10 Manfaat Daun Mengkudu Sebagai Obat dan Perawatan Kecantikan

sumbersehat.com – Manfaat daun mengkudu atau Morinda citrifolia sering diambil sebagai obat herbal sejak dulu. Kulit buahnya pun dapat dimanfaatkan sebagai pewarna merah dan kuning untuk pakaian batik. Karena manfaatnya yang cukup luas, tak heran jika banyak orang yang menggunakan daun mengkudu sebagai obat herbal.

Seluruh komponen tumbuhan ini dapat dimanfaatkan mulai dari buah, batang, daun, kulit kayu, dan akar pohon mengkudu juga digunakan sebagai obat. Tahukah Anda, selain buah, daun mengkudu juga memiliki segudang manfaat yang sudah sering digunakan sebagai obat herbal. selanjutnya silahkan simak tulisan di bawah ini!

manfaat daun mengkudu
manfaat daun mengkudu

Inilah 10 Manfaat Daun Mengkudu dalam Dunia Kesehatan dan Kecantikan

Adapun khasiat daun mengkudu untuk kesehatan dan kecantikan adalah:

1. Khasiat Daun Mengkudu Sebagai Anti-inflamasi

Sifat anti-inflamasi yang dimiliki daun mengkudu dapat melawan kanker. Ternyata daunnya juga digunakan untuk mengobati peradangan seperti jerawat, bisul. Dengan mengoleskan pada kulit yang mengalami radang, maka akan cepat sembuh. Karenanya, banyak orang yang mengambil manfaat daun mengkudu untuk kesehatan.

Sedangkan kandungan senyawa antiinflamasi sangat efektif untuk menyembuhkan penyakit yang berkaitan dengan peradangan. Caranya sangat mudah. Ambil beberapa daun mengkudu kemudian tumbuk hingga halus. Tambahkan sedikit air hingga menjadi pasta. Oleskan tipis-tipis pada kulit yang meradang.

2. Manfaat Daun Mengkudu untuk Melawan Kanker

Manfaat selanjutnya yaitu daun mengkudu dapat mengatasi kanker. Tidak asing lagi ditelinga kita bahwa kanker adalah penyakit mematikan yang sangat berbahaya. Karena kondisinya yang semakin memburuk dapat memicu kematian. Oleh karenanya, daun mengkudu bisa menjadi salah satu ikhtiar untuk penyembuhannya.

Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa kandungan senyawa antioksidan yang terdapat dalam daun mengkudu berguna meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, dapat membunuh sel-sel kanker. Untuk menghambat pertumbuhan kanker dan mengurangi gejalanya, maka konsumsi daun rebusan mengkudu secara rutin.

3. Khasiat Daun Mengkudu untuk Mengurangi Berat Badan

Manfaat daun mengkudu yang ketiga dapat digunakan sebagai ramuan penurun berat badan. Memiliki tubuh ideal, sehat dan ramping tentunya menjadi dambaan setiap wanita. Terkadang sudah berbagai cara digunakan bahkan diet mati-matian, namun, berat badan tak kunjung turun. Hal ini tentunya membuat putus asa dan frustasi.

Tidak perlu khawatir, kamu akan menemukan solusinya dengan mengkonsumsi daun mengkudu. Trigliserida yang tersimpan di sel-sel lemak tubuh dapat diatasi dengan mengkonsumsi tumbuhan ini minimal satu minggu sekali. Kendati demikian, sebaiknya kamu konsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengkonsumsinya.

4. Manfaat Daun Mengkudu untuk Melancarkan Aliran Darah

Selain membantu program diet daun mengkudu juga melancarkan sirkulasi darah. Penyumbatan lemak dalam pembuluh arteri merupakan satu dari beberapa macam faktor penyebab tidak lancarnya aliran darah dalam tubuh. Sebagai salah satu solusinya kamu dapat mencoba daun mengkudu.

Kandungan fitonutrien yang terdapat pada Manfaat daun mengkudu berperan efektif melebarkan pembuluh darah, sehingga tanaman ini dipercaya dapat melancarkan sistem aliran darah. Dengan mengkonsumsinya secara rutin kesehatan jantung dan otak pun akan semakin terjaga.

Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa senyawa antioksidan yang ada dalam daun mengkudu diyakini dapat meningkatkan sistem imun serta membunuh sel-sel kanker yang ada dalam tubuh. Untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan mengurangi gejalanya, kamu dapat menyeduh air rebusan daun mengkudu secara rutin.

5. Khasiat Daun Mengkudu untuk Mengatasi Penyakit Degeneratif

Menurut sebuah penelitian kandungan senyawa tertentu yang dimiliki daun mengkudu dapat mencegah timbulnya penyakit degeneratif atau memburuknya suatu jaringan seiring waktu. Penyakit degeneratif adalah penyakit yang disebabkan adanya perubahan sel-sel yang dapat mempengaruhi fungsi organ secara keseluruhan.

Resiko pengembangan penyakit serius layaknya penyakit jantung, gangguan hati, gangguan pembuluh darah, dan penyakit pada organ-organ lainnya dapat diatasi dengan rutin mengonsumsi olahan daun mengkudu paling tidak dalam seminggu 1 kali. Akan tetapi untuk mengimbanginya pola hidup sehat harus kamu lakukan juga.

6. Manfaat Daun Mengkudu untuk Mencegah Hipertensi

Manfaat daun mengkudu yang wajib Anda ketahui yaitu mampu mencegah hipertensi. Resiko terjadinya tekanan darah tinggi juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi daun ini, karena fungsinya yang dapat melancarkan sirkulasi darah. Dengan demikian, salah satu obat herbal penurun darah tinggi dapat menggunakan daun mengkudu ini.

Cara penggunaan daun mengkudu tidak terbilang sulit. Ambil beberapa lembar daun mengkudu hijau lalu direbus. Kemudian seduhlah air rebusan tersebut saat masih hangat. Untuk mengurangi gejala hipertensi lakukan hal ini secara rutin. Anda dapat menambah dengan mengonsumsi buahnya.

7. Khasiat Daun Mengkudu untuk Mencegah Stroke

Manfaat daun mengkudu yang ke tujuh yaitu mencegah stroke. Kandungan zat antioksidan dan zat anti inflamasi yang tersimpan dalam daun mengkudu bisa digunakan untuk mengatasi gejala stroke. Agar terhindar dari penyakit semacam ini, kedua komponen penting tersebut sangat dibutuhkan.

Untuk mencegah stroke dengan daun mengkudu, Anda dapat mengonsumsi air rebusan dari daunnya secara rutin. Dengan demikian, sirkulasi darah menjadi lancar, terhindar dari pembengkakan pada pembuluh darah. Risiko stroke dapat dikurangi.

8. Khasiat Daun Mengkudu untuk Mengatasi Ruam Kulit

Ruam kemerah-merahan pada kulit tidak semata-mata sebab sinar matahari, namun ada faktor lain seperti alergi makanan dan infeksi. Tidak jarang kondisi seperti ini membuat penderita menjadi tidak nyaman. Akan terasa gatal saat berkeringat. Nah, Anda dapat mengatasinya dengan mengambil manfaat daun mengkudu.

Anda bisa menggunakan bubuk yang terbuat dari daun mengkudu. Bubuk tersebut diseduh dengan air hingga menjadi pasta kemudian oleskan ke seluruh wajah. Lakukanlah secara rutin, agar hasil yang didapatkan optimal. Atau dapat mengunjungi dokter untuk berkonsultasi.

9. Khasiat Daun Mengkudu untuk Mengatasi Siklus Menstruasi yang Tidak Teratur

Manfaat daun mengkudu selanjutnya adalah mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur. Pola makan menjadi salah satu sebab menstruasi tidak lancar. Kurangnya nutrisi yang dibutuhkan tubuh diakibatkan seringnya kita melupakan makan. Jika pola makan tidak segera diperbaiki, maka keterlambatan siklus menstruasi sangat mungkin terjadi.

Jika sudah seperti keadaan diatas, siklus menstruasi Anda mulai terganggu tentunya Anda harus waspada. Segeralah untuk mengatasinya. Dengan berkonsultasi ke dokter atau bisa mengambil manfaat air rebusan daun mengkudu. Daun ini sudah sering dimanfaatkan sebagai ramuan alami pelancar siklus menstruasi.

10. Manfaat Daun Mengkudu untuk Mencegah Penuaan Dini

Yang terakhir, khasiat daun mengkudu dapat mencegah penuaan dini. Karena antioksidan yang dimiliki daun mengkudu dapat memberikan nutrisi pada jaringan dan sel-sel kulit, melindungi kulit dari polusi, melawan radikal bebas, serta membuatnya tampak sehat dan kenyal.

Caranya cukup mudah. Seduh air rebusan dari beberapa lembar daun mengkudu. Lakukan secara rutin 1 kali dalam seminggu. Dengan demikian, keelastisan kulit indahmu dapat terjaga dan penuaan dini tertunda melalui manfaat daun mengkudu dalam mencegah penuaan dini.

Efek Samping Daun Mengkudu

Namun ada beberapa hal yang harus di cermati sebelum mengonsumsi ini. meskipun daun mengkudu memiliki banyak khasiat, Anda sebaiknya tidak gegabah dalam mengonsumsinya. Sebab, daun mengkudu memiliki efek samping yang perlu dihindari. Ada kalangan tertentu yang akan mengalami dampak buruk jika mengonsumsi daun mengkudu. Ternyata khasiat daun mengkudu tidak cocok dengan mereka yang memiliki komplikasi ginjal, hati dan ibu hamil.

Demikianlah beberapa manfaat daun mengkudu yang bisa digunakan untuk kesehatan. Sebaiknya konsumsi secara rutin agar terhindar dari beberapa penyakit di atas. Alangkah baiknya jika Anda menerapkan pola hidup seperti ini. Karena mengkudu mengandung banyak kalium dan dapat meningkatkan kadar potasium yang berbahaya atau disebut hiperkalemia. Tidak hanya itu, untuk kasus hepatitis dan gagal hati sebaiknya menghindari mengkudu.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat benalu jeruk

Mengulik 5 Manfaat Benalu Jeruk untuk Berbagai Macam Penyakit

sumbersehat.com - Selain sebagai tumbuhan parasit ternyata manfaat benalu jeruk terbilang cukup banyak. Bahkan, benalu jeruk dapat mengatasi penyakit kanker ganas yang ditakuti banyak orang. Benalu jeruk merupakan tumbuhan parasit yang hidup menempel di pohon jeruk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *