Diabetes

Rendah gula dan lemak di dalam sayur pakis baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Meskipun diabetesnya sedang kumat, para penderita diabetes tetap aman mengonsumsi sayur pakis. Jika Anda penderita diabetes, Anda bisa menjadikan sayur pakis menjadi salah satu menu harian Anda.

7. Khasiat Daun Pakis untuk Mencegah Gangguan Ginjal

Kesehatan ginjal menjadi salah satu hal yang paling penting untuk kita perhatikan. Manfaat daun pakis yang satu ini sudah dipercaya oleh banyak orang. Dengan mengonsumsi sayur pakis dapat mencegah gangguan ginjal sekaligus melancarkan buang air kecil.

6 Manfaat daun pakis lainnya adalah sebagai berikut:

  • Mencegah Gangguan pada Hati dan Usus
  • Kaya akan Vitamin B yang Kaya akan Manfaat
  • Membantu Tidur Lebih Nyenyak dan Mengatasi Insomnia
  • Bisa Dijadikan Mood Stabilizer
  • Menjadikan Badan Lebih Sehat dan Bugar
  • Membantu Menurunkan Kadar Trigliserida

Nah itulah beberapa manfaat daun pakis yang sangat baik untuk kesehatan. Sayuran lezat yang satu ini bisa menjadi salah satu santapan lezat yang bisa Anda konsumsi sehari-hari bersama keluarga. Kini, tak ada lagi keraguan bukan untuk rutin mengonsumsi sayur pakis?

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat daun pegagan

15 Manfaat Daun Pegagan untuk Obat Herbal Penyakit

sumbersehat.com - Manfaat daun pegagan saat ini sudah semakin banyak diketahui dan sedang menjadi primadona. Centella Asiatica merupakan nama lain dari tumbuhan yang memiliki bentuk daun menyerupai ginjal dengan pinggiran daun bergelombang. Pengobatan di masyarakat Cina dan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *