9 Manfaat Daun Laban, Benarkah untuk Obat Corona? Simak Yuk!

sumbersehat.com – Manfaat daun laban tidak menjadi sorotan sebelum akhirnya populer karena disebut-sebut bisa digunakan untuk mengobati Virus Corona. Kabar yang cukup membuat heboh media massa di Tanah Air ini berasal dari klaim seorang Kakek yang mengaku menemukan obat Virus Corona melalui mimpi.

Meski butuh waktu dan pengujian jangka panjang untuk secara klinis membuktikan klaim tersebut, khasiat daun laban akhirnya terlanjur populer. Banyak orang yang kemudian mencari tahu tentang tanaman yang punya nama ilmiah Vitex pubescens Vahl ini. Benarkah daun ini bisa mengobati Corona? Bagaimana cara mengolahnya? Simak penjelasannya di bawah ini.

manfaat daun laban
manfaat daun laban

Apa Itu Pohon Laban?

Diperkirakan ada lebih dari 250 spesies pohon leben atau laban (Genus Vitex) termasuk Vitex piramidata, Vitex negundo, Vitex mollis, Vitex agnus-castus, Vitex leucoxylon, Vitex Pubescens Vahl, Vitex pubescens, Vitex gaumeri Vitex glabrata, Vitex trifolia, Vitex peduncularis, Vitex pinnata, dll.

Tanaman laban banyak tumbuh di provinsi Kalimantan dan Sumatera, serta sudah sering dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional. Pohon herbal asli Indonesia ini dikenal sebagai pohon tahan api juga tahan air karena dapat bertahan hidup meski telah hangus terbakar ataupun telah terendam air dalam waktu lama.

Manfaat daun laban diyakini berasal dari daun, kulit batang, serta akarnya yang dipercaya secara turun-menurun ampuh mengobati berbagai penyakit, seperti menurunkan demam, melancarkan pencernaan, mengobati jerawat, hingga menghilangkan racun akibat sengatan kalajengking.

Kandungan Daun Laban

Manfaat daun laban tentu saja berasal dari kandungan di dalamnya, yakni bioaktif seperti:

  • Flavonoid
  • Saponin
  • Antioksidan
  • Analgesic
  • Tannin
  • Hepatoprotektif
  • Antiinflamasi
  • Antistatik
  • Antimikroba
  • Antihistamin

Selain itu, daun laban juga memiliki kandungan senyawa fenolik, steroid, dan ecdysteroid yang telah teruji manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Inilah Khasiat Daun Laban bagi Kesehatan

Secara turun-menurun, daun laban dikonsumsi sebagai minuman herbal yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Apa saja? Simak ulasan manfaat daun laban berikut ini:

1. Khasiat Daun Laban sebagai Anti Alergi

Dalam teknik pengobatan India kuno yakni Siddha dan Ayurveda, daun laban telah lama digunakan sebagai anti alergi atau antihistamin. Kandungan fitosterol, terpenoid, flavonoid, serta iridoid di dalamnya membantu mengatasi gatal pada kulit terutama yang disertai peradangan.

2. Manfaat Daun Laban untuk Mencegah Asam Lambung

Sebuah penelitian di Amerika mengamati efek ekstrak daun laban pada tikus dengan tukak lambung. Hasilnya, ramuan daun laban terbukti secara signifikan mampu mencegah naiknya asam lambung.

3. Khasiat Daun Laban untuk Mengobati Sakit Perut

Manfaat daun laban selanjutnya adalah ampuh sebagai obat alami sakit perut. Anda bisa memanfaatkan daun laban yang sudah ditumbuk sebagai obat luar dengan cara ditempelkan pada bagian perut yang sakit. Cara lainnya yaitu Anda bisa meminum air rebusan daun laban.

4. Manfaat Daun Laban sebagai Anti Radang

Getah daun laban diketahui mengandung sifat antiradang. Hal ini kemudian membuatnya dipercaya sebagai obat herbal alami yang berkhasiat menyembuhkan radang pada jaringan tubuh, termasuk yang disertai pembengkakkan.

5. Khasiat Daun Laban untuk Menangkal Radikal Bebas

Pohon laban kaya akan kandungan flavonoid, antioksidan yang bekerja menangkal efek buruk akibat radikal bebas penyebab datangnya berbagai penyakit kronis pada tubuh manusia. Anda bisa mengkonsumsinya seperti teh herbal dengan menambahkan sedikit gula ataupun madu.

6. Manfaat Daun Laban untuk Melawan Pertumbuhan Jamur, Bakteri, dan Virus HIV

Terutama di bagian kulit, pohon laban teruji memiliki kandungan triterpenoid. Komponen kimia ini dikenal efektif melawan pertumbuhan virus, jamur, dan bakteri. Dengan konsumsi yang benar dan tepat, triterpenoid bahkan disebut bisa menghambat pertumbuhan virus HIV.

7. Manfaat Daun Laban Mencegah Kanker

Sebuah penelitian oleh Chempublish Journal menunjukkan bahwa daun laban beserta kulit batangnya menghasilkan senyawa yang disebut sitotoksik. Senyawa ini bekerja menghambat tumbuhnya sel kanker sehingga sangat berpotensi digunakan sebagai obat pencegah kanker.

8. Khasiat Daun Laban untuk Mengobati Jerawat Meradang

Indonesia punya berbagai tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar kosmetik dan perawatan wajah. Para peneliti Institut Pertanian Bogor pada 2013 lalu mengungkapkan fakta bahwa daun laban merupakan salah satu tanaman yang dapat mengobati jerawat, terutama yang disebabkan oleh bakteri S. aureus, S. epidermidis, dan P. acnes.

9. Manfaat Daun Laban sebagai Obat Alami Masuk Angin

Khasiat daun laban yang tak kalah menarik adalah sebagai obat masuk angin. Mengkonsumsi teh daun laban dipercaya efektif membuat badan terasa segar. Ramuan teh herbal ini bahkan bisa Anda buat sendiri di rumah dengan mudah.

Khasiat Daun Laban untuk Mengobati Sengatan Kalajengking

Manfaat daun laban ini sangat berguna ketika saat genting seperti terkena sengatan kalajengking. Caranya, lumatkan daun laban dan tempelkan pada area yang terkena sengatan. Sifat analgesic serta antihistamin akan membantu meredakan nyeri sekaligus menetralkan racun akibat sengatan tersebut.

Anda juga bisa mengobati dari dalam dan memanfaatkan sifat antibakteri dan anti radang pada daun laban dengan cara mengkonsumsi air rebusan daun laban. Tetapi bila rasa nyeri tidak hilang, segera bawa ke dokter ahli agar mendapat penanganan yang tepat.

Cara Mengolah Pohon Laban

Selain manfaat daun laban di atas, Anda juga bisa menggunakan bagian lain dari pohon laban untuk dikonsumsi sebagai minuman herbal berkhasiat, yakni bagian kulitnya. Simak cara mengolah pohon laban sebagai teh herbal alami nan sehat berikut ini:
Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • Kulit kayu laban
  • Alat untuk mengupas dan menyerut kulit kayu
  • Air secukupnya
  • Gula atau madu murni

Cara membuat:

  • Bersihkan kayu laban menggunakan air mengalir
  • Kikis bagian luar kayu
  • Serut batang kayu laban hingga kulit kayu terlepas
  • Cuci bersih kulit kayu laban sampai keluar sari-sarinya yang berwarna pekat
  • Siapkan air, masukkan sari-sari dan kulit kayu, rebus sampai mendidih
  • Tunggu hingga hangat, kemudian tambahkan gula atau madu murni sesuai selera
  • Teh herbal sehat pun siap dinikmati

Selain bagian kulit kayunya, akar pohon laban juga dapat dengan mudah Anda temukan dijual di berbagai toko herbal baik online maupun offline. Akar laban yang dijual dalam bentuk kering ini diyakini ampuh sebagai obat diabetes melitus.

Bagaimana Manfaat Daun Laban untuk Mengobati Corona?

Perlu anda ketahui bahwa manfaat daun laban memang telah terbukti melalui beberapa penelitian resmi. Dan melihat betapa besar potensi tanaman ini sebagai obat kaya manfaat, mungkin saja benar bahwa daun laban dapat mengobati Virus Corona. Tetapi perlu diingat, hingga kini belum dilakukan penelitian lebih lanjut dan khusus mengenai penggunaan daun laban terhadap pengobatan Corona.

Hindari bila menemukan rekomendasi obat-obatan yang diklaim mengandung ekstrak daun laban sebagai obat penyembuh Virus Corona, karena efek sampingnya belum dapat dipertanggungjawabkan.

Bila Anda tertarik ingin mengkonsumsi daun laban, fokus saja pada manfaat daun laban sebagai minuman herbal penangkal virus dan penambah stamina sehingga membantu tubuh tetap segar serta jauh dari berbagai penyakit. Sedangkan jika memiliki riwayat penyakit kronis, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli sebelum mengkonsumsi daun laban dalam bentuk apapun.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *