5 Manfaat Daun Kumis Kucing Dan Pecah Beling yang Perlu Diketahui

Jika ingin mengobati sebuah penyakit jangan langsung mengonsumsi obat kimia. Tetapi silakan gunakan obat herbal terlebih dahulu dengan meminum ramuan dari tanaman tertentu. Diantaranya adalah minum ramuan daun kumis kucing dan pecah beling. Nah di artikel berikut ini akan dijelaskan tentang manfaat daun kumis kucing dan pecah beling.

Tujuannya ialah supaya masyarakat bisa menyeimbangkan antara obat kimia dengan obat herbal terutama obat dari ekstrak kumis kucing dengan pecah bening. Artinya tidak semata obat kimiawi yang jadi rujukan sekalipun memasrahkan semua penyakit pada tanaman juga tidak tepat.

A. Obat Kimiawi Mengandung Banyak Efek Samping

Obat kimiawi adalah obat-obatan yang digarap dengan menggunakan sarana kimia. Bahan-bahan yang digunakan pun banyak menggunakan komposisi ekstraksi dari zat-zat adaptif yang keras.

Oleh sebab itu kandungan senyawa yang berbahaya di dalam obat lebih bayak dibandingkan obat yang dibuat dari tanaman. Ini yang menjadi penyebab munculnya efek samping pada obat yang berbahan kimia.

Jika tubuh diserang oleh efek samping obat kimia tentu ada gangguan kesehatan yang bakal datang. Di antaranya adalah ruam, alergi, sesak napas, mulut kering, tenggorokan serasa terbakar dan sembelit.

Sedangkan efek samping yang paling parah adalah wajah membiru, selera makan menurun, merusak fungsi ginjal, merusak hati, degup jantung lebih keras serta masalah dengan paru-paru.

B. Obat Kimia Berharga Mahal

Obat kimiawi memang bermanfaat bahkan lebih bagus dibandingkan manfaat kumis kucing dan pecah beling. Akan tetapi dari segi harga jauh lebih mahal. Hal ini wajar karena pembuatannya lebih kompleks dengan menggunakan teknologi yang canggih.

Sedangkan kalau tanaman kumis kucing dengan pecah beling, harganya tidak terlalu mahal. Bahkan Anda bisa menanamnya sendiri di pekarangan rumah lalu bisa dibuat obat.

Peracikannya pun tidak perlu menggunakan alat teknologi berharga selangit. Menggunakan teknik tradisional juga bisa. Salah satunya dengan dihancurkan lalu diambil sarinya. Setelah itu disaring dan diminum secara teratur.

Hal ini yang membuat meminum ramuan kumis kucing dan pecah beling sangat dianjurkan dibandingkan langsung meminum obat berbahan kimia. Apalagi jika penyakitnya masih ringan.

C. Sekilas tentang Daun Kumis Kucing dan Pecah Beling

Daun kumis kucing dan pecah beling memang dua tanaman yang sangat berkhasiat. Bahkan ini sudah menjadi tanaman toga yang masih dilestarikan hingga saat ini.

Karena itu masih banyak masyarakat yang menggunakan tanaman ini untuk mengatasi penyakit tertentu. Bahkan obat dengan menggunakan kumis kucing dan pecah beling bisa diberikan kepada anak-anak.

Umumnya obat dengan tanaman kumis kucing dan pecah beling diberikan untuk penyakit anak kategori ringan. Bahkan oleh masyarakat setempat pengobatan herbal dengan dua tanaman ini digunakan sebagai pertolongan pertama bagi anak dan remaja.

D. Kandungan Daun Kumis Kucing dan Pecah Beling

Daun kumis kucing dan pecah beling disebut tanaman herbal yang bagus untuk kesehatan karena kedua tanaman ini mengandung senyawa tertentu. Ini dia kandungan yang dimaksud:

Daun kumis kucing mengandung betakaroten, minyak atsiri, kolagen, tianin, fenol, klorofil, kalsium, seng, dan flavonoid. Senyawa ini ada yang bersifat sebagai anti radang (inflamasi) dan juga ada yang bersifat sebagai anti kanker dan anti diabetik.

Karena itu daun kumis kucing bagus untuk penyakit dalam yang disebabkan oleh gangguan metabolisme dan sel. Selain itu keberadaan antioksidan juga menjadi alasan tanaman mampu mengatasi terjadinya peradikalan bebas.

Sedangkan tanaman pecah beling memiliki kandungan polifenol, vitamin premix, minyak atsiri, niasin, polisakarida, serat, lemak, asam lutein, klorofil dan minyak atsiri. Kandungan inilah yang membuat tanaman pecah beling juga bisa dijadikan obat.

Dibandingkan tanaman kumis kucing, tanaman pecah beling lebih bersifat obat luar. Karena beberapa senyawa di atas memiliki sifat kerja sebagai pro skin, anti acne, anti osteo, anti alergi, dan lain sebagainya.

Jika melihat dari kandungan ini memang wajar kalau daun kumis kucing dan pecah beling dianggap memiliki manfaat yang bagus. Bahkan layak kalau manfaat daun kumis kucing dan pecah beling diajarkan kepada generasi muda selanjutnya.

E. Apa Benar Kumis Kucing dan Pecah Beling Bermanfaat?

Setelah mengetahui apa perbedaan tanaman kumis kucing dan pecah beling dengan obat kimia serta sudah dijelaskan tentang kandungan dua tanaman tersebut, maka berikut ini akan dijabarkan tentang manfaat daun kumis kucing dan pecah beling.

Harapannya supaya Anda bisa mengambil manfaat dari obat herbal yang satu ini serta sebisa mungkin untuk bisa diterapkan pada seluruh keluarga. Oleh karena itu silakan disimak, ini manfaat yang dimaksud:

F. Ini Dia Manfaat Daun Kumis Kucing dan Pecah Beling

Manfaat kumis kucing dan pecah beling dianggap lebih komplet dibandingkan manfaat dari tanaman herbal yang lain. Maka dari itu perlu dijelaskan lebih detil supaya Anda bisa memilih herbal yang mana yang lebih baik. Ini dia manfaat selengkapnya:

1. Mengobati Gangguan Ginjal

Manfaat daun kumis kucing dan koji beling yang pertama adalah untuk mengobati gangguan ginjal. Sebuah khasiat yang terjadi secara simultan disebabkan oleh tersedianya zat aktif yang berkarakter anti glutan dan pro sirkulan. Yang mana dengan dua kerja ini berbagai macam sumbatan di arteri bisa diperlancar kembali.

Efeknya asupan darah dan oksigen yang masuk ke organ ginjal menjadi ideal. Ini yang lama-kelamaan membuat ginjal semakin sehat. Gangguan yang sempat muncul pun bisa diatasi sebelum bertambah parah.

2. Menurunkan Hipertensi

Daun kumis kucing dan pecah beling juga bisa digunakan untuk mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi. Manfaat daun kumis kucing dan pecah beling inilah yang membuat kedua obat herbal ini diminati oleh masyarakat.

Apalagi tidak dimungkiri kalau hipertensi adalah penyebab penyakit komplikasi yang mematikan. Yang mana jika tidak segera diatasi secepatnya nyawa pasien bisa melayang.

3. Mengobati Rematik

Karena mampu mengobati penyakit rematik maka obat herbal daun kumis kucing dan pecah beling dianjurkan untuk diminum oleh kalangan dewasa dan manula. Sebab insan inilah yang lebih mudah diserang oleh penyakit akibat bakteri yang menimbulkan rasa nyeri pada persendian ini.

Sekalipun demikian harus tetap meminta persetujuan dokter sebelum meminumnya. Karena belum bisa dipastikan apakah tidak ada metabolisme tertentu di dalam badan yang justru bisa berbahaya apabila manula meminum obat herbal tertentu.

4. Mengatasi Infeksi Saluran Kencing

Manfaat daun Kumis kucing dan pecah beling yang berikutnya adalah untuk mengatasi infeksi saluran kencing yang disebabkan oleh bakteri. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat yang bersifat antibakteri sehingga berbagai macam gangguan di ureter bisa diatasi dengan cepat.

Sekalipun demikian obat hanya bisa digunakan untuk infeksi saluran kencing yang ringan. Sebab jika sudah parah tindakan pengobatan yang tepat adalah dengan melalui jalur operasi.

5. Mengobati Diabetes

Manfaat daun kumis kucing dan pecah beling yang terakhir adalah untuk mengobati diabetes. Hal ini dikarenakan kedua tanaman ini mengandung senyawa yang bersifat antidiabetik. Sehingga sensitivitas insulin meningkat yang menyebabkan kadar glukosa darah semakin ideal. Jika membaca manfaat daun kumis kucing dan pecah beling di atas memang selayaknya kedua tanaman ini ditanam oleh warga. Sebab khasiatnya bagi kesehatan sangat banyak serta bisa dijadikan sebagai suplemen yang bagus untuk tubuh.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

manfaat buah anggur

11 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Herbal

sumbersehat.com – Manfaat buah anggur wajib diketahui. Karena anggur memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *