9 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan, Wajib Tahu!

sumbersehat.com – Manfaat daun mint sepertinya banyak dikenal sebagai pemberi rasa sejuk pada beberapa produk keseharian manusia, seperti; odol, sampo dan permen. Tahukah Anda bahwa masih banyak khasiat daun mint dan cara mengolahnya? Yap, daun hijau dari tanaman yang tergolong perenial ini memiliki sejumlah khasiat yang perlu Anda ketahui. Tak hanya sebagai perisa pada produk tertentu, tetapi juga perannya untuk kesehatan tubuh.

Tumbuhan menahun yang tersebar hampir di seluruh benua di dunia ini memiliki ciri khusus, yaitu aroma khas. Secara botanis, ‘mint’ merupakan sebuah genus yang dalam klasifikasinya memiliki puluhan jenis spesies dengan ciri fisik beragam. Jenis mint atau mentha yang paling umum kita jumpai adalah common mint, yang sering disebut pula daun mint. Berikut manfaat daun mint hanya untuk Anda.

manfaat daun mint
manfaat daun mint

Inilah Khasiat Daun Mint yang Harus Anda Ketahui

Terlepas dari begitu banyaknya spesies mint yang ada di dunia, di bawah ini adalah ulasan beberapa manfaat daun mint yang penting untuk diketahui.

1. Khasiat Daun Mint untuk Mencegah Gigitan Nyamuk

Nyamuk terkadang menjadi musuh manusia di malam hari. Monster kecil penghisap darah ini gemar berkeliaran dan mencari mangsa ketika hari mulai gelap. Tak jarang, gigitan nyamuk membuat kita kesal karena rasanya yang gatal dan meresahkan. Obat anti nyamuk menjadi satu item yang sangat dicari ketika kita sedang dalam kondisi bertarung dengan nyamuk. Menjadi senjata pengusir nyamuk adalah satu di antara banyak manfaat daun mint, loh.

Bagaimana cara memanfaatkan daun mint sebagai obat anti nyamuk? Anda hanya perlu menyiapkan wadah spray kecil, air bersih, daun mint, witch hazel dan minyak peppermint. Campurkan beberapa bahan tersebut ke dalam wadah dengan takaran secukupnya, lalu kocok beberapa kali hingga merata. Jika berada dalam kondisi mendesak, Anda dapat pula menggosokkan daun mint segar pada permukaan kulit yang riskan terhadap gigitan nyamuk.

2. Manfaat Daun Mint Sebagai Ekspektoran

Batuk berdahak seringkali menyusahkan, ya? Tak hanya harus membuang dahak yang mengganggu setiap saat, kondisi tenggorokan yang seolah terasa kotor juga menimbulkan ketidaknyamanan. Mungkin banyak dari Anda langsung dengan sigap menyerbu obat batuk untuk meredakan keluhan ini. Eits, tunggu dulu. Tidakkah Anda ingin mencoba khasiat daun mint yang dapat meredakan batuk berdahak secara alami?

Salah satu khasiat daun mint adalah kemampuannya meluruhkan lendir, sehingga cocok untuk Anda konsumsi ketika mengalami masalah tenggorokan. Caranya sederhana, cobalah mengkonsumsi teh daun mint, hanya dengan menyeduh daun mint kering ataupun segar dengan air hangat. Silahkan tambahkan bahan lainnya yang aman untuk kesehatan sebagai toping atau pelengkap rasa, contohnya madu.

3. Khasiat Daun Mint Sebagai Perisa Makanan dan Minuman

Manfaat daun mint yang sudah tak asing lagi adalah sebagai perisa pada makanan atau minuman. Anda dapat dengan mudah mencampurkan daun mint muda pada olahan yang akan dikonsumsi, sehingga aroma khas mint dapat secara langsung dirasakan. Mengapa memilih daun muda? Well, daun mint yang sudah tua cenderung memiliki cita rasa pahit. Namun demikian, perlu Anda ketahui juga bahwa hampir semua jenis mint ini bersifat edible.

4. Manfaat Daun Mint untuk Memberikan Efek Relaksasi

Anda yang pernah secara langsung menyentuh dan menghirup aroma daun mint tentu paham tentang manfaat daun mint pada poin ini. Aroma menyegarkan dari daun yang tergolong herbs ini mampu membawa kita pada rasa nyaman dan rileks. Jenis mint yang banyak diproses menjadi minyak adalah peppermint, karena aromanya yang kuat. Maka dari itu, minyak peppermint menjadi salah satu minyak esensial yang dicari banyak orang.

Bagaimana cara memanfaatkan minyak peppermint untuk relaksasi? Ekstrak daun mint dalam minyak esensial peppermint sangat kuat, sehingga perlu ditambahkan air untuk menciptakan komposisi yang ideal. Anda dapat mencampurkan beberapa tetes peppermint oil pada diffuser hingga aroma khas mint yang menenangkan dapat dengan mudah menyebar di seluruh sudut ruangan.

5. Khasiat Daun Mint untuk Melegakan Saluran Napas

Pemanfaatan daun mint dalam mengatasi permasalahan saluran napas hampir sama dengan poin sebelumnya. Anda dapat menggunakan bantuan alat berupa diffuser untuk menyebarkan aromaterapi, sehingga lebih mudah dihirup sembari beraktivitas dalam ruangan. Bagaimana jika tidak punya diffuser? Jangan khawatir. Ada cara lain yang mudah juga untuk Anda praktikkan untuk menikmati manfaat daun mint.

Silakan sediakan baskom atau wadah sejenis, kemudian tuangkan air hangat cenderung panas ke dalamnya. Tambahkan beberapa tetes essential peppermint oil pada air tersebut. Posisikan kepala Anda di atasnya dan biarkan terbalut handuk untuk menampung uap yang ada, kemudian hirup dengan rileks. Cukup mudah, bukan? Anda juga dapat mempelajari cara membuat teh daun mint dan mempraktikkannya.

6. Manfaat Daun Mint untuk Mengatasi Sakit Kepala

Sakit kepala karena sebab yang beragam kerap menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Manfaat daun mint juga dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Hasil olahan dari daun mint jenis peppermint yang berupa essential peppermint oil adalah salah satu jawabannya. Silakan oleskan minyak peppermint pada dahi dan pelipis Anda, kemudian pijat perlahan hingga rasa sakit berangsur membaik.

7. Khasiat Daun Mint untuk Mengurangi Perut Begah Akibat Kekenyangan

Rasa lapar yang berlebih terkadang membuat seseorang lupa diri ketika dihadapkan dengan santapan penggoda selera. Tak jarang seseorang langsung melahap semua hidangan dengan cepat dan dalam jumlah banyak. Berhati – hatilah, respon tubuh yang umumnya langsung timbul akibat konsumsi berlebih tadi adalah perut begah alias kekenyangan. Perut terasa penuh dan sulit bernapas.

Salah satu manfaat daun mint adalah kemampuannya dalam memicu pengeluaran cairan empedu dari kantung empedu. Hal tersebut berkorelasi dengan kecepatan proses pencernaan. Sehingga, makanan yang baru saja dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat dicerna oleh tubuh dalam waktu yang lebih singkat. Anda dapat mengkonsumsi es mint ketika keluhan perut begah ini sedang terjadi.

9. Manfaat Daun Mint sebagai Teman untuk Diet Alami

Perempuan mana sih yang tak mengidamkan tubuh ideal? Itulah mengapa gaya hidup yang kerap disebut ‘diet’ menjadi topik hangat yang sering dibicarakan kaum hawa. Jika Anda adalah satu di antaranya, maka jangan lupakan manfaat daun mint yang ternyata membantu dalam mencapai tubuh ideal. Daun mint dapat mengaktifkan enzim pada saluran pencernaan, sehingga proses pencernaan dapat menjadi semakin lancar.

Daun mint dapat diolah menjadi minuman sederhana dengan cara menyeduhnya atau bisa juga dibuat menjadi infused water. Selain melancarkan pencernaan, manfaat infused water daun mint, lemon dan stroberi ternyata berperan sebagai anti-aging. Menarik sekali, bukan? Yuk, konsumsi daun mint!

Mungkin ada sebagian dari Anda ada yang menanyakan cara menanam daun mint atau cara menanam daun mint dari batang. Pada dasarnya, tanaman mint ini bersifat perenial sehingga akan mampu hidup bertahun – tahun selama memperoleh perawatan yang tepat. Anda dapat menanam mint melalui bibit daun mint, batang ataupun daunnya. Batang dan daun mint dapat tumbuh akar dengan mudah jika dipertemukan dengan tanah basah yang gembur.

Nah, itulah manfaat daun mint yang penting anda ketahui untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Selamat mencobanya sebagai obat herbal dan ada baiknya anda konsultasi kepada dokter sebelum mencobanya atau jika ingin mengonsumsinya dalam kondisi tertentu.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *