9 Manfaat Daun Lidah Mertua yang Luar Biasa, Simak Yuk!

sumbersehat.com – Manfaat daun lidah mertua bagi kesehatan merupakan pengetahuan yang penting sekali bagi setiap orang. Tanaman yang dikenal sebagai tanaman hias ini biasanya dijumpai di pekarangan rumah. Hal ini dapat disebabkan oleh tanaman tersebut yang dapat tumbuh di dalam kondisi yang sedikit air dan juga cahaya matahari.

Daunnya yang keras, tegak, sukulen, dan ujungnya yang meruncing ini ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Tak banyak yang tahu bahwa khasiat daun lidah mertua ini bermanfaat bagi tubuh. Lalu, apa saja manfaatnya bagi kesehatan? Berikut ini ulasan lengkapnya.

manfaat daun lidah mertua
manfaat daun lidah mertua

Inilah Khasiat Daun Lidah Mertua yang Penting Sekali untuk Diketahui elek

Agar lebih meyakinkan Anda untuk rutin memanfaatkan daun lidah mertua, berikut ini 9 manfaat daun lidah mertua yang perlu Anda ketahui, di antaranya adalah:

1. Khasiat Daun Lidah Mertua untuk Menghaluskan dan Menyuburkan Rambut

Rambut merupakan salah satu aset dalam tubuh yang perlu dirawat. Rambut yang sehat dan halus merupakan impian setiap orang, maka merawatnya adalah sebuah kewajiban. Untuk membuatnya sehat, ternyata tidak memerlukan perawatan dengan biaya yang mahal. Anda hanya perlu mengetahui manfaat daun lidah mertua untuk hal tersebut.

Caranya sangatlah mudah, Anda hanya perlu menumbuk dan memeras daun untuk mengambil sarinya. Kemudian, terapkan pada rambut Anda dalam waktu semalam dan mencucinya esok hari. Dengan melakukannya secara rutin, maka rambut yang halus dan subur akan Anda dapatkan setelahnya.

2. Manfaat Daun Lidah Mertua untuk Meredakan Diare

Khasiat daun lidah mertua selanjutnya adalah meredakan diare. Seperti yang telah kita ketahui bahwa diare adalah salah satu keadaan yang mengerikan. Efeknya bisa membuat tubuh merasa lemas karena banyak cairan yang dikeluarkan dalam jumlah yang banyak. Untuk meredakannya, Anda dapat menggunakan daun lidah mertua sehingga diare dapat segera diredakan.

3. Khasiat Daun Lidah Mertua untuk Meredakan Sakit Kepala

Selanjutnya, manfaat daun lidah mertua yang perlu Anda ketahui adalah meredakan sakit kepala. Tidak hanya meredakan diare, ternyata daun lidah mertua juga bisa Anda manfaatkan ketika sakit kepala menyerang. Caranya sangatlah mudah, Anda hanya perlu membakar daun lidah mertua tersebut kemudian menghisap asapnya.

4. Manfaat Daun Lidah Mertua untuk Membantu Menyembuhkan Sindrom Trauma

Selain menyehatkan rambut dan meredakan sakit kepala, daun lidah mertua juga dapat membantu menghilangkan sindrom trauma. Jenis trauma yang dapat disembuhkan oleh tanaman ini adalah trauma gedung. Trauma yang satu ini biasanya dialami oleh orang-orang yang berada di ruangan yang kurang menyehatkan.

Penyebab trauma ini bisa saja karena pemakaian AC yang berlebihan atau juga orang-orang yang di dalamnya merupakan perokok aktif. Peran daun lidah mertua ini dapat dimaksimalkan dengan menaruhnya di dalam ruangan.

5. Khasiat Daun Lidah Mertua untuk Mengurangi Radiasi Akibat Alat Elektronik

Sudah menjadi hal yang lumrah bahwa setiap rumah memiliki alat elektronik di dalamnya. Hal ini berarti bahwa alat elektronik tersebut akan menimbulkan radiasi yang membahayakan bagi tubuh. Maka, manfaat daun lidah mertua yang dapat diambil dalam kasus ini adalah sebagai penangkal radiasi.

Dampak buruk dari radiasi tersebut bisa ditangkal dengan daun lidah mertua. Hal ini dapat dilakukan dengan menaruh tanaman ini di dekat televisi atau lemari es di dalam rumah. Tidak hanya menangkal radiasi, daun lidah mertua juga dapat menambah ruangan tersebut menjadi lebih estetik dan cantik.

6. Manfaat Daun Lidah Mertua untuk Menetralkan Aroma Tidak Sedap

Salah satu khasiat daun lidah mertua yang tidak diketahui banyak orang adalah menetralkan aroma tidak sedap di dalam ruangan. Selain itu, Anda juga dapat menyerap bau tidak sedap di dalam kulkas dengan bantuan tanaman ini. Caranya adalah Anda cukup memotong daunnya dan mengoleskannya sedikit di bagian sudut kulkas. Dengan begitu, aroma tidak sedap akan menghilang.

7. Khasiat Daun Lidah Mertua untuk Menyerap Polusi Udara

Sebagai salah satu jenis tanaman hijau, daun lidah mertua ini juga dapat menyerap polusi udara. Tanaman ini memanfaatkan karbondioksida dalam proses fotosintesisnya. Hasil dari kegiatan tersebut adalah adanya oksigen yang tentunya memiliki manfaat bagi manusia. Jika sebuah tanaman lidah mertua ini berada di rumah, maka rumah Anda akan terbebas dari polusi udara.

8. Manfaat Daun Lidah Mertua untuk Mengontrol Kadar Gula dalam Darah

Selanjutnya fakta dari daun lidah buaya ini ternyata dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Kadar gula darah yang berlebihan ini sangatlah berbahaya bagi tubuh, maka khasiat daun lidah mertua yang satu ini dapat Anda terapkan. Caranya sangatlah mudah, Anda hanya perlu merebus daun lidah mertua. Setelah itu, ambilah air rebusannya. Air rebusan tersebut dapat mencegah lonjakan kadar gula dalam darah secara efektif.

9. Khasiat Daun Lidah Mertua untuk Menetralkan Racun Nikotin

Seseorang yang terdampak racun nikotin dapat mengalami muntah, kejang, dan adanya penekanan dalam saraf pusat. Jika seseorang mengalami pengaruh tersebut, maka dapat ditangani dengan mengetahui manfaat daun lidah mertua. Hal ini disebabkan oleh tanaman lidah mertua dapat menghasilkan kadar oksigen yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Alasan untuk Menanam Lidah Mertua di Sekitar Rumah

Selain mengetahui manfaat daun lidah mertua, Anda juga seharusnya mengetahui mengapa Anda perlu sekali untuk menanamnya, selain alasan sebelumnya. Untuk pemaparan lebih jelasnya, simaklah pembahasan berikut ini.

1. Tanaman Lidah Mertua Memiliki Aroma yang Khas

Sama halnya dengan bunga Lavender, jenis tanaman ini pun memiliki wangi yang sedap. Bahkan, negara-negara maju seperti Prancis, banyak yang memanfaatkan tanaman ini untuk dijadikan sebagai parfum. Aroma yang timbul dari tanaman ini adalah aroma yang begitu cocok untuk menghilangkan bau tidak sedap yang ada di dalam rumah, salah satunya di dalam toilet.

2. Tanaman Lidah Mertua Cocok Dijadikan Pagar

Pagar semi permanen di rumah Anda dapat dibuat dengan memaksimalkan khasiat daun lidah mertua agar bisa menghemat anggaran pagar. Karakteristiknya yang tajam di setiap ujungnya ini memiliki keistimewaan lebih. Dengan begitu, rumah Anda akan terlihat lebih estetik dan cantik jika didekor bersamaan dengan penanaman lidah mertua.

3. Tanaman Lidah Mertua Mampu Menyerap Radiasi

Sama halnya dengan pemaparan sebelumnya bahwa salah satu manfaat daun lidah mertua ini dapat menyerap semua radiasi. Oleh karena itu, jika Anda ingin menghilangkan pengaruh radiasi, maka tanamlah tanaman ini sehingga nantinya akan bermanfaat batanamangi kita semua.

4. Tanaman Lidah Mertua Dapat Diseleksi Sebagai Kreasi Anyaman

Manfaat daun lidah mertua selanjutnya adalah menjadikannya sebagai kreasi anyaman. Hal ini dapat dimaksimalkan oleh Anda yang lihai dalam berkreasi sehingga daun yang sederhana tersebut dapat disulap menjadi benda yang indah. Oleh karena itu, penting sekali untuk menanamnya di halaman rumah Anda.

Itulah macam-macam khasiat daun lidah mertua yang dapat dipaparkan di sini. Setelah membaca pemaparannya, dapat disimpulkan bahwa jenis tanaman yang satu ini sangatlah berguna baik bagi kesehatan tubuh maupun bagi suatu keindahan lingkungan. Tidak hanya itu, daun lidah mertua juga akan dengan baik membuat sebuah pemandangan yang menakjubkan di sekitar rumah karena dapat dikreasikan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan kita dapat mengaplikasikan manfaat daun lidah mertua tersebut untuk kesehatan kita semua.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *