7 Manfaat Daun Meniran, Tumbuhan Liar Nan Berkhasiat

sumbersehat.com – Manfaat daun meniran merupakan jenis rumput yang mudah dijumpai pada tanah lembab. Herbal ini tumbuh tegak lurus dan tingginya bisa  mencapai satu meter pada tanah yang subur. Meniran dapat tumbuh pada daerah dataran rendah hingga daerah berketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Meniran dengan nama latin Phyllanthus Urinaria ini memiliki beberapa kemiripan dengan tumbuhan putri malu.

Tanaman liar meniran memiliki daun berukuran kecil berbentuk bulat. Tulang daunnya berbentuk menyirip dan berjumlah genap. Setiap ketiak daun dari tumbuhan meniran akan ditumbuhi bunga yang menghadap ke bawah. Tumbuhan ini memiliki daun majemuk pada setiap tangkai daun. Tumbuhan berbunga merah ini diketahui memiliki kandungan zat penyamak, damar dan filantin.

manfaat daun meniran
manfaat daun meniran

Inilah Khasiat Daun Meniran untuk Kesehatan dan Kecantikan 

Adapun manfaat daun meniran yang penting anda ketahui adalah:

1. Khasiat Daun Meniran untuk Mengatasi Batu Ginjal dan Saluran Kemih

Salah satu manfaat Phyllanthus Urinaria adalah untuk membantu mengikis dan atau memecah kristal yang terbentuk di dalam ginjal dan saluran kemih. Manfaat daun meniran akan membantu pengenduran ureter sehingga kristal dari ginjal dan saluran kemih akan mudah keluar bersama urin. 

2. Manfaat Daun Meniran Sebagai Antioksidan

Sebuah studi yang dilansir oleh Healthline menunjukkan bahwa ekstrak tumbuhan meniran ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan sangat diperlukan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas dan memperkuat sistem imun tubuh. Antioksidan akan melindungi tubuh dari aneka kerusakan sel yang dapat menyebabkan timbulnya aneka macam penyakit.

3. Khasiat Daun Meniran Sebagai Anti Radang

Tubuh akan memberikan reaksi ketika terdapat sesuatu yang asing memasukinya. Salah satu reaksi tubuh dengan adanya benda asing pada tubuh adalah terjadinya radang. Radang dapat menjadi salah satu tanda bahwa tubuh terpapar benda asing seperti kuman, bakteri atau virus. Dengan mengkonsumsi meniran, maka dapat membantu melawan penyebab terjadinya radang.

4. Manfaat Daun Meniran untuk Memperkuat Imun

Khasiat daun meniran bagi kesehatan antara lain adalah untuk memperkuat sistem imun. Daun ini mengandung anti bakteri yang bagus untuk melawan bakteri jahat pada pencernaan dengan tetap mempertahankan bakteri asam laktat yang bagus bagi pencernaan.  Imun sangat penting bagi kesehatan seseorang karena dapat melawan kuman, bakteri dan juga virus.

5. Khasiat Daun Meniran untuk Mengatasi Diabetes

Manfaat daun meniran ketika diekstrak membantu tubuh untuk tidak menyerap glukosa secara berlebih. Hal ini sangat bagus untuk mengendalikan kadar gula di dalam darah. Fungsi anti diabetes pada tumbuhan ini dapat dengan mudah dikonsumsi tubuh.

6. Manfaat Daun Meniran untuk Mengobati Diare

Untuk mengobati diare cukup dengan mengkonsumsi air rebusan meniran. Manfaat meniran bagi manusia seringkali tidak diketahui sehingga belum banyak yang memanfaatkan. Cukup rebus daun meniran dan minum airnya, maka diare akan segera sembuh. 

7. Khasiat Daun Meniran untuk Mengobati Hepatitis B 

Manfaat daun meniran lainnya adalah kandungan anti virus yang dimiliki dapat digunakan untuk mengobati penyakit hepatitis B pada tahap awal. Menurut penelitian, penyakit hepatitis B yang sudah akut tidak dapat diobati dengan menggunakan meniran.

Generasi tua banyak yang mengetahui bagaimana cara mengolah daun meniran untuk digunakan sebagai bahan pengobatan. Seiring dengan kemajuan teknologi di bidang kesehatan, kekayaan pengetahuan tentang pengobatan dengan bahan alami ini mulai terlupakan. Namun sekarang banyak penelitian yang membuktikan bahwa aneka tumbuhan liar dapat dimanfaatkan sebagai obat.

Resep Ramuan Meniran Bagi Kesehatan

Berikut ini resep ramuan meniran bagi kesehatan:

Cara untuk mengolah meniran agar dapat digunakan sebagai bahan pengobatan cukup mudah. Herba ini dapat dikonsumsi segar ataupun dikeringkan terlebih dahulu. Daun segar dapat dikonsumsi dengan cara direbus terlebih dahulu atau ditambah dengan sedikit air. Jika memanfaatkan tumbuhan segar yang ditumbuk, maka air hasil penyaringannya yang dikonsumsi.

Khasiat daun meniran juga dapat didapat setelah disimpan jika sudah dikeringkan sehingga dapat dikonsumsi sewaktu-waktu diperlukan. Untuk melakukan pengeringan daun ini tidak perlu dijemur di bawah sinar matahari langsung. Daun yang akan dikeringkan cukup diangin-anginkan sehingga kandungan zat-zat pentingnya tidak banyak yang hilang atau rusak.

1. Resep meniran untuk mengobati nyeri saat buang air kecil

Nyeri saat buang air kecil tentu saja akan sangat mengganggu. Siapkan 30 gram daun meniran dan daun kumis kucing. Rebus dengan tiga gelas air hingga tersisa satu setengah gelas. Saring air rebusan tersebut dan dinginkan. Konsumsi air rebusan yang telah dingin pada pagi, siang dan malam, masing-masing sebanyak setengah gelas untuk mendapatkan manfaat daun meniran secara optimal.

2. Resep meniran untuk mengobati rabun senja

Rabun senja dapat juga diobati dengan mengkonsumsi tanaman herbal meniran. Siapkan sekitar 15 hingga 20 gram daun meniran yang ditim dengan dua potong hati ayam. Setelah matang, hati ayam dimakan dan air sisa tim diminum. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil maksimal.

3. Resep meniran untuk mengobati penyakit disentri

Siapkan 30 hingga 60 gram daun meniran yang telah dicuci bersih. Rebus daun dengan tiga gelas air bersih hingga tersisa satu gelas air. Dinginkan air rebusan tersebut dan saring agar air terpisah dari ampas daun. Minum air rebusan sebanyak satu gelas dalam sekali minum untuk mendapatkan manfaat daun meniran secara utuh.

4. Resep meniran untuk mengobati badan yang bengkak karena radang ginjal

Rebus 50 gram daun tumbuhan meniran segar yang telah dicuci bersih bersama dengan tiga gelas air. Sisakan air rebusan kira-kira sebanyak satu setengah gelas. Bagi air rebusan menjadi tiga bagian, masing-masing sebanyak setengah gelas. Masing-masing bagian air rebusan diminum tiga kali sehari pada pagi, siang dan malam hari.

5. Resep meniran untuk memecah batu pada saluran kencing

Siapkan 30 gram daun meniran, 30 gram daun tempuyung dan 30 gram daun sendok. Cuci bersih dan rebus dengan empat gelas air hingga tersisa sekitar dua gelas air. Saring rebusan tersebut dan bagi menjadi dua gelas. Dinginkan air rebusan dan konsumsi masing-masing satu gelas pada pagi dan sore hari. 

6. Resep meniran untuk mengobati rematik gout

Tanaman liar meniran juga dapat digunakan untuk mengobati rematik gout. Siapkan daun meniran segar sebanyak satu sendok makan dan tujuh lembar daun kumis kucing. Cuci bersih dan rebus bersama dengan air bersih sebanyak satu gelas. Rebus bahan-bahan tersebut hingga tersisa sebanyak setengah gelas. Saring dan segera diminum setelah dingin.  

Selain untuk pengobatan dari dalam dengan cara diminum, manfaat daun meniran juga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan dari luar. Sebagai bahan obat luar, meniran dapat ditumbuk untuk kemudian dibalurkan pada bagian yang sakit. Tutup atau balut bagian yang sudah dibalur untuk mendapatkan khasiatnya.

Khasiat daun meniran yang dapat digunakan sebagai obat adalah meniran jenis Phyllanthus Urinaria atau ada juga yang menyebutnya dengan meniran hijau. Tumbuhan atau herba ini juga cukup mudah untuk dibudidayakan di pekarangan atau di dalam pot sehingga mempermudah jika membutuhkannya sewaktu-waktu.

Saat ini sudah banyak yang menjual ekstrak meniran berbentuk serbuk dalam kapsul. Ada juga yang menjual daun meniran kering sehingga cukup menyeduhnya seperti teh untuk mendapatkan khasiatnya. Bagian dari tumbuhan meniran yang dapat digunakan sebagai obat adalah bagian daun, batang dan akarnya. 

Meniran sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil, ibu menyusui dan juga anak-anak. Bagi orang yang sedang mengkonsumsi obat dari dokter, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi Phyllanthus Urinaria untuk pengobatan. Hal ini penting dilakukan agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Semoga informasi tentang manfaat daun meniran ini dapat berguna. 

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *